1. Aktivitas 3 : Membuat iklan (ekonomi kreatif) untuk mempromosikan sekolah kepada masyarakat
Sebagaimana Ananda ketahui bahwa salah ekonomi kreatif memiliki ragam jenisnya, salah satu diantaranya adalah periklanan. Periklanan merupakan bentuk komunikasi tidak langsung, yang didasari pada informasi tentang keungulan, atau keunggulan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian. Periklanan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling banyak digunakan perusahaan dalam mempromosika produknya. Bentuk periklanan juga dapat berupa tampilan periklanan di media cetak (surat kabar dan majalah) dan elektronik (televisi dan radio), pemasangan berbagai poster dan gambar, penyebaran selebaran, pamflet, edaran, brosur dan media reklame sejenis lainnya,
distribusi dan delivery advertising materials or samples, serta penyewaan kolom untuk iklan.
Sebelum Ananda membuat iklan, pahami dulu tentang pengertian, tujuan, ciri-ciri, dan syarat iklan agar Ananda dapat membuat iklan dengan baik.
a. Pengertian iklan
Iklan merupakan kegiatan memberitahukan atau mempromosikan suatu produk baik berupa barang maupun jasa melalui media massa agar publik dapat mengetahui dan membeli/menggunakan produk tersebut.
b. Tujuan iklan
Tujuan iklan adalah:
1) untuk memperkenalkan kepada calon konsumen tentang suatu produk, barang atau jasa. Umumnya mengandung bahasa persuasif dengan menyertakan kelebihan atau keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan, dan
2) mempengaruhi calon konsumen untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan
c. Ciri-ciri iklan
Agar iklan menarik perhatian, maka iklan memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut:
1) Pilihan kata (diksi) yang digunakan haruslah menarik, logis, tepat, dan sopan
2) Pilihan kata (diksi) yang digunakan wajib mengandung sugesti bagi masyarakat banyak
3) Pilihan kata (diksi) yang digunakan sebaiknya menonjolkan informasi/ide/keunggulan/keunikan produk atau jasa yang ditawarkan
4) Pilihan kata (diksi) yang digunakan merujuk ke sasaran yaitu produk atau jasa yang dimaksud
d. Syarat iklan
1) Obyektif, proporsional dan jujur
2) Jelas, padat, dan mudah dipahami
3) Tidak menyinggung, menyakiti, merendahkan pihak/produk lain
4) Menarik perhatian/minat orang banyak
Setelah Ananda memahami tentang iklan, lakukan aktivitas berikut ini!
a. Buka buku siswa tentang jenis-jenis ekonomi kreatif
b. Carilan buku referensi lainnya yang relevan dan juga sumber-sumber dari internet
c. Buatlah identifikasi profil sekolah Ananda dengan mengisi pada tabel berikut ini.
No |
Profil Sekolah |
Penjelasan |
1 |
Nama sekolah |
…………………………………………. |
2 |
Alamat sekolah |
…………………………………………. |
3 |
Nama Kepala sekolah |
…………………………………………. |
4 |
Jumlah guru dan karyawan |
…………………………………………. |
5 |
Jumlah rombongan belajar |
…………………………………………. |
6 |
Prestasi sekolah |
…………………………………………. |
7 |
Keunggulan sekolah |
…………………………………………. |
8 |
Program-program unggulan sekolah |
…………………………………………. …………………………………………. |
d. Berdasarkan profil sekolah tersebut buatlah iklan untuk mempromosikan sekolah Ananda kepada masyarakat luas agar tertarik sekolah atau menyekolahkan keluarganya di sekolah Ananda. Ananda dapat menambahkan data profil sekolah selain tabel diatas untuk membuat iklan yang lebih lengkap.
e. Ananda dapat membuat iklan berdasarkan beberapa pilihan jenis iklan berikut ini:
1) Iklan cetak berupa: poster, selebaran, pamflet, dan brosur
2) Iklan digital berupa video berdurasi maksimal 5 menit, bisa dalam bentuk video belum tayang maupun video yang ditayangkan di Youtube.
Setelah tugas Ananda selesai, Ananda dapat mengumpulkan secara daring dengan mengirimkan karya Ananda menggunakan fasilitas daring yang disediakan sekolah, maupun secara luring dengan mengirimkan secara langsung kepada bapak/ibu guru kalian di sekolah. Apabila Ananda menggunakan luring, jangan lupa patuhi protokol kesehatan dengan baik dan benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar