Nama Anggota kelompok 6
1.Juhariah
(KAL-TENG)
2.Eka
Puspitasari (KAL-SEL)
3.Suyanah
(KAL-TIM)
4.Yudha Arianda
(KAL-TIM)
LK 2a Analisis Unit Pembelajaran
Nama Unit Pembelajaran ke 1 :
Jenjang : SMP
Unsur HOTS pada Kegiatan Pembelajaran
KD
|
IPK
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
HOTS
|
|||||
Transfer
Knowledge
|
Critical
Thinking, Creativity
|
Problem
Solving
|
|||
3.2
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
|
3.2.1
Menganalisis
pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial
serta pengembangan kehidupan kebangsaan
3.2.2
Menganlisis
pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya
serta pengembangan kehidupan kebangsaan
|
A. Mobilitas Sosial
B. Pluralitas masyarakat Indonesia
C. Konflik dan integrasi dalam kehidpan
sosial
|
·
Guru menyajikan 6 gambar tentang :
1.
Mobilitas social dipasar tanah abang
2.
Keragaman dipasar tanah abang
3.
Konflik
4.
Integrasi
5.
Masalah social dipasar tanah abang
6.
Perilaku
menyimpang dipasar tanah abang
·
Peserta didik mengidentifikasi fakta dan
permasalahan tentang mobilitas social, keragaman social, konflik , integrasi
masalah social dan perilaku menyimpang.
|
·
Guru memfasilitasi peserta didik untuk
merumuskan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
·
Peserta didik menganalisis bagaimana
interaksi social dapat mempengaruhi kehidupan social budaya masyarakat
|
·
Peserta didik berdiskusi untuk memecahkan
masalah tentang bagaimana interaksi social dapat mempengaruhi kehidupan
social budaya masyarakat
|
Unsur Keterampilan Abad
21 pada Kegiatan Pembelajaran
KD
|
IPK
|
Materi
|
KegiatanPembelajaran
|
||
Keterampilanabad 21
|
|||||
PPK
|
Literasi
|
4C
Komunikasi, kolaborasi, critical
|
|||
3.2
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap
kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
|
IPK Penunjang :
3.2.1
Menganalisis
pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial
serta pengembangan kehidupan kebangsaan
3.2.2
Menganalisis
pengaruh
interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta
pengembangan kehidupan kebangsaan
IPK Kunci :
Menemukan
pengaruh interaksi social terhadap kehidupan social budaya
|
A. Mobilitas Sosial
B. Pluralitas masyarakat Indonesia
C. Konflik dan integrasi dalam kehidpan
sosial
A. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang
serta Peran Pelaku Ekonomi
B. Perdagangan antar daerah atau antarpulau
dan perdagangan internasional
C. Penguatan ekonomi dan agrikultur di
Indonesia
D. Pendistribusian kembali (redistribusi)
pendapatan nasional
|
1.
Gotong
royong
Siswa
secara bersama-sama menyelesaikan tugas yang diberikan guru
2.
Integritas
Peserta
didik bertanggungjawab dalam mengumpulkan dan mengolah data dari berbagai
sumber untuk menyelesaikan tugas yang diberikan
3.
Mandiri
Peserta
didik secara mandiri melakukan pencarian referensi buku-buku atau sumber lain
yang relevan
|
1.
Baca
tulis
Siswa mengamati gambar dan
menginterpretasikannya
2.
Digital
Peserta didik mencari data melalui
Browsing internet
|
1. Communication
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil pekerjaan yang diberikan guru
2. Collaboration
·
Peserta
didik bekerjasama dalam menyelesaikan permasalahan /diskusi
3. Creative
·
Peserta
didik merumuskan pertanyaan dan mencari sendiri atas pertanyaan tersebut
4. Critical Thinking
·
Peserta didik menganalisis bagaimana
interaksi social dapat mempengaruhi kehidupan social budaya masyarakat
|
Penilaian
Pengembangan Soal
|
Kesesuaian Penilaian
|
HOTS
|
|
IPK
|
Materi
|
||
Aspek penilaian : Pengetahuan
Bentuk penilaian : Penugasan
|
3.2.1
Menganalisis
pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial
serta pengembangan kehidupan kebangsaan
3.2.2
Menganalisis pengaruh interaksi sosial
dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta pengembangan
kehidupan kebangsaan
|
A. Mobilitas Sosial
B. Pluralitas masyarakat Indonesia
C. Konflik dan integrasi dalam kehidpan
sosial
|
Sudah HOTS
|
|
|
|
|
LK-2b. Format DesainPembelajaranBerdasarkan Model Pembelajaran
Perumusankegiatandibagikedalambeberapapertemuan,
disesuaikandengankebutuhankontenmateri yang disajikan.
TujuanPembelajaran:
1.
Pertemuan/PembelajaranUnit
Ke-1:
No
|
IPK
Pengetahuan
|
IPK
Keterampilan
|
KegiatanPembelajaran
|
SumberBelajar/Media
|
Penilaian
|
|
IPK Penunjang:
3.2.1
Menjelaskan konsep pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial
budaya3.2.2 Menggambarkan pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial
budaya
3.2.1
Menjelaskan konsep pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial
budaya3.2.2 Menggambarkan pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial
budaya
IPK Kunci :
Menemukan
pengaruh interaksi social terhadap kehidupan social budaya
|
IPK Penunjang:
1. Mengumpulkan informasi tentang pengaruh
interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta
pengembangan kehidupan kebangsaan
2. Mengumpulkan informasi tentang pengaruh
interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta
pengembangan kehidupan kebangsaan
IPK Kunci:
1. Menganalisis informasi tentang pengaruh
interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta
pengembangan kehidupan kebangsaan
A.
Mengumpulkan
informasi tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap
kehidupan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan
|
Pendahuluan:
|
|
Sikap:
Pengetahuan:
Keterampilan:
|
|
Inti:
|
|
|||
|
Penutup:
|
|
2.
Pertemuan/Pembelajaran
Unit Ke-2:
No
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sumber Belajar/Media
|
Penilaian
|
|
|
|
Pendahuluan:
|
|
Sikap:
Pengetahuan:
Keterampilan:
|
|
|
|
Inti:
|
|
|
|
|
|
Penutup:
|
|
R-2. Rubrik Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS
Rubrikinidigunakanfasilitatoruntukmenilaihasilkerjaanalisis
KD, rumusan IPK,dankegiatanpembelajaransesuai model pembelajaran.
Langkah-langkahpenilaianhasilkajian:
1. Cermatitugas yang
diberikankepadapesertapembekalanpada LK-2a, dan LK-2b!
2. Berikannilaiberdasarkanpenilaianandaterhadaphasilkerjapesertasesuairubrikberikut!
KriteriaPenilaian:
1.
MenuliskanUnsur HOTS,
Keterampilan Abad 21, danpenilaianpadaanalisis unit pembelajaran 1 dengantepat.
2.
MenuliskanUnsur HOTS,
Keterampilan Abad 21, danpenilaianpadaanalisis unit pembelajaran 2 dengantepat.
3.
Merumuskankegiatanpembelajaransesuai
IPK pengetahuandanketerampilanhasilanalisis unit kedalamdesainpembelajaran unit
ke-1 danuniit ke-2 dengantepat.
4.
Merumuskansumberbelajarsesuai
IPK pengetahuandanketerampilanhasilanalisis unit kedalamdesainpembelajaran unit
ke-1 dan unit ke-2 dengantepat.
5.
Merumuskanpenilaiansesuai
IPK pengetahuandanketerampilanhasilanalisis unit kedalamdesainpembelajaran unit
ke-1 dan unit ke-2 dengantepat.
RubrikPenilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 <nilai£100
|
Lima
aspeksesuaidengankriteria
|
80 <nilai£90
|
Empataspeksesuaidengankriteria,
satuaspekkurangsesuai
|
70 <nilai£80
|
Tigaaspeksesuaidengankriteria,
duaaspekkurangsesuai
|
60 <nilai£70
|
Duaaspeksesuaidengankriteria,
tigaaspekkurangsesuai
|
<60
|
Satuaspeksesuaidengankriteria,
empataspekkurangsesuai
|
If you're trying to burn fat then you have to start using this brand new custom keto plan.
BalasHapusTo create this service, certified nutritionists, personal trainers, and professional cooks united to develop keto meal plans that are productive, convenient, cost-efficient, and fun.
Since their launch in early 2019, 100's of people have already completely transformed their figure and health with the benefits a proper keto plan can provide.
Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones provided by the keto plan.
Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -
BalasHapusPlus, making profit with it is as easy as 1---2---3!
Follow the steps below to make money...
STEP 1. Choose affiliate products the system will promote
STEP 2. Add PUSH button traffic (it LITERALLY takes 2 minutes)
STEP 3. See how the affiliate system grow your list and up-sell your affiliate products on it's own!
So, do you want to start making profits??
The solution is right here