Pernyataan berikut ini yang menggambarkan konsep pembelajaran tematis adalah ...
usaha yang dilakukan oleh guru dalam menjelaskan materi pembelajaran secara terpadu melalui tema-tema yang relevan dengan kurikulum.
usaha untuk mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap dalam mengeksplorasi suatu tema pembelajaran.
proses transformasi pengetahuan tematis sehingga siswa memiliki. pengetahuan, sikap, keterampilan dan nilai secara terpadu.
kegiatan guru untuk memikirkan dan mengupayakan terjadinya konsistensi antara aspek pembentuk sistem pembelajaran secara tematis.
Anak kelas II SD sedang mempelajari lingkungan sekolahnya. Guru meminta anak untuk mengumpulkan informasi tentang tugas-tugas guru piket, dengan cara mewawancarai langsung guru yang sedang piket. Hal ini bertujuan agar anak memperoleh pengalaman langsung tentang apa yang dipelajarinya dan belajar berhadapan dengan sumber belajar yang asli. Keputusan guru tersebut dilandasi oleh pemikiran …
progresivisme.
konstruktivisme.
behaviorisme.
perenialisme.
Dalam pembelajaran di kelas II SD, guru mengangkat tema transportasi. Tema tersebut dijabarkan ke dalam subtema jenis-jenis kendaraan, tempat-tempat pemberhentian kendaraan, manfaat, tenaga penggerak dan dampak yang ditimbulkan oleh alat-alat transportasi. Siswa dibagi ke dalam 6 kelompok, yang masing-masing menyelidiki satu subtema dalam rentangan waktu 60 menit. Anak diberi kebebasan untuk mencari sumber-sumber belajar yang diperlukannya. Masing-masing kelompok membuat laporan dan melaporkannya ke muka kelas.
Dalam peristiwa pembelajaran tersebut, guru telah menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran tematis, kecuali ...
terintegrasi dengan lingkungan (kontekstual).
keaktifan/keterlibatan langsung.
penggunaan sumber belajar yang otentik.
pemberian umpan balik.
Pada suatu hari anak-anak kelas 3 SD akan mempelajari tema air. Untuk keperluan tersebut, guru bersama siswa menata kelas, dengan membuat beberapa learning centre (pusat kegiatan belajar). Masing-masing pusat kegiatan belajar berisi alat-alat manipulatif (air, selang, bermacam tempat air, kincir air, bola lampu, alat penjernih air dan sebagainya), buku-buku penunjang, LKS, majalah, surat kabar dan sejenisnya. Masing-masing anak bebas melakukan kegiatan yang ada pada masing-masing pusat kegiatan belajar.
Dilihat dari peristiwa pembelajaran tersebut, guru menerapkan pembelajaran tematis dalam bentuk ...
terpadu.
spontan.
periodik.
pengajaran unit.
Hasil belajar
Indikator
Mengkritik sesuatu disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun
Mencatat pokok-pokok yang akan disampaikan sebagai kritikan sesuai permasalahan
Menyampaikan kritikan dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan orang lain
Urutan langkah pelaksanaan pembelajaran tematis berikut ini yang paling benar adalah …
mengadakan curah pendapat, memilih dan menetapkan tema, mengeksplorasi tema, penyajian laporan/hasil belajar, dan membuat kontrak belajar.
memilih dan menetapkan tema, mengadakan curah pendapat tentang tema yang terpilih, membuat kontrak belajar, mengumpulkan data, membuat laporan, dan menyajikan hasil belajar.
mengumpulkan data, melakukan curah pendapat tentang data yang diperoleh, diskusi, membuat kontrak belajar, dan menyajikan laporan.
membuat kontrak belajar memilih dan menetapkan tema, mengumpulkan data, mengadakan curah pendapat, membuat laporan, dan menyajikan hasil belajar.
Implikasi dari pandangan bahwa belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi terlihat dalam aktivitas berikut.
A. Meniru pengucapan bunyi-bunyi vokal dan konsonan yang diucapkan guru.
B. Menemukan pola dasar kalimat bahasa Indonesia.
C. Menulis surat untuk teman.
D. Mencari arti kata dalam kamus.
Berikut ini disajikan kutipan hasil belajar dan indikator-indikator dari suatu kompetensi dasar yang terdapat dalam Kurikulum 2004 Bahasa Indonesia SD/MI.
Berdasarkan rumusan hasil belajar dan dua indikator tersebut dapat disim-pulkan bahwa materi pokok kebahasaan yang harus disiapkan oleh guru untuk pembelajarannya adalah
teori kritik sastra.
struktur dan ciri-ciri wacana argumentatif.
naskah pidato yang berisi pemikiran kritis terhadap masalah sosial.
kalimat anjuran dengan supaya dan kalimat permintaan dengan bagaimana kalau.
Hal yang harus dikembangkan oleh siswa ketika menulis wacana deskripsi tentang penggambaran suatu benda adalah …
ciri-ciri fisik dari benda tersebut.
cara dan prosedur penggunaan benda tersebut.
fungsi dan kegunaan benda tersebut.
alasan mengapa benda itu penting.
Jika kompetensi dasar yang diharapkan dicapai oleh siswa adalah “siswa mampu menulis pengumuman dengan bahasa yang komunikatif” dan indikatornya berupa “menulis pengumuman dengan bahasa yang singkat, padat, dan mudah dipahami”, maka materi kebahasaan yang harus disiapkan guru untuk mendukung kompetensi dasar tersebut adalah …
afiks, kata depan, dan kalimat tunggal.
ungkapan dan gaya bahasa.
kata ulang dan kalimat sederhana.
pilihan kata (diksi), kalimat efektif, dan ejaan.
Berikut diberikan kutipan teks dari bacaan anak.
”Dengan sekuat tenaga, Kancil berlari. Larinya sangat cepat seperti pusaran angin. Namun, kancil tidak berhasil. Kura-kura sudah terlebih dulu sampai di batas akhir. Kancil merasa malu, kecewa, dan mendongkol.”
Pilihan kata yang tepat untuk mengganti kata mendongkol adalah ...
A. marah.
B. sungkan.
C. sakit hati.
D. stres.
Apabila dalam pembelajaran apresiasi sastra, Anda ingin menunjukkan asal-usul suatu daerah atau tempat tertentu kepada siswa melalui teks cerita yang dipilih, maka tipe teks cerita yang dimaksud adalah …
A. fabel.
B. legenda.
C. cerita rakyat.
D. komik.
Guru mengajarkan membaca nyaring kepada anak kelas I. Cara yang ditem-puh adalah guru memilih kata-kata lepas dan menuliskannya menjadi seperti berikut.
na-na nana
lu-pa lupa
Langkah selanjutnya, guru memberi contoh membaca huruf-huruf itu sesuai dengan bunyinya.
Langkah-langkah seperti ini merupakan implementasi dari metode ...
lembaga.
bunyi.
SAS.
global.
Guru akan mengajarkan huruf baru s, k, dan y. Sebelumnya, siswa sudah menguasai huruf a, n, m, dan i. Kalimat yang paling sesuai sebagai bahan latihan menulis permulaan adalah sebagai berikut.
Kakek saya Ani.
Dia mama Anik.
Nama saya Nanik.
Namanya Soni.
Berikut ini diberikan satu penggalan paragraf dari suatu wacana.
"[… Anak-anak dilarang ke luar rumah, masker wajib dikenakan, penyakit infeksi pernafasan mengancam, jalur penerbangan terganggu karena jarak pandang menyusut hingga 500 meter. Malunya, asap celaka itu juga “merantau” ke negeri Jiran, yang melahirkan sumpah serapah. Sedihnya, petaka itu hampir pasti terjadi saban tahun."
Berdasarkan kalimat-kalimat penjelas dalam kutipan di atas, gagasan utama yang seharusnya mengisi bagian […] pada awal paragraf adalah ...
Bahaya asap rokok di Provinsi Riau sudah dalam ambang batas berbahaya.
Pembakaran hutan kembali melanda Provinsi Riau.
Asap pabrik pengolahan kayu di Provinsi Riau luar biasa pekatnya.
Asap pekat hasil pembakaran lahan kembali mengepung Provinsi Riau.
Berikut ini adalah puisi karya Amir Hamzah, dengan judul Cintaku Jauh di Pulau.
Habis kikis
Segala cintaku hilang terbang
Pulang kembali aku pada-Mu
Seperti dulu
Engkaulah kandil kemerlap
Pelita jendela di malam gelap
Melambai pulang perlahan
Sabar, setia selalu.
Satu kekasihku
Aku manusia
Rindu Rasa
Rindu Rupa
Di mana Engkau
Rupa tiada
Suara sayup
Hanya kata merangkai hati.
[...]
Siapakah yang dimaksudkan sebagai kandil kemerlap, pelita jendela di malam gelap dan rupa tiada yang disampaikan oleh Amir Hamzah dalam puisi Cintaku Jauh di Pulau?
Kekasihnya.
Tuhan.
Istri pertama.
Anaknya yang sudah meninggal.
Guru menugasi siswa untuk membuat karangan eksposisi atau pemaparan tentang tanaman anggrek. Isi karangan yang harus dikembangkan oleh siswa berupa …
asal usul anggrek.
keuntungan mengembangkan tanaman anggrek hutan.
ciri-ciri tanaman anggrek hutan dan lokal.
cara-cara merawat dan mengembangbiakkan anggrek.
Berikut ini diberikan penggalan paragraf dari suatu wacana.
"[...] Buku ini merupakan kumpulan artikel yang pernah dimuat di berbagai media massa. Karena buku ini merupakan kumpulan artikel, tidak terhindarkan adanya pembahasan terhadap topik yang sama. Penyajian buku ini dapat dikatakan kurang sistematis."
Penggalan paragraf di atas merupakan bagian dari tulisan …
resensi atau timbangan buku.
kritikan terhadap tulisan atau artikel.
esai singkat tentang sesuatu hal.
opini atau pendapat tentang fenomena sosial.
Novel berbeda dari cerita pendek dalam hal ...
latar waktu dan tempat cerita.
kompleksitas peristiwa yang dikembangkan.
tokoh-tokoh yang dimunculkan.
kompleksitas alur, penokohan, dan tema.
Kalimat berikut ini yang sudah dikuasai anak dalam perkembangan membaca awal adalah ...
A. Joni membeli dan membakar jagung.
B. Ini bola budi.
C. Ayahnya memakai baju biru.
D. Burungnya berjumlah tujuh ekor.
Pada tahap menulis awal, siswa mulai menulis kalimat sederhana dengan huruf lepas. Tema yang sesuai untuk menulis pada tahapan ini adalah ...
A. cita-cita, ulangan, dan liburan sekolah.
B. hobi, kesenangan, dan pengalaman wisata.
C. nama diri, umur, dan tempat tinggal.
D. peringatan hari pahlawan.
Seorang siswa telah memiliki keterampilan dalam setiap tahapan pemecahan masalah. Berikut merupakan pengalaman belajar tahap pemeriksaan kembali hasil yang diperoleh sebagai bagian tahap pemecahan masalah, kecuali ...
A. mencari cara lain untuk menyelesaikan masalah yang sama.
B. melakukan pengecekan terhadap hasil yang diperoleh.
C. mencari kemungkinan adanya generalisasi.
D. menyajikan hal-hal yang diketahui.
Pada suatu permainan pada kegiatan pramuka, Andi mendapat nilai berturut-turut 88, 79, 92, 89, dan 95. Untuk mendapatkan nilai rata-rata 90, nilai satu permainan selanjutnya yang harus diperoleh Andi adalah ...
A. 90.
B. 92.
C. 93.
D. 97.
Seorang pengelola pasar swalayan menerima pasokan buah-buahan dan sayur mayur berupa 78 sisir pisang, 95 ikat sayur mayur dan 120 buah jeruk. Ia akan mengemasnya dalam paket-paket dengan per paket berisi pisang, sayur mayur dan jeruk. Paket terbanyak yang dapat disiapkannya dengan sisa yang sedikit-sedikitnya adalah ...
A. 6 kemasan.
B. 12 kemasan.
C. 15 kemasan.
D. 30 kemasan.
Rani hendak membuat model kerangka prisma segitiga beraturan dari kawat. Jika prisma yang diinginkan berukuran tinggi 8 cm dan sisi-sisi segitiganya 4 cm, maka panjang kawat yang diperlukan untuk membuat model kerangka prisma segitiga tersebut adalah ...
A. 32 cm.
B. 48 cm.
C. 56 cm.
D. 60 cm.
Dari barisan bilangan di bawah ini, yang memuat bilangan tidak senilai adalah ...
A. 0,625; 5/8; 62,5%; 25/40.
B. 2/100; 0,20; 1/5; 20%.
C. 0,1666; 1/6; 16,67%; 3/18.
D. 3/8; 375o/oo; 15/40; 0,375.
Pernyataan berikut yang merupakan pernyataan tidak tepat berkaitan dengan bilangan 97.128 adalah ...
A. 97.128 habis dibagi 2.
B. 97.128 habis dibagi 3.
C. 97.128 habis dibagi 7.
D. 97.128 habis dibagi 9.
Pada pembelajaran matematika, seorang guru memberikan soal kepada siswanya sebagai berikut:
Pada suatu keluarga terdapat tiga anak. Hasil kali umur mereka adalah 72 tahun. Jumlah umur mereka adalah 18 tahun. Berapakah umur masing-masing anak tersebut?
Dengan memberikan soal ini diharapkan siswa memperoleh pengalaman belajar sebagai berikut kecuali ...
A. konsep kelipatan.
B. konsep faktorisasi.
C. konsep penyelesaian tunggal.
D. konsep bilangan prima dan majemuk.
Pernyataan-pernyataan berikut akan digunakan untuk menyajikan penyele-saian perkalian dua bilangan pecahan 2/3 x ¼:
(1) Hitung bagian-bagian yang berpenyebut 12
(2) Tandailah daerah 2/3
(3) Beri tanda daerah ¼
(4) 2/3 x ¼ = 2/12 atau bentuk tersederhana 1/6
(5) Bagilah ke dalam pertigaan
(6) Bagian yang ditandai duakali merupakan pembilang
Urutan penyajian yang tepat sehingga menjadi penyelesaian adalah ...
A. (1), (5), (6), (3), (2), (4).
B. (2), (3), (4), (1), (6), (5).
C. (3), (5), (2), (6), (1), (4).
D. (5), (2), (6), (1), (4), (3).
Suatu kelas yang memiliki 40 siswa. Nilai rata-rata tes suatu mata pelajaran dari 35 siswa adalah 7,2. Kemudian lima siswa yang lain ikut tes susulan. Jika nilai rata-rata tes seluruh siswa sekarang menjadi 7,15 maka nilai rata-rata dari lima siswa yang ikut tes susulan adalah …
A. 8,7.
B. 7,9.
C. 6,8.
D. 5,9.
Panjang sisi suatu persegi panjang 5 m lebihnya dari lebarnya. Luas daerah persegi panjang tersebut adalah 176 m2. Persamaan berikut yang berkaitan dengan persegi panjang tersebut adalah ...
A. x2 + 5x – 176 = 0.
B. 4 x2 + 5x + 176 = 0..
C. x2 + 5 = 176.
D. 4 x2 + 10x + 176 = 0.
Pada pabrik tekstil terdapat proses pencelupan yang memerlukan suhu air 150o F. Program komputerisasi akan membantu pengendalian proses terse-but. Pada programnya terdapat ketidaksamaan | t -150 o | ≤ 5 o. Status aman untuk temperatur yang diperbolehkan adalah ...
A. t ≥ 145o F atau t ≤ 155o F.
B. t < 145o F atau t > 155o F.
C. 145o F < t < 155o F.
D. 145o F ≤ t ≤ 155o F.
Sebuah balok memuat empat tabung seperti gambar di bawah ini. Bila tabung berjari-jari r dan tinggi tabung adalah t maka persentase ruang pada kubus yang tidak termuati oleh keempat tabung adalah ...
18%.
21%
25%.
30%.
Nilai rata-rata hasil ulangan Matematika pada tabel di bawah ini adalah …
Nilai
Fi
41 ( 50
3
51 ( 60
6
61 ( 70
12
71 ( 80
8
81 ( 90
7
91 ( 100
4
( fi = 40
A. 76.
B. 75.
C. 73.
D. 71.
Sebuah persegi panjang disajikan seperti di bawah ini dengan ukuran-ukuran dalam satuan panjang.
x x
x
1
1 1 1
Dimensi yang tepat untuk menyatakan luas keseluruhan persegi panjang tersebut dalam x adalah ...
A. 2X2 + 3X + 3.
B. 2X2 + 4X + 3.
C. 2X2 + 5X + 3.
D. 2X2 + 7X + 3.
Perbandingan harga 1 dus makanan bayi dan 1 dus susu bayi adalah 2 ( 5. Seorang ibu membeli 9 dus makanan bayi dan 4 dus susu bayi. Ibu tersebut membayar semua semua makanan dan susu bayi yang dibeli dengan harga Rp 228.000,00. Jika ibu tersebut membeli 5 dus makanan bayi dan 7 dus susu bayi, jumlah uang yang harus disediakan adalah …
A. Rp 360.000,00.
B. Rp 315.000,00.
C. Rp 270.000,00.
D. Rp 245.000,00.
Enam orang sahabat bertemu. Mereka saling berjabat tangan. Jabat tangan yang terjadi berjumlah …
A. 15.
B. 24.
C. 30.
D. 36.
Perbandingan panjang rusuk kubus ABCD.EFGH dan kubus PQRS.TUVW adalah 1 ( 2. Volume kedua kubus tersebut adalah 1125 cm 3. Jika akan dibuat model kerangka dari kawat untuk kedua kubus itu, panjang kawat yang dibutuhkan adalah …
A. 210 cm.
B. 180 cm.
C. 160 cm.
D. 120 cm.
Seorang siswa perlu memahami dan menguasai secara benar sejumlah konsep yang akan membantu menyelesaikan soal pengurangan bilangan cacah. Konsep berikut yang tidak diterapkan pada penyelesaian pengu-rangan pada bilangan cacah adalah ...
nilai tempat.
sifat pertukaran.
fakta dasar pengurangan.
pengelompokan kembali.
Seorang guru seyogyanya memperhatikan kemampuan-kemampuan siswa yang meliputi pemahaman konsep, penguasaan prosedur, keefektifan berkomunikasi, penalaran, dan pemecahan masalah. Pernyataan berikut yang tidak serumpun dengan pernyataan-pernyataan lainnya adalah ...
menyatakan kembali dengan kalimat sendiri.
menyatakan kembali dengan kalimat matematika.
menentukan strategi penyelesaian masalah.
menafsirkan gagasan matematika.
Seorang guru mengembangkan rubrik penilaian tanggapan siswa terhadap suatu permasalahan dengan kriteria sebagai berikut.
Nilai
Pencapaian
4
Lengkap dan berkompetensi
3
berkompetensi dasar
2
Menjawab sebagian
1
Berkeinginan menjawab
0
Tidak ada tanggapan
Situasi pekerjaan siswa yang dapat dimasukkan dalam pencapaian ”3” adalah ...
tampak terbatasnya pemahaman.
penjelasan penyelesaian telah tampak.
kesimpulan yang diambil tidak akurat.
sejumlah kesalahan penghitungan tampak.
41. Pada saat sedang berjalan-jalan di hutan, Adi mengamati sebuah fenomena yang menarik yaitu adanya daun yang berbeda warna walaupun jenis tanaman sama. Daun yang ternaungi pohon rimbun berwarna hijau kekuningan, sedangkan yang tumbuh di tempat terbuka hijau segar.
Berikut ini adalah rumusan masalah yang dapat diajukan berdasarkan fenomena di atas.
Apakah ada hubungan antara tumbuhan penaung dan tumbuhan yang ternaungi?
Apakah intensitas cahaya berpengaruh pada pembentukan zat hijau daun?
Apakah terdapat kompetisi antara tumbuhan penaung dan tumbuhan ternaungi?
Apakah tumbuhan penaung mengeluarkan zat berwarna kekuningan yang dapat mempengaruhi warna daun tumbuhan yang ternaungi?
Berikut ini adalah pernyataan-pernyataan tentang ciri-ciri morfologi bagian-bagian tumbuhan:
Tersusun atas kelopak, mahkota, benang sari dan putik, namun kadang-kadang kehilangan salah satu bagian tersebut.
Berupa tabung panjang yang mendukung tegaknya tumbuhan.
Tersusun atas lapisan epidermis, jaringan palisade, jaringan sponsa yang membentuk kelainan berwarna hijau.
Tidak mempunyai warna yang mencolok dan lebih mirip bentuk benang.
Biasanya muncul pada bagian tumbuhan yang terletak di atas tanah pada ujung tumbuhan atau ketiak daun.
Bercabang-cabang kecil dalam jumlah yang banyak biasanya terdapat di dalam tanah.
Mempunyai banyak stomata (lubang-lubang tempat pertukaran gas).
Dari pernyataan-pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri akar adalah …
4 dan 2
6 dan 7
4 dan 6.
6 saja.
Di bawah ini adalah berbagai gambar rancangan percobaan yang berkaitan dengan fotosintesis.
Dari gambar di atas yang merupakan percobaan untuk membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen adalah ...
A. gambar I & III.
B. gambar I.
C. gambar II & III.
D. gambar I & II.
44. Berikut ini adalah pernyataan yang benar tentang proses pencernaan makanan secara kimiawi.
A. Mengubah jenis zat/senyawa yang terdapat pada bahan makanan.
B. Mengubah ukuran partikel bahan makanan.
C. Terjadi di lambung saja.
D. Tidak terjadi di lambung.
45.
Berdasarkan skema di atas komponen yang dilalui oleh darah yang banyak mengandung karbondioksida adalah ...
gambar D & B.
gambar C & E.
gambar C & D.
gambar B & E.
45. Berikut ini adalah gambar model sistem pernapasan pada manusia.
Berdasarkan skema di atas, proses pertukaran gas CO2 dan O2 (dan seba-liknya) terjadi pada bagian yang ditunjukkan oleh huruf…
A. A.
B. B.
C. C.
D. D.
46. Bagian tubuh kita yang merupakan komponen sistem gerak pasif adalah …
A. otot.
B. jantung.
C. tulang.
D. paru-paru.
47. Berikut ini adalah pernyataan-pernyataan yang berkaitan dengan proses perjalanan rangsang gelombang bunyi sampai timbul sensasi mendengar.
Gelombang bunyi diterima oleh daun telinga dan dimasukkan ke lubang telinga.
Getaran diterima oleh sel reseptor dan diteruskan ke otak melalui syaraf.
Selanjutnya gelombang bunyi menggetarkan selaput gendang dan getaran tersebut diteruskan oleh 3 tulang pendengaran.
Timbul sensasi mendengar bunyi.
Getaran tersebut masuk telinga dalam menggerakkan cairan yang ada di telinga dalam.
Urutan proses perjalanan rangsang yang tepat adalah …
1) - 2) - 3) - 4) - 5).
1) - 3) - 2) - 4) - 5).
1) - 3) - 5) - 2) - 4).
1) - 3) - 2) - 5) - 4).
Di bawah ini adalah gambar penyebaran zat pewarna yang terdapat dalam segelas air.
Proses penyebaran zat pewarna tersebut terjadi secara ...
A. transport aktif.
B. difusi dan osmosis.
C. difusi.
D. osmosis.
Dari pernyataan di bawah ini yang paling tepat digunakan untuk mendeskripsikan sifat-sifat invertebrata adalah ...
tubuhnya selalu simetri radial.
tidak mempunyai tulang belakang.
makan dengan cara ingesti.
berkembang biak secara aseksual saja.
Sebuah benda berbentuk kubus bersisi 4,0 cm. Saat massa benda diukur dengan neraca O’Hauss, posisi anak timbangannya tampak sebagai berikut.
Massa jenis benda tersebut adalah …
A. 0,96 g/cm3.
B. 1,31 g/cm3.
C. 2,41 g/cm3.
D. 6,03 g/cm3.
Berikut ini terdapat sekumpulan zat, yakni air, udara, besi, nikel, gula, larutan gula di dalam air, agar-agar, dan soda kue. Jika zat-zat tersebut dikelompokkan ke dalam unsur, senyawa, dan campuran maka pengelompokan zat yang tepat adalah …
Unsur
Senyawa
Campuran
A.
Besi, nikel
Air, gula
Soda kue, udara, larutan gula dalam air, agar-agar
B.
Besi, nikel
Air, gula, soda kue
Udara, larutan gula dalam air, agar-agar
C.
Besi, nikel, gula
Air, soda kue, agar-agar
Udara, larutan gula dalam air
D.
Besi, nikel
Gula, soda kue
Udara, air, larutan gula dalam air, agar-agar
Berikut ini adalah grafik kecepatan terhadap waktu dari perjalanan Nizar.
Berdasarkan grafik tersebut, Nizar bergerak lurus beraturan pada selang waktu …
A. 0 sekon sampai dengan 5 sekon.
B. 5 sekon sampai dengan 15 sekon.
C. 15 sekon sampai dengan 20 sekon.
D. 20 sekon sampai dengan 25 sekon.
Sehelai kertas dan sebutir kelereng dijatuhkan secara bersamaan dari ketinggian yang sama. Ternyata kelereng sampai di tanah lebih dulu. Hal ini menunjukkan …
gesekan udara berpengaruh terhadap waktu jatuh benda di permukaan bumi.
makin besar massa benda, percepatan gravitasi pada benda itu makin besar.
makin besar berat benda, percepatan gravitasi pada benda itu makin besar.
percepatan gravitasi dipengaruhi oleh jenis benda.
Seseorang hendak mengangkat batu yang beratnya 1260 N. Ia menggunakan pengungkit yang panjangnya 4 m. Jarak batu sampai dengan titik tumpu 1 m. Ia harus mengerahkan gaya sebesar …
3480 N
1260 N
420 N
315 N
Dua batang logam yang berbeda jenisnya dilekatkan dengan erat seperti gambar. Koefisien muai panjang logam B lebih besar daripada koefisien muai panjang logam A. Jika kedua logam tersebut dipanaskan, gambar perubahan yang dapat terjadi adalah …
A.
B.
C.
D.
Sebongkah es bermassa 1 kg, bersuhu -10oC, kalor jenis es 0,5 kkal/kgoC, kalor jenis air 1 kkal/kgoC, dan kalor es 80 kkal/kg. Apa yang terjadi dengan es tersebut jika diberi kalor sebesar 60 kkal?
Es melebur seluruhnya, suhu akhir di atas 0oC.
Es melebur seluruhnya, suhu akhir tepat 0oC.
Es melebur sebagian, suhu akhir tepat 0oC.
Es melebur sebagian, suhu akhir kurang dari 0oC.
Seberkas cahaya dijatuhkan dari udara pada lapisan kaca yang berbeda jenisnya, yakni kaca I dan kaca II, sehingga mengalami pembiasan seperti gambar berikut ini.
udara
kaca I
kaca II
udara
Berdasarkan gambar di atas, pernyataan yang benar adalah ...
indeks bias udara > indeks bias kaca I > indeks bias kaca II.
indeks bias kaca I > indeks bias udara > indeks bias kaca II.
indeks bias kaca II > indeks bias udara > indeks bias kaca I.
indeks bias kaca I > indeks bias kaca II > indeks bisa udara
Perhatikan gambar di bawah ini.
Tiga bola lampu memiliki daya sama, dipasang secara seri seperti gambar di atas. Pernyataan mana yang tepat berkaitan dengan nyala lampu yang terjadi?
Lampu A, B, dan C menyala sama terang.
Lampu A lebih terang daripada lampu B, lampu B menyala lebih terang dari lampu C.
Lampu C menyala lebih terang dari B, lampu B menyala lebih terang daripada lampu A.
Lampu A dan C menyala sama terang, lampu B menyala lebih redup.
Pada sebuah rumah terdapat 6 lampu 25 watt yang menyala selama 10 jam tiap hari. Jika harga listrik Rp. 450,00/kwh, maka harga listrik untuk keper-luan lampu rumah tersebut selama satu bulan (30 hari) adalah …
Rp 2.625,00.
Rp 6.650,00.
Rp 20.250,00.
Rp 66.500,00.
Peranan pokok dan utama Pancasila sebagaimana dinyatakan dalam Pembukaan UUD 1945 adalah…
jiwa bangsa.
pandangan hidup bangsa.
dasar negara.
ideologi negara.
Demokrasi konstitusional Indonesia yang berlaku saat ini bersumber pada ...
UUD 1945 yang disahkan pada 18-08- 1945.
UUD 1945 yang berlaku pada masa Orde Baru.
UUD 1945 kedua hasil Dekrit Presiden 5 Juli 1959.
UUD 1945 dan hasil amandemen I,II,III, dan IV.
Hakikat nasionalisme adalah suatu faham atau cara berpikir seseorang dimana kesetiaan tertinggi diberikan kepada ...
negara-bangsa.
rakyat.
pemerintah.
negara kerajaan.
Pada hakikatnya, HAM adalah hak yang bersifat dasar atau hak pokok yang dimiliki dan melekat pada manusia. Hak-hak tersebut meliputi hal-hal berikut ini, kecuali …
hak hidup secara layak.
hak berbicara.
hak menjalankan ajaran agama.
hak dipilih dalam pemilu.
Setiap warga negara berhak mendapat perlindungan hukum dari negara. Hal ini mengandung makna bahwa setiap warga negara ...
mendapat jaminan rasa aman dari negara.
berhak menuntut kehidupan yang sejahtera.
bebas berbuat sesuai dengan cita-citanya.
berkedudukan sejajar dengan bangsa lain.
Berikut ini adalah pernyataan yang menunjukkan kedudukan seorang warga negara Indonesia dan sekaligus sebagai warga dunia.
Bertempat tinggal di Indonesia dan melaksanakan wajib pajak.
Bertempat tinggal di Indonesia dan menjaga lingkungan hidup.
Bertempat tinggal di Indonesia dan melaksanakan pemilu presiden.
Bertempat tinggal di Indonesia dan berpartisipasi dalam pilkada.
Dalam kehidupan lingkungan beragama yang berbeda-beda, maka sebagai warga negara hendaknya ...
memiliki prinsip bahwa semua agama di Indonesia adalah sama.
memiliki prinsip bahwa semua agama yang ada adalah benar.
menghormati orang yang menganut agama berlainan.
mengajak orang lain menganut ajaran agama dengan berbagai cara.
Untuk memanfaatkan kelas sebagai sumber belajar, guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran sebagai berikut...
meminta siswa agar membantu guru menulis di papan tulis.
meminta siswa untuk menjelaskan konsep otonomi daerah.
menyuruh siswa mengisi buku daftar hadir kelas.
meminta siswa mengambilkan buku pelajaran dari perpustakaan.
Salah satu kebudayaan masyarakat Indonesia yang dicita-citakan adalah kebudayaan nasional yang berasal dari kebudayaan ...
daerah yang diakui oleh masyarakat setempat.
daerah yang sudah disterilkan dari kebudayaan aslinya.
daerah yang telah diakui secara nasional.
asing yang diadopsi oleh suatu masyarakat di Indonesia.
Konsep ruang dan waktu pada konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia tercermin dalam kenyataan sebagai berikut…
masyarakat aceh mengadakan pilkada untuk memilih gubernur sebagai kepala daerah propinsi nad.
penduduk indonesia yang menempati wilayah nusantara berasal dari daerah yunan jauh sebelum kedatangan bangsa eropa.
kerajaan sriwijaya telah mencapai puncak kekuasaan sebelum masa kejayaan amerika serikat.
kebudayaan asing yang baik dapat diterima dan diadopsi menjadi kebudayaan nasional.
Interaksi antar manusia dan lingkungan dalam masyarakat yang pluralis dapat mempercepat proses integrasi bangsa. Hal ini akan terjadi manakala adanya ...
saling mengenal antar manusia.
cita-cita dan tujuan yang sama.
status sosial ekonomi yang sama.
pandangan jauh ke depan.
Perkembangan iptek dan masyarakat akan harmonis apabila ada interaksi yang sinergis sebagaimana berikut ini.
Perkembangan iptek lebih cepat daripada perkembangan masyarakat.
Perkembangan masyarakat didasari oleh perkembangan iptek.
Perkembangan iptek sejalan dengan perkembangan masyarakat.
Perkembangan masyarakat lebih maju daripada perkembangan iptek.
72. Peta, atlas, dan bola dunia memiliki nilai manfaat yang besar baik sebagai media pembelajaran maupun sebagai alat bantu dalam kehidupan sehari-hari. Makna pokok dari peta, atlas, dan bola dunia adalah media ...
penunjuk arah mata angin.
penunjuk wilayah ruang/tempat.
untuk menentukan tinggi rendah permukaan bumi.
untuk menunjukkan luas wilayah.
73. Kebiasaan diri bersikap peka tetapi kritis terhadap lingkungan sekitar dapat dibelajarkan oleh guru dengan cara ...
melatih siswa mengerjakan soal ujian tentang masalah sosial.
memperkenalkan masalah kehidupan masyarakat miskin kepada siswa.
mendorong siswa membaca buku teks untuk menemukan masalah.
mendiskusikan masalah kehidupan sehari-hari bersama siswa.
74. Suatu masyarakat akan berkembang maju apabila individu warga masyarakat bersikap kritis dan kreatif terhadap masalah sosial. Sifat kritis dan kreatif akan berdampak pada ...
rendahnya tingkat penyimpangan dan munculnya pembaharuan.
meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
menurunnya semangat pembaharuan dan pengawasan.
melemahnya upaya pencegahan terhadap penyimpangan dan pembaharuan.
75. Pada hari Senin, siswa kelas V SD Laboratorium belajar tentang pasar. Guru mengajak siswa pergi ke pasar terdekat yang jaraknya kurang lebih 1 km dengan berjalan kaki melewati jalan yang ramai. Guru memberi tugas kepada siswa untuk membeli barang sebanyak-banyaknya dengan jumlah uang terbatas yakni Rp 2.000,00. Setelah selesai siswa diminta mengelompokkan jenis barang yang dibeli dan menghitung sisa uang.
Berdasarkan peristiwa tersebut guru bermaksud mengintegrasikan beberapa mata pelajaran sekaligus. Mata pelajaran yang tidak terkait dengan peristiwa pembelajaran tersebut adalah …
Matematika.
IPS.
Penjaskes.
Kertakes.
76. Guru mengajak siswa melakukan percobaan tentang sifat-sifat air. Dalam percobaan tersebut, siswa menemukan bahwa permukaan air yang tenang selalu datar. Temuan siswa tersebut dapat dimanfaatkan dalam kehidupan nyata di masyarakat yaitu dalam hal …
membuat minuman teh dan menyajikan kepada tamu.
mengukur kesamaan tinggi suatu tempat.
membuat kolam ikan.
membuat irama musik dari tetesan air.
77. Salah satu tujuan pendidikan IPS adalah pembelajaran diarahkan agar peserta didik dapat menikmati kehidupan sehari-hari sesuai dengan pengetahuan sosial yang diperolehnya. Nilai yang dikembangkan pada proses pembelajaran tersebut adalah nilai ...
edukatif.
ketuhanan.
praktis.
filsafat.
78. Sistematika dalam mengidentifikasi dan pengembangan tujuan, materi, strategi pembelajaran, media, dan evaluasi untuk mencapai pembelajaran termasuk dalam istilah …
A. Desain
B. Instruksional
C. Desain Instruksional
D. Perencanaan.
79. Langkah yang harus dikerjakan guru dalam menghasilkan bahan ajar adalah sebagai berikut, kecuali …
A. identifikasi
B. eksplorasi
C. konteks
D. produksi psikis.
80. Dalam rangka mengadopsi materi ajar secara subjektif maupun objektif hal-hal yang perlu dianalisis berhubungan dengan….
A. peserta didik, perwajahan, isi, dan keterjangkauan
B. peserta didik, tujuan, isi, dan metodologi
C. peserta didik, perwajahan, metodologi, dan isi
D. peserta didik, tujuan, perwajahan, dan isi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar