Halooo.... Semoga bermanfaat

Selasa, 21 Juli 2020

MATERI IPS KELAS IX KONDISI ALAM NEGARA AUSTRALIA

Kondisi alam dan penduduk yang berbeda-beda mengakibatkan setiap negara memiliki karakteristik yang berbeda bagi setiap negara.

Yang dimaksud dengan keadaan alam adalah lokasi, iklim, bentuk muka bumi, geologi, flora dan fauna.

Lokasi negara Australia

Secara astronomis benua Australia terletak di antara 1130 BT – 1550 BT dan 100 LS – 430 LS.

Sedangkan batas benua Australia bagian utara berbatasan dengan Laut Timor, Laut Arafuru, dan Selat Flores. Bagian Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, Laut Tasman, dan Laut Corel.

Iklim Negara Australia

Merujuk dari letak lintangnya pada 100 LS – 430 LS, diketahui bahwa wilayah Australia beriklim tropis, subtropis, dan sedang.

Selain itu di wilayah pedalaman Australia terdapat iklim padang pasir karena curah hujannya sangat rendah

Bentuk Muka Bumi Negara Australia

Berdasarkan relief bentuk muka buminya, Australia terdiri empat bentuk muka bumi. Yaitu dataran pantai, dataran tinggi timur, dataran rendah tengah dan Plato.

Kondisi Alam Negara Australia

Kondisi Geologi Negara Australia

Australia memiliki sumber daya alam seperti batu bara, minyak dan gas, bauksit, bijih besi, intan, aluminium, tembaga, serta emas. Selain itu juga terdapat mangaan, lithium, posfat, nikel, uranium,vanadium, zinc, dan perak.

Flora dan Fauna Negara Australia

Vegetasi yang paling banyak di Australia adalah rumput hummock, hutan eukaliptus, hutan akasia dan semak belukar.

Sedangkan faunanya Australia memiliki 378 spesies mamalia, 828 spesies burung, 300 spesies kadal, 140 spesies ular, dan dua spesies buaya.

Kondisi Penduduk Negara Australia

Menurut Word Population Data Sheet (WPDS) tahun 2015, penduduk Australia berjumlah 23,9 juta jiwa.

Angka pertumbuhan penduduk di Australia 1,15%,pertumbuhan penduduk in masih relative kecil bila dibandingkan dengan luas wilayahnya.

Sebagian besar penduduknya (89%) tinggal di perkotaan. Penduduk asli adalah suku Aborigin. Sedangkan penduduk lainnya adalah pendatang, uniknya para pendatang justru menjadi penduduk mayoritas.

Demikianlah ringkasan materi Kondisi Alam Negara Australia, Materi Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar