Halooo.... Semoga bermanfaat

Rabu, 15 Januari 2020

LK 4. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


LK-4. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


TujuanKegiatan:
Mereviubahanpembelajarandari unit materipembelajarandanmengembangkanpenyusunanrencanapelaksanaanpembelajaran.
LangkahKegiatan:
1.      Siapkandokumenkurikulum, bukuteksmatapelajaran, danpetunjukpengembangan RPP;
2.      Siapkan unit materi yang dipilihbesertarangkuman unit materiberupamind map yang telahSaudarabuatpadakegiatan 1. KonsepdanPendalamanMateri HOTS sebagaisumberbelajar;
3.      Simaklahdanpahamilangkah-langkahpembelajaranberorientasi HOTS daricontoh video pembelajaransebagaiinspirasi; dan
4.      Buatlah RPP untuktopikterpilihmengacupedomanpenyusunan RPP yang berlaku.

LK-4a Pengembangan RPP


Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP )
Satuan Pendidikan      : SMP NEGERI 2 LINGGNG BIGUNG
Mata Pelajaran            : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas/ Semester         : VIII/1
Materi Pokok              : PLURALITAS (AGAMA, BUDAYA, SUKU BANGSA, PEKERJAAN) MASYARAKAT INDONESIA.
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit (1 pertemuan

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.


B.    Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi
No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Pengetahuan

3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
IPK Penunjang
·    Memahami konsep pluralitas
·    Memaparkan beberapa contoh perbedaan agama, budaya, suku bangsa dan pekerjaan yang dapat bersumber dari media atau kehidupan di sekitar
·    Mengidentifikasi pluralitas kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia



IPK Pengayaan :
·    Menganlisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan


Kompetensi Keterampilan

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang  pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
·    Menyajikan karya tulis tentang pluralitas kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia


C.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Memahami konsep pluralitas
·         Memaparkan beberapa contoh perbedaan agama, budaya, suku bangsa dan pekerjaan yang dapat bersumber dari media atau kehidupan di sekitar
·         Mengidentifikasi pluralitas kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia



D.   Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia.

E.    Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode                          : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F.    Media Pembelajaran
Media :
·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·         Lembar penilaian
·         LCD Proyektor

Alat/Bahan :
·         Penggaris, spidol, papan tulis
·         Laptop & infocus

G.   Sumber belajar
·         Buku IPS Siswa Kelas VIII, Kemendikbud, Tahun 2017
·         Buku refensi yang relevan,
·         Lingkungan setempat

H.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

TAHAP PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU
A.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Pendahuluan
(persiapan/orientasi)
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin\
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.











10 menit
Apersepsi
·         Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi




·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
·         Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·         Mengajukan pertanyaan
B.    Kegiatan Inti (60 menit)
Sintak Model Pembelajaran 1
Kegiatan pembelajaran

Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)



KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia dengan cara :
·         Melihat (tanpa atau dengan Alat) : Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
·         Mengamati : Lembar kerja materi Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia
·         Membaca.
·         Menulis : Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia
·         Mendengar : Pemberian materi Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia oleh guru.
·         Menyimak : Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar

Data
collection
(pengumpulan
data)


KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
·         Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
·         Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia yang sedang dipelajari.


Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia yang sedang dipelajari. 
                                                      
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
·         Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia
·         Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
·         Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia sesuai dengan pemahamannya.
·         Saling tukar informasi tentang materi : Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·         Berdiskusi tentang data dari Materi : Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia
·         Mengolah informasi dari materi Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
·         Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
·         Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.


COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
·         Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
·         Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia
·         Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
·         Bertanya atas presentasi tentang materi  Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
·         Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia
·         Menjawab pertanyaan tentang materi  Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan
·         Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia yang akan selesai dipelajari
·         Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Catatan : Selama pembelajaran  Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

C.   KEGIATAN PENUTUP (10menit)


Peserta didik :
·         Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia yang baru dilakukan.
·         Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia yang baru diselesaikan.
·         Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
·         Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia
·         Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas
·         Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.











I.      Penilaian
a.    Teknik Penilaian
1)      Sikap
-        Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
-        Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu.
-        Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
2)      Keterampilan
-          Penilaian Produk (kliping)
3)      Pengetahuan
-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-        Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
-        Penugasan


J.    Bahan Ajar

LK-4b Telaah RPP

Tujuan
PesertadapatmenelaahdandapatmemperbaikiRPP.

NamaPenyusunRPP :  Suharti

NamaPenelaahRPP  : Yudha Arianda

FORMAT TELAAHRPP

No.
Komponen
Indikator
Hasil Penilaian/Sarantindaklanjut
A.
IdentitasMataPelajaran/ Tema
1.   Menuliskannamasekolah.
2.   Menuliskanmatapelajaran.
3.   Menuliskankelasdansemester.
4.   Menuliskanalokasiwaktu.
ADA tetapi salah penulisa alokasi waktu selama 130 menit
B.
KompetensiInti
MenuliskanKI denganlengkapdanbenar.
ADA
C.
KompetensiDasar
MenuliskanKDdenganlengkapdanbenar.
ADA
D.
IndikatorPencapaianKompetensi
1.     Merumuskanindikatoryang mencakupkompetensipengetahuan, keterampilan,dansikapsesuaidengan KD.
2.     Menggunakan kata kerjaoperasionalrelevandengan KDyangdikembangkan.
3.     Merumuskanindikatoryang cukupsebagaipenandaketercapaianKD.
ADA tetapi indicator dan KD kurang sesuai
E
Nilai Karakter
1.     Menuliskan nilai-nilai karakter yang akan dimunculkan dalam pembelajaran
2.     Butir karakter yang dituliskan adalah butir karakter operasional
ADA
F
TujuanPembelajaran
1.     Tujuanpembelajarandirumuskansatuataulebihuntuksetiapindikatorpencapaiankompetensi.
2.     Tujuanpembelajaranmengandungunsur: audience(A), behavior(B),condition(C), dandegree(D).
3.     Tujuanpembelajarandirumuskanuntuksatu pencapaian KD.
ADA
G.
MateriPembelajaran
1.  Memilihmateripembelajaranreguler,remedialdanpengayaansesuaidengankompetensiyang dikembangkan.
2.  Cakupanmateripembelajaranreguler,remedial,danpengayaansesuaidengantuntutan KD, ketersediaanwaktu,danperkembanganpesertadidik.
3.  Kedalamanmaterikemampuanpesertadidik.
ADA : materi pembelajaran terlalu luas
H.
MetodePembelajaran
1.   Menerapkansatuataulebihmetodepembelajaran.
2.   Metodepembelajaranyangdipilihadalahpembelajaranaktifyangefektifdanefisienmemfasilitasipesertadidikmencapaiindikator-indikatorKDbesertakecakapanabad 21.
ADA : metode yang digunakan 2 jenis, tatapi apakah mampu diselesaikan dalam waktu 1 pertemuan
I.
Media danBahan
1.   Memanfaatkanmedia sesuaidenganindikator, karakteristikpesertadidikdankondisisekolah.
2.   Memanfaatkanbahansesuaidenganindikator, karakteristikpesertadidikdankondisisekolah
3.   Memanfaatkanmediauntukmewujudkanpembelajarandenganpendekatansaintifikataumodelmemadai.
4.   Memanfaatkanbahanuntukmewujudkanpembelajarandenganpendekatansaintifikataumodelmemadai.
5.   Memilihmediauntukmenyampaikanpesanyangmenarik, variatif,dansesuaidenganindikatorpencapaiankompetensi.
6.   Memilihbahanuntukmenyampaikanpesanyangmenarik, variatif,dansesuaidenganindikatorpencapaiankompetensi.
ADA
J
SumberBelajar
1.    Memanfaatkanlingkunganalamdan/atausosial..
2.    Menggunakanbukutekspelajarandaripemerintah(BukuPesertadidikdanBukuGuru).
3.    Merujukmateri-materi yangdiperolehmelaluiperpustakaan.
4.    MenggunakanTIK/merujukalamatweb tertentusebagaisumberbelajar.
ADA
K
Penilaian
1.    Mencantumkanteknik,bentuk,dancontohinstrumenpenilaianpadaranahsikap,pengetahuan,danketerampilansesuaidenganindikator.
2.    Menyusunsampelbutirinstrumenpenilaiansesuaikaidahpengembanganinstrumen
3.    Mengembangkanpedomanpenskoran(termasukrubrik)sesuaidenganinstrumen.
ADA
L
PembelajaranRemedial
1.     Merumuskankegiatanpembelajaranremedialyangsesuaidengankarakteristikpesertadidik,alokasiwaktu,saranadanmediapembelajaran.
2.     Menuliskansalahsatuataulebihaktivitaskegiatanpembelajaranremedial,berupa:
·         pembelajaranulang,
·         bimbinganperorangan
·         belajarkelompok
·         tutor sebaya
ADA
M
PembelajaranPengayaan
Merumuskankegiatanpembelajaranpengayaanyangsesuaidengankarakteristikpesertadidik,alokasiwaktu,saranadanmediapembelajaran.
ADA
N
Bahan Ajar
Menguraikan bahan ajar sesuai dengan KD





R-4.Pengembangan RPP

Rubrikinidigunakanfasilitatoruntukmenilaihasilpengembangan RPP
Langkah-langkahpenilaianhasilkajian:
1.      Cermatitugas yang diberikankepadapesertapembekalanpada LK-4!
2.      BerikannilaipadahasilkajianberdasarkanpenilaianAndaterhadaphasilkerjapesertasesuairubrikberikut!

KegiatanPraktik
  1. Menuliskan KD pengetahuandanketerampilandengantepat.
  2. MenuliskanTujuanPembelajarandengantepat.
  3. Menuliskanmateri, metode, media, bahan,dansumberpembelajarandengantepat.
  4. Menuliskanlangkah-langkahpembelajaran yang runutsesuaisintak model pembelajaran.
  5. Mengintegrasikansaintifik, dimensipengetahuan, aspek HOTS,dankecakapanabad 21 dalamkegiatanpembelajaran.
  6. Menuliskanpenilaiandengantepat.
  7. Menuliskanbahandengantepat.

RubrikPenilaian:
Nilai
Rubrik
90 <nilai£100
Tujuhaspeksesuaidengankriteria
80 <nilai£90
Enamaspeksesuaidengankriteria, satuaspekkurangsesuai
70 <nilai£80
Lima aspeksesuaidengankriteria, duaaspekkurangsesuai
60 <nilai£70
Empataspeksesuaidengankriteria,tigaaspekkurangsesuai
<60
Tigaaspeksesuaidengankriteria, empataspekkurangsesuai


1 komentar:

  1. As stated by Stanford Medical, It's really the SINGLE reason women in this country get to live 10 years more and weigh an average of 42 lbs less than we do.

    (And realistically, it really has NOTHING to do with genetics or some secret exercise and EVERYTHING related to "how" they are eating.)

    P.S, What I said is "HOW", not "WHAT"...

    CLICK this link to uncover if this short questionnaire can help you release your true weight loss possibility

    BalasHapus