INI MERUPAKAN CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA. MOHON MAAF APABILA SAYA MGNCOPI TANTA IJIN KARENA SAYA TIDAK MEMILIKI MAKSUD LAIN KECUALI UNTUK MEMBANTU PESERTA DIDIK KITA UNTUK BELAJAR SECARA MANDIRI. SAYA AKAN TETAP MENAMPILKAN PARA PENYUSUSN SOAL DENGAN NAMA-NAMA DIBAWAH INI:
NO.
SOAL
|
NAMA
PENYUSUN
|
ASAL
SEKOLAH
|
1 – 2
|
Dedi Kusuma, S.Pd
|
SMPT 3 Bayongbong Garut
|
3 – 4
|
Anang Setiya Budi, S.Pd
|
SMPT Tiris Probolinggo
|
5 – 6
|
Isnadi,
S.Pd
|
SMP T Sumberwringin Bondowoso
|
7 – 8
|
Heru
Arfianto,S.Pd
|
SMPT Bulakamba Brebes
|
9 – 10
|
SUSNETI, S.Pd. SD
|
SMPT 1 Talang, Kabupaten Tegal
|
11 – 12
|
SANTI LESTARI
|
SMPT 2 RANCAEKEK
|
13 – 14
|
Hj. Eti Setiawati, S.Pd
|
SMPT 3 LEMBANG
|
15 – 16
|
FARID
KHOIRUDDIN
|
SMP
T 2 BANYUPUTIH
|
17 – 18
|
YANI SURYANI
|
SMPT
I Tanjungsari
|
19 – 20
|
NUR SALAMAH
|
SMPT
19 SURABAYA
|
21 – 22
|
Ahmad Rifa’i, S.Pd
|
SMP Terbuka 2 Moga-Pemalang
|
23 – 24
|
ASEP FARID
NURHAMD
|
SMPN
TERBUKA WANARAJA 1 GARUT
|
25 – 26
|
HERDI
|
SMP TERBUKA 51 KOTA BANDUNG
|
27 – 28
|
DENI, S.Ag
|
SMP Terbuka Banjarwangi 2 Garut
|
29 – 30
|
RIANTA, S.Pd
|
SMP
T 1 DORO PEKALONGAN
|
31 – 32
|
NANDANG, S.Pd
|
SMPT1
KARANGPAWITAN
|
33 – 34
|
Halimi, S.Pd
|
SMPT Arjasari, Kab.Bandug
|
35 – 36
|
Saipul Wakit, S.Pd.I, M.Pd.I
|
SMP Terbuka Sumbersari Jember
|
37 – 38
|
Nartejo Suprabowo
|
SMPT Mojotengah, Wonosobo
|
39 – 40
|
MUHLISIN, S.Pd.I
|
SMPT Panca Tengah
|
41 – 42
|
ROHMATUL JAMILAH, S.Pd
|
SMPT
BULULAWANG MALANG
|
43 – 44
|
Dra.
NINING SURYANI
|
SMP T
KEDUNGREJA CILACAP
|
45 – 46
|
Sailirrohmah, S.Pd
|
SMP Terbuka Bawang
|
47 – 48
|
TARWIATI
|
SMPT Plosoklaten Kediri
|
49 – 50
|
NanikEndahPriatiningsih
|
SMP
Terbuka 1 Bangsri
|
51 – 52
|
Nunik
Nugrohaningsih
|
SMP
Terbuka Kajoran
|
53 – 54
|
TRI HARTINI
|
SMP T WANGUN BANYUMAS
|
55 – 56
|
Dra. Anisah
|
SMPT TUTUR PASURUAN
|
57 – 58
|
RHINA
KURNIAWATI,S.Pd
|
SMPT PEJAWARAN BANJARNEGARA
|
59 – 60
|
Dra. Endang Puji Astuti
|
SMP T 2 Kedu
|
1.
Disajikan kutipan
teks,siswa dapat menentukan makna kata pada teks tersebut.
Bacalah teks tersebut di bawah ini !
Perkembangan pada
ere teknologi elektronik,kini berkembeng sangat pesat di Indonesia, Namun
perkembangan tersebut memberi dampak
bagi konsumennya khususnya bagi para remaja.
Makna kata yang
bercetak miring pada teks di atas adalah....
A. Pengaruh positif
pada remaja dimasa kini.
B. Remaja masa
kini,lebih cenderung untuk melakukan hal-hal yang positif.
C. Pengaruh terhadap
remaja untuk melakukan hal-hal yang cenderung negatif.
D. Remaja masa kini
bersaing untuk membeli barang elektronik,
Kunci Jawaban : C
2.
Disajikan kutipan
teks eksposisi,siswa dapat menentukan isi tersirat pada teks tersebut.
Bacalah bagian teks eksposisi di bawah ini dengan tepat!
Pulau kecil berbentuk bulan sabit ini tak pernah gagal
merebut hati wisatawan yang datang mengunjunginya.Pulau itu bernama
Nami.Wisatawan dapat merasakan harmoni alam,terutama di musim gugur yang biasa
terjadi pada bulan Oktober-November.
Isi tersirat
pada teks tersebut adalah....
- Keindahan pulau Nami yang elok.
- Wisatawan yang selalu datang mengunjungi pulau Nami.
- Wisatawan datang ke pulau Nami karena keharmoniannya.
- Wisatawan selalu mengunjungi Nami,terutama pada bulan Oktober-November.
Kunci Jawaban : A
3.
Indikator Soal : Disajikan kutipan
teks eksposisi, siswa dapat menentukan isi tersirat bagian teks tersebut.
Mengkonsumsi pisang secara rutin
ternyata banyak manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh. Buah pisang baik
dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil untuk membantu tumbuh kembang janin. Hal
ini karena buah pisang memiliki kandungan nutrisi seperti kalium dan juga asam
folat. Buah pisang membantu tubuh untuk menyimpan cadangan kalsium, fosfor,
serta nitrogen, yang berfungsi membangun perbaikan dan regenerasi jaringan pada
tubuh.
Pesan tersirat dari teks tersebut adalah ….
a.
Buah pisang memiliki nutrisi yang
baik untuk kesehatan tubuh.
b.
Bagi ibu yang sedang hamil
dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang secara rutin.
c.
Setiap hari mengkonsumsi pisang dapat
membantu tubuh untuk menyimpan cadangan kalsium, fosfor, serta nitrogen.
d.
Manfaat buah pisang untuk kesehatan.
Jawaban : B
4.
Indikator Soal : Disajikan kutipan teks
eksposisi, siswa dapat menentukan ide pokok teks
tersebut.
Sering
kita lihat anak-anak usia sekolah khususnya anak SMP sudah menggunakan
perangkat teknologi / gadget seperti
HP bahkan Tablet. Ke sekolahpun anak-anak tak segan untuk membawa HP tanpa
mereka hiraukan dampak negatifnya. Fitur-fitur yang tersedia di HP seperti kamera, permainan, aplikasi internet akan
mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka
disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall, Face Book dari teman mereka
bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk
mencontek dalam ulangan, bermain HP saat guru menjelaskan pelajaran, dan
sebagainya. Hal itulah yang akan mengganggu kemampuan daya pikir anak dalam
belajar.
Ide pokok teks
tersebut adalah ….
a.
Banyak
kalangan anak usia sekolah yang memakai HP.
b.
HP
canggih dilengkapi fitur-fitur seperti kamera, permainan akan mengganggu siswa
dalam belajar.
c.
Dampak
negatif pengguna HP pada kalangan anak SMP.
d.
Pengguna
HP pada kalangan anak SMP dapat membantu mereka dalam mengerjakan soal.
Jawaban : C
5.
Indikator soal : Disajikan kutipan teks laporan, siswa dapat menentukan
simpulan isi teks tersebut.
Bacalah kutipan teks berikut!
Dinas Kesehatan
Kota Bondowoso melakukan peninjauan ke Desa Sukajadi yang terdiri atas
empat RT. Diketahui
di RT 04 tinggal satu orang yang belum
memiliki MCK. Dengan demikian,
kepemilikan MCK di RT 04 sudah mendekati 100%. Di RT 01 dan RT 02 sudah 92% rumah penduduk
yang memiliki MCK, sedangkan di RT 03
rumah penduduk yang telah memiliki MCK sebesar 91%.
Simpulan isi teks tersebut adalah …
- Penduduk Desa Sukajadi tidak perlu mendapat bantuan MCK.
- Penduduk Desa Sukajadi perlu mendapat bantuan MCK.
- Persentase kepemilikan MCK penduduk Desa Sukajadi dibawah 90%.
- Persentase kepemilikan MCK penduduk Desa Sukajadi di atas 90%.
Jawaban D
6. Indikator soal :Disajikan kutipan
teks tanggapan kritis, siswa dapat menentukan simpulan pendapat pro pada teks
tersebut.
Bacalah kutipan teks berikut!
Kurikulum 2013
mendapat banyak sorotan dari masyarakat Indonesia, baik yang setuju maupun yang tidak setuju. Sebagian
masyarakat yang tidak setuju digunakannya Kurikulum 2013,
menganggap masih perlu persiapan yang matang. Padahal di dalam Kurikulum 2013, siswa dibuat lebih
aktif, lebih kreatif, dan lebih
menyenangkan dibandingkan dengan Kurikulum
2006.
Simpulan pendapat pro pada teks tersebut
adalah ….
A.
kurikulum
2013 baik digunakan untuk sekolah
perkotaan
B.
kurikulum
2013 baik untuk meningkatkan pendidikan Indonesia
C.
kurikulum
2013 siap dengan perubahan yang terjadi
di masyarakat
D.
kurikulum
2013 perlu persiapan lebih matang untuk dapat digunakan
Jawaban B
7.
Indikator
Soal : Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa dapat menentukan ringkasan isi
teks tersebut
Dengan
demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu dapat membentuk
remaja yang unggul. Mereka akan bisa bersaing baik di tingkat nasional maupun
tingkat internasional. Dengan begitu, remaja yang memiliki karakter kuat akan
tumbuh sebagai remaja yang unggul dan dibanggakan karena sehat secara fisik,
stabil dalam emosi, dan intelektualnya berkembang baik.
Ringkasan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ….
A.
Pendidikan
karakter membentuk remaja yang unggul.
B.
Remaja
sulit bersaing di tingkat nasional
C.
Remaja
yang berkarakter lemah akan tumbuh sebagai remaja yang unggul.
D.
Remaja
yang berkarakter kuat intelektualnya kurang baik
JAWABAN : A
8.
Indikator
Soal : Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa dapat menentukan ringkasan isi
teks tersebut
Perhatikan
teks-teks berikut !
Teks 1
Sudah
dua hari ini Imah tidak ke sekolah. Padahal, dia itu anak yang rajin dan
sebelumnya tak pernah begini. Oleh karena itu, aku, Ana, dan Afga berencana
mengunjunginya usai pulang sekolah.
Teks 2
Di
sebuah sungai terdapat sekelompok katak yang sedang berenang. Salah satunya
bernama Kungkong. Kungkong mempunyai sifat baik hati. Suatu hari, Kungkong
bertemu dengan Pori, siput yang hendak menyeberangi sungai. Padahal air sungai
sedang meluap. Kungkong pun berniat memberi bantuan.
Jenis
teks pada dua kutipan di atas adalah….
A.
Teks
1 merupakan teks biografi dan teks 2 merupakan teks fabel
B.
Teks
1 merupakan teks fabel dan teks 2 merupakan teks cerpen
C.
Teks
1 merupakan teks cerpen dan teks 2 merupakan teks fabel
D.
Teks
1 merupakan teks eksposisi dan teks 2
merupakan teks fabel
JAWABAN
: D
- Disajikan teks ulasan karya sastra, siswa dapat menentukan keunggulan karya sastra tersebut.
(1)
Pada novel karya Sutan Takdir Ali Syahbana yang
membawa pembaharuan pada wanita di zaman dahulu yang mengabdikan
waktunya untuk keluarga dan ahli penunggu rumah. (2) Namun, Sutan Takdir Ali
Syahbana menampilkan kedudukan wanita setara dengan karir pria yang bekerja di
luar rumah. (3) wanita harus patuh kepada orangtuanya (4) Wanita tidak boleh berpendidikan tinggi.
Kalimat yang
merupakan Keunggulan adalah ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
Jawab : B
10. Indikator soal : Disajikan teks
ulasan karya sastra, siswa dapat menentukan kelemahan karya sastra tersebut.
(1) W.S. Rendra seorang sastrawan terkenal
(2)
W.S. Rendra lulusan terbaik dari universitas
terkenal di Amerika
(3)
Karya sastranya banyak mendapat penghargaan
(4)
Karya sastranya sulit dipahami pembaca
Kalimat
ulasan yang menunjukkan kelemahan
ditunjukkan pada nomor….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
Jawab : D
11.
Disajikan
kutipan cerpen,siswa dapat menentukan makna
kata`pada cerpen tersebut
Perhatikan
paragraf berikut!
Selesai
pertempuran nataga segera menuju ke atas bukit, bergabung dengan seluruh
panglima. Levo,Goros,Lamia,sikka, dan Mora memandang Nataga dengan haru dan
tersenyum mengisyaratkan hormat dan bahagia.
Sumber
: Ugi Agustono The Little Dragon
Makna kata yang digaris bawahi dari
penggalan kalimat di atas adalah…
A. memberikan himbauan
B. memberikan masukan
C. memberikan tanda-tanda
D. memberikan perintah
Kunci: C
12.
Indikator
Soal : Disajikan kutipan fabel, siswa dapat menentukan makna kata pada fabel
tersebut
Perhatikan
paragraf berikut !
Aku
tidak bias berenang sepertimu dan ika, tetapi aku bisa terbang menyitari
angkasa. Burung kembali berkata dengan bijak, “Itulah yang kumaksud Ulu, kita
masing-masing memiliki kelebihan sendiri. Semut tidak bisa berenang sepertimu,
tetapi ia bisa menyusup ke tempat tempat kecil yang tidak dapat kau
lewati.
Sumber
: Harian Kompas, minggu
15
Februari 2015
Makna kata yang digaris bawahi dari
penggalan kalimat di atas adalah…
A.
menyeruduk
kebawah
B.
meraba
ke bawah
C.
menarik
ke atas
D.
mendorong
ke depan
Kunci: A
13.
Indikator : Disajikan kutipan Fabel, Siswa dapat menentukan makna tersurat pada
fabel tersebut.
Bacalah dongeng berikut ini
MONYET
DAN UNTA PENIRU
Pada suatu perayaan besar untuk
menghormati sang singa si Raja Hutan, seekor monyet diminta untuk menari di
depan hewan yang hadir pada perayaan itu. Tarian sang monyet begitu indahnya
sehingga hewan yang hadir menjadi senang dan gembira melihatnya.Tarian sang
monyet begitu indahnya sehingga seluruh hewan yang hadir menjadi senang dan
gembira.
Pujian yang didapatkan oleh sang monyet
membuat seekor unta yang hadir menjadi
iri hati. Dia sangat yakin bahwa ia bisa menari seindah tarian sang
monyet, bahkan mungkin lebih baik lagi karena itu dia maju ke depan menerobos
kerumunan hewan yang menonton tarian monyet, dan sang unta mengangkat kaki
depannya mulai menari. Tetapi unta yang sangat besar itu membuat dirinya kelihatan konyol saat
menendang kakinya ke depan dan memutar-mutarkan lehernya yang kaku dan panjang
itu. selain itu, sang unta sulit untuk menjaga agar tapak kakinya yang besar
tetap terangkat ke atas.
Akhirnya
salah satu tapak kakinya yang besar hampir mengenai hidung sang Raja
Hutan, sehingga hewan-hewan yang jengkel melihat tingkah sang unta, mengusirnya
keluar sampai ke padang gurun.
Makna yang tersurat pada kutipan fabel
tersebut adalah…
A. Unta
merasa iri kepada monyet karena mendapat pujian dari raja hutan.
B. Monyet
merasa iri kepada unta karena mendapat pujian dari raja hutan
C. Sang
raja hutan merasa senang karena dipuji oleh monyet karena kehebatannya
D. Semua
binatang merasa senang karena mendapat pujian dari monyet
E. Jangan
sombong
Kunc Jawaban : A
14.
Indikator
disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bagian alur
(Pengenalan/komplikasi/klimaks/peleraian/penyelesaian ) pada cerpen tersebut
Bacalah kutipan
berikut ini
KISAH SEORANG PENJUAL KORAN
Ketika Ipin
sedang mengacu sepedanya , tiba-tiba ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda
tersebut adalah sebuah bungkusan plastik
berwarna hitam. Ipin jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia ragu-ragu dan
merasa ketakutan karena akhir-akhir ini sering terjadi peledakan bom di
mana-mana. Ipin khawatir benda itu adalah bungkusan bom. Namun pada akhirnya,
ia mencoba membuka bungkusan tersebut. Tampak di dalam bungkusan itu terdapat
sebuah kardus.
“ Wah apa isinya
ini?” tanyanya dalam hati.Ipin segera membuka bungkusan dengan hati-hati
alangkah terkejutnya ia, karena di dalamnya terdapat kalung emas dan perhiasan
lainnya “wah apa ini ?” tanyanya dalam
hati . “ Milik siapa yah?” Ipin membolak balik cincin dan kalung yang ada di
dalam kardus. Ia makin terperanjat lagi karena ada kartu kredit di dalamnya”
Lho…inikan milik pak Edison, Kasihan sekali pak Edison rupanya ia telah
kecurian .” Gumamnya dalam hati.
Kutipan cerpen
tersebut merupakan bagian dari …
A. Pengenalan
B. Komplikasi
C. Klimaks
D. Peleraian
Kunci Jawaban :
B
15.
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan latar ( waktu/ tempat/ suasana
) pada cerpen Tersebut
Bacalah kutipan cerpen berkut!
Mama
Fati sangat terpukul ketika mendengar penjelasan dokter bahwa Fati mengidap
kangker otak. Ia tidak mampu berucap apa-apa dengan
bibirnya. Karena pipinya basah,hatinya memohon kemurahan Tuhan. Ibu harus segar, agar Fati juga tegar!
Dokter menasehati dengan lembut. Mama Fati tetap membisu. Bibirnya
bergetar,tapi tak mampu berucap.
Latar suasana dan tempat kutipan cerpen
tersebut adalah ....
A. Haru,
di rumah
B. sedih,
di ruang dokter
C. kecewa,
di tempat praktek
D. haru,
di tempat
Kunci jawaban: B
16. Disajikan kutipan fabel, siswa dapat
menentukan latar ( waktu/ tempat/ suasana )
Perhatikan
kutipan teks fabel berikut!
Burung hantu selalu tidur di siang hari.
Ia akan bangun setelah matahari terbenam, ketika cahaya merah memudar dari
langit. Dia menggeliat dan berkedip dari lubang pohon tua. Sekarang dia
berseru, “hoo hoo hoo” bergema melalui kayu yang rimbun dan ia mulai berburu
serangga.
Ia adalah seekor burung hantu tua yang
galak, terutama jika ada yang mengganggu saat ia tidur. Suatu sore musim panas
yang hangat, saat ia tertidur jauh di dalam lubang pohon tua. Belalang di
dekatnya mulai menyanyikan lagu gembira namun saat menyesakkan telinga. Burung
hantu tua itu menengok dari lubang pohon yang digunakan sebagai pintu dan
jendela.
“pergi dari sini, tuan,” katanya kepada
belalang tersebut. ”apakah anda tidak memiliki sopan santun?” lanjutnya. “anda
setidaknya harus mnghormati usia saya dan membiarkan saya tidur dengan tenang!”
lanjut sang burung hantu tua itu.
Akan tetapi belalang menjawab dengan
kasar bahwa ia juga berhak berada di tempat ini. Lalu ia meneriakkan suara
lebih keras dan lagu yang lebih berisik. Burung hantu yang bijak tau benar
bahwa tak ada gunanya berdekat dengan belalang yang keras ini. Selain itu,
matanya semakin rabun untuk memungkinkan dirinya menghukum belalang. Akhirnya,
dia melupakan semua kata keras dan kembali berbicara dengan sangat ramah kepada
belalang.
“Tuan belalang yang baik hati, jika saya
harus tetap terjaga, saya akan datang untuk menikmati nyanyian anda. Namun,
saat ini saya memiliki anggur lezat disini, kiriman dari olimpus. Silahkan
datang dan rasakan minuman lezat ini bersama saya.” Sanjung burung hantu tua.
Belalang terhanyut oleh kata-kata
sanjungan burung hantu tua. Akhirnya, dia melompat kesarang burung hantu tua.
Ketika belalang cukup dekat dalam jangkauan penglihatan, burung hantu tua itu
menerkam dan memakannya.
Latar waktu terjadinya peristiwa dalam
teks di atas adalah ....
A. pada
pagi hari
B. pada
malam hari
C. pada
siang hari
D. pada
sore hari
kunci jawaban D
17:
Disajikan kutipan fabel, siswa dapat menentukan simpulan makna simbol pada
fabel tersebut.
18:
Disajikan kutipan fabel, siswa dapat menentukan simpulan isi tersirat pada
fabel tersebut.
Bacalah
kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 17 dan 18!
Pada suatu hari yangcerah. Seekor burung
merak berjalan dengan angkuhnya. Para
penghuni rimba merasa kurang senang. Keangkuhan si Merak semakin menjadi-jadi.
Setiap berjumpa penghuni rimba lainnya, merak selalu pamer bulu-bulunya itu.
“Siapa yang bisa menandingi keelokan diriku?”
kata merak berulang kali, tanpa bosan-bosan.
Tentu saja teman-temannya kian jengkel
kepada merak. “Ah, aku ada akal untuk menyadarkan si merak.” pikir kancil suatu
hari.
Lantas kancil membisiki beberapa teman
lainnya. Diantaranya kijang, kelinci, dan tupai. Pagi itu merak kembali pamer
kepada teman-temannya.
Jalannya dibuat miring-miring agar
bagian bulunya kelihatan siapa saja.
17.
Makna simbol bulu pada fabel tersebut
adalah....
A. kesombongan
B. keindahan
C. kekayaan
D. kebaikan
Kunci jawaban: B
18.
Simpulan
isi yang tersirat pada fabel tersebut adalah...
A. Kijang, kelinci
dan tupai merasa kurang senag kepada si Merak.
B. Si Merak sombong
karena memiliki kelebihan dibanding dengan yang lainnya.
C. Kancil yang yang
menyadarkan Merak.
D. Si merak yang
suka pamer dengan bulu-bulunya.
Kunci jawaban: B
19.
Di sajikan kutipan cerpen, siswa dapat menemukan simpulan sebab terjadinya konflik pada
cerpen tersebut.
Rumusan butir soal :
Perhatikan kutipan cerpen berikut !
“Saya pas masuk dapur waktu itu, kelihatan
sekelebatan orang keluar dari pintu samping. Saya tidak terlalu memperhatikan
karena banyak tanaman yang ada disekitar itu. Waktu mau balik ke depan,
tiba-tiba ada perasaan tidak enak. Lalu saya ke garasi. Ada Parmn disitu yang
kelihatan keluar. Saya tanya, “mau kemana Min?” saya kaget karena Parmin
tiba-tiba gugup melihat saya “mau pulang” katanya. Saya bilang “nanti saja,
bantuin beres-beres” dia memang batal pulang dan dia sangat kecewa. Tidak
gomong apa-apa selain nunduk dan naroh sepedanya lagi.
Sebab terjadi konflik pada kutipan cerpen
tersebut adalah ....
A.
Tokoh saya berpura-pura sambil mengintip
gerak-gerik Parmin.
B.
Tokoh saya
mencegah agar pulangnya nanti saja
C.
Parmin batal pulang dan tampaknya sangat
kecewa.
D.
Parmin tidak ngomong apa-apa selalu
menunduk dan menaruh sepeda
Kunci
jawaban : B
20.
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan simpulan akibat konflik pada
cerpen tersebut:
Rumusan
butir soal
Perhatikan
kutipan cerpen berikut !
Hasan
kembali lagi kepada sikap seperti semula. Melengkung lagi pinggangnya. Tapi
tangannya berkepal dan giginya berderik-derik. “ya, si Anwar dan Rusliah yang
telah menyesatkan daku!. Mereka yang membikin aku bentrokan dengan ayahku
sendiri!. Mereka yang terkutuk!. Mereka yang harus kuhancurkan!
Tangan
Hasan yang kurus kering itu berkepal-kepal dan meninju-ninju pahanya sendiri.
Cemas ia. Maka terbayang-bayanglah lagi wajah Anwar dengan pandangan matanya
memandang istrinya di belakang punggungnya, kalau ia sedang di kantor. “etc..
etc. Si -Anwar!chih!”
Akibat
konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.
Hasan menjadi anak yang durhaka kepada
orang tua.
B.
Hasan dikhianati oleh Anwar dan Rusli.
C.
Istri Hasan dilarikan Anwar dan Rusli.
D.
Hasan terlalu pada Anwar dan Rusli.
Kunci jawaban : A
21.
Indikator Soal: Disajikan kutipan fabel, siswa dapat menentukan simpulan sebab
terjadinya konflik pada fabel tersebut.
22.
Indikator Soal: Disajikan kutipan fabel, siswa dapat menentukan simpulan akibat
konflik pada fabel tersebut.
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal
nomor 21 dan 22!
Ia melihat
sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek
yang tidak bisa pergi ke mana-mana.
“Hei, kepompong
alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo
jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu
patah?”
Sang semut
selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang
semut kuat mengangkat beban uang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa
bahwa dirinya adalah binatang yang palinghebat. Si kepompong hanya diam saja
mendengar ejekan tersebut.
Pada suatu pagi
sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur
terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke
dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut
berteriak sekencang mungkin untuk memninta bantuan.
“Tolong, bantu
aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!
Untunglah saat
itu ada seekor kupu-kupu yangterbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan
sebuah ranting ke arah semut.
“Semut peganglah
erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu sang semut
memegang ranting itu. Si kupu-kupu mengangakat ranting itu dan menurunkan di
tempat yang aman.
Kemudian, sang
semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan
nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji.
Mendengar pujian
itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku adalah kepompong yang pernah kau
ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah
menyelamatkan dirinya.
Akhirnya, sang
semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk
ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.
Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan,
Kemendikbud RI Edisi Revisi 2014
21. Penyebab terjadinya konflik pada
teks tersebut adalah...
A. Si kepompong
mengejek sang semut yang sombong..
B. Sang semut
selalu membanggakan dirinya binatang yang hebat.
C. Sang semut
mengejek bentuk kepompong yang jelek nasibnya.
D. Si kepompong
saat diejek semut hanya diam saja.
22. Akibat konflik pada teks tersebut
adalah...
A. Kupu-kupu
menolong semut saat hampir tenggelam.
B. Semut
tergelincir dan jatuh dalam genangan lumpur.
C. Sang semut
berterima kasih kepada kupu-kupu.
D. Ia memuji
kupu-kupu sebagai binatang yang terpuji.
23.
Disajikan dua kutipan cerpen, siswa dapat menentukan perbandingan pola
pengembangan pada kedua cerpen
Bacalah
kutipan cerpen berikut!
Kutipan I
|
Kutipan II
|
ImpianSeorangGadisMiskin
“Hariinikitaakanmembahastentangimpian,”
ucap Bu Tya, guru BahasaIndonesiaku. “Tuliskanapaimpian kalian
sertabeberapaalasankenapa kalian inginmenjadisepertiitupadasatulembarkertas.
Mengerti?” Kami semuamengangguk. Satuhal yang munculdalampikiranku,
menjadiseorangpenulis. …
AnadyaAlyasavitri,
http://cerpenmu.com
|
Masih Ada Harapan
Yang mencintaimutidakhanyasatu
orang, yang memperhatikanmujugatidaksatu orang, yang
perlukamujugatidakhanyasatu orang, adakeluargamu, teman-tamanmu, orang di
sekitarmu yang perlukehadiranmudalamhidupmereka, janganjadikansatu orang
sebagaialasanuntukmuberhentiberharaphidupmuharustetapberjalan. …
Rosiana, http://cerpenmu.com
|
Perbedaanpolapengembangankeduakutipancerpentersebutadalahdiawalidengan
....
Kutipan I
|
Kutipan II
|
|
A
|
rumitan
|
peleraian
|
B
|
klimaks
|
rumitan
|
C
|
peleraian
|
penyelesaian
|
D
|
penyelesaian
|
peleraian
|
Kunci jawaban : A
24.
Disajikan dua kutipan fabel, siswa dapat menentukan perbandingan pola
pengembangan pada kedua fabel
Bacalahkutipanfabelberikut!
Teks I
Kupu-kuputersadardaripingsannya.Namuniaterkejutsaatiatahubahwaiasadaritadipingsan.
Tiba-tibalalatdatangmembawaobat-obatan.Syukurlahkausudahpulih,‖ujarnyasenang.
Kupu-kuputerkejutkarena yang menolongnyaadalahhewan yang tadipagiiahina.
Diamerasaberhutangbudipadanya.Mm..Terimakasihyakaumaumenolongku,
padahalakutelahmenghinamu..‖ ujarnyamalu-malu.Tidakapakok,
sudahlahkautiduransaja. Biarakudapatmengobatisayapmu yang
patah‖.Kupu-kupumenurut, laluiadiobatiolehlalat.
Hariterusbergantiakhirnyakupu-kuputelahpulihkembali.Iadapatterbangkemanaiasuka.
Namunkupu-kupu yang sekarangtelahberbedadengankupu-kupu yang
lama.Iakinimaubertemandengansiapasaja. Teman-temannya pun
telahmemaafkanperbuatandia yang
lalu.kupu-kuputelahmenyadaribahwakecantikannyaituhanyapemberiansematadari Allah
Swt. Iamaubertemandengansiapasaja. Karenatanpatemaniatakbisaberbuatapa-apa.
Teks II
Dipadangrumput yang indah nan damai,
hiduplahseekorkelinci yang sangatnakal.
Setiapharikerjaannyahanyamengusilipenghunipadangrumput. Padasuatuhari,
kelincibertemudengankijang.Dalamhati,kelinciberpikirsayabohongisajakijang,
tapibagaimanaya?Kelinciberpikirdengan cepatdantiba-tibaada ide nakalsampai di
kepalanya.Sayapura-purasajalarikearahkijangsambilberteriaksingangamuk!
singangamuk! Hehehe....
Makasambillarilah,kelinciberteriaksingangamuk!
singangamuk!‖ Akhirnya, kijangsekeluargalaritanpaarah,
sampaianaknyakijangjatuhkejurangdantewasseketika.
Perbandinganpolapengembangankeduakutipantekstersebutadalah
....
Teks I
|
Teks II
|
|
A.
|
komplikasi – resolusi - koda
|
orientasi - komplikasi
|
B.
|
orientasi - komplikasi - koda
|
komplikasi - resolusi
|
C.
|
orientasi – komplikasi - resolusi
|
orientasiresolusi
|
D.
|
orientasi – resolusi - koda
|
orientasi - koda
|
Kuncijawaban
: A
25. INDIKATOR
SOAL : Disajikan dua kutipan fabel,
Siswa dapat menentukan perbandingan pola pengembangan pada kedua fable
tersebut.
Bacalah cerita pabel
berikut!
TeksI
Kupu-kupu tersadar dari pingsannya. Namun ia terkejut
saat ia tahu bahwa ia sedari tadi pingsan. Tiba-tiba Lalat datang membawa
obat-obatan.
“Syukurlah kau sudah pulih,”ujarnya senang.Kupu-kupu
terkejut karena yang menolongnya adalah hewan yang tadi pagi ia hina. Dia
merasa berhutang budi padanya.
“Mm..Terimakasih ya kau mau menolongku, padahal aku
telah menghinamu..” ujarnya malu-malu.
“Tidak apa kok, sudahlah kau tiduran saja. Biar aku
dapat mengobati sayapmu yang patah”. Kupu-kupu menurut, lalu ia diobati oleh
Lalat.
Hari terus
berganti akhirnya Kupu-kupu telah pulih kembali. Ia dapat terbang ke mana ia
suka. Namun Kupu-kupu yang sekarang telah berbeda dengan Kupu-kupu yang lama.
Ia kini mau berteman dengan siapa saja. Teman-temannya pun telah memaafkan
perbuatan dia yang lalu. Kupu-kupu telah menyadari bahwa kecantikannya itu
hanya pemberian semata dari Allah Swt. Ia mau berteman dengan siapa saja.
Karena tanpa teman ia tak bisa berbuat apa-apa. http://www.ceritakecil.com
Teks
II
Tersebutlah di padang rumput yang indah nan damai,
hiduplah seekor kelinci yang sangat nakal. Setiap hari kerjaannya hanya
mengusili penghuni padang rumput. Pada suatu hari, si Kelinci bertemu dengan
Pak Kijang. Dalam hati, Kelinci berpikir “saya kerjain saja Pak Kijang, tapi
bagaimana ya?” Si Kelinci berpikir sangat keras dan tiba-tiba ada ide nakal
sampai di kepalanya. “Saya pura-pura saja lari ke arah Pak Kijang sambil berteriak ‘Pak Singa
ngamuk! Pak Singa ngamuk! Hehehe....
Maka sambil larilah, si Kelinci
berteriak “Pak Singa ngamuk! Pak Singa ngamuk!” Akhirnya, Pak Kijang sekeluarga
lari tak beraturan tanpa arah, sampai anaknya Pak Kijang jatuh ke jurang dan
tewas seketika.
http://www.ceritakecil.com
Perbandingan
pola pengembangan kedua kutipan fabel tersebut adalah ....
|
CerpenI
|
Cerpen II
|
A.
|
lugas,
modern
|
klise
|
B.
|
berbelit-belit
|
lugas,
jelas
|
C.
|
campuran
bahasa Jawa
|
modern
|
D.
|
modern
|
lugas
|
KUNCI JAWABAN: A
26.
INDIKATOR SOAL : Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan komentar
terhadap isi cerpen tersebut.
Bacalah Cerpen berikut!
Komentar
terhadap isi cerpen tersebut adalah
A. Rahmat yang selalu mengalah.
B. Abdul yang sombong dan pemarah.
C. Abdul yang selalu memusuhi kura-kura yang sabar.
D. Sikap Rahmat perlu dijadikan contoh dalam kehidupan.
KUNCI JAWABAN: D
27. IndikatorSoal
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan
komentarterhadap pola pengembangan cerpen tersebut.
Cermatilah kutipancerpendibawahinikemudianjawablahsoalnomor27
s.d.28!
“Nada,
minggudepankitaharuspindahke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan di sana.”
Bagaikanpetir di siangbolongmenyambar Nada yang
seketikaitulangsungdiammematung.“Kenapamendadak, Bunda?Nada senangtinggal di
sini.Apa Nada tidakbisatetaptinggal di sini?Sekolah Nada gimana?”“Tidakbisa,
sayang.Kamumautinggalsamasiapa di sini? Masalahsekolah, semuasudahdiurus
Ayah.Kamuhanyatinggalmengemasibarang-barangmu.”Nada
terdiam.Takmungkinmampuiamembantah. Minggudepaniaharusmeninggalkantempatini.
Tepat di hariulangtahunDio yang ke18.Terasaberatuntuknyameninggalkantempatini.Terlalubanyakkenangan
yang terukir.SemakinterasaberatketikaharusmeninggalkanDio.
Komentaryangtepatterhadappolapengembangankutipancerpentersebutadalah....
A.
Dimulaidenganmemunculkanmasalah
yang harusdiselesaikantokohyaituAyah.
B.
Dimulaidenganmenampilkanlokasikarena
di dalamkutipancerpentersebutdimunculkanlokasiceritayaitu Jogjakarta.
C.
Dimulaidenganketegangankarena
di dalamkutipancerpentersebuttokohmenghadapimasalah.
D.
Dimulaidenganmemunculkantokohyangmempunyaimasalahkarena
didalamkutipancerpentersebutdiawalimunculnyanamatokohyaitu Nada.*
28. IndikatorSoal
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan
komentar terhadap penggunaan bahasa cerpen tersebut.
Komentaryangtepatterhadappenggunaanbahasakutipancerpentersebutadalah
...
A.
Banyakmenggunakan
kata yang
bermaknakiasansehinggamenyulitkanpembacadalammemahamiisiceritatersebut.
B.
Bahasa
yang
digunakandalamkutipancerpentersebutadalahbahasasehari-harisehinggapembacamudah
memahaminya.*
C.
Kalimatdalamkutipancerpentersebutmenggunakankalimatyang
panjangsehingamembosankanbagipembaca.
D.
Bahasa
yang digunakandalamkutipancerpentersebuttidaksantun,karenamenampilkan dialog
anak yang konpflikdengan orang tua.
29.
Disajikan
dua kutipan fabel, siswa dapat menentukan komentar terhadap isi fabel tersebut.
Bacalah kutipan
fabel berikut!
Fabel 1
Si kupu-kupu melemparkan ranting ke
semut yang mengapung di pinggir sungai. Lalu, sang semut memegang erat
ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat
yang aman. Sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah
menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan
pemberani.
|
Fabel 2
Karena sangat takut, anak-anak ayam itu
menuruti saja apa yang dikatakan induknya. Mereka memasuki gudang yang gelap
itu, lalu naik ke tumpukan barang-barang bekas. Dengan cepat musang mengejar
ke tempat itu. Ia hanya mengandalkan indra penciumannya saja. Pada saat
musang sedang menerka-nerka keberadaan induk dan anak-anaknya, mereka
menyelinap keluar dan mengunci gudang itu dari luar.
|
Komentar yang
tepat terhadap isi kedua fabel tersebut adalah ...
A. Isi
kedua cerita tersebut bagus karena mengajarkan kepada pembaca agar dalam
kehidupan saling tolong menolong dan patuh kepada orang tua.
B.
Ke
dua cerita fabel tersebut berisi pesan moral, sayang ceritanya masih bersifat
implisit sehingga pesan moral kurang tersampaikan.
C.
Ceritanya
bagus untuk anak-anak dan menggambarkan dalam kehidupan sehari-hari.
D.
Kalimat
dalam kedua cerita tersebut kurang komunikatif, sehingga untuk memahami isi
ceritanya perlu dibaca berulang-ulang.
30.
Disajikan
kutipan fabel, siswa dapat menentukan komentar terhadap pola pengembangan fabel
tersebut.
Bacalah kutipan fabel berikut!
Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman
itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin
membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir
tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk
meminta bantuan. “Tolong,bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong....,tolong...!”.
Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian,
kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat
ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang
erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di
tempat yang aman.
Komentar
yang tepat terhadap pola pengembangan fabel tersebut adalah ...
A.
Kutipan fabel tersebut secara umum sudah sesuai struktur teks.
B. Kutipan fabel
tersebut pada bagian tahapan pemunculan masalah kurang diceritakan secara
menarik.
C. Secara umum
struktur yang terdapat dalam kutipan fabel tersebut sudah runtut tetapi pada
resolusi kurang dimunculkan.
D. Dalam cerita
fabel tersebut koda sudah nampak.
31. Indikator soal
Disajikan
kalimat laporan yang salah satu katanya dirumpangkan, siswa dapat menentukan
kata yang tepat untuk melengkapi kalimt tersebut. (soal no 31)
Cermati kutipan berikut !
Abu vulkanik
letusan Gunung Barujari di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB)
mulai masuk ke kota Mataram, meskipun intensitasnya belum signifikan, kondisi
tersebut cukup [ ... ] bagi kesehatan masyarakat.
Kata yang salah
untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A.
meresahkan
B.
mengkhawatirkan
C.
merisaukan
D.
membahagiakan
(Kunci jawaban D)
32. Disajikan teks prosedur yang salah satu kalimatnya
dirumpangkan, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi teks
tersebut. (soal no 32)
Petunjuk Membuat Kue Cubit
1)Kocoklahtelurbersamadengangulapasirhinggacampuranbahanmengental
2) Kemudian, masukkantepungterigu, tepung kanji dan soda kue.
3) Kocokbahantersebutdengankecepatanrendah, selanjutnyatambahkan air dan
margarin, laluaduk-adukkembalihingga rata.
4)[....]
5)Olesicetakandenganmargarin, lalutuangkanadonankuekedalamcetakan.
6)Tutuplahcetakanbeberapasaatdanbiarkanhinggasetengahmatang.
7)[....]
8)Jikasudahmatang, angkatkuedaricetakandankuesiapdisajikan.
Kalimatyangtepatuntukmelengkapibagianrumpangpetunjuktersebutadalah....
A. 4) Siapkancetakankue cubit danpanaskandenganapisedang.
7) Aduk-adukadonantersebuthingga rata, laludiamkanadonanselama 35 menit.
B. 4) Siapkancetakankue cubit danpanaskandenganapisedang.
7) Taburikuedenganbahantaburanmeisesdankejuparutlalututupkembalihingga
4)[....]
5)Olesicetakandenganmargarin, lalutuangkanadonankuekedalamcetakan.
6)Tutuplahcetakanbeberapasaatdanbiarkanhinggasetengahmatang.
7)[....]
8)Jikasudahmatang, angkatkuedaricetakandankuesiapdisajikan.
Kalimatyangtepatuntukmelengkapibagianrumpangpetunjuktersebutadalah....
A. 4) Siapkancetakankue cubit danpanaskandenganapisedang.
7) Aduk-adukadonantersebuthingga rata, laludiamkanadonanselama 35 menit.
B. 4) Siapkancetakankue cubit danpanaskandenganapisedang.
7) Taburikuedenganbahantaburanmeisesdankejuparutlalututupkembalihingga
kuematang.
C. 4) Aduk-adukcampurantersebuthingga rata, laludiamkanadonanselama 35
C. 4) Aduk-adukcampurantersebuthingga rata, laludiamkanadonanselama 35
7) Tuangkan air
sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan sepatula.
D.
4) Jika sudah merekah dan matang segeralah angkat dan dinginkan beberapa saat.
7)
Taburi kue dengan bahan taburan meises dan keju parut lalu tutup kembali hingga
kue matang
Kunci Jawaban : B
33.
Disajikan kalimat laporan yang diacak urutannya, siswa dapat menentukan urutan kalimat laporan
tersebut.
1.
Setelah puas kami berkeliling, kami berkumpul
untuk makan siang bersama.
2.
Meskipun kelelahan, kami merasa puas karena sudah
melihat benda-benda bersejarah di Mesium Sribaduga
Bandung.
3.
Tepat pukul 15.00, kami bersiap-siap pulang
kembali ke Jakarta.
4.
Sebelum berangkat, kami mendapat pengarahan dari
wakil kepala sekolah
5.
Kami berangkat dari sekolah pukul 05.30.
6.
Sesampainya di Musium Sribaduga Bandung, kami
melihat benda-benda bersejarah.
Urutan
yangtepat kalimat di atas sehingga menjadi paragraf laporan yang baik adalah ...
A.
4, 5, 6, 3, 1, 2
B.
5, 4, 6, 1, 2, 3
C.
4, 6, 5, 3, 1, 2
D.
5, 6, 4, 1, 3, 2
Kunci jawaban : B
34. Disajikan
teks prosedur yang diacak urutannya, siswa dapat menentukan urutan teks teks
tersebutprosedur
Bacalahpetunjukberikutini!
1.
Pijatkulitdenganlembuthinggaterserapseluruhnya.
2.
Usapkandenganujungjarikekulitwajahdanleher
yang bersih.
3.
Ratakanpelembab
di kulitdengantelapaktangan.
4.
Tuangkanpelembabkeujungjarisecukupnya.
Urutanpetunjukpenggunaanpelembabwajah
yang tepatadalah ….
A.
(1) - (3) - (2) - (4)
B.
(2)
- (1) - (3) - (4)
C. (4) - (2) - (3) - (1)
D.
(2)
- (3) - (1) - (4)
Kunci Jawaban :
C
35. Indikator soal
Disajikan
kalimat yang salah satu katanya dirumpangkan. Siswa dapat menentukankata yang
tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.
Indonesia
adalah Negara agraris dan para penduduknya sebagian besar bermata pencaharian
sebagai petani. Oleh karena itu, sektor utama yang menjadi andalan pemerintah adalah sektor pertanian. Sama
halnya dengan sektor- sektor pembangunan lain. Sektor pertanianpun (….) Pasang surut karena
tergantung situasi dan kondisi yang ada.
Kata yang tepat
untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah …
A.
Menjadi
B.
Menyebabkan
C.
Mengalami
D.
Mengakibatkan
Kunci
jawaban C
36. Indikator soal
Disajikan
teks eksposisi yang salah satu kalimatnya dirumpangkan. Siswa dapat menentukan
kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut.
Dalam tubuh manusia terdapat aktivitas
seperti pada mesin mobil. Tubuh manusia dapat mengubah energi kimiawi menjadi
energi yang terkandung dalam bahan- bahan bakarnya. Yakni makanan yang ditelan
menjadi energi panasdan energi mekanis. ( …) Sebagian dari energi kimiawi yang
disediakan oleh nasi itu diubah menjadi energi panas yang membuat tubuh tetap
hangat.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A. Makan nasi dapat
menyebabkan kenyang, sehingga melahirkan energi pada tubuh mahluk hidup.
B. Nasi yang anda
makan akan dibakar dalam tubuh sebagaimana bensin dibakar dalam slinder mesin
mobil.
C. Proses
pembakaran dalam tubuh sangat membutuhkan bahan bakar untuk menetralisasi gerak
mesin.
D. Makanan yang
kita makan akan diserap oleh sel- sel tubuh, sebagaimana mesin menyerap bahan
bakar.
Kunci jawaban B
37. Indikator : Disajikan teks tanggapan
kritis dua-tiga paragraf yang salah satu paragrafnya dirumpangkan, siswa dapat
menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut.
Bacalah
paragraf rumpang berikut, kemudian lengkapilah dengan kalimat yang tepat!
Gempa bumi terjadi karena pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan
gunung yang dahsyat............. oleh karena itu, akibat yang ditimbulkan
sangat luar biasa. Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah
sehingga dapat menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa.
Negara yang maju seperti jepang sudah menerapkan sistem informasi dini
terjadinya gempa bumi sehingga meminimalkan kurban jiwa. Bagaimana persiapan
negara Indonesia dalam hal ini padahal negara kita secara geografis tidak jauh
beda dengan negara jepang.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
paragraf rumpang tersebut adalah....
a.
Gempa
bumi adalah goncangan yang terjadi karena pergeseran lapisan batu.
b.
Selain
itu gempa bumi terjadi begitu cepat
dengan dampak yang begitu hebat.
c.
Gempa
tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting.
d. Itulah sebabnya
mengapa gempa bumi terjadi suatu saat.
Kunci jawaban: b
38. indikator: Disajkan kutipan cerpen
dengan sudut pandang orang ketiga, siswa dapat menentukan perubahan cerpen
tersebut dengan menggunakan sudut pandang pertama.
Bacalah penggalan cerpen berikut !
Sebenarnya Ogal masih ragu-ragu , apakah
dia akan ikut Bu Tutik atau akan bertahan hidup dengan mandiri. Jika ia hidup
dengan Bu Tutik tentu tidak bisa bekerja seperti ketika masih hidup bersama
ibunya. Hal itu menjadikannya manja. Tetapi jika menolak kebaikan Bu Tutik,
terasa tidak enak. Pengorbanan Ibu Guru itu sudah sedemikian besarnya. Dari
pengalaman hidupnya selama ini banyak hal yang dapat Ogal petik. Ia biasa
bekerja keras, tidak bergantung pada orang lain. Ia juga biasa hidup prihatin
sehingga tidak suka berfoya-foya.
Perubahan kutipan cerpen tersebut dengan menggunakan sudut
pandang pertama yang tepat adalah....
a.
Sebenarnya
aku masih ragu-ragu , apakah akan ikut Bu Tutik atau akan bertahan hidup dengan
mandiri. Jika aku hidup dengan Bu Tutik tentu tidak bisa bekerja seperti ketika
masih hidup bersama ibu. Hal itu menjadikan manja. Tetapi jika menolak kebaikan
Bu Tutik, terasa tidak enak. Pengorbanan Ibu Guru itu sudah sedemikian
besarnya. Dari pengalaman hidup selama ini banyak hal yang dapat ku petik. Aku
biasa bekerja keras, tidak bergantung pada orang lain. Aku juga biasa hidup
prihatin sehingga tidak suka berfoya-foya.
b.
Sebenarnya
aku masih ragu-ragu , apakah akan ikut Bu Tutik atau akan bertahan hidup dengan
mandiri. Jika ia hidup dengan Bu Tutik tentu tidak bisa bekerja seperti ketika
masih hidup bersama ibu. Hal itu menjadikannya manja. Tetapi jika menolak
kebaikan Bu Tutik, terasa tidak enak. Pengorbanan Ibu Guru itu sudah sedemikian
besarnya. Dari pengalaman hidup selama ini banyak hal yang dapat ku petik. Aku
biasa bekerja keras, tidak bergantung pada orang lain. Juga biasa hidup
prihatin sehingga tidak suka berfoya-foya.
c.
Sebenarnya
ia masih ragu-ragu , apakah aku akan ikut Bu Tutik atau akan bertahan hidup
dengan mandiri. Jika ia hidup dengan Bu Tutik tentu tidak bisa bekerja seperti
ketika masih hidup bersama ibunya. Hal itu menjadikannya manja. Tetapi jika
menolak kebaikan Bu Tutik, terasa tidak enak. Pengorbanan Ibu Guru itu sudah
sedemikian besarnya. Dari pengalaman hidup selama ini banyak hal yang dapat
mereka petik. Ia biasa bekerja keras, tidak bergantung pada orang lain. Ia juga
biasa hidup prihatin sehingga tidak suka berfoya-foya.
d.
Sebenarnya
mereka masih ragu-ragu , apakah dia akan ikut Bu Tutik atau akan bertahan hidup
dengan mandiri. Jika ia hidup dengan Bu Tutik tentu tidak bisa bekerja seperti
ketika masih hidup bersama ibunya. Hal itu menjadikannya manja. Tetapi jika
menolak kebaikan Bu Tutik, terasa tidak enak. Pengorbanan Ibu Guru itu sudah
sedemikian besarnya. Dari pengalaman hidupku selama ini banyak hal yang dapat
ku petik. Ia biasa bekerja keras, tidak bergantung pada orang lain. Ia juga
biasa hidup prihatin sehingga tidak suka berfoya-foya.
Kunci
jawaban: a
39. Indikator
soal : Disajikan data-data
laporan, siswa dapat menentukan penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data
tersebut.
Cermatilah
data-data berikut !
1) Peringatan Sumpah Pemuda 28
Oktober 2015
2) Lomba baca puisi antarsiswa SMP
3) Peserta lomba
4)
Dilaksanakan
di Gedung SMPN 1 Tasikmalaya
Penulisan teks laporan yang sesuai
dengan data-data tersebut adalah ...
A. Memeriahkan Hari Sumpah Pemuda akan diadakan kegiatan
lomba. Pelaksanaan kegiatan
dimulai tanggal 28 Oktober 2015. Peserta lomba antar siswa. Dilaksanakan di Gedung SMPN 1 Tasikmalaya.
B. Memeriahkan Hari Sumpah Pemuda akan diadakan kegiatan
lomba baca puisi antar siswa SMP. Pelaksanaan kegiatan tanggal 28 Oktober 2015. Lomba tersebut
dilaksanakan di Gedung SMPN 1 Tasikmalaya.
C. Memeriahkan hari Sumpah Pemuda akan diadakan kegiatan
lomba. Pelaksanaan kegiatan
dimulai 28 Oktober 2015. Peserta lomba baca puisi antar siswa.
Dilaksanakan di Gedung SMPN 1
Tasikmalaya.
D. Memeriahkan hari Sumpah Pemuda akan diadakan kegiatan
lomba.Pelaksanaan kegiatan
dimulai 28 Oktober 2015.Peserta lomba membaca cepat antar siswa. Dilaksanakan di Gedung SMPN 1 Tasikmalaya.
Kunci Jawaban : B
40.
IndikatorSoal : Disajikan data-data buku, siswa dapat menentukan penulisan teks
ulasan sesuaidengan data-data tersebut.
Perhatikan data bukuberikut!
No
|
Data
|
Uraian
|
1
|
Judul
|
FaktaUnikdi
Dunia
|
2
|
Penulis
|
DaruWijayanti
|
3
|
Penerbit
|
Venus
|
4
|
Tahun
|
2009
|
5
|
Kelemahan
|
Uraiandikemukakanhanyasekilas-sekilashinggabukuinisepertikumpulanrangkumansaja.
|
6
|
Keunggulan
|
Fakta yang dikemukakanbenar-benarbaru.
Sampaisaatinibelumadabuku yang mengemukakanseunikini.
|
Penulisan teks
ulasan yang sesuai dengan data-data tersebut adalah ...
A.
KehadiranbukuFaktaUnik Di Duniasangatbermanfaatbagigenerasimuda.
Buku yang diterbitkanVenustahun 2009
mengemukakanhal-hal yang selamainidianggaptabu.
Tetapiolehbukuinidikemukakandenganbaik. Walaupunbukuinimasihsepertirangkuman.
B.
DaruWijayantiseorangpenulis
yang teliti. Diabanyakmenulisbuku-buku yang unik. Salah satunyabukuFaktaUnik Di Duniaini.Bukuinibenar-benarmengemukakanhalbaru.
Banyakpersoalan yang selamainitidakpernahdiungkapolehbuku lain.
Bukuiniditerbitkanpertama kali tahun 2009.
C.
Buku
yang diberijudulFaktaUnik Di Duniamemangbenar-benarunik.
Kehebatannyajustruterletakpadauraiannya yang
terlalusingkatsehinggasepertisebuahrangkuman.
Sedangkankekuranganbukuiniterdapatpadamasalahnya yang
dikemukakanterlalubarusehinggamenyulitkanpembaca.
D.
Buku
yang diterbitkan Venus tahun 2009 iniditulisolehDaruWijayanti.
UraiandalambukuinisesuaidenganjudulnyaFaktaUnikdi
Duniamemangbenar-benarunikdanmenarik. Belumadabukuseunikini.
Walaupunuraiandisampaikansecarasingkatsepertirangkumansaja,tetapiitutidakmengurangikeunikanbukutersebut.
Kunci
Jawaban : D
41. INDIKATOR SOAL :
Disajikan
empat fakta, siswa dapat menentukan penulisan teks eksposisi yang sesuai dengan
fakta tersebut.
Perhatikan
fakta-fakta berikut!
·
Kebersihan lingkungan sekolah adalah faktor terpenting dalam menciptakan kenyamanan di
lingkungan sekolah
·
Tempat-tempat sampah di sudut-sudut sekolah
memudahkan peserta didik membuang sampah pada tempatnya
·
Petugas piket melakukan tugas membersihkan ruang
kelas.
·
Kebersihan lingkungan sekolah tak bisa dipisahkan
dari kehidupan sekolah.
|
Penulisan
teks eksposisi yang sesuai dengan fakta-fakta tersebut yang tepat adalah ...
A.
Kebersihan lingkungan sekolah
merupakan salah satu faktor terpenting dalam menciptakan kenyamanan di
lingkungan sekolah. Hampir setiap sekolah mengajarkan anak didiknya untuk
menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah
dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan membuang sampah pada
tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain.
Menyediakan
tempat-tempat sampah di sudut-sudut sekolah akan membiasakan peserta didik
membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, pembagian petugas piket kelas juga
menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas
piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas seperti menyapu kelas,
menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis.
Kebersihan
lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah.
Kebersihan sekolah merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih
keberhasilan proses belajar mengajar.
B.
Kebersihan lingkungan sekolah
merupakan salah satu faktor terpenting dalam menciptakan kenyamanan di
lingkungan sekolah. Hampir setiap sekolah mengajarkan anak didiknya untuk
menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah
dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan membuang sampah pada
tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain.
Kebersihan
lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah.
Kebersihan sekolah merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih
keberhasilan proses belajar mengajar.
Menyediakan
tempat-tempat sampah di sudut-sudut sekolah akan memudahkan pembiasaan peserta
didik membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, pembagian petugas piket kelas
juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas seperti menyapu
kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis.
C.
Menyediakan tempat-tempat sampah di
sudut-sudut sekolah akan memudahkan pembiasaan peserta didik membuang sampah
pada tempatnya. Selain itu, pembagian petugas piket kelas juga menjadi salah
satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya
melakukan tugas membersihkan ruang kelas seperti menyapu kelas, menghapus papan
tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis.
Kebersihan
lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah.
Kebersihan sekolah merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih
keberhasilan proses belajar mengajar.
Kebersihan
lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor terpenting dalam menciptakan
kenyamanan di lingkungan sekolah. Hampir setiap sekolah mengajarkan anak
didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan
lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan
membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan
lain-lain.
D.
Kebersihan lingkungan sekolah
merupakan salah satu faktor terpenting dalam menciptakan kenyamanan di
lingkungan sekolah. Hampir setiap sekolah mengajarkan anak didiknya untuk
menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah
dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan membuang sampah pada
tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain.
Kebersihan lingkungan
sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah. Kebersihan
sekolah merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses
belajar mengajar. Selain itu, pembagian petugas piket kelas juga menjadi salah
satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya
melakukan tugas membersihkan ruang kelas seperti menyapu kelas, menghapus papan
tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis.
KUNCI JAWABAN : A
42. INDIKATOR SOAL :
Disajikan kalimat yang penggunaan
katanya tidak tepat, siswa dapat menentukan kesalahan dalam penggunaan kata
tersebut.
Perhatikan
kalimat berikut !
Saya amat sangat menyukai makanan
berciri khas Bandung.
Kesalahan penggunaan kata pada kalimat
tersebut adalah kata...
A. berciri dan
khas
B. amat dan
berciri
C. sangat dan
makanan
D. menyukai dan
berciri
KUNCI JAWABAN : B
43.
Disajikan empat kalimat, siswa dapat menentukan kalimat yang tidak efektif.
Soal :
Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1)
Museum
merupakan salah satu tempat yang sangat penting sekali dalam upaya pelestarian
sejarah.
(2)
Museum
adalah lembaga yang berfungsi mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta
melestarikan warisan budaya masyarakat.
(3)
Fungsi
museum yang utama adalah menyimpan, merawat, mengamankan, dan memanfaatkan koleksi
berupa benda cagar budaya.
(4)
Dengan
demikian, museum memiliki fungsi besar yaitu sebagai tempat pelestarian.
Kalimat tersebut yang tidak efektif
ditandai dengan nomor….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
Kunci : A
44. Disajikan paragraf yang tidak padu, siswa dapat
menentukan ketidakpaduan paragraf
tersebut!
Perhatikan paragraf berikut!
(1)Kucing
merupakan binatang peliharaan yang paling populer. (2) Kucing merupakan hewan dari kelas
mamalia. (3) Berdasarkan makannya kucing termasuk binatang karnivora karena
pemakan daging.(4) Ciri karnivora terlihat dari struktur gigi kucing yang tajam
dan bertaring. (5) Salah satu sifat kucing yang menonjol adalah suka mencuri makanan .
Ketidakpaduan
paragraf tersebut ditandai dengan nomor….
A.
(2)
B.
(3)
C.
(4)
D.
(5)
Kunci : D
Indikator
soal:
Disajikan
kalimat yang dirumpangkan,
siswa dapat menentukan istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.
|
Istilah yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah ....
A.
peragawan
B.
seniman
C.
wartawan
D.
ilmuwan
Kunci :
C
46. Indikator soal:
Disajikan kalimat yang dirumpangkan,
siswa dapat menentukan kata berimbuhan yang tepatuntuk melengkapi kalimat
tersebut.
Perhatikan kalimat berikut!
|
Kata berimbuhan yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A.
menangis
B.
menangisi
C.
ditangisi
D.
bertangisan
Kunci :
B
47.
Indikator soal
Disajikan kalimat yang dirumpangkan,
siswa dapat menentukan kata ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.
Perhatikan kalimat berikut!
Usai
bertanding para atlet itu . . . sebagai
tanda persahabatan.
Kata ulang yang
tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah . . . .
A. salam-salaman
B. bersalam-salam
C. bersalam-salaman
D. bersalaman-bersalaman
Kunci: C
48.
Indikator soal
Disajikan kalimat yang penggunaan
katanya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikan kata tersebut.
Perhatikan kalimat berikut!
Semua karyawan
Pak Budi dihadirkan dalam pernikahan
putrinya
Perbaikan kata
dihadirkan pada kalimat tersebut yang tepat adalah . . . .
A. dimohon C.
diajak
B. diperintah D. diundang
Kunci : D
49. Indikatorsoal
Disajikankalimat
yang tidakefektif, siswadapatmenentukanperbaikankalimattersebut.
Perhatikan kalimat berikut!
Jalan menuju huma
yang mereka tuju amat sangat licin sekali sehingga Putri Tangguk beserta suami dan
anak-anaknya sering tergelincir.
Perbaikankalimattersebut
agar menjadikalimatefektifadalah …
A.
JalanmenujuhumasangatlicinsekalisehinggaPutriTanggukbesertasuamidananak-anaknyaseringtergelincir.
B.
Jalanmenujuhuma
yang merekatujuamatsangatlicinsehinggaPutriTanggukbesertasuamidananak-anaknyaseringtergelincir.
C.
JalanmenujuhumasangatlicinsehinggaPutriTanggukbesertasuamidananak-anaknyaseringtergelincir.
D.
Jalanmenujuhuma
yang merekatujulicinsehinggaPutriTanggukbesertasuamidananak-anaknyaseringtergelincir.
Kuncijawaban:
C
50.
Indikatorsoal
Disajikankalimat
yang penggunaankatanyatidaktepat,
siswadapatmenentukanalasanketidaktepatanpenggunaan kata tersebut.
Perhatikankalimatberikut!
Kemarin sore
kucingkumeninggalkarenatertabrakmobil.
Alasanketidaktepatanpenggunaan
kata yang ditulis miring padakalimattersebutadalah ….
A.
kata
meninggalsebaiknyadigantidenganmatikarena
kata tersebutdigunakanuntukmanusia
B.
kata
meninggalsebaiknyadigantidenganwafatkarena
kata tersebutdigunakanuntukkucingkesayangan
C.
kata
meninggalsebaiknyadigantidenganmampuskarena
kata tersebutcocokdigunakanuntukkucing
D.
kata
meninggalsebaiknyadigantidenganberpulangkarena
kata tersebuttepatuntukmakhlukhidup yang mati
Kuncijawaban: A
51. Indikator Soal
Disajikan kalimat yang tidak efektif,siswa dapat menentukan alasan ketidak
efektifan kalimat tersebut
Sejak dari masa kecil Bung Karno sangat
senang membaca beberapa buku-buku
Alasan ketidak efektifan kalimat
tersebut karena penggunaan kata ….
A.
dari,
masa, sudah, sekali
B.
dari
masa, sekali, banyak
C.
sudah,
sangat, senang, buku
D.
dari,
masa, sangat, beberapa, buku
Kunci
Jawaban : D
52. Disajikan paragraf yang tidak padu, siswa dapat menentukan alasan
ketidakpaduan paragraf tersebut
Bacalah
Teks Berikut !.
(1) Dampak yang dihasilkan oleh sampah
sangatlah banyak . (2) Sampah dapat
menyebabkan lingkungan menjadi Kotor. (3) Selain itu, sampah dapat menjadi sumber 0enyakit.
(4) Kita Menginginkan kesejahteraan . ( 5) Oleh Karena itu, sampah seharusnya
diolah menjadi kompos.
Paragraf yang tidak padu tersebut adalah
….
A.
Menghilangkann
kalimat (5)
B.
Kalimat
nomor 4 tidak mendukung kalimat sebelum dan sesudahnya.
C.
Menghilangkannkalimat
(3)
D.
Menghilangkan
kalimat (2)
Kunci : B
53. Indikator
Soal : Disajikan kalimat yang di dalamnya terdapat penggunaan ejaan yang tidak tepat,
siswa dapat menentukan kesalahan penggunaan ejaan tersebut.
Perhatikan kalimat berikut!
besok saya berangkat kebandung,
kata Andi.
Penggunaan ejaan
yang tepat pada kalimat tersebut adalah…
A. “Besok saya berangkat ke Bandung, “ kata
Andi.
B. “Besok saya berangkat keBandung, “ kata
andi.
C. “Besok Saya berangkat ke bandung, “ kata
Andi.
D. “besok saya berangkat ke Bandung, “ kata andi.
Kunci : A
54. Indikator
Soal : Disajikan kalimat yang di dalamnya terdapat penggunaan tanda baca yang
tidak tepat, siswa dapat menentukan kesalahan penggunaan tanda baca tersebut.
Perhatikan
kalimat berikut!
Suryanto, S.H membagikan nasi bungkus
untuk warga miskin.
Penggunaan tanda baca yang salah pada
kalimat tersebut adalah ….
A.
Penulisan
huruf kapital
B.
Penulisan
singkatan nama orang
C.
Penulisan
gelar
D.
Penulisan
singkatan
Kunci : C
55. Perhatikankalimatberikut!
(1).
Duaminggusebelumpelaksanaan bimtek ,saya mendapat undangan.
(2). Sudah dua minggu ayah tinggal di
Hotel PurnamaBatu Malang
(3).
Prosentasekehadiranpesertaujiantahuninileb.ihbaikdaripadatahunlalu.
(4). Mas media
tidakdiperbolehkanmeliputsaatujianberlangsung.
Penulisanhurufkapitalyang
salahterdapatpadanomor…
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
KUNCI
JAWABAN : B
56.Indikator : Disajikankalimatlangsung yang
belumdiberitandabaca.
Perhatikankalimatberikut
(1).”Belajarlahdengantekunanak-anaknasihatpak Budi.
(2).”Belajarlahdengantekunanak-anak” nasihatpak Budi.
(3).”Belajarlahdengantekunanak-anak!” nasihatpak Budi.
(4).”Belajarlahdengantekunanak-anaknasihatpak Budi.”
Penggunaanejaan yang
tepatterdapatpadakalimatnomor ….
A.
(1) C. (3)
B.
(2) D. (4)
KUNCI
JAWABAN : C
57. Indikator Soal : Disajikan kalimat
yang penggunaan ejaannya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikan ejaan
kalimat tersebut.
Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
Menurut BMKG Kota Banjar Negara,
kualitas udara di Kabupaten Banjar Negara sudah normal kembali.
Perbaikan ejaan kalimat tersebut
adalah...
A.
Menurut
BMKG kota BanjarNegara, kualitas udara di kabupaten BanjarNegara sudah normal
kembali.
B.
Menurut
BMKG Kota Banjarnegara, kualitas udara di Kabupaten Banjarnegara sudah normal
kembali.
C.
Menurut
BMKG kota Banjarnegara, kualitas udara di Kabupaten Banjarnegara sudah normal
kembali.
D.
Menurut
BMKG Kota Banjar Negara, kualitas udara di kabupaten Banjar Negara sudah normal
kembali.
KUNCI
JAWABAN C
58. Indikator Soal
Disajikan kalimat yang penggunaan tanda
bacanya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikan tanda baca kalimat
tersebut.
Perhatikan
kalimat berikut!
Dra, Suryanti, M, Si,baru membeli tanah
seharga Rp350.000.000.
Perbaikan tanda baca yang tepat pada
kalimat tersebut adalah...
A.
Dra.Suryanti,M.Si.
baru membeli tanah seharga Rp350.000.000,00.
B.
Dra,
Suryanti,M,Si, baru membeli tanah seharga Rp350.000.000,00.
C.
Dra.Suryanti
M,Si, baru membeli tanah seharga Rp.350.000.000,-.
D.
Dra
Suryanti,M.Si, baru membeli tanah seharga. Rp.350.000.000,-.
KUNCI JAWABAN
A
59. Disajikan kalimat yang penggunaan ejaannya tidak tepat, siswa dapat menentukan
alasan
ketidaktepatan
penggunaan ejaan tersebut.
Perhatikankalimat
di bawahini!
Di antara
sekian banyak nasihat Ibunya, ada yang paling diingat Jokowi, yaitu “Jadilah
pemimpinyang amanah , ramah, selalu rendah hati, dan takwa pada Allah.” ( SM, 20-12-2015)
Alasan
ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ...
A.Kata Ibunya seharusnya ditulis ibunya karena kata ibu tidak diikuti
nama orang.
B.Kata di antara seharusnya diantara
karena di pada kata tersebut sebagai imbuhan.
C.Kata diingat seharusnya di ingat karena di pada kata tersebut
sebagai kata depan.
D.Kata nasihat
seharusnya ditulis nasehat sesuai
dengan kebiasaan berbahasa.
Kunci jawaban A
60.
Indikator Soal : Disajikan kalimat yang penggunaan tanda bacanya tidak
tepat, siswa dapat menentukan alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca
tersebut.
Perhatikankalimat di bawahini!
Kurikulum 2013 direvisi menjadi kurikulum nasional yang
di dalamnya juga terdapat empat proses yaitu ide, desain, dokumen, dan
implementasi kurikulum? ( SM,
21-12-2015 )
Alasan
ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ...
A. Tanda koma ( , ) setelah kata dokumen tidak perlu karena bukan merupakan
pemerian.
B. Tanda tanya ( ? ) seharusnya tanda seru ( ! ) karena merupakan kalimat
perintah.
C. Tambahkan tanda koma ( , ) setelah kata dan karena merupakan pemerian.
D. Tanda tanya ( ? ) seharusnya tanda titik ( .) karena
merupakan kalimat berita.
Kunci jawaban
D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar