Halooo.... Semoga bermanfaat

Rabu, 15 Januari 2020

LK 2 Analisis Unit Pembelajaran


 

Nama Anggota kelompok 6



1.Juhariah (KAL-TENG)
2.Eka Puspitasari (KAL-SEL)
3.Suyanah (KAL-TIM)
4.Yudha Arianda (KAL-TIM)

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

LK 2a Analisis Unit Pembelajaran

Nama Unit Pembelajaran ke 1   :

Jenjang                                        : SMP

 

Unsur HOTS pada Kegiatan Pembelajaran


KD
IPK
Materi
Kegiatan Pembelajaran
HOTS
Transfer Knowledge
Critical Thinking, Creativity
Problem Solving
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
3.2.1
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan

3.2.2
Menganlisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan
A.   Mobilitas Sosial
B.    Pluralitas masyarakat Indonesia
C.    Konflik dan integrasi dalam kehidpan sosial



·         Guru menyajikan            6 gambar tentang :
1.     Mobilitas social dipasar tanah abang
2.    Keragaman dipasar tanah abang
3.    Konflik
4.    Integrasi
5.    Masalah social dipasar tanah abang
6.    Perilaku  menyimpang dipasar tanah abang
·         Peserta didik mengidentifikasi fakta dan permasalahan tentang mobilitas social, keragaman social, konflik , integrasi masalah social dan perilaku menyimpang.

·         Guru memfasilitasi peserta didik untuk merumuskan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
·         Peserta didik menganalisis bagaimana interaksi social dapat mempengaruhi kehidupan social budaya masyarakat
·         Peserta didik berdiskusi untuk memecahkan masalah tentang bagaimana interaksi social dapat mempengaruhi kehidupan social budaya masyarakat

Unsur Keterampilan Abad 21 pada Kegiatan Pembelajaran

KD
IPK
Materi
KegiatanPembelajaran
Keterampilanabad 21
PPK
Literasi
4C
Komunikasi, kolaborasi, critical
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
IPK Penunjang :
3.2.1
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan


3.2.2
Menganalisis
pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan

IPK Kunci :
Menemukan pengaruh interaksi social terhadap kehidupan social budaya
A.   Mobilitas Sosial
B.    Pluralitas masyarakat Indonesia
C.    Konflik dan integrasi dalam kehidpan sosial



A.   Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi
B.    Perdagangan antar daerah atau antarpulau dan perdagangan internasional
C.    Penguatan ekonomi dan agrikultur di Indonesia
D.   Pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan nasional
1.     Gotong royong
Siswa secara bersama-sama menyelesaikan tugas yang diberikan guru
2.    Integritas
Peserta didik bertanggungjawab dalam mengumpulkan dan mengolah data dari berbagai sumber untuk menyelesaikan tugas yang diberikan
3.    Mandiri
Peserta didik secara mandiri melakukan pencarian referensi buku-buku atau sumber lain yang relevan

1.     Baca tulis
Siswa mengamati gambar dan menginterpretasikannya

2.    Digital
Peserta didik mencari data melalui Browsing internet


1.     Communication
·         Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan yang diberikan guru
2.    Collaboration
·         Peserta didik bekerjasama dalam menyelesaikan permasalahan /diskusi
3.    Creative
·         Peserta didik merumuskan pertanyaan dan mencari sendiri atas pertanyaan tersebut

4.    Critical Thinking
·         Peserta didik menganalisis bagaimana interaksi social dapat mempengaruhi kehidupan social budaya masyarakat







Penilaian
Pengembangan Soal
Kesesuaian Penilaian
HOTS
IPK
Materi
Aspek penilaian : Pengetahuan
Bentuk penilaian : Penugasan
3.2.1
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan

3.2.2
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan
A.   Mobilitas Sosial
B.    Pluralitas masyarakat Indonesia
C.    Konflik dan integrasi dalam kehidpan sosial



Sudah HOTS






 

LK-2b. Format DesainPembelajaranBerdasarkan Model Pembelajaran

Perumusankegiatandibagikedalambeberapapertemuan, disesuaikandengankebutuhankontenmateri yang disajikan.

TujuanPembelajaran:

1.      Pertemuan/PembelajaranUnit Ke-1:
No
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
KegiatanPembelajaran
SumberBelajar/Media
Penilaian

IPK Penunjang:
3.2.1 Menjelaskan konsep pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial budaya3.2.2 Menggambarkan pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial budaya
3.2.1 Menjelaskan konsep pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial budaya3.2.2 Menggambarkan pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial budaya

IPK Kunci :
Menemukan pengaruh interaksi social terhadap kehidupan social budaya
IPK Penunjang:
1.     Mengumpulkan informasi tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan
2.    Mengumpulkan informasi tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan
IPK Kunci:
1.    Menganalisis informasi tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan
A.   Mengumpulkan informasi tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan
Pendahuluan:





Sikap:



Pengetahuan:



Keterampilan:


Inti:





Penutup:







2.      Pertemuan/Pembelajaran Unit Ke-2:
 
No
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
Kegiatan Pembelajaran
Sumber Belajar/Media
Penilaian



Pendahuluan:



Sikap:



Pengetahuan:



Keterampilan:









Inti:






Penutup:




R-2.  Rubrik Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS


Rubrikinidigunakanfasilitatoruntukmenilaihasilkerjaanalisis KD, rumusan IPK,dankegiatanpembelajaransesuai model pembelajaran.

Langkah-langkahpenilaianhasilkajian:
1.      Cermatitugas yang diberikankepadapesertapembekalanpada LK-2a, dan LK-2b!
2.      Berikannilaiberdasarkanpenilaianandaterhadaphasilkerjapesertasesuairubrikberikut!

KriteriaPenilaian:
1.        MenuliskanUnsur HOTS, Keterampilan Abad 21, danpenilaianpadaanalisis unit pembelajaran 1 dengantepat.
2.        MenuliskanUnsur HOTS, Keterampilan Abad 21, danpenilaianpadaanalisis unit pembelajaran 2 dengantepat.
3.        Merumuskankegiatanpembelajaransesuai IPK pengetahuandanketerampilanhasilanalisis unit kedalamdesainpembelajaran unit ke-1 danuniit ke-2 dengantepat.
4.        Merumuskansumberbelajarsesuai IPK pengetahuandanketerampilanhasilanalisis unit kedalamdesainpembelajaran unit ke-1 dan unit ke-2 dengantepat.
5.        Merumuskanpenilaiansesuai IPK pengetahuandanketerampilanhasilanalisis unit kedalamdesainpembelajaran unit ke-1 dan unit ke-2  dengantepat.

RubrikPenilaian:              
Nilai
Rubrik
90 <nilai£100
Lima aspeksesuaidengankriteria
80 <nilai£90
Empataspeksesuaidengankriteria, satuaspekkurangsesuai
70 <nilai£80
Tigaaspeksesuaidengankriteria, duaaspekkurangsesuai
60 <nilai£70
Duaaspeksesuaidengankriteria, tigaaspekkurangsesuai
<60
Satuaspeksesuaidengankriteria, empataspekkurangsesuai

 

2 komentar:

  1. If you're trying to burn fat then you have to start using this brand new custom keto plan.

    To create this service, certified nutritionists, personal trainers, and professional cooks united to develop keto meal plans that are productive, convenient, cost-efficient, and fun.

    Since their launch in early 2019, 100's of people have already completely transformed their figure and health with the benefits a proper keto plan can provide.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones provided by the keto plan.

    BalasHapus
  2. Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -

    Plus, making profit with it is as easy as 1---2---3!

    Follow the steps below to make money...

    STEP 1. Choose affiliate products the system will promote
    STEP 2. Add PUSH button traffic (it LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the affiliate system grow your list and up-sell your affiliate products on it's own!

    So, do you want to start making profits??

    The solution is right here

    BalasHapus