TUGAS AKHIR MODUL 3
PEMBELAJARAN INOVATIF
1. Cara
agar siswa yang tidak berminat menjadi berminat dan mampu menyelesaikan masalah
dengan baik.
·
Lakukan pembelajaran yang bervariasi
dengan cara menyelipkan kegiatan-kegiatan yang membuat kerja otak peserta didik
lebih rileks
·
Menggunakan media digital dalam kegiatan
pembelajaran seperti penayangan video mengenai cara membuat project/ masalah
yang mirip dengan kegiatan yang akan dibuat
·
Mendampingi siswa artina guru
berkeliling pada setiap kelompok siswa untuk melihat perkembangan siswa dalam
melakukan kegiatan pembelajaran
·
Memberikan penghargaan berupa pujian
atas kinerja siswa dan berikan motivasi kepada siswa ketika siswa yang belum
menampilakn hasil terbaik
·
Memberikan pendampingan secara khusus
bagi mereka yang tidak berminat didalam mengikuti kegiatan pembelajaran
2. Desain
pembelajaran STEAM menggunakan model Project Based Learning (Pembelajaran
Berpsat pada Masalah)
BAB 1 : Interksi Antar
Ruang Negara-Negara ASEAN
Mata Pelaajran : IPS
Kelas : IX
3.1 memahami
perubahan keruangan dan
interaksi antarruang negara- negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan
pengaruhnya terhadap keberlangsungan
kehidupan manusia dalam ekonomi,
sosial, pendidikan dan politik
4.1 Menyajikan perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara- negara Asia dan benua lainnya yang
diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik
Tujuan
: dengan pengamatan, siswa mampu menjelaskan perubahan dan interaksi
Negara-negara di Asia da benua lainnya yang diakibatkan factor alam manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik
Tahapan Kegiatan
:
o
Siswa diberikan topic yang berhubungan
dengan perubahan dan interaksi antarruang Negara-negara Asia dan Benua lainnya
o
Siswa ditunjukkan sebuah video yang
berisi mengenai perubahan dan interaksi antarruang Negara-negara Asia dan Benua
lainnya
o
Siswa dibeikan penjelasan mengenai
tujuan pembelajaran yang harus didapatkan siswa setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran
o
Siswa melakukan penelitian mengenai
factor-faktor yang menyebabkan perubahan dan interaksi
o
Siswa dibeirkan LKPD (lembar kerja
peserta didik) dan ala serta bahan untuk membuat project yang berupa Kliping
o
Masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil projectnya didepan kelas
3. Identifikasikan ragam model “blended learning” yang dapat
diterapkan di sekolah saya adalah model ENRICHD-VIRTUAL , alas an saya memilih
model ini berdasarkan beberapa alas an :
a. Desain
pembelajaran yang berupa pembelajaran tatap muka dan pembelajaran secara
online. Kedua model ini dapat diterapkan disekolah saya karena kedua model
adalah yangmemang sudah kami terapkan selama masa pandemic covid ini.
b. Sarana
dan Prasarana. Untuk kelengkapan sarana juga cukup memadai karena kami memiliki
lab computer yang memiliki kurang lebih 40 client yang sudah terkoneksi dengan
internet, ditambah lagi dengan bantun 60 buah Tab dari dana BOS Afirmasi
sehingga memungkinkan untuk melakukan pembelajaran secara online
c. SDM
(tenaga pendidik). Hamper 70 % guru disekolah kami sudah memahami IT dan
sisanya masih sambil dalam tahap pembelajaran
d. Peserta
didik . Untuk kesiapan peserta didik juga sebenarnya sudah siap hanya saja
untuk beberapa orang membuthkan pendampingan khusus untuk memahami IT.
4. Platform
atau aplikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran Blended Learning
disekolah saya:
a. Whatsapp
è
Wa Group merupakan media komunikasi utama yang dilakukan oleh guru dan peserta
didik, namun terkadang WA grup juga digunakan untuk membagikan meteri, ataupun
mengumpulkan tugas. Setiap kelas memiliki Grup WA masing-masing yang
dikoordinir oleh wali kelas namun ada juga guru mata pelajaran yang membuat
grup kelas tersendiri
b. Classroom
è
Class Room adalah aplikasi kedua yang sering digunakan di sekolah kami.
Classroom biasanya digunakan untuk membagikan materi, mengisi absen kelas,
mengerjakan tugas dan langsung dinilai dan mengontrol kegiatan pemebelajaran.
Setiap guru maple membuat kelas masing-masing untuk memudahkan pengontrolan dan
pemberian tugas dan materi
c. Youtube
è
beberapa guru juga menggunakan media youtube untuk membagikan materi. Ada yang
membuat siaran langsung untuk kegiatan tatap muka juga ada yang membuat video
pembelajaran kemudian di unggah di chanell youtube dan siswa menonton atau
melihat materi tersebut
d. Facebook
Live Streaming è facebook Live streaming biasanya
digunakan untuk kegiatan tatap muka secara online mengingat sebagian besar
siswa pasti memiliki akun facebook
e. Zoom
è
Aplikasi zoom digunakan untuk kegiatan tatap muka secara online
Tidak ada komentar:
Posting Komentar