LK-3. Penilaian Berorientasi HOTS
Menyusunsoalberorientasi HOTS.
LangkahKegiatan:
1. Buatlahpenilaianpengetahuandenganlangkah-langkahsebagaiberikut:
a. Buatlahkisi-kisisoalsesuaidenganmatapelajaran yang
diampusesuaikompetensidasarmatapelajaran yang telahditentukan di
desainpembelajaran! (LK-2)
b. Buatlahsoalpadakartusoal yang tersedia, setiappeserta
minimal membuat 1 (satu) soalpilihangandadengan level kognitifpengetahuandanpemahaman,
aplikasi,danpenalaranserta 1 (satu) soaluraian!
c. Anggotakelompoksecaraberpasanganmenelaahsoalmenggunakan
format telaahsoal HOTS yang tersedia.
2. Presentasikanhasilkerja, peserta lain
menyimakpresentasidengancermatuntukmemberikan saran perbaikan!
3. Perbaikihasil yang dibuatsesuai saran!
LK-3a. PenilaianPengetahuan
FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis sekolah : Negeri
Jumlah soal :
Mata pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosia
Bentuk soal/tes :
Penyusun : Yudha Arianda,
S.Pd
Alokasi waktu :………………………
Kisi-Kisi
PenulisanSoal
No.
|
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi
Pokok
|
Indikator Soal
|
Level
|
Bentuk Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang
yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan
kehidupan kebangsaan.
|
3.2.1
Menganalisis
pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial
serta pengembangan kehidupan kebangsaan
3.2.2
Menganlisis pengaruh
interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta
pengembangan kehidupan kebangsaan
|
Pluralitas
masyarakat Indonesia
a.
Keragaman agama
b.
Keragaman suku bangsa
c.
Kebudayaan
d.
Pekerjaan
1.
2.
3.
|
·
Siswa mampu memecahkan
masalah-masalah yang timbul akibat perbedaan budaya yang beragam di Indonesia
·
Siswa mampu Menelaah pengaruh interaksi sosial terhadap pluralitas masyarakat
Indonesia
|
L3
L3
|
Uraian
Pilihan
ganda
|
1
2
|
KARTU SOAL
KARTU SOAL URAIAN
KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN
GANDA)
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
Kelas/Semester : VIII / 1
|
|
KompetensiDasar
|
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang
yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan
kehidupan kebangsaan.
|
Materi
|
Pluralitas
masyarakat Indonesia
|
Indikator Soal
|
Siswa mampu memecahkan masalah-masalah yang
timbul akibat perbedaan budaya yang beragam di Indonesia
|
Level Kognitif
|
C4
|
Soal:
1.
Indonesia terdiri
dari berbagai macam suku bangsa, budaya dan agama yang menjadi cirri khas
bangsa Indonesia. Namun demikian, sering timbul konflik dan perselisihan
akibat perbedaan-perbedaan yang ada. Berikan 5 solusi yang sekiranya dapat
mencegah timbulnya konflik akibat kebragaman di Indonesia.
|
Kunci Pedoman Penskoran
NO
SOAL
|
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
|
SKOR
|
|
|
|
Keterangan:
Soal ini termasuk
soal HOTS karena
1.
Merangsang
siswa untuk berpikir, memberikan solusi serta memecahkan permasalahan
2.
Indikator
soal yang meminta untuk “memecahkan” merupakan kata kerja C4
3.
........
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
KARTU SOAL NOMOR 2
(URAIAN)
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
Kelas/Semester : VIII / 1
|
|
KompetensiDasar
|
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang
yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan
kehidupan kebangsaan.
|
Materi
|
Pluralitas
masyarakat Indonesia
|
IndikatorSoal
|
Siswa mampu Menelaah pengaruh interaksi sosial
terhadap pluralitas masyarakat Indonesia
|
Level Kognitif
|
|
Soal:
Salah satu bentuk
keragaman sebagai hasil dari akulturasi budaya adalah wayang. Wayang adalah
warisan budaya bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan. Pertunjukan wayang
saat ini mulai ditinggalkan oleh generasi muda, sehingga dikhawatirkan wayang
tidak dikenal lagi di masyarakat Indonesia. Upaya pelestarian warisanbudaya
yang sesuai informasi tersebut adalah ....
A. Mengajarkan wayang
pada semua mata pelajaran
B. Membuat lembaga yang
bertugas menjaga kelestarian wayang
C. Menggunakan wayang
sebagai media pembelajaran di kelas
D. Membuat peraturan
yang mewajibkan sekolah mengajarkan wayang
|
Kunci Pedoman Penskoran
NO
SOAL
|
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI
|
SKOR
|
1.
|
C. Menggunakan wayang sebagai media
pembelajaran dikelas
|
|
Keterangan:
Soal ini termasuk
soal HOTS karena
1.
Soal
yang diberikan membuat siswa berpikir menggunakan logika dalam menjawab soal
2.
Indikator
soal Meminta siswa untuk menelaah yang merupakan bagian dari kata kerja C4
3.
........
LK-3b Format TelaahSoal
INSTRUMEN
TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES
PILIHAN GANDA
NamaPengembangSoal : Herlina
Mata Pelajaran/PaketKeahlian/Layanan/Tema : IPS
Kelas/Program/Peminatan : VIII
Isilahtandaceklist
(ü) padakolombutirsoalmemenuhikaidahdansilang
(X) padakolombutirsoalbilasoaltersebuttidakmemenuhikaidah.
No.
|
Aspek
yang ditelaah
|
Butir
Soal
|
1
|
||
A.
|
Materi
|
|
1.
|
SoalsesuaiKompetensiDasar
(KD)
|
Ya
|
2.
|
Soal sesuai dengan indikator pencapaiankompetensi (IPK)
|
Ya
|
3.
|
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku,
Agama, Ras, Antargolongan, Pornografi, Politik, Propaganda, dan Kekerasan).
|
Ya
|
4.
|
Soalmenggunakan
stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll.,
sesuaidengandunianyata)*
|
Ya
|
5.
|
Soalmenggunakan
stimulus yang imajinatif (baru, mendorongpesertadidikuntukmembaca).
|
Ya
|
6.
|
Soalmenggunakan
stimulus yang mendorongpesertadidikuntukmelakukansesuatu.
|
|
7.
|
Soal mengukur level kognitif penalaran
(menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta
didik melakukan tahapan-tahapan tertentu.
|
Ya
|
8.
|
Ya
|
|
B.
|
Konstruksi
|
|
1.
|
Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan
tegas.
|
Ya
|
2.
|
Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban merupakan
pernyataan yang diperlukan saja.
|
Ya
|
3.
|
Pokok soal tidak memberi petunjuk kunci jawaban.
|
Ya
|
4.
|
Pokok soal bebas dari pernyataan yang bersifat
negatif ganda.
|
Ya
|
5.
|
Pilihan jawaban homogen dan logis ditinjau dari
segi materi.
|
Ya
|
6.
|
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya
jelas dan berfungsi.
|
Tidak
|
7.
|
Panjang pilihan jawaban relatif sama.
|
Ya
|
8.
|
Pilihan jawaban tidak menggunakan pernyataan
“semua jawaban di atas salah/benar” dan sejenisnya.
|
Ya
|
9.
|
Pilihan jawaban yang berbentuk angka/waktu
disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologisnya.
|
Ya
|
10.
|
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal
sebelumnya.
|
Ya
|
C.
|
Bahasa
|
|
1.
|
Menggunakanbahasa
yang sesuaidengankaidahBahasa Indonesia,
untukbahasadaerahdanbahasaasingsesuaikaidahnya.
|
Ya
|
2.
|
Tidakmenggunakanbahasa yang
berlakusetempat/tabu.
|
Ya
|
3.
|
Soalmenggunakankalimat yang
komunikatif.
|
Ya
|
................., ..............................
Penelaah
YUDHA ARIANDA, S.Pd
Format TelaahSoalUraian
INSTRUMEN
TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES
URAIAN
NamaPengembangSoal : HERLINA
Mata Pelajaran/PaketKeahlian/Layanan/Tema : IPS
Kelas/Program/Peminatan : VIII
Isilahtandaceklist
(ü) padakolombutirsoalmemenuhikaidahdansilang
(X) padakolombutirsoalbilasoaltersebuttidakmemenuhikaidah.
No.
|
Aspek
yang ditelaah
|
Butir
Soal
|
1
|
||
A.
|
Materi
|
ya
|
1.
|
SoalsesuaiKompetensiDasar
(KD)
|
ya
|
2.
|
Soal sesuai dengan indikator pencapaiankompetensi (IPK)
|
ya
|
3.
|
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku,
Agama, Ras, Anatargolongan, Pornografi, Politik, Propopaganda, dan
Kekerasan).
|
ya
|
4.
|
Soalmenggunakan
stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll.,
sesuaidengandunianyata)*
|
ya
|
5.
|
Soalmenggunakan
stimulus yang imajinatif (baru, mendorongpesertadidikuntukmembaca).
|
ya
|
6.
|
Soalmenggunakan
stimulus yang mendorongpesertadidikuntukmelakukansesuatu.
|
ya
|
7.
|
Soal mengukur level kognitif penalaran
(menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta
didik melakukan tahapan-tahapan tertentu.
|
ya
|
B.
|
Konstruksi
|
|
1.
|
Rumusankalimatsoalataupertanyaanmenggunakan kata-kata
tanyaatauperintah yang menuntutjawabanterurai.
|
ya
|
2.
|
Memuatpetunjuk
yang jelastentangcaramengerjakansoal.
|
ya
|
3.
|
Ada
pedomanpenskoran/rubriksesuaidengankriteria/kalimat yang mengandung kata
kunci.
|
ya
|
4.
|
Gambar,
grafik, tabel, diagram, atausejenisnyajelasdanberfungsi.
|
ya
|
5.
|
Butirsoaltidakbergantungpadajawabansoal
lain.
|
ya
|
C.
|
Bahasa
|
|
1.
|
Menggunakanbahasa
yang sesuaidengankaidahBahasa Indonesia,
untukbahasadaerahdanbahasaasingsesuaikaidahnya.
|
ya
|
2.
|
Tidakmenggunakanbahasa yang
berlakusetempat/tabu.
|
ya
|
3.
|
Soalmenggunakankalimat yang
komunikatif.
|
ya
|
................., ..........................
Penelaah
YUDHA ARIANDA
R-3. RubrikPengembanganSoal HOTS
Rubrikinidigunakanfasilitatoruntukmenilaihasilkerjapengembanganbutirsoal
USBN.
Langkah-langkahpenilaianhasilkajian:
1. Cermatitugas yang
diberikankepadapesertapelatihanpada LK-3!
2. Berikannilaiberdasarkanpenilaianandaterhadaphasilkerjapesertasesuairubrikberikut!
KriteriaPenilaian:
1.
Merumuskanindikatorsoaldengantepat.
2.
Menuliskansoalsesuaiindikatorsoal.
3.
Menuliskankisi-kisisoaldengantepat.
4.
Menuliskansoalpilihangandasesuaikriteriasoal
HOTS.
5.
Menuliskankuncijawabanpilihangandadengantepat.
6.
Menuliskansoaluraiansesuaikriteriasoal
HOTS.
7.
Menuliskankuncijawabanuraiandengantepat.
RubrikPenilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 <nilai£100
|
Tujuhaspeksesuaidengankriteria
|
80 <nilai£90
|
Enamaspeksesuaidengankriteria,
satuaspekkurangsesuai
|
70 <nilai£80
|
Lima
aspeksesuaidengankriteria, duaaspekkurangsesuai
|
60 <nilai£70
|
Empataspeksesuaidengankriteria,
tigaaspekkurangsesuai
|
<60
|
Tigaaspeksesuaidengankriteria,
empataspekkurangsesuai
|
If you're trying to lose weight then you have to start using this totally brand new personalized keto meal plan.
BalasHapusTo design this service, certified nutritionists, fitness trainers, and top chefs have joined together to provide keto meal plans that are efficient, painless, price-efficient, and enjoyable.
Since their first launch in early 2019, 100's of people have already transformed their body and health with the benefits a good keto meal plan can give.
Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-proven ones offered by the keto meal plan.