Halooo.... Semoga bermanfaat

Rabu, 15 Januari 2020

LK 1 Pengembangan Pembelajaran OK


Nama Anggota kelompok 6



1.Juhariah (KAL-TENG)
2.Eka Puspitasari (KAL-SEL)
3.Suyanah (KAL-TIM)
4.Yudha Arianda (KAL-TIM)


































LK-1 Kajian Konsep HOTS



Tujuan :
Setelah mengerjakan Lembar Kerja ini diharapkan peserta mampu mengidentifikasi dimensi pengetahuan, dimensi proses berpikir, dan proses keterampilan serta aspek HOTS berdasarkan bahan bacaan.

Langkah-langkah:

1.      Konsep HOTS dari video pembelajaran
a.         Cermatilah contoh video pembelajaran HOTS!
b.        Tulislah unsur HOTS dalam pembelajaran tersebut!
2.      Analisis KD dengan cara:
a.         Tulislah pasangan KD dan target KD dari KD pengetahuan dan KD Keterampilan!(LK-1b)
b.        Petakan KD pengetahuan ke dalam matrik sumbu simetri kombinasi yang telah disediakan! (LK-1c)
c.         Analisis KD tersebut, kemudian rumuskan IPK-nya! (LK-1d)



LK-1aanalisis video pembelajaran

Identifikasi kegiatan pembelajaran PPK, Literasi dan HOTS pada LK berikut!
KegiatanPembelajaran HOTS
PPK
1.  guru memberi salam atau mengucapkan salam
2. berdoa sebelum memulai pelajaran
3. memberikan motivasi pada siswa
Literasi


1.Siswa diminta untuk menempelkan gambar yang terkait dengan materi pelajaran
3. siswa diminta untuk mengamati gambar
4. siswa menjawab pertanyaan terkait dengan gambar
Transfer Knowledge
(kegiatanPembelajaran yang menggambarkan TK)
1.Guru mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan keadaan alam dan aktifitas penduduk
2.Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru dan menghubungkankan dengan keadaan alam dan aktifitas penduduk
3.Guru menyampaikan  yang akan dipelajari pada saat itu
Critical thinking, Creativity
(kegiatanPembelajaran yang menggambarkan CC)
1.Peserta didik mengemukakan pendapatnya berdasarkan pengamatan yang dilakukan
2.Peserta didik mengkomunikasikan hasil presentasi kelompok

Problem Solving
(kegiatanPembelajaran yang menggambarkan PS)
1. guru meminta siswa untuk membandingkan dua gambar wanita dan 2 gambar tugu kota jogja jaman dahulu dan jaman sekarang
2.guru menyuruh peserta didik untuk mengurutkan gambar yang benar dan meminta peserta didik menjelaskan makna dari gambar tersebut
3.guru melakukan / praktek langsung menyusun gambar gambar sesuai dengan materi  tentang keadaan alam dan aktifitas penduduk



LK 1b – 1d


Mata Pelajaran/Tema/Sub Tema    : IPS
Kelas                                                   :  VIII
Kompetensi Inti                                  :  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

LK-1b. Target  KD

KD Pengetahuan :
3.2. Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.

Target KD Pengetahuan :
1.  Menganalisis pengaruh innteraksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan
2.  Menganalisis pengaruh innteraksi budaya dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan Mkebangsaan

KD Keterampilan :
4.2. Menyajikan hasil analisis tentang  pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.

Target KD Keterampilan :
1.    Menyajikan hasil analisis tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan
2.    Menyajikan hasil analisis tentang pengaruh interaksi budaya dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan

LK-1c. Matrik sumbu simetris KD Pengetahuan

DIMENSI PENGETAHUAN
(Permendikbud No. 20 Tahun 2016 Tentang SKL Pendidikan Dasar dan Menangah)
METAKOGNITIF






PROSEDURAL






KONSEPTUAL



Menganaliasis


FAKTUAL

Menjelaskan
Menunjukan

Mengevaluasi



C1
MENGINGAT
C2
MEMAHAMI
C3
MENGAPLIKASIKAN
C4
MENGANALISIS
C5
MENGEVALUASI
C6
MENCIPTA

 DIMENSI PROSES BERFIKIR
Ranah Kognitif (C1 – C6) Taksonomi Bloom









 

 

 

LK-1d. Format Perumusan IPK

No
KD
Tingkat Kompetensi KD
Proses Berpikir
(C1-C6)
Dimensi Pengetahuan
IPK
Materi dan Sub Materi

1


3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
Dimensi Pengetahuan:
1.   Faktual
2.   Konseptual


Proses Berpikir dan Dimensi Pengetahuan:
1.   Menjelaskan C2 konseptual
2.   Menunjukkan C3 faktual
3.   Menganalisis C4 konseptual
4.   Mengevaluasi C5 faktual
IPK Penunjang:
3.2.1
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan












3.2.2
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan
A.    Mobilitas Sosial
1.   Pengertian mobilitas sosial
2.   Bentuk bentuk mobilitas sosial
3.   Factor pendorong dan penghambat mobilitas sosial
4.   Saluran-saluran mobilitas sosial
5.   Dampak mobilitas sosial
B.     Pluralitas masyarakat Indonesia
1.Perbedaan agama
2.Perbedaan budaya
3.Perbedaan suku bangsa
4.Perbedaan pekerjaan
5.Peran dan fungsi keragaman budaya
C.     Konflik dan integrasi dalam kehidpan sosial
1.    Konflik dalam kehidupan sosial
2.    Integrasi sosial


A.    Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi
1.      Keunggulan dan keterbatasan antarruang dalam permintaan, penawaran danteknologi
2.      Pengertian pelaku ekonomi
3.      Peran pelaku ekonomi dalam perekonomian
B.     Perdagangan antar daerah atau antarpulau dan perdagangan internasional
1.      Perdagangan dan perdagangan antar daerah/antarpulau
2.      Perdagangan antar Negara
C.     Penguatan ekonomi dan agrikultur di Indonesia
1.      Penguatan ekonomi maritim
2.      Penguatan agrikultur di Indonesia
3.      Strategi pengembangan agrikultur di Indonesia

D.    Pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan nasional
1.      Pengertian redistribusi
2.      Program redistribusibeberapa alternative praktik redistribusi pendapatan di Indonesia

IPK Penunjang:
1.   Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan
2.   Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan


Proses
Berpikir:
·    Memahami
·    Mengaplikasikan
·    Menganalisis
·    mengevaluasi
















IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)


2
KD Keterampilan



Menyajikan hasil analisis tentang  pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial
Tingkat Keterampilan:

Langkah Proses Keterampilan:

IPK Penunjang:
1.      Mengumpulkan informasi tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan
2.      Mengumpulkan informasi tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan


IPK Kunci:
1.     Menganalisis informasi tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan
2.     Mengumpulkan informasi tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan


IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)
Menyimpulkan




Rubrik Konsep  HOTS                                                                                                                                                      



Rubrik  ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja konsep HOTS

Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.      Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-1!
2.      Berikan nilai berdasarkan penilaian Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

Kriteria Penilaian:
1.        Menuliskan integrasi nilai PPK kegiatan pada video dengan tepat.
2.        Menuliskan integrasi literasi pada video dengan tepat.
3.        Menuliskan kegiatan yang termasuk transfer knowledge, critical creativity dan problem solving pada video dengan tepat.
4.        Menyusun pasangan KD dengan tepat
5.        Menuliskan sumbu simetri pengetahuan secara tepat
6.        Merumuskan IPK secara tepat

Rubrik Penilaian:             
Nilai
Rubrik
90 < nilai £100
Enam aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £90
Lima aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £80
Empat aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £70
Tiga  aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Dua aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai


 

1 komentar:

  1. Let me tell you something...

    What I'm going to tell you may sound really weird, maybe even a little "strange"

    BUT what if you could just press "Play" to LISTEN to a short, "magical tone"...

    And suddenly bring MORE MONEY to your LIFE??

    And I'm talking about thousands... even MILLIONS of DOLLARS!

    Sounds way too EASY?? Think it's IMPOSSIBLE?

    Well then, Let me tell you the news.

    Usually the most magical miracles in life are also the EASIEST!

    In fact, I will PROVE it to you by letting you listen to a real-life "miracle money tone" I've produced...

    YOU just press "Play" and watch as your abundance angels fly into your life.. starting pretty much right away..

    GO here to PLAY the marvelous "Miracle Money-Magnet Tone" as my gift to you!

    BalasHapus