| Daring | Merupakan akronim (singkatan) dari dua kata: “dalam” dan “jaringan”. Dalam Bahasa Inggris, berarti “online”. | 
            | Diagram Frayer | Grafik visual yang dikembangkan oleh 
Dorothy Frayer untuk membantu murid dalam mendefinisikan konsep atau 
kosakata. Diagram ini dibagi menjadi empat bagian: definisi, 
karakteristik, contoh dan bukan contoh. | 
            | Diferensiasi Konten | Diferensiasi konten merujuk pada 
strategi membedakan pengorganisasian dan format penyampaian konten. 
Konten adalah materi pengetahuan, konsep, dan keterampilan yang perlu 
dipelajari murid berdasarkan kurikulum. | 
            | Diferensiasi Produk | Merujuk pada strategi memodifikasi 
produk hasil belajar murid, hasil latihan, penerapan, dan pengembangan 
apa yang telah dipelajari. | 
            | Diferensiasi Proses | Merujuk pada strategi membedakan proses 
yang harus dijalani oleh murid yang dapat memungkinkan mereka untuk 
berlatih dan memahami isi (content) materi. | 
            | Kesiapan belajar (Readiness) | Kapasitas atau kesiapan murid untuk 
mempelajari materi baru. Kesiapan ini terkait dengan berbagai hal, 
diantaranya: pengetahuan, konsep dan keterampilan awal yang saat ini 
dikuasai oleh murid; miskonsepsi; tingkat perkembangan kognitif, afektif
 dan fisik; keterampilan berpikir, dan sebagainya. | 
            | Lingkungan Belajar | Lingkungan yang berada di sekitar seseorang dan yang mempengaruhi proses belajar mengajar. | 
            | Minat | Suatu keadaan mental yang menghasilkan 
respons terarah kepada suatu situasi atau objek tertentu yang 
menyenangkan dan memberikan kepuasan kepadanya. | 
            | Peer Teaching | Metode pembelajaran tutor sebaya yang 
merupakan strategi pembelajaran kooperatif dimana rasa saling menghargai
 dan mengerti dibina di antara orang-orang yang bekerja bersama. | 
            | Pembelajaran Berdiferensiasi | Usaha menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu. | 
            | Profil Belajar | Merupakan pendekatan yang disukai murid 
untuk belajar, yang dipengaruhi oleh gaya berpikir, kecerdasan, budaya, 
latar belakang, jenis kelamin, dan lain-lain. | 
| Scaffolding | Suatu teknik pembelajaran di mana murid 
diberikan sejumlah bantuan, kemudian perlahan-lahan diadakan pengurangan
 terhadap bantuan tersebut hingga pada akhirnya, murid dapat menunjukkan
 kemandirian yang lebih besar dalam proses pembelajaran. | 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar