Halooo.... Semoga bermanfaat

Senin, 31 Agustus 2020

TUGAS AKHIR MODUL 3 PEMBELAJARAN INOVATIF PPG 2020

 TUGAS AKHIR MODUL 3

PEMBELAJARAN INOVATIF

 

1.      Cara agar siswa yang tidak berminat menjadi berminat dan mampu menyelesaikan masalah dengan baik.

·         Lakukan pembelajaran yang bervariasi dengan cara menyelipkan kegiatan-kegiatan yang membuat kerja otak peserta didik lebih rileks

·         Menggunakan media digital dalam kegiatan pembelajaran seperti penayangan video mengenai cara membuat project/ masalah yang mirip dengan kegiatan yang akan dibuat

·         Mendampingi siswa artina guru berkeliling pada setiap kelompok siswa untuk melihat perkembangan siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran

·         Memberikan penghargaan berupa pujian atas kinerja siswa dan berikan motivasi kepada siswa ketika siswa yang belum menampilakn hasil terbaik

·         Memberikan pendampingan secara khusus bagi mereka yang tidak berminat didalam mengikuti kegiatan pembelajaran

2.      Desain pembelajaran STEAM menggunakan model Project Based Learning (Pembelajaran Berpsat pada Masalah)

 

BAB 1 : Interksi Antar Ruang Negara-Negara ASEAN

Mata Pelaajran             : IPS

Kelas                            : IX

 

3.1 memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara- negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik

4.1  Menyajikan  perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara- negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik

 

Tujuan : dengan pengamatan, siswa mampu menjelaskan perubahan dan interaksi Negara-negara di Asia da benua lainnya yang diakibatkan factor alam manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik

 

Tahapan Kegiatan :

o   Siswa diberikan topic yang berhubungan dengan perubahan dan interaksi antarruang Negara-negara Asia dan Benua lainnya

o   Siswa ditunjukkan sebuah video yang berisi mengenai perubahan dan interaksi antarruang Negara-negara Asia dan Benua lainnya

o   Siswa dibeikan penjelasan mengenai tujuan pembelajaran yang harus didapatkan siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran

o   Siswa melakukan penelitian mengenai factor-faktor yang menyebabkan perubahan dan interaksi

o   Siswa dibeirkan LKPD (lembar kerja peserta didik) dan ala serta bahan untuk membuat project yang berupa Kliping

o   Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil projectnya didepan kelas

 

 

3.      Identifikasikan  ragam model “blended learning” yang dapat diterapkan di sekolah saya adalah model ENRICHD-VIRTUAL , alas an saya memilih model ini berdasarkan beberapa alas an :

a.       Desain pembelajaran yang berupa pembelajaran tatap muka dan pembelajaran secara online. Kedua model ini dapat diterapkan disekolah saya karena kedua model adalah yangmemang sudah kami terapkan selama masa pandemic covid ini.

b.      Sarana dan Prasarana. Untuk kelengkapan sarana juga cukup memadai karena kami memiliki lab computer yang memiliki kurang lebih 40 client yang sudah terkoneksi dengan internet, ditambah lagi dengan bantun 60 buah Tab dari dana BOS Afirmasi sehingga memungkinkan untuk melakukan pembelajaran secara online

c.       SDM (tenaga pendidik). Hamper 70 % guru disekolah kami sudah memahami IT dan sisanya masih sambil dalam tahap pembelajaran

d.      Peserta didik . Untuk kesiapan peserta didik juga sebenarnya sudah siap hanya saja untuk beberapa orang membuthkan pendampingan khusus untuk memahami IT.

 

4.      Platform atau aplikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran Blended Learning disekolah saya:

a.       Whatsapp è Wa Group merupakan media komunikasi utama yang dilakukan oleh guru dan peserta didik, namun terkadang WA grup juga digunakan untuk membagikan meteri, ataupun mengumpulkan tugas. Setiap kelas memiliki Grup WA masing-masing yang dikoordinir oleh wali kelas namun ada juga guru mata pelajaran yang membuat grup kelas tersendiri

b.      Classroom è Class Room adalah aplikasi kedua yang sering digunakan di sekolah kami. Classroom biasanya digunakan untuk membagikan materi, mengisi absen kelas, mengerjakan tugas dan langsung dinilai dan mengontrol kegiatan pemebelajaran. Setiap guru maple membuat kelas masing-masing untuk memudahkan pengontrolan dan pemberian tugas dan materi

c.       Youtube è beberapa guru juga menggunakan media youtube untuk membagikan materi. Ada yang membuat siaran langsung untuk kegiatan tatap muka juga ada yang membuat video pembelajaran kemudian di unggah di chanell youtube dan siswa menonton atau melihat materi tersebut

d.      Facebook Live Streaming è facebook Live streaming biasanya digunakan untuk kegiatan tatap muka secara online mengingat sebagian besar siswa pasti memiliki akun facebook

e.       Zoom è Aplikasi zoom digunakan untuk kegiatan tatap muka secara online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar