Halooo.... Semoga bermanfaat

Selasa, 21 Juli 2020

MATERI IPS KELAS IX KONDISI ALAM NEGARA INGRRIS

Kondisi alam dan penduduk yang berbeda-beda mengakibatkan setiap negara memiliki karakteristik yang berbeda bagi setiap negara.

Yang dimaksud dengan keadaan alam adalah lokasi, iklim, bentuk muka bumi, geologi, flora dan fauna.

Lokasi negara Inggris

Secara astronomis Inggris terletak pada 500 LU – 600 LU dan 80 BB – 20 BT.

Sedangkan secara geografis sebelah utara Inggris berbatasan dengan Samudra Atlantik, sebelah selatan berbatasan dengan Selat English Channel.

Adapun sebelah barat berbatasan dengan Irlandia dan Samudra Atlantik, dan sebelah timur berbatasan dengan Laut Utara.

Wilayah Inggris meliputi England, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara dan pulau kecil sekitarnya dengan luas mencapai 244.110 Km2.

Iklim Negara Inggris

Dilihat dari letak lintangnya pada 500 LU – 600 LU, diketahui bahwa sebagian besar wilayah Inggris beriklim sedang. Karena wilayan Inggris dikelilingi laut sehingga memiliki iklim laut dengan ciri sejuk dan dingin.

Bentuk Muka Bumi Negara Inggris

Berdasarkan relief bentuk muka buminya, Inggris terdiri atas dua bagian. Yaitu wilayah yang berupa pegunungan di bagian utara dan dataran rendah di bagian selatan dan timur.

Perbedaan relief menunjukkan perbedaan usia batuan, batuan yang lebih tua di bagian barat dan utara. Sedangkan batuan yang lebih muda berada di wilayah timur dan selatan.

Kondisi Geologi Negara Inggris

Inggris memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti batu bara, minyak bumi, dan gas. Sedangkan sumber daya mineralnya berupa pasir, kerikil, logam dan lempung.

Kondisi Alam Negara Inggris

Flora dan Fauna Negara Inggris

Jenis flora Inggris meliputi pohon ek (oak) dan elm. Sebagian flora sudah punah karena lahan digunakan untuk kegiatan industri.

Sedangkan jenis fauna di Inggris yang masih banyak ditemukan adalah rusa merah, burung rajawali emas, dan belibis merah.

Kondisi Penduduk Negara Inggris

Menurut Word Population Data Sheet (WPDS) tahun 2015, penduduk Inggris berjumlah 65,1 juta jiwa.

Angka pertumbuhan penduduk di Inggris 0,4%, berarti terjadi penambahan jumlah penduduk sebesar 7% setiap tahunnya.

Sebagian besar penduduknya (80%) tinggal di perkotaan. Penduduk asli terdiri atas bangsa Kelt (Skotlandia, Irlandia, dan Wales) serta bangsa Jerman (Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman)

Sebagian besar penduduk Inggris beragama Kristen (86,9%), sisanya beragama Islam, Yahudi, Hindu dan Sikh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar