Nama Anggota kelompok 6
1.Juhariah
(KAL-TENG)
2.Eka
Puspitasari (KAL-SEL)
3.Suyanah
(KAL-TIM)
4.Yudha Arianda
(KAL-TIM)
LK 2a Analisis Unit Pembelajaran
Nama Unit Pembelajaran ke 1 :
Jenjang                                        : SMP 
Unsur HOTS pada Kegiatan Pembelajaran
| 
KD | 
IPK | 
Materi | 
Kegiatan Pembelajaran | ||
| 
HOTS | |||||
| 
Transfer
  Knowledge | 
Critical
  Thinking, Creativity  | 
Problem
  Solving | |||
| 
3.2
  Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
  sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan. | 
3.2.1 
Menganalisis
  pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial
  serta pengembangan kehidupan kebangsaan 
3.2.2 
Menganlisis
  pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya
  serta pengembangan kehidupan kebangsaan | 
A.   Mobilitas Sosial 
B.    Pluralitas masyarakat Indonesia 
C.    Konflik dan integrasi dalam kehidpan
  sosial | 
·        
  Guru menyajikan            6 gambar tentang : 
1.    
  Mobilitas social dipasar tanah abang 
2.   
  Keragaman dipasar tanah abang 
3.   
  Konflik 
4.   
  Integrasi 
5.   
  Masalah social dipasar tanah abang 
6.   
  Perilaku 
  menyimpang dipasar tanah abang 
·        
  Peserta didik mengidentifikasi fakta dan
  permasalahan tentang mobilitas social, keragaman social, konflik , integrasi
  masalah social dan perilaku menyimpang. | 
·        
  Guru memfasilitasi peserta didik untuk
  merumuskan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran 
·        
  Peserta didik menganalisis bagaimana
  interaksi social dapat mempengaruhi kehidupan social budaya masyarakat | 
·        
  Peserta didik berdiskusi untuk memecahkan
  masalah tentang bagaimana interaksi social dapat mempengaruhi kehidupan
  social budaya masyarakat | 
Unsur Keterampilan Abad
21 pada Kegiatan Pembelajaran
| 
KD | 
IPK | 
Materi | 
KegiatanPembelajaran | ||
| 
Keterampilanabad 21 | |||||
| 
PPK | 
Literasi | 
4C 
Komunikasi, kolaborasi, critical | |||
| 
3.2
  Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap
  kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan. | 
IPK Penunjang : 
3.2.1 
Menganalisis
  pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial
  serta pengembangan kehidupan kebangsaan 
3.2.2 
Menganalisis 
pengaruh
  interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta
  pengembangan kehidupan kebangsaan 
IPK Kunci : 
Menemukan
  pengaruh interaksi social terhadap kehidupan social budaya | 
A.   Mobilitas Sosial 
B.    Pluralitas masyarakat Indonesia 
C.    Konflik dan integrasi dalam kehidpan
  sosial 
A.   Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang
  serta Peran Pelaku Ekonomi 
B.    Perdagangan antar daerah atau antarpulau
  dan perdagangan internasional 
C.    Penguatan ekonomi dan agrikultur di
  Indonesia 
D.   Pendistribusian kembali (redistribusi)
  pendapatan nasional | 
1.    
  Gotong
  royong 
Siswa
  secara bersama-sama menyelesaikan tugas yang diberikan guru 
2.   
  Integritas 
Peserta
  didik bertanggungjawab dalam mengumpulkan dan mengolah data dari berbagai
  sumber untuk menyelesaikan tugas yang diberikan 
3.   
  Mandiri
   
Peserta
  didik secara mandiri melakukan pencarian referensi buku-buku atau sumber lain
  yang relevan | 
1.    
  Baca
  tulis 
Siswa mengamati gambar dan
  menginterpretasikannya 
2.   
  Digital 
Peserta didik mencari data melalui
  Browsing internet | 
1.     Communication 
·        
  Peserta
  didik mempresentasikan hasil pekerjaan yang diberikan guru 
2.    Collaboration 
·        
  Peserta
  didik bekerjasama dalam menyelesaikan permasalahan /diskusi 
3.    Creative 
·        
  Peserta
  didik merumuskan pertanyaan dan mencari sendiri atas pertanyaan tersebut 
4.    Critical Thinking 
·        
  Peserta didik menganalisis bagaimana
  interaksi social dapat mempengaruhi kehidupan social budaya masyarakat  | 
Penilaian
| 
Pengembangan Soal | 
Kesesuaian Penilaian | 
HOTS | |
| 
IPK | 
Materi | ||
| 
Aspek penilaian : Pengetahuan 
Bentuk penilaian : Penugasan | 
3.2.1 
Menganalisis
  pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial
  serta pengembangan kehidupan kebangsaan 
3.2.2 
Menganalisis pengaruh interaksi sosial
  dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta pengembangan
  kehidupan kebangsaan | 
A.   Mobilitas Sosial 
B.    Pluralitas masyarakat Indonesia 
C.    Konflik dan integrasi dalam kehidpan
  sosial | 
Sudah HOTS | 
|  |  |  |  | 
LK-2b. Format DesainPembelajaranBerdasarkan Model Pembelajaran
Perumusankegiatandibagikedalambeberapapertemuan,
disesuaikandengankebutuhankontenmateri yang disajikan.
TujuanPembelajaran: 
1.     
Pertemuan/PembelajaranUnit
Ke-1: 
| 
No | 
IPK
  Pengetahuan | 
IPK
  Keterampilan | 
KegiatanPembelajaran | 
SumberBelajar/Media | 
Penilaian | 
|  | 
IPK Penunjang: 
3.2.1
  Menjelaskan konsep pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial
  budaya3.2.2 Menggambarkan pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial
  budaya 
3.2.1
  Menjelaskan konsep pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial
  budaya3.2.2 Menggambarkan pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial
  budaya 
IPK Kunci : 
Menemukan
  pengaruh interaksi social terhadap kehidupan social budaya | 
IPK Penunjang: 
1.     Mengumpulkan informasi tentang pengaruh
  interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta
  pengembangan kehidupan kebangsaan 
2.    Mengumpulkan informasi tentang pengaruh
  interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta
  pengembangan kehidupan kebangsaan 
IPK Kunci: 
1.    Menganalisis informasi tentang pengaruh
  interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta
  pengembangan kehidupan kebangsaan 
A.  
  Mengumpulkan
  informasi tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap
  kehidupan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan | 
Pendahuluan: |  | 
Sikap: 
Pengetahuan: 
Keterampilan: | 
|  | 
Inti: |  | |||
|  | 
Penutup: |  | 
2.     
Pertemuan/Pembelajaran
Unit Ke-2: 
| 
No | 
IPK Pengetahuan | 
IPK Keterampilan | 
Kegiatan Pembelajaran | 
Sumber Belajar/Media | 
Penilaian | 
|  |  |  | 
Pendahuluan: |  | 
Sikap: 
Pengetahuan: 
Keterampilan: | 
|  |  |  | 
Inti: |  | |
|  |  |  | 
Penutup: |  | 
R-2. Rubrik Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS
Rubrikinidigunakanfasilitatoruntukmenilaihasilkerjaanalisis
KD, rumusan IPK,dankegiatanpembelajaransesuai model pembelajaran.
Langkah-langkahpenilaianhasilkajian:
1.      Cermatitugas yang
diberikankepadapesertapembekalanpada LK-2a, dan LK-2b!
2.      Berikannilaiberdasarkanpenilaianandaterhadaphasilkerjapesertasesuairubrikberikut!
KriteriaPenilaian:
1.       
MenuliskanUnsur HOTS,
Keterampilan Abad 21, danpenilaianpadaanalisis unit pembelajaran 1 dengantepat.
2.       
MenuliskanUnsur HOTS,
Keterampilan Abad 21, danpenilaianpadaanalisis unit pembelajaran 2 dengantepat.
3.       
Merumuskankegiatanpembelajaransesuai
IPK pengetahuandanketerampilanhasilanalisis unit kedalamdesainpembelajaran unit
ke-1 danuniit ke-2 dengantepat.
4.       
Merumuskansumberbelajarsesuai
IPK pengetahuandanketerampilanhasilanalisis unit kedalamdesainpembelajaran unit
ke-1 dan unit ke-2 dengantepat.
5.       
Merumuskanpenilaiansesuai
IPK pengetahuandanketerampilanhasilanalisis unit kedalamdesainpembelajaran unit
ke-1 dan unit ke-2  dengantepat.
RubrikPenilaian:               
| 
Nilai | 
Rubrik | 
| 
90 <nilai£100 | 
Lima
  aspeksesuaidengankriteria | 
| 
80 <nilai£90 | 
Empataspeksesuaidengankriteria,
  satuaspekkurangsesuai | 
| 
70 <nilai£80 | 
Tigaaspeksesuaidengankriteria,
  duaaspekkurangsesuai | 
| 
60 <nilai£70 | 
Duaaspeksesuaidengankriteria,
  tigaaspekkurangsesuai | 
| 
<60 | 
Satuaspeksesuaidengankriteria,
  empataspekkurangsesuai | 
 
 
If you're trying to burn fat then you have to start using this brand new custom keto plan.
BalasHapusTo create this service, certified nutritionists, personal trainers, and professional cooks united to develop keto meal plans that are productive, convenient, cost-efficient, and fun.
Since their launch in early 2019, 100's of people have already completely transformed their figure and health with the benefits a proper keto plan can provide.
Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones provided by the keto plan.
Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -
BalasHapusPlus, making profit with it is as easy as 1---2---3!
Follow the steps below to make money...
STEP 1. Choose affiliate products the system will promote
STEP 2. Add PUSH button traffic (it LITERALLY takes 2 minutes)
STEP 3. See how the affiliate system grow your list and up-sell your affiliate products on it's own!
So, do you want to start making profits??
The solution is right here