Halooo.... Semoga bermanfaat

Kamis, 23 Juni 2016

PENGARUH HINDU-BUDHA BAGI BANGSA INDONESIA



Bidang Pemerintahan
Pengaruh Hindu-Budha dalam bidang pemerintahan adalah dimana pemerintahan yang sebelumnya di Indonesia dipimpin oleh seorang kepala suku harus berubah menjadi kepala pemerintahan yang dipimpin oleh seorang raja secara turun-temurun yang berbentuk Kerajaan.

Bidang Sosial
Pengaruh Hindu-Budha dalam bidang social adalah dimana dalam kehidupan bermasyarakat mulai muncul pengelompokan-pengelompokan atau distratifikasi berdasarkan kasta dan kedudukan dalam masyarakat.

Bidang Budaya
Pengaruh Hindu-Budha dalam bidang kebudayaan yang sangat besar didalam Bangsa Indonesia, sehingga dapat menentukan arah perkembangan dan corak kebudayaan Indonesia. Pengaruh India dalam bidang Budaya yang terkenal adalah tulisanm seni, bangunan, seni hias dan seni sastra.

Bidang Kepercayaan
Didalam bidang kepercayaan, pengaruh Hindu-Budha terlihat jelas dalam bidang kepercayaan. Sebelum pengaruh Hindu-Budha, masyarakat Indonesia telah mengenal dan memiliki kepercayaan yaitu pemujaan terhadap roh nenek moyang, animism, dinamisme. Namun setelah Hindu-Budha datang, masyarakat mulai menganutnya walaupun tidak meninggalkan agama aslinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar