Nama Anggota kelompok 6
1.Juhariah
(KAL-TENG)
2.Eka
Puspitasari (KAL-SEL)
3.Suyanah
(KAL-TIM)
4.Yudha Arianda
(KAL-TIM)
LK-1 Kajian Konsep HOTS
Tujuan :
Setelah mengerjakan Lembar Kerja ini
diharapkan peserta mampu mengidentifikasi dimensi pengetahuan, dimensi proses
berpikir, dan proses keterampilan serta aspek HOTS berdasarkan bahan bacaan.
Langkah-langkah:
1.
Konsep HOTS dari video pembelajaran
a.
Cermatilah contoh video pembelajaran
HOTS!
b.
Tulislah unsur HOTS dalam pembelajaran
tersebut!
2.
Analisis KD dengan cara:
a.
Tulislah pasangan KD dan target KD dari
KD pengetahuan dan KD Keterampilan!(LK-1b)
b.
Petakan KD pengetahuan ke dalam matrik
sumbu simetri kombinasi yang telah disediakan! (LK-1c)
c.
Analisis KD tersebut, kemudian rumuskan
IPK-nya! (LK-1d)
LK-1aanalisis video pembelajaran
Identifikasi kegiatan pembelajaran PPK, Literasi dan
HOTS pada LK berikut!
KegiatanPembelajaran HOTS
|
|
PPK
|
1. guru memberi salam atau
mengucapkan salam
2. berdoa sebelum memulai pelajaran
3. memberikan motivasi pada siswa
|
Literasi
|
1.Siswa diminta untuk menempelkan gambar yang terkait dengan materi pelajaran
3. siswa diminta untuk mengamati gambar
4. siswa menjawab pertanyaan terkait dengan
gambar
|
Transfer Knowledge
(kegiatanPembelajaran
yang menggambarkan TK)
|
1.Guru mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan keadaan alam dan aktifitas penduduk
2.Peserta didik menjawab pertanyaan
yang diajukan oleh guru dan menghubungkankan dengan keadaan alam dan aktifitas penduduk
3.Guru menyampaikan yang akan
dipelajari pada saat itu
|
Critical thinking, Creativity
(kegiatanPembelajaran
yang menggambarkan CC)
|
1.Peserta didik mengemukakan pendapatnya
berdasarkan pengamatan yang dilakukan
2.Peserta didik mengkomunikasikan hasil
presentasi kelompok
|
Problem Solving
(kegiatanPembelajaran
yang menggambarkan PS)
|
1. guru meminta siswa
untuk membandingkan dua gambar wanita dan 2 gambar tugu kota jogja jaman
dahulu dan jaman sekarang
2.guru menyuruh
peserta didik untuk mengurutkan gambar yang benar dan meminta peserta didik
menjelaskan makna dari gambar tersebut
3.guru melakukan /
praktek langsung menyusun gambar gambar sesuai dengan materi tentang keadaan alam dan aktifitas penduduk
|
LK 1b – 1d
Mata Pelajaran/Tema/Sub Tema : IPS
Kelas : VIII
Kompetensi
Inti : Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
LK-1b. Target KD
KD Pengetahuan :
3.2.
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap
kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
Target KD
Pengetahuan :
1. Menganalisis pengaruh innteraksi sosial dalam ruang
yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan
kebangsaan
2. Menganalisis pengaruh innteraksi budaya dalam ruang
yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan Mkebangsaan
|
KD Keterampilan :
4.2.
Menyajikan hasil analisis tentang
pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
Target KD
Keterampilan :
1. Menyajikan hasil analisis tentang pengaruh interaksi
sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan
kehidupan kebangsaan
2. Menyajikan hasil analisis tentang pengaruh interaksi
budaya dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan
kehidupan kebangsaan
|
LK-1c. Matrik sumbu simetris KD Pengetahuan
DIMENSI
PENGETAHUAN
(Permendikbud No. 20 Tahun
2016 Tentang SKL Pendidikan Dasar dan Menangah)
|
METAKOGNITIF
|
|||||||
PROSEDURAL
|
||||||||
KONSEPTUAL
|
Menganaliasis
|
|||||||
FAKTUAL
|
Menjelaskan
|
Menunjukan
|
Mengevaluasi
|
|||||
C1
MENGINGAT
|
C2
MEMAHAMI
|
C3
MENGAPLIKASIKAN
|
C4
MENGANALISIS
|
C5
MENGEVALUASI
|
C6
MENCIPTA
|
|||
DIMENSI PROSES BERFIKIR
Ranah
Kognitif (C1 – C6) Taksonomi Bloom
|
||||||||
LK-1d. Format Perumusan IPK
No
|
KD
|
Tingkat Kompetensi KD
|
Proses Berpikir
(C1-C6)
Dimensi Pengetahuan
|
IPK
|
Materi dan Sub Materi
|
|
1
|
|
|||||
3.2
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
|
Dimensi Pengetahuan:
1. Faktual
2. Konseptual
|
Proses Berpikir dan
Dimensi Pengetahuan:
1. Menjelaskan C2 konseptual
2. Menunjukkan C3 faktual
3. Menganalisis C4 konseptual
4. Mengevaluasi C5 faktual
|
IPK Penunjang:
3.2.1
Menganalisis
pengaruh
interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta
pengembangan kehidupan kebangsaan
3.2.2
Menganalisis
pengaruh
interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta
pengembangan kehidupan kebangsaan
|
A. Mobilitas Sosial
1. Pengertian mobilitas
sosial
2. Bentuk bentuk mobilitas
sosial
3. Factor pendorong dan
penghambat mobilitas sosial
4. Saluran-saluran mobilitas
sosial
5. Dampak mobilitas sosial
B. Pluralitas masyarakat
Indonesia
1.Perbedaan agama
2.Perbedaan budaya
3.Perbedaan suku bangsa
4.Perbedaan pekerjaan
5.Peran dan fungsi keragaman
budaya
C. Konflik dan integrasi
dalam kehidpan sosial
1. Konflik dalam kehidupan
sosial
2. Integrasi sosial
A. Keunggulan dan
Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi
1. Keunggulan dan
keterbatasan antarruang dalam permintaan, penawaran danteknologi
2. Pengertian pelaku ekonomi
3. Peran pelaku ekonomi dalam
perekonomian
B. Perdagangan antar daerah
atau antarpulau dan perdagangan internasional
1. Perdagangan dan perdagangan
antar daerah/antarpulau
2. Perdagangan antar Negara
C. Penguatan ekonomi dan
agrikultur di Indonesia
1. Penguatan ekonomi maritim
2. Penguatan agrikultur di
Indonesia
3. Strategi pengembangan
agrikultur di Indonesia
D. Pendistribusian kembali
(redistribusi) pendapatan nasional
1. Pengertian redistribusi
|
||
IPK Penunjang:
1. Menganalisis pengaruh
interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta
pengembangan kehidupan kebangsaan
2. Menganalisis pengaruh
interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta
pengembangan kehidupan kebangsaan
|
|
|||||
Proses
Berpikir:
· Memahami
· Mengaplikasikan
· Menganalisis
· mengevaluasi
|
||||||
IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)
|
|
|||||
2
|
KD Keterampilan
|
|
|
|||
Menyajikan
hasil analisis tentang pengaruh
interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial
|
Tingkat Keterampilan:
|
Langkah Proses
Keterampilan:
|
IPK Penunjang:
1. Mengumpulkan informasi
tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan
2. Mengumpulkan informasi
tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan
|
|
||
IPK Kunci:
1. Menganalisis informasi
tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan
2. Mengumpulkan informasi
tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan
|
|
|||||
IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)
Menyimpulkan
|
|
Rubrik Konsep HOTS
Rubrik ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil
kerja konsep HOTS
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1. Cermati tugas yang diberikan kepada peserta
pembekalan pada LK-1!
2. Berikan nilai berdasarkan penilaian Anda
terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.
Menuliskan integrasi nilai PPK kegiatan
pada video dengan tepat.
2.
Menuliskan integrasi literasi pada video
dengan tepat.
3.
Menuliskan kegiatan yang termasuk transfer knowledge, critical creativity dan problem solving pada video dengan
tepat.
4.
Menyusun pasangan KD dengan tepat
5.
Menuliskan sumbu simetri pengetahuan
secara tepat
6.
Merumuskan IPK secara tepat
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £100
|
Enam aspek sesuai dengan kriteria
|
80 < nilai £90
|
Lima aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek
kurang sesuai
|
70 < nilai £80
|
Empat aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek
kurang sesuai
|
60 < nilai £70
|
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
<60
|
Dua aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai
|
Let me tell you something...
BalasHapusWhat I'm going to tell you may sound really weird, maybe even a little "strange"
BUT what if you could just press "Play" to LISTEN to a short, "magical tone"...
And suddenly bring MORE MONEY to your LIFE??
And I'm talking about thousands... even MILLIONS of DOLLARS!
Sounds way too EASY?? Think it's IMPOSSIBLE?
Well then, Let me tell you the news.
Usually the most magical miracles in life are also the EASIEST!
In fact, I will PROVE it to you by letting you listen to a real-life "miracle money tone" I've produced...
YOU just press "Play" and watch as your abundance angels fly into your life.. starting pretty much right away..
GO here to PLAY the marvelous "Miracle Money-Magnet Tone" as my gift to you!