Halooo.... Semoga bermanfaat

Senin, 30 Mei 2022

Struktur Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang SMA/MA

 

1.        Struktur Kurikulum SMA/MA

Struktur kurikulum SMA terdiri atas 2 (dua) Fase yaitu:

a.        Fase E untuk kelas X; dan

b.        Fase F untuk kelas XI dan kelas XII.

Struktur  kurikulum       untuk SMA/MA terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:

a.        pembelajaran intrakurikuler; dan

b.        projek    penguatan    profil    pelajar    Pancasila    dialokasikan sekitar 30% (tiga puluh persen) total JP per tahun.

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik secara muatan maupun secara waktu pelaksanaan. Secara muatan, projek profil harus mengacu pada capaian profil pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran. Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.


Struktur Kurikulum SMA/MA adalah sebagai berikut.

 

Tabel 7. Alokasi waktu mata pelajaran SMA/MA kelas X

(Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 45 menit)

 

 

Mata Pelajaran

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu)

Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun

 

Total JP Per Tahun

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti*

72 (2)

36

108

Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti*

72 (2)

36

108

Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti*

72 (2)

36

108

Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti*

72 (2)

36

108

Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti*

72 (2)

36

108

Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti*

72 (2)

36

108

Pendidikan Pancasila

54 (2) **

18

72

Bahasa Indonesia

108 (3)

36

144

Matematika

108 (3)

36

144

Ilmu Pengetahuan Alam: Fisika, Kimia, Biologi

216 (6)

108

324

Ilmu Pengetahuan Sosial: Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi

 

288 (8)

 

144

 

432

Bahasa Inggris

54 (2) **

18

72

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

72 (2)

36

108

Informatika

72 (2)

36

108

Seni dan Prakarya***:

1.    Seni Musik

2.    Seni Rupa

3.    Seni Teater

 

 

54 (2) **

 

 

18

 

 

72


 

 

Mata Pelajaran

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu)

Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun

 

Total JP Per Tahun

4.    Seni Tari

5.    Prakarya dan Kewirausahaan

 

 

 

Muatan Lokal

72 (2) ****

-

72****

Total*****:

1098 (32)

486

1584

Keterangan:

*                Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.

** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu untuk Pendidikan Pancasila, Bahasa Inggris, serta Seni dan Prakarya.

*** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni atau prakarya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, dan/atau Prakarya dan Kewirausahaan). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni atau prakarya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, atau Prakarya dan Kewirausahaan).

**** Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun.

***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

 

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas X SMA/MA tidak dipisahkan menjadi mata pelajaran yang lebih spesifik. Namun demikian, satuan pendidikan dapat menentukan bagaimana muatan pelajaran diorganisasi. Pengorganisasian pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial dapat dilakukan melalui beberapa pendekatan sebagai berikut:

a.        mengajarkan muatan Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Pengetahuan Sosial secara terintegrasi;


b.        mengajarkan muatan Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Pengetahuan Sosial secara bergantian dalam blok waktu yang terpisah; atau

c.         mengajarkan muatan Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Pengetahuan Sosial secara paralel, dengan JP terpisah seperti mata pelajaran yang berbeda-beda, diikuti dengan unit pembelajaran inkuiri yang mengintegrasikan muatan- muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Pengetahuan Sosial tersebut.

 

Fase F untuk kelas XI dan kelas XII, struktur mata  pelajaran dibagi menjadi 5 (lima) kelompok utama, yaitu:

a.        kelompok mata pelajaran umum

Setiap SMA/MA wajib membuka atau mengajarkan seluruh mata pelajaran dalam kelompok ini dan wajib diikuti oleh semua peserta didik SMA/MA.

b.        kelompok mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)

Setiap SMA/MA wajib menyediakan paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran dalam kelompok ini.

c.         kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Setiap SMA/MA wajib menyediakan paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran dalam kelompok ini.

d.        kelompok mata pelajaran Bahasa dan Budaya

Kelompok mata pelajaran ini dibuka sesuai dengan sumber daya yang tersedia di SMA/MA.

e.        kelompok mata pelajaran Vokasi dan Prakarya

Kelompok mata pelajaran Vokasi dan Prakarya dibuka sesuai dengan sumber daya yang tersedia di SMA/MA.

 

Khusus untuk sekolah yang ditetapkan pemerintah sebagai sekolah keolahragaan atau seni, dapat dibuka kelompok mata pelajaran Olahraga atau Seni, sesuai dengan sumber daya yang tersedia di SMA/MA.


Tabel 8. Alokasi waktu mata pelajaran SMA/MA kelas XI

(Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 45 menit)

 

 

 

Mata Pelajaran

 

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu)

Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun

 

Total JP Per Tahun

Kelompok Mata Pelajaran Umum:

1.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti*

72 (2)

36

108

Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti*

72 (2)

36

108

Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti*

72 (2)

36

108

Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti*

72 (2)

36

108

Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti*

72 (2)

36

108

Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti*

 

72 (2)

 

36

 

108

2.

Pendidikan Pancasila

54 (2) **

18

72

3.

Bahasa Indonesia

108 (3)

36

144

4.

Matematika

108 (3)

36

144

5.

Bahasa Inggris

54 (2) **

18

72

 

6.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

 

72 (2)

 

36

 

108

7.

Sejarah

54 (2) **

18

72

8.

Seni dan Budaya***:

1.    Seni Musik

2.    Seni Rupa

3.    Seni Teater

4.    Seni Tari

 

 

54 (2) **

 

 

18

 

 

72

Jumlah JP mata pelajaran umum

576 (18)

216

792

Kelompok Mata Pelajaran MIPA:

 

-

720-900


 

 

 

Mata Pelajaran

 

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu)

Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun

 

Total JP Per Tahun

1.

Biologi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

720-900 (20-

25) ****

 

 

2.

Kimia

3.

Fisika

4.

Informatika

5.

Matematika tingkat lanjut

Kelompok Mata Pelajaran IPS:

1.

Sosiologi

2.

Ekonomi

3.

Geografi

4.

Antropologi

Kelompok Mata Pelajaran Bahasa dan Budaya:

1.

Bahasa Indonesia tingkat lanjut

2.

Bahasa Inggris tingkat lanjut

3.

Bahasa Korea

4.

Bahasa Arab

5.

Bahasa Mandarin

6.

Bahasa Jepang

7.

Bahasa Jerman

8.

Bahasa Prancis

Mata Pelajaran Kelompok Vokasi dan Prakarya:

1.

Prakarya dan Kewirausahaan (budidaya, kerajinan, rekayasa, atau pengolahan) *****

2.

Dsb. dikembangkan sesuai sumber daya yang tersedia

Muatan lokal

72 (2) *****

-

72


 

 

 

Mata Pelajaran

 

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu)

Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun

 

Total JP Per Tahun

Total per tahun******:

1296-1476

(38-43)

216

1.512-1692

Keterangan:

*                         Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.

**          Pembelajaran reguler kelas XI tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu untuk Pendidikan Pancasila, Bahasa Inggris, Seni, dan Sejarah.

***    Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan/atau Seni Tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, atau Seni Tari).

**** Alokasi masing-masing mata pelajaran pilihan (selain mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan) yaitu 5 (lima) JP per minggu atau 180 (seratus delapan puluh) JP per tahun.

***** Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun.

****** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

 

Tabel 9. Alokasi waktu mata pelajaran SMA/MA kelas XII

(Asumsi 1 tahun = 32 minggu dan 1 JP = 45 menit)

 

 

 

Mata Pelajaran

 

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu)

Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun

 

 

Total JP Per Tahun

Kelompok Mata Pelajaran Umum:

1.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti*

64 (2)

32

96







 

 

 

Mata Pelajaran

 

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu)

Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun

 

 

Total JP Per Tahun

 

Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti*

64 (2)

32

96

Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti*

64 (2)

32

96

Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti*

64 (2)

32

96

Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti*

64 (2)

32

96

Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti*

64 (2)

32

96

2.

Pendidikan Pancasila

48 (2) **

16

64

3.

Bahasa Indonesia

96 (3)

32

128

4.

Matematika

96 (3)

32

128

5.

Bahasa Inggris

48 (2) **

16

64

6.

Seni dan Budaya***:

1.       Seni Musik

2.       Seni Rupa

3.       Seni Teater

4.       Seni Tari

 

 

48 (2) **

 

 

16

 

 

64

7.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

64 (2)

32

96

8.

Sejarah

48 (2) **

16

64

Jumlah JP mata pelajaran umum

512 (18)

192

704

Mata Pelajaran Kelompok MIPA:

 

 

 

 

640 - 800 (20 -

25) ****

 

 

 

 

-

 

 

 

 

640 - 800

1.

Biologi

2.

Kimia

3.

Fisika

4.

Informatika

5.

Matematika tingkat lanjut

Mata Pelajaran Kelompok IPS:


 

 

 

Mata Pelajaran

 

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu)

Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun

 

 

Total JP Per Tahun

1.

Sosiologi

 

 

 

2.

Ekonomi

3.

Geografi

4.

Antropologi

Mata Pelajaran Kelompok Bahasa dan Budaya:

1.

Bahasa         Indonesia        tingkat lanjut

2.

Bahasa Inggris tingkat lanjut

3.

Bahasa Korea

4.

Bahasa Arab

5.

Bahasa Mandarin

6.

Bahasa Jepang

7.

Bahasa Jerman

8.

Bahasa Prancis

Mata Pelajaran Kelompok Vokasi dan Prakarya:

1.

Prakarya dan Kewirausahaan (budidaya, kerajinan, rekayasa, atau pengolahan)

*****

2.

Dsb. dikembangkan sesuai dengan sumber daya yang tersedia

Muatan lokal

64 (2) *****

-

64

Total per tahun******:

1.152-1.312

(38-43)

192

1.344-1.504

Keterangan:

*                         Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.

**          Pembelajaran reguler kelas XII tidak penuh 32 (tiga puluh dua) minggu, untuk memenuhi alokasi projek (24 (dua puluh empat)


minggu untuk Pendidikan Pancasila, Bahasa Inggris, Seni, dan Sejarah).

***        Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni dan budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan/atau Seni Tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni dan budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, atau Seni Tari).

**** Alokasi masing-masing mata pelajaran pilihan  (selain  mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan) yaitu 5 (lima) JP per minggu atau 180 (seratus delapan puluh) JP per tahun.

***** Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 64 (enam puluh empat) JP per tahun.

****** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

 

Satuan pendidikan wajib membuka kelompok mata pelajaran umum serta sekurang-kurangnya 3 (tiga) kelompok mata pelajaran pilihan.

Setiap peserta didik wajib mengikuti:

a.        seluruh mata pelajaran dalam kelompok mata pelajaran umum; dan

b.        memilih 4 (empat) sampai dengan 5 (lima) mata pelajaran dari minimal dua kelompok mata pelajaran pilihan (maksimal mata pelajaran pilihan yang diambil dari 1 (satu) kelompok mata pelajaran pilihan adalah 3 (tiga) mata pelajaran),

disesuaikan dengan minat, bakat, dan aspirasi peserta didik.

 

Muatan pelajaran kepercayaan untuk penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai layanan pendidikan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.


Satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif di SMA/MA menyediakan layanan program kebutuhan khusus sesuai kondisi peserta didik.

Beban belajar bagi penyelenggara  pendidikan  dengan  Sistem Kredit Semester (sks) dilaksanakan sesuai peraturan perundang- undangan yang mengatur mengenai sks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar