Halooo.... Semoga bermanfaat

Rabu, 15 Januari 2020

LK 3. Penilaian Berorientasi HOTS


LK-3. Penilaian Berorientasi HOTS


Menyusunsoalberorientasi HOTS.
LangkahKegiatan:
1.      Buatlahpenilaianpengetahuandenganlangkah-langkahsebagaiberikut:
a.       Buatlahkisi-kisisoalsesuaidenganmatapelajaran yang diampusesuaikompetensidasarmatapelajaran yang telahditentukan di desainpembelajaran! (LK-2)
b.      Buatlahsoalpadakartusoal yang tersedia, setiappeserta minimal membuat 1 (satu) soalpilihangandadengan level kognitifpengetahuandanpemahaman, aplikasi,danpenalaranserta 1 (satu) soaluraian!
c.       Anggotakelompoksecaraberpasanganmenelaahsoalmenggunakan format telaahsoal HOTS yang tersedia.
2.      Presentasikanhasilkerja, peserta lain menyimakpresentasidengancermatuntukmemberikan saran perbaikan!
3.      Perbaikihasil yang dibuatsesuai saran!


LK-3a. PenilaianPengetahuan

FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL


Jenis sekolah            : Negeri                                                      
Jumlah soal              :
Mata pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosia                         
Bentuk soal/tes       :
Penyusun                 : Yudha Arianda, S.Pd
Alokasi waktu         :………………………

Kisi-Kisi PenulisanSoal

No.
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Pokok
Indikator Soal
Level
Bentuk Soal
Nomor
Soal
1
2
3
4
5
6
7
8








3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
3.2.1
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan

3.2.2
Menganlisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan
Pluralitas masyarakat Indonesia
a.     Keragaman agama
b.     Keragaman suku bangsa
c.     Kebudayaan
d.     Pekerjaan

1.      
2.      
3.      

·         Siswa mampu memecahkan masalah-masalah yang timbul akibat perbedaan budaya yang beragam di Indonesia

·         Siswa mampu Menelaah pengaruh interaksi sosial terhadap pluralitas masyarakat Indonesia
L3












L3
Uraian












Pilihan ganda
1












2


 

 

 

 

 

 

 

 





 

KARTU SOAL

KARTU SOAL URAIAN

KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN GANDA)

Mata Pelajaran   : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas/Semester  : VIII / 1                      

KompetensiDasar
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
Materi
Pluralitas masyarakat Indonesia

Indikator Soal
Siswa mampu memecahkan masalah-masalah yang timbul akibat perbedaan budaya yang beragam di Indonesia

Level Kognitif
C4

Soal:
1.      Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa, budaya dan agama yang menjadi cirri khas bangsa Indonesia. Namun demikian, sering timbul konflik dan perselisihan akibat perbedaan-perbedaan yang ada. Berikan 5 solusi yang sekiranya dapat mencegah timbulnya konflik akibat kebragaman di Indonesia.

Kunci Pedoman Penskoran
NO
SOAL
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
SKOR





Keterangan:                                                                                             
Soal ini termasuk soal  HOTS  karena
1.      Merangsang siswa untuk berpikir, memberikan solusi serta memecahkan permasalahan
2.      Indikator soal yang meminta untuk “memecahkan” merupakan kata kerja C4
3.      ........



















KARTU SOAL PILIHAN GANDA
KARTU SOAL NOMOR 2
(URAIAN)

Mata Pelajaran   : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas/Semester  : VIII / 1                      

KompetensiDasar
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
Materi
Pluralitas masyarakat Indonesia

IndikatorSoal
Siswa mampu Menelaah pengaruh interaksi sosial terhadap pluralitas masyarakat Indonesia
Level Kognitif


Soal:
Salah satu bentuk keragaman sebagai hasil dari akulturasi budaya adalah wayang. Wayang adalah warisan budaya bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan. Pertunjukan wayang saat ini mulai ditinggalkan oleh generasi muda, sehingga dikhawatirkan wayang tidak dikenal lagi di masyarakat Indonesia. Upaya pelestarian warisanbudaya yang sesuai informasi tersebut adalah ....
A. Mengajarkan wayang pada semua mata pelajaran
B. Membuat lembaga yang bertugas menjaga kelestarian wayang
C. Menggunakan wayang sebagai media pembelajaran di kelas
D. Membuat peraturan yang mewajibkan sekolah mengajarkan wayang


Kunci Pedoman Penskoran
NO
SOAL
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI
SKOR
1.

C.   Menggunakan wayang sebagai media pembelajaran dikelas


Keterangan:
Soal ini termasuk soal  HOTS  karena
1.      Soal yang diberikan membuat siswa berpikir menggunakan logika dalam menjawab soal
2.      Indikator soal Meminta siswa untuk menelaah yang merupakan bagian dari kata kerja C4
3.      ........

















LK-3b Format TelaahSoal

INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES PILIHAN GANDA

NamaPengembangSoal                                             : Herlina
Mata Pelajaran/PaketKeahlian/Layanan/Tema    : IPS
Kelas/Program/Peminatan                                      : VIII
Isilahtandaceklist (ü) padakolombutirsoalmemenuhikaidahdansilang (X) padakolombutirsoalbilasoaltersebuttidakmemenuhikaidah.

No.
Aspek yang ditelaah
Butir Soal
1
A.
Materi

1.       
SoalsesuaiKompetensiDasar (KD)
Ya
2.       
Soal sesuai dengan indikator pencapaiankompetensi (IPK)
Ya
3.       
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Antargolongan, Pornografi, Politik, Propaganda, dan Kekerasan).
Ya
4.       
Soalmenggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll., sesuaidengandunianyata)*
Ya
5.       
Soalmenggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorongpesertadidikuntukmembaca).
Ya
6.       
Soalmenggunakan stimulus yang mendorongpesertadidikuntukmelakukansesuatu.

7.       
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukan tahapan-tahapan tertentu.
Ya
8.       
Jawaban tersirat pada stimulus
Ya
B.
Konstruksi

1.       
Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas.
Ya
2.       
Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
Ya
3.       
Pokok soal tidak memberi petunjuk kunci jawaban.
Ya
4.       
Pokok soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda.
Ya
5.       
Pilihan jawaban homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
Ya
6.       
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
Tidak
7.       
Panjang pilihan jawaban relatif sama.
Ya
8.       
Pilihan jawaban tidak menggunakan pernyataan “semua jawaban di atas salah/benar” dan sejenisnya.
Ya
9.       
Pilihan jawaban yang berbentuk angka/waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologisnya.
Ya
10.   
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
Ya
C.
Bahasa

1.       
Menggunakanbahasa yang sesuaidengankaidahBahasa Indonesia, untukbahasadaerahdanbahasaasingsesuaikaidahnya.
Ya
2.       
Tidakmenggunakanbahasa yang berlakusetempat/tabu.
Ya
3.       
Soalmenggunakankalimat yang komunikatif.
Ya

................., ..............................
Penelaah


YUDHA ARIANDA, S.Pd


Format TelaahSoalUraian

INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES URAIAN

NamaPengembangSoal                                             : HERLINA
Mata Pelajaran/PaketKeahlian/Layanan/Tema    : IPS
Kelas/Program/Peminatan                                      : VIII
                                   
Isilahtandaceklist (ü) padakolombutirsoalmemenuhikaidahdansilang (X) padakolombutirsoalbilasoaltersebuttidakmemenuhikaidah.

No.
Aspek yang ditelaah
Butir Soal
1
A.
Materi
ya
1.       
SoalsesuaiKompetensiDasar (KD)
ya
2.       
Soal sesuai dengan indikator pencapaiankompetensi (IPK)
ya
3.       
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Anatargolongan, Pornografi, Politik, Propopaganda, dan Kekerasan).
ya
4.       
Soalmenggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll., sesuaidengandunianyata)*
ya
5.       
Soalmenggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorongpesertadidikuntukmembaca).
ya
6.       
Soalmenggunakan stimulus yang mendorongpesertadidikuntukmelakukansesuatu.
ya
7.       
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukan tahapan-tahapan tertentu.
ya
B.
Konstruksi

1.       
Rumusankalimatsoalataupertanyaanmenggunakan kata-kata tanyaatauperintah yang menuntutjawabanterurai.
ya
2.       
Memuatpetunjuk yang jelastentangcaramengerjakansoal.
ya
3.       
Ada pedomanpenskoran/rubriksesuaidengankriteria/kalimat yang mengandung kata kunci.
ya
4.       
Gambar, grafik, tabel, diagram, atausejenisnyajelasdanberfungsi.
ya
5.       
Butirsoaltidakbergantungpadajawabansoal lain.
ya
C.
Bahasa

1.       
Menggunakanbahasa yang sesuaidengankaidahBahasa Indonesia, untukbahasadaerahdanbahasaasingsesuaikaidahnya.
ya
2.       
Tidakmenggunakanbahasa yang berlakusetempat/tabu.
ya
3.       
Soalmenggunakankalimat yang komunikatif.
ya

            ................., ..........................
Penelaah



YUDHA ARIANDA

R-3.  RubrikPengembanganSoal HOTS



Rubrikinidigunakanfasilitatoruntukmenilaihasilkerjapengembanganbutirsoal USBN.

Langkah-langkahpenilaianhasilkajian:
1.      Cermatitugas yang diberikankepadapesertapelatihanpada LK-3!
2.      Berikannilaiberdasarkanpenilaianandaterhadaphasilkerjapesertasesuairubrikberikut!

KriteriaPenilaian:
1.        Merumuskanindikatorsoaldengantepat.
2.        Menuliskansoalsesuaiindikatorsoal.
3.        Menuliskankisi-kisisoaldengantepat.
4.        Menuliskansoalpilihangandasesuaikriteriasoal HOTS.
5.        Menuliskankuncijawabanpilihangandadengantepat.
6.        Menuliskansoaluraiansesuaikriteriasoal HOTS.
7.        Menuliskankuncijawabanuraiandengantepat.

RubrikPenilaian:
Nilai
Rubrik
90 <nilai£100
Tujuhaspeksesuaidengankriteria
80 <nilai£90
Enamaspeksesuaidengankriteria, satuaspekkurangsesuai
70 <nilai£80
Lima aspeksesuaidengankriteria, duaaspekkurangsesuai
60 <nilai£70
Empataspeksesuaidengankriteria, tigaaspekkurangsesuai
<60
Tigaaspeksesuaidengankriteria, empataspekkurangsesuai



1 komentar:

  1. If you're trying to lose weight then you have to start using this totally brand new personalized keto meal plan.

    To design this service, certified nutritionists, fitness trainers, and top chefs have joined together to provide keto meal plans that are efficient, painless, price-efficient, and enjoyable.

    Since their first launch in early 2019, 100's of people have already transformed their body and health with the benefits a good keto meal plan can give.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-proven ones offered by the keto meal plan.

    BalasHapus