1. Struktur Kurikulum SMA/MA
Struktur kurikulum SMA terdiri atas 2 (dua) Fase yaitu:
a. Fase E untuk kelas X; dan
b. Fase F untuk kelas XI dan kelas XII.
Struktur kurikulum untuk SMA/MA terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:
a. pembelajaran intrakurikuler; dan
b. projek penguatan profil pelajar Pancasila dialokasikan sekitar 30% (tiga puluh persen) total JP per tahun.
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik secara muatan maupun secara waktu pelaksanaan. Secara muatan, projek profil harus mengacu pada capaian profil pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran. Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.
Struktur Kurikulum SMA/MA adalah sebagai berikut.
Tabel 7. Alokasi waktu mata pelajaran SMA/MA kelas X
(Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 45 menit)
Mata Pelajaran |
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) |
Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
Pendidikan Pancasila |
54 (2) ** |
18 |
72 |
Bahasa Indonesia |
108 (3) |
36 |
144 |
Matematika |
108 (3) |
36 |
144 |
Ilmu Pengetahuan Alam: Fisika, Kimia, Biologi |
216 (6) |
108 |
324 |
Ilmu Pengetahuan Sosial: Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi |
288 (8) |
144 |
432 |
Bahasa Inggris |
54 (2) ** |
18 |
72 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
72 (2) |
36 |
108 |
Informatika |
72 (2) |
36 |
108 |
Seni dan Prakarya***: 1. Seni Musik 2. Seni Rupa 3. Seni Teater |
54 (2) ** |
18 |
72 |
Mata Pelajaran |
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) |
Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
4. Seni Tari 5. Prakarya dan Kewirausahaan |
|
|
|
Muatan Lokal |
72 (2) **** |
- |
72**** |
Total*****: |
1098 (32) |
486 |
1584 |
Keterangan:
* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu untuk Pendidikan Pancasila, Bahasa Inggris, serta Seni dan Prakarya.
*** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni atau prakarya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, dan/atau Prakarya dan Kewirausahaan). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni atau prakarya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, atau Prakarya dan Kewirausahaan).
**** Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun.
***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas X SMA/MA tidak dipisahkan menjadi mata pelajaran yang lebih spesifik. Namun demikian, satuan pendidikan dapat menentukan bagaimana muatan pelajaran diorganisasi. Pengorganisasian pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial dapat dilakukan melalui beberapa pendekatan sebagai berikut:
a. mengajarkan muatan Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Pengetahuan Sosial secara terintegrasi;
b. mengajarkan muatan Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Pengetahuan Sosial secara bergantian dalam blok waktu yang terpisah; atau
c. mengajarkan muatan Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Pengetahuan Sosial secara paralel, dengan JP terpisah seperti mata pelajaran yang berbeda-beda, diikuti dengan unit pembelajaran inkuiri yang mengintegrasikan muatan- muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Pengetahuan Sosial tersebut.
Fase F untuk kelas XI dan kelas XII, struktur mata pelajaran dibagi menjadi 5 (lima) kelompok utama, yaitu:
a. kelompok mata pelajaran umum
Setiap SMA/MA wajib membuka atau mengajarkan seluruh mata pelajaran dalam kelompok ini dan wajib diikuti oleh semua peserta didik SMA/MA.
b. kelompok mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)
Setiap SMA/MA wajib menyediakan paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran dalam kelompok ini.
c. kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Setiap SMA/MA wajib menyediakan paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran dalam kelompok ini.
d. kelompok mata pelajaran Bahasa dan Budaya
Kelompok mata pelajaran ini dibuka sesuai dengan sumber daya yang tersedia di SMA/MA.
e. kelompok mata pelajaran Vokasi dan Prakarya
Kelompok mata pelajaran Vokasi dan Prakarya dibuka sesuai dengan sumber daya yang tersedia di SMA/MA.
Khusus untuk sekolah yang ditetapkan pemerintah sebagai sekolah keolahragaan atau seni, dapat dibuka kelompok mata pelajaran Olahraga atau Seni, sesuai dengan sumber daya yang tersedia di SMA/MA.
Tabel 8. Alokasi waktu mata pelajaran SMA/MA kelas XI
(Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 45 menit)
Mata Pelajaran |
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) |
Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
|
Kelompok Mata Pelajaran Umum: |
||||
1. |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
|
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
|
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
|
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
|
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* |
72 (2) |
36 |
108 |
|
2. |
Pendidikan Pancasila |
54 (2) ** |
18 |
72 |
3. |
Bahasa Indonesia |
108 (3) |
36 |
144 |
4. |
Matematika |
108 (3) |
36 |
144 |
5. |
Bahasa Inggris |
54 (2) ** |
18 |
72 |
6. |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
72 (2) |
36 |
108 |
7. |
Sejarah |
54 (2) ** |
18 |
72 |
8. |
Seni dan Budaya***: 1. Seni Musik 2. Seni Rupa 3. Seni Teater 4. Seni Tari |
54 (2) ** |
18 |
72 |
Jumlah JP mata pelajaran umum |
576 (18) |
216 |
792 |
|
Kelompok Mata Pelajaran MIPA: |
|
- |
720-900 |
Mata Pelajaran |
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) |
Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
|
1. |
Biologi |
720-900 (20- 25) **** |
|
|
2. |
Kimia |
|||
3. |
Fisika |
|||
4. |
Informatika |
|||
5. |
Matematika tingkat lanjut |
|||
Kelompok Mata Pelajaran IPS: |
||||
1. |
Sosiologi |
|||
2. |
Ekonomi |
|||
3. |
Geografi |
|||
4. |
Antropologi |
|||
Kelompok Mata Pelajaran Bahasa dan Budaya: |
||||
1. |
Bahasa Indonesia tingkat lanjut |
|||
2. |
Bahasa Inggris tingkat lanjut |
|||
3. |
Bahasa Korea |
|||
4. |
Bahasa Arab |
|||
5. |
Bahasa Mandarin |
|||
6. |
Bahasa Jepang |
|||
7. |
Bahasa Jerman |
|||
8. |
Bahasa Prancis |
|||
Mata Pelajaran Kelompok Vokasi dan Prakarya: |
||||
1. |
Prakarya dan Kewirausahaan (budidaya, kerajinan, rekayasa, atau pengolahan) ***** |
|||
2. |
Dsb. dikembangkan sesuai sumber daya yang tersedia |
|||
Muatan lokal |
72 (2) ***** |
- |
72 |
Mata Pelajaran |
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) |
Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
Total per tahun******: |
1296-1476 (38-43) |
216 |
1.512-1692 |
Keterangan:
* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler kelas XI tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu untuk Pendidikan Pancasila, Bahasa Inggris, Seni, dan Sejarah.
*** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan/atau Seni Tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, atau Seni Tari).
**** Alokasi masing-masing mata pelajaran pilihan (selain mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan) yaitu 5 (lima) JP per minggu atau 180 (seratus delapan puluh) JP per tahun.
***** Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun.
****** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.
Tabel 9. Alokasi waktu mata pelajaran SMA/MA kelas XII
(Asumsi 1 tahun = 32 minggu dan 1 JP = 45 menit)
Mata Pelajaran |
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) |
Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
|
Kelompok Mata Pelajaran Umum: |
||||
1. |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* |
64 (2) |
32 |
96 |
Mata Pelajaran |
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) |
Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
|
|
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* |
64 (2) |
32 |
96 |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* |
64 (2) |
32 |
96 |
|
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* |
64 (2) |
32 |
96 |
|
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* |
64 (2) |
32 |
96 |
|
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* |
64 (2) |
32 |
96 |
|
2. |
Pendidikan Pancasila |
48 (2) ** |
16 |
64 |
3. |
Bahasa Indonesia |
96 (3) |
32 |
128 |
4. |
Matematika |
96 (3) |
32 |
128 |
5. |
Bahasa Inggris |
48 (2) ** |
16 |
64 |
6. |
Seni dan Budaya***: 1. Seni Musik 2. Seni Rupa 3. Seni Teater 4. Seni Tari |
48 (2) ** |
16 |
64 |
7. |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
64 (2) |
32 |
96 |
8. |
Sejarah |
48 (2) ** |
16 |
64 |
Jumlah JP mata pelajaran umum |
512 (18) |
192 |
704 |
|
Mata Pelajaran Kelompok MIPA: |
640 - 800 (20 - 25) **** |
- |
640 - 800 |
|
1. |
Biologi |
|||
2. |
Kimia |
|||
3. |
Fisika |
|||
4. |
Informatika |
|||
5. |
Matematika tingkat lanjut |
|||
Mata Pelajaran Kelompok IPS: |
Mata Pelajaran |
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) |
Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
|
1. |
Sosiologi |
|
|
|
2. |
Ekonomi |
|||
3. |
Geografi |
|||
4. |
Antropologi |
|||
Mata Pelajaran Kelompok Bahasa dan Budaya: |
||||
1. |
Bahasa Indonesia tingkat lanjut |
|||
2. |
Bahasa Inggris tingkat lanjut |
|||
3. |
Bahasa Korea |
|||
4. |
Bahasa Arab |
|||
5. |
Bahasa Mandarin |
|||
6. |
Bahasa Jepang |
|||
7. |
Bahasa Jerman |
|||
8. |
Bahasa Prancis |
|||
Mata Pelajaran Kelompok Vokasi dan Prakarya: |
||||
1. |
Prakarya dan Kewirausahaan (budidaya, kerajinan, rekayasa, atau pengolahan) ***** |
|||
2. |
Dsb. dikembangkan sesuai dengan sumber daya yang tersedia |
|||
Muatan lokal |
64 (2) ***** |
- |
64 |
|
Total per tahun******: |
1.152-1.312 (38-43) |
192 |
1.344-1.504 |
Keterangan:
* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler kelas XII tidak penuh 32 (tiga puluh dua) minggu, untuk memenuhi alokasi projek (24 (dua puluh empat)
minggu untuk Pendidikan Pancasila, Bahasa Inggris, Seni, dan Sejarah).
*** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni dan budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan/atau Seni Tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni dan budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, atau Seni Tari).
**** Alokasi masing-masing mata pelajaran pilihan (selain mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan) yaitu 5 (lima) JP per minggu atau 180 (seratus delapan puluh) JP per tahun.
***** Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 64 (enam puluh empat) JP per tahun.
****** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.
Satuan pendidikan wajib membuka kelompok mata pelajaran umum serta sekurang-kurangnya 3 (tiga) kelompok mata pelajaran pilihan.
Setiap peserta didik wajib mengikuti:
a. seluruh mata pelajaran dalam kelompok mata pelajaran umum; dan
b. memilih 4 (empat) sampai dengan 5 (lima) mata pelajaran dari minimal dua kelompok mata pelajaran pilihan (maksimal mata pelajaran pilihan yang diambil dari 1 (satu) kelompok mata pelajaran pilihan adalah 3 (tiga) mata pelajaran),
disesuaikan dengan minat, bakat, dan aspirasi peserta didik.
Muatan pelajaran kepercayaan untuk penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai layanan pendidikan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif di SMA/MA menyediakan layanan program kebutuhan khusus sesuai kondisi peserta didik.
Beban belajar bagi penyelenggara pendidikan dengan Sistem Kredit Semester (sks) dilaksanakan sesuai peraturan perundang- undangan yang mengatur mengenai sks.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar