SEORANG PENGAJAR
HARUS TAU APA YANG AKAN DIAJARKANNYA….. PENGETAHUAN YANG TIDAK MEMADAI
TENTU AKAN TERCERMIN PADA MENGAJAR YANG TIDAK MEMADAI – JOHN MILTON GREGORY
FUNGSI PENGAJAR YANG BENAR ADALAH MENCIPTAKAN
KONDISI-KONDISI PALING MENYENANGKAN UNTUK BELAJAR MANDIRI… MENGAJAR YANG BENAR BUKANLAH MENYAMPAIKAN
PENGETAHUAN, TETAPI MENGGUGAH ORANG UNTUK MENCARI PENGETAHUAN. BISA DIKATAKAN
BAHWA MENGAJAR YANG PALING BAIK ADALAH YANG PALING SEDIKIT MENGAJARI ORANG - JOHN
MILTON GREGORY
PENGETAHUAN TIDAK BISA DIPINDAHKAN DARI PIKIRAN YANG SATU KE
PIKIRAN YANG LAIN SEPERTI HALNYA KITA MEMINDAHKAN BARANG, KARENA PEMIKIRAN
BUKANLAH OBJEK YANG BISA DIPEGANG ATAU DITANGANI… IDE-IDE HARUS DIPIKIRKAN
ULANG, PENGALAMAN HARUS DIALAMI ULANG. - JOHN MILTON GREGORY
MISI PENGAJAR ADALAH MENGGUGAH PIKIRAN MURID, MERANGSANG
OTAK MEREKA – DENGAN SIMPATI, DENGAN TELADAN, DAN DENGAN SETIAP SARANA
PENGARUH, MELALUI BERBAGAI OBJEK YANG BISA DITANGKAP INDERA, SERTA FAKTA YANG
BISA DIPIKIRKAN… PENGAJAR TERBESAR BERKATA “BENIH ITU ADALAH FIRMAN”. PENGAJAR
YANG BENAR MENGGEMBURKAN TANAH DAN MENANAM BENIH ITU - JOHN MILTON GREGORY
BAGAIMANA MUNGKIN SIKAP PENGAJAR TIDAK BERSUNGGUH-SUNGGUH
DAN MEMBANGKITKAN SEMANGAT , JIKA TOPIK YANG DIAJARKANNYA BEGITU SARAT DENGAN
REALITAS KEHIDUPAN YANG SANGAT NYATA? - JOHN MILTON GREGORY
SIFAT PIKIRAN, SEJAUH YANG DAPAT KITA PAHAMI ADALAH SUATU
DAYA ATAU KEKUATAN YANG DIGERAKKAN OLEH BERBAGAI MOTIF. SUARA LONCENG BISA
TERDENGAR D ITELINGA, OBJEK YANG BERKELEBAT BISA TERGAMBAR DI MATA, TETAPI
PIKIRAN YANG ACUH TAK ACUH TAK BISA MENDENGAR ATAU MELIHAT APA-APA - JOHN MILTON
GREGORY
BANYAK PENGAJAR PERGI MENGAJAR TANPA PERSIAPAN YANG MATANG
ATAU BAHKAN TIDAK SIAP SAMA SEKALI. MEREKA LAKSANA PEMBAWA PESAN TANPA PESAN.
MEREKA KEHILANGAN SEMUA DAYA DAN SEMANGAT YANG DIPERLUKAN UNTUK MENGHASILKAN
BUAH YANG BERHAK KITA HARAPKAN DARI USAHA MEREKA. - JOHN MILTON GREGORY
BARANGSIAPA TELAH TAMAT PELAJARANNYA, IA AKAN SAMA DENGAN
GURUNYA – LUKAS 6:40
Tidak ada komentar:
Posting Komentar