KARTU SOAL
KARTU SOAL URAIAN
| 
KARTU SOAL NOMOR 1 
(PILIHAN
  GANDA) 
Mata Pelajaran   : ILMU PENGETAHUAN
  SOSIAL  
Kelas/Semester  : VIII / 1                        | |
| 
KompetensiDasar | 
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang
  yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan
  kehidupan kebangsaan. | 
| 
Materi | 
Pluralitas
  masyarakat Indonesia | 
| 
Indikator Soal | 
Siswa mampu memecahkan masalah-masalah yang
  timbul akibat perbedaan budaya yang beragam di Indonesia  | 
| 
Level Kognitif | 
C4 | 
| 
Soal: 
1.     
  Indonesia terdiri
  dari berbagai macam suku bangsa, budaya dan agama yang menjadi cirri khas
  bangsa Indonesia. Namun demikian, sering timbul konflik dan perselisihan
  akibat perbedaan-perbedaan yang ada. Berikan 5 solusi yang sekiranya dapat
  mencegah timbulnya konflik akibat kebragaman di Indonesia.  | |
Kunci Pedoman Penskoran
| 
NO 
SOAL | 
KUNCI/KRITERIA JAWABAN | 
SKOR | 
|  |  |  | 
Keterangan:                                                                                              
Soal ini termasuk
soal  HOTS  karena
1.     
Merangsang
siswa untuk berpikir, memberikan solusi serta memecahkan permasalahan
2.     
Indikator
soal yang meminta untuk “memecahkan” merupakan kata kerja C4
3.     
........
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
| 
KARTU SOAL NOMOR 2 
(URAIAN) 
Mata Pelajaran   : ILMU PENGETAHUAN
  SOSIAL  
Kelas/Semester  : VIII / 1                        | |
| 
KompetensiDasar | 
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang
  yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan
  kehidupan kebangsaan. | 
| 
Materi | 
Pluralitas
  masyarakat Indonesia | 
| 
IndikatorSoal | 
Siswa mampu Menelaah pengaruh interaksi sosial
  terhadap pluralitas masyarakat Indonesia | 
| 
Level Kognitif |  | 
| 
Soal: 
Salah satu bentuk
  keragaman sebagai hasil dari akulturasi budaya adalah wayang. Wayang adalah
  warisan budaya bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan. Pertunjukan wayang
  saat ini mulai ditinggalkan oleh generasi muda, sehingga dikhawatirkan wayang
  tidak dikenal lagi di masyarakat Indonesia. Upaya pelestarian warisanbudaya
  yang sesuai informasi tersebut adalah .... 
A. Mengajarkan wayang
  pada semua mata pelajaran 
B. Membuat lembaga yang
  bertugas menjaga kelestarian wayang 
C. Menggunakan wayang
  sebagai media pembelajaran di kelas 
D. Membuat peraturan
  yang mewajibkan sekolah mengajarkan wayang | |
Kunci Pedoman Penskoran
| 
NO 
SOAL | 
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI | 
SKOR | 
| 
1. | 
C.   Menggunakan wayang sebagai media
  pembelajaran dikelas |  | 
Keterangan:
Soal ini termasuk
soal  HOTS  karena
1.     
Soal
yang diberikan membuat siswa berpikir menggunakan logika dalam menjawab soal
2.     
Indikator
soal Meminta siswa untuk menelaah yang merupakan bagian dari kata kerja C4
3.     
........
 
 
Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
BalasHapusmampir di website ternama I O N Q Q
paling diminati di Indonesia,
di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
~bandar poker
~bandar-q
~domino99
~poker
~bandar66
segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
Whatshapp : +85515373217