Nama Anggota kelompok 6
1.Juhariah
(KAL-TENG)
2.Eka
Puspitasari (KAL-SEL)
3.Suyanah
(KAL-TIM)
4.Yudha Arianda
(KAL-TIM)

LK-1 Kajian Konsep HOTS
Tujuan :
Setelah mengerjakan Lembar Kerja ini
diharapkan peserta mampu mengidentifikasi dimensi pengetahuan, dimensi proses
berpikir, dan proses keterampilan serta aspek HOTS berdasarkan bahan bacaan.
Langkah-langkah:
1.     
Konsep HOTS dari video pembelajaran
a.        
Cermatilah contoh video pembelajaran
HOTS!
b.       
Tulislah unsur HOTS dalam pembelajaran
tersebut!
2.     
Analisis KD dengan cara:
a.        
Tulislah pasangan KD dan target KD dari
KD pengetahuan dan KD Keterampilan!(LK-1b)
b.       
Petakan KD pengetahuan ke dalam matrik
sumbu simetri kombinasi yang telah disediakan! (LK-1c)
c.        
Analisis KD tersebut, kemudian rumuskan
IPK-nya! (LK-1d)
 LK-1aanalisis
video pembelajaran
LK-1aanalisis
video pembelajaran
Identifikasi kegiatan pembelajaran PPK, Literasi dan
HOTS pada LK berikut!
| 
KegiatanPembelajaran HOTS | |
| 
PPK | 
1.  guru memberi salam atau
  mengucapkan salam 
2. berdoa sebelum memulai pelajaran 
3. memberikan motivasi pada siswa | 
| 
Literasi | 
1.Siswa diminta untuk menempelkan gambar yang terkait dengan materi pelajaran 
3. siswa diminta untuk mengamati gambar 
4. siswa menjawab pertanyaan terkait dengan
  gambar  | 
| 
Transfer Knowledge 
(kegiatanPembelajaran
  yang menggambarkan TK) | 
1.Guru mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan keadaan alam dan aktifitas penduduk 
2.Peserta didik menjawab pertanyaan
  yang diajukan oleh guru dan menghubungkankan dengan keadaan alam dan aktifitas penduduk 
3.Guru menyampaikan  yang akan
  dipelajari pada saat itu | 
| 
Critical thinking, Creativity 
(kegiatanPembelajaran
  yang menggambarkan CC) | 
1.Peserta didik mengemukakan pendapatnya
  berdasarkan pengamatan yang dilakukan 
2.Peserta didik mengkomunikasikan hasil
  presentasi kelompok | 
| 
Problem Solving 
(kegiatanPembelajaran
  yang menggambarkan PS) | 
1. guru meminta siswa
  untuk membandingkan dua gambar wanita dan 2 gambar tugu kota jogja jaman
  dahulu dan jaman sekarang 
2.guru menyuruh
  peserta didik untuk mengurutkan gambar yang benar dan meminta peserta didik
  menjelaskan makna dari gambar tersebut 
3.guru melakukan /
  praktek langsung menyusun gambar gambar sesuai dengan materi  tentang keadaan alam dan aktifitas penduduk | 
LK 1b – 1d
Mata Pelajaran/Tema/Sub Tema    :  IPS
Kelas                                                   :  VIII
Kompetensi
Inti                                  :  Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
LK-1b. Target KD
| 
KD Pengetahuan :  
3.2.
  Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap
  kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan. 
Target KD
  Pengetahuan :  
1.  Menganalisis pengaruh innteraksi sosial dalam ruang
  yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan
  kebangsaan 
2.  Menganalisis pengaruh innteraksi budaya dalam ruang
  yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan kehidupan Mkebangsaan | 
KD Keterampilan : 
4.2.
  Menyajikan hasil analisis tentang 
  pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
  sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan. 
Target KD
  Keterampilan : 
1.    Menyajikan hasil analisis tentang pengaruh interaksi
  sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan
  kehidupan kebangsaan 
2.    Menyajikan hasil analisis tentang pengaruh interaksi
  budaya dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta pengembangan
  kehidupan kebangsaan | 
LK-1c. Matrik sumbu simetris KD Pengetahuan
| 
DIMENSI
  PENGETAHUAN 
(Permendikbud No. 20 Tahun
  2016 Tentang SKL Pendidikan Dasar dan Menangah) | 
METAKOGNITIF | |||||||
| 
PROSEDURAL | ||||||||
| 
KONSEPTUAL | 
Menganaliasis | |||||||
| 
FAKTUAL | 
Menjelaskan | 
Menunjukan | 
Mengevaluasi | |||||
| 
C1 
MENGINGAT | 
C2 
MEMAHAMI | 
C3 
MENGAPLIKASIKAN | 
C4 
MENGANALISIS | 
C5 
MENGEVALUASI | 
C6 
MENCIPTA | |||
| 
 DIMENSI PROSES BERFIKIR 
Ranah
  Kognitif (C1 – C6) Taksonomi Bloom | ||||||||
LK-1d. Format Perumusan IPK
| 
No | 
KD | 
Tingkat Kompetensi KD | 
Proses Berpikir 
(C1-C6) 
Dimensi Pengetahuan | 
IPK | 
Materi dan Sub Materi | |
| 
1 |  | |||||
| 
3.2
  Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
  sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan. | 
Dimensi Pengetahuan: 
1.   Faktual 
2.   Konseptual | 
Proses Berpikir dan
  Dimensi Pengetahuan: 
1.   Menjelaskan C2 konseptual 
2.   Menunjukkan C3 faktual 
3.   Menganalisis C4 konseptual 
4.   Mengevaluasi C5 faktual | 
IPK Penunjang: 
3.2.1 
Menganalisis
  pengaruh
  interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta
  pengembangan kehidupan kebangsaan 
3.2.2 
Menganalisis
  pengaruh
  interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta
  pengembangan kehidupan kebangsaan | 
A.    Mobilitas Sosial 
1.   Pengertian mobilitas
  sosial 
2.   Bentuk bentuk mobilitas
  sosial 
3.   Factor pendorong dan
  penghambat mobilitas sosial 
4.   Saluran-saluran mobilitas
  sosial 
5.   Dampak mobilitas sosial 
B.     Pluralitas masyarakat
  Indonesia 
1.Perbedaan agama 
2.Perbedaan budaya 
3.Perbedaan suku bangsa 
4.Perbedaan pekerjaan 
5.Peran dan fungsi keragaman
  budaya 
C.     Konflik dan integrasi
  dalam kehidpan sosial 
1.    Konflik dalam kehidupan
  sosial 
2.    Integrasi sosial 
A.    Keunggulan dan
  Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi 
1.      Keunggulan dan
  keterbatasan antarruang dalam permintaan, penawaran danteknologi 
2.      Pengertian pelaku ekonomi 
3.      Peran pelaku ekonomi dalam
  perekonomian 
B.     Perdagangan antar daerah
  atau antarpulau dan perdagangan internasional 
1.      Perdagangan dan perdagangan
  antar daerah/antarpulau 
2.      Perdagangan antar Negara 
C.     Penguatan ekonomi dan
  agrikultur di Indonesia 
1.      Penguatan ekonomi maritim 
2.      Penguatan agrikultur di
  Indonesia 
3.      Strategi pengembangan
  agrikultur di Indonesia 
D.    Pendistribusian kembali
  (redistribusi) pendapatan nasional 
1.      Pengertian redistribusi | ||
| 
IPK Penunjang: 
1.   Menganalisis pengaruh
  interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial serta
  pengembangan kehidupan kebangsaan 
2.   Menganalisis pengaruh
  interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan budaya serta
  pengembangan kehidupan kebangsaan |  | |||||
| 
Proses  
Berpikir: 
·    Memahami
   
·    Mengaplikasikan
   
·    Menganalisis
   
·    mengevaluasi | ||||||
| 
IPK Pengayaan: (Tidak Wajib) |  | |||||
| 
2 | 
KD Keterampilan |  |  | |||
| 
Menyajikan
  hasil analisis tentang  pengaruh
  interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial | 
Tingkat Keterampilan: | 
Langkah Proses
  Keterampilan: | 
IPK Penunjang: 
1.      Mengumpulkan informasi
  tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
  sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan 
2.      Mengumpulkan informasi
  tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
  budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan |  | ||
| 
IPK Kunci: 
1.     Menganalisis informasi
  tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
  sosial serta pengembangan kehidupan kebangsaan 
2.     Mengumpulkan informasi
  tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
  budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan |  | |||||
| 
IPK Pengayaan: (Tidak Wajib) 
Menyimpulkan |  | |||||
 Rubrik Konsep  HOTS
Rubrik Konsep  HOTS                                                                                                                                                       
Rubrik  ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil
kerja konsep HOTS 
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.      Cermati tugas yang diberikan kepada peserta
pembekalan pada LK-1!
2.      Berikan nilai berdasarkan penilaian Anda
terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.       
Menuliskan integrasi nilai PPK kegiatan
pada video dengan tepat.
2.       
Menuliskan integrasi literasi pada video
dengan tepat.
3.       
Menuliskan kegiatan yang termasuk transfer knowledge, critical creativity dan problem solving pada video dengan
tepat.
4.       
Menyusun pasangan KD dengan tepat
5.       
Menuliskan sumbu simetri pengetahuan
secara tepat
6.       
Merumuskan IPK secara tepat
Rubrik Penilaian:              
| 
Nilai | 
Rubrik | 
| 
90 < nilai £100 | 
Enam aspek sesuai dengan kriteria | 
| 
80 < nilai £90 | 
Lima aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek
  kurang sesuai | 
| 
70 < nilai £80 | 
Empat aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek
  kurang sesuai | 
| 
60 < nilai £70 | 
Tiga  aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai | 
| 
<60 | 
Dua aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai | 
 
 
Let me tell you something...
BalasHapusWhat I'm going to tell you may sound really weird, maybe even a little "strange"
BUT what if you could just press "Play" to LISTEN to a short, "magical tone"...
And suddenly bring MORE MONEY to your LIFE??
And I'm talking about thousands... even MILLIONS of DOLLARS!
Sounds way too EASY?? Think it's IMPOSSIBLE?
Well then, Let me tell you the news.
Usually the most magical miracles in life are also the EASIEST!
In fact, I will PROVE it to you by letting you listen to a real-life "miracle money tone" I've produced...
YOU just press "Play" and watch as your abundance angels fly into your life.. starting pretty much right away..
GO here to PLAY the marvelous "Miracle Money-Magnet Tone" as my gift to you!