 LK-3. Penilaian Berorientasi HOTS
LK-3. Penilaian Berorientasi HOTS
Menyusunsoalberorientasi HOTS.
LangkahKegiatan: 
1.      Buatlahpenilaianpengetahuandenganlangkah-langkahsebagaiberikut:
a.       Buatlahkisi-kisisoalsesuaidenganmatapelajaran yang
diampusesuaikompetensidasarmatapelajaran yang telahditentukan di
desainpembelajaran! (LK-2)
b.      Buatlahsoalpadakartusoal yang tersedia, setiappeserta
minimal membuat 1 (satu) soalpilihangandadengan level kognitifpengetahuandanpemahaman,
aplikasi,danpenalaranserta 1 (satu) soaluraian! 
c.       Anggotakelompoksecaraberpasanganmenelaahsoalmenggunakan
format telaahsoal HOTS yang tersedia.
2.      Presentasikanhasilkerja, peserta lain
menyimakpresentasidengancermatuntukmemberikan saran perbaikan!
3.      Perbaikihasil yang dibuatsesuai saran!
LK-3a. PenilaianPengetahuan
FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis sekolah            : Negeri                                                       
Jumlah soal              : 
Mata pelajaran        : Ilmu
Pengetahuan Sosia                          
Bentuk soal/tes       : 
Penyusun                 : Yudha Arianda,
S.Pd
Alokasi waktu         :………………………
Kisi-Kisi
PenulisanSoal
| 
No. | 
Kompetensi Dasar | 
IPK | 
Materi 
Pokok | 
Indikator Soal | 
Level | 
Bentuk Soal | 
Nomor 
Soal | 
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
6 | 
7 | 
8 | 
|  | 
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang
  yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan
  kehidupan kebangsaan. | 
3.2.1 
Menganalisis
  pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial
  serta pengembangan kehidupan kebangsaan 
3.2.2 
Menganlisis pengaruh
  interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta
  pengembangan kehidupan kebangsaan | 
Pluralitas
  masyarakat Indonesia 
a.    
  Keragaman agama 
b.    
  Keragaman suku bangsa 
c.    
  Kebudayaan 
d.    
  Pekerjaan  
1.    
    
2.    
    
3.    
    | 
·        
  Siswa mampu memecahkan
  masalah-masalah yang timbul akibat perbedaan budaya yang beragam di Indonesia
   
·        
  Siswa mampu Menelaah pengaruh interaksi sosial terhadap pluralitas masyarakat
  Indonesia | 
L3 
L3  | 
Uraian  
Pilihan
  ganda | 
1 
2 | 
KARTU SOAL
KARTU SOAL URAIAN
| 
KARTU SOAL NOMOR 1 
(PILIHAN
  GANDA) 
Mata Pelajaran   : ILMU PENGETAHUAN
  SOSIAL  
Kelas/Semester  : VIII / 1                        | |
| 
KompetensiDasar | 
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang
  yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan
  kehidupan kebangsaan. | 
| 
Materi | 
Pluralitas
  masyarakat Indonesia | 
| 
Indikator Soal | 
Siswa mampu memecahkan masalah-masalah yang
  timbul akibat perbedaan budaya yang beragam di Indonesia  | 
| 
Level Kognitif | 
C4 | 
| 
Soal: 
1.     
  Indonesia terdiri
  dari berbagai macam suku bangsa, budaya dan agama yang menjadi cirri khas
  bangsa Indonesia. Namun demikian, sering timbul konflik dan perselisihan
  akibat perbedaan-perbedaan yang ada. Berikan 5 solusi yang sekiranya dapat
  mencegah timbulnya konflik akibat kebragaman di Indonesia.  | |
Kunci Pedoman Penskoran
| 
NO 
SOAL | 
KUNCI/KRITERIA JAWABAN | 
SKOR | 
|  |  |  | 
Keterangan:                                                                                              
Soal ini termasuk
soal  HOTS  karena
1.     
Merangsang
siswa untuk berpikir, memberikan solusi serta memecahkan permasalahan
2.     
Indikator
soal yang meminta untuk “memecahkan” merupakan kata kerja C4
3.     
........
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
| 
KARTU SOAL NOMOR 2 
(URAIAN) 
Mata Pelajaran   : ILMU PENGETAHUAN
  SOSIAL  
Kelas/Semester  : VIII / 1                        | |
| 
KompetensiDasar | 
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang
  yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan
  kehidupan kebangsaan. | 
| 
Materi | 
Pluralitas
  masyarakat Indonesia | 
| 
IndikatorSoal | 
Siswa mampu Menelaah pengaruh interaksi sosial
  terhadap pluralitas masyarakat Indonesia | 
| 
Level Kognitif |  | 
| 
Soal: 
Salah satu bentuk
  keragaman sebagai hasil dari akulturasi budaya adalah wayang. Wayang adalah
  warisan budaya bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan. Pertunjukan wayang
  saat ini mulai ditinggalkan oleh generasi muda, sehingga dikhawatirkan wayang
  tidak dikenal lagi di masyarakat Indonesia. Upaya pelestarian warisanbudaya
  yang sesuai informasi tersebut adalah .... 
A. Mengajarkan wayang
  pada semua mata pelajaran 
B. Membuat lembaga yang
  bertugas menjaga kelestarian wayang 
C. Menggunakan wayang
  sebagai media pembelajaran di kelas 
D. Membuat peraturan
  yang mewajibkan sekolah mengajarkan wayang | |
Kunci Pedoman Penskoran
| 
NO 
SOAL | 
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI | 
SKOR | 
| 
1. | 
C.   Menggunakan wayang sebagai media
  pembelajaran dikelas |  | 
Keterangan:
Soal ini termasuk
soal  HOTS  karena
1.     
Soal
yang diberikan membuat siswa berpikir menggunakan logika dalam menjawab soal
2.     
Indikator
soal Meminta siswa untuk menelaah yang merupakan bagian dari kata kerja C4
3.     
........
LK-3b Format TelaahSoal
INSTRUMEN
TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES
PILIHAN GANDA
NamaPengembangSoal                                             : Herlina
Mata Pelajaran/PaketKeahlian/Layanan/Tema    : IPS
Kelas/Program/Peminatan                                      : VIII
Isilahtandaceklist
(ü) padakolombutirsoalmemenuhikaidahdansilang
(X) padakolombutirsoalbilasoaltersebuttidakmemenuhikaidah.
| 
No. | 
Aspek
   yang ditelaah | 
Butir
   Soal | 
| 
1 | ||
| 
A. | 
Materi |  | 
| 
1.     
    | 
SoalsesuaiKompetensiDasar
  (KD) | 
Ya | 
| 
2.     
    | 
Soal sesuai dengan indikator pencapaiankompetensi (IPK) | 
Ya | 
| 
3.     
    | 
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku,
  Agama, Ras, Antargolongan, Pornografi, Politik, Propaganda, dan Kekerasan). | 
Ya | 
| 
4.     
    | 
Soalmenggunakan
  stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll.,
  sesuaidengandunianyata)* | 
Ya | 
| 
5.     
    | 
Soalmenggunakan
  stimulus yang imajinatif (baru, mendorongpesertadidikuntukmembaca). | 
Ya | 
| 
6.     
    | 
Soalmenggunakan
  stimulus yang mendorongpesertadidikuntukmelakukansesuatu. |  | 
| 
7.     
    | 
Soal mengukur level kognitif penalaran
  (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta
  didik melakukan tahapan-tahapan tertentu. | 
Ya | 
| 
8.     
    | 
Ya | |
| 
B. | 
Konstruksi |  | 
| 
1.     
    | 
Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan
  tegas. | 
Ya | 
| 
2.     
    | 
Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban merupakan
  pernyataan yang diperlukan saja. | 
Ya | 
| 
3.     
    | 
Pokok soal tidak memberi petunjuk kunci jawaban. | 
Ya | 
| 
4.     
    | 
Pokok soal bebas dari pernyataan yang bersifat
  negatif ganda. | 
Ya | 
| 
5.     
    | 
Pilihan jawaban homogen dan logis ditinjau dari
  segi materi. | 
Ya | 
| 
6.     
    | 
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya
  jelas dan berfungsi. | 
Tidak | 
| 
7.     
    | 
Panjang pilihan jawaban relatif sama. | 
Ya | 
| 
8.     
    | 
Pilihan jawaban tidak menggunakan pernyataan
  “semua jawaban di atas salah/benar” dan sejenisnya. | 
Ya | 
| 
9.     
    | 
Pilihan jawaban yang berbentuk angka/waktu
  disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologisnya. | 
Ya | 
| 
10. 
    | 
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal
  sebelumnya. | 
Ya | 
| 
C. | 
Bahasa |  | 
| 
1.     
    | 
Menggunakanbahasa
  yang sesuaidengankaidahBahasa Indonesia,
  untukbahasadaerahdanbahasaasingsesuaikaidahnya. | 
Ya | 
| 
2.     
    | 
Tidakmenggunakanbahasa yang
  berlakusetempat/tabu. | 
Ya | 
| 
3.     
    | 
Soalmenggunakankalimat yang
  komunikatif. | 
Ya | 
................., ..............................
Penelaah
YUDHA ARIANDA, S.Pd
Format TelaahSoalUraian
INSTRUMEN
TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES
URAIAN
NamaPengembangSoal                                             : HERLINA
Mata Pelajaran/PaketKeahlian/Layanan/Tema    : IPS
Kelas/Program/Peminatan                                      : VIII
Isilahtandaceklist
(ü) padakolombutirsoalmemenuhikaidahdansilang
(X) padakolombutirsoalbilasoaltersebuttidakmemenuhikaidah.
| 
No. | 
Aspek
   yang ditelaah | 
Butir
   Soal | 
| 
1 | ||
| 
A. | 
Materi | 
ya | 
| 
1.        | 
SoalsesuaiKompetensiDasar
  (KD) | 
ya | 
| 
2.        | 
Soal sesuai dengan indikator pencapaiankompetensi (IPK) | 
ya | 
| 
3.        | 
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku,
  Agama, Ras, Anatargolongan, Pornografi, Politik, Propopaganda, dan
  Kekerasan). | 
ya | 
| 
4.        | 
Soalmenggunakan
  stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll.,
  sesuaidengandunianyata)* | 
ya | 
| 
5.        | 
Soalmenggunakan
  stimulus yang imajinatif (baru, mendorongpesertadidikuntukmembaca). | 
ya | 
| 
6.        | 
Soalmenggunakan
  stimulus yang mendorongpesertadidikuntukmelakukansesuatu. | 
ya | 
| 
7.        | 
Soal mengukur level kognitif penalaran
  (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta
  didik melakukan tahapan-tahapan tertentu. | 
ya | 
| 
B. | 
Konstruksi |  | 
| 
1.     
    | 
Rumusankalimatsoalataupertanyaanmenggunakan kata-kata
  tanyaatauperintah yang menuntutjawabanterurai. | 
ya | 
| 
2.     
    | 
Memuatpetunjuk
  yang jelastentangcaramengerjakansoal. | 
ya | 
| 
3.     
    | 
Ada
  pedomanpenskoran/rubriksesuaidengankriteria/kalimat yang mengandung kata
  kunci. | 
ya | 
| 
4.     
    | 
Gambar,
  grafik, tabel, diagram, atausejenisnyajelasdanberfungsi. | 
ya | 
| 
5.     
    | 
Butirsoaltidakbergantungpadajawabansoal
  lain. | 
ya | 
| 
C. | 
Bahasa |  | 
| 
1.     
    | 
Menggunakanbahasa
  yang sesuaidengankaidahBahasa Indonesia,
  untukbahasadaerahdanbahasaasingsesuaikaidahnya. | 
ya | 
| 
2.     
    | 
Tidakmenggunakanbahasa yang
  berlakusetempat/tabu. | 
ya | 
| 
3.     
    | 
Soalmenggunakankalimat yang
  komunikatif. | 
ya | 
           
................., ..........................
Penelaah
YUDHA ARIANDA
  R-3.  RubrikPengembanganSoal HOTS
R-3.  RubrikPengembanganSoal HOTS
Rubrikinidigunakanfasilitatoruntukmenilaihasilkerjapengembanganbutirsoal
USBN.
Langkah-langkahpenilaianhasilkajian:
1.      Cermatitugas yang
diberikankepadapesertapelatihanpada LK-3!
2.      Berikannilaiberdasarkanpenilaianandaterhadaphasilkerjapesertasesuairubrikberikut!
KriteriaPenilaian:
1.       
Merumuskanindikatorsoaldengantepat.
2.       
Menuliskansoalsesuaiindikatorsoal.
3.       
Menuliskankisi-kisisoaldengantepat.
4.       
Menuliskansoalpilihangandasesuaikriteriasoal
HOTS.
5.       
Menuliskankuncijawabanpilihangandadengantepat.
6.       
Menuliskansoaluraiansesuaikriteriasoal
HOTS.
7.       
Menuliskankuncijawabanuraiandengantepat.
RubrikPenilaian:
| 
Nilai | 
Rubrik | 
| 
90 <nilai£100 | 
Tujuhaspeksesuaidengankriteria | 
| 
80 <nilai£90 | 
Enamaspeksesuaidengankriteria,
  satuaspekkurangsesuai | 
| 
70 <nilai£80 | 
Lima
  aspeksesuaidengankriteria, duaaspekkurangsesuai | 
| 
60 <nilai£70 | 
Empataspeksesuaidengankriteria,
  tigaaspekkurangsesuai | 
| 
<60 | 
Tigaaspeksesuaidengankriteria,
  empataspekkurangsesuai | 
 
 
If you're trying to lose weight then you have to start using this totally brand new personalized keto meal plan.
BalasHapusTo design this service, certified nutritionists, fitness trainers, and top chefs have joined together to provide keto meal plans that are efficient, painless, price-efficient, and enjoyable.
Since their first launch in early 2019, 100's of people have already transformed their body and health with the benefits a good keto meal plan can give.
Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-proven ones offered by the keto meal plan.