Halooo.... Semoga bermanfaat

Rabu, 28 Juli 2021

PEMBELAJARAN 2 KONDISI ALAM : AKTIFITAS 4 MENGANALISIS PENGARUH KEADAAN ALAM TERHADAP PEREKONOMIAN NEGARA JEPANG, AMERIKA SERKAT DAN MESIR

 

1.      Aktivitas 4 : menganalisis pengaruh keadaan alam terhadap perekonomian negara Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Mesir

 

Kehidupan manusia di permukaan bumi dipengaruhi oleh bentang alam di daerah tersebut. . Manusia termasuk ke dalam salah satu mahluk hidup yang paling aktif dalam mempengaruhi berinteraksi terhadap lingkungan. Hal ini terlihat dari aktivitas manusia yang mampu mengubah kondisi dari lingkungan alam untuk memenuhi kebutuhan mereka. Adanya keterkaitan antara manusia dan lingkungan tersebut menghasilakan suatu kegiatan ekonomi. Misalnya desa yang berupa dataran rendah yang tanahnya subur pada umumnya penduduknya bermata pencarian sebagai petani. Mereka menanam padi dan tanaman pangan lainnya. Penduduk yang tinggal di pegunungan biasanya berkebun tanaman keras ataupun sayuran. Sedangkan penduduk yang tinggal di daerah pantai maka kebanyakan bermata pencaharian sebagai nelayan.

Kehidupan ekonomi atau kondisi perekonomian negara Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Mesir juga dipengaruhi oleh kondisi alam negara- negara tersebut. Nah, bagaimana kondisi perekonomian negara-negara tersebut sebagai pengaruh dari kondisi alamnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan Ananda lakukan aktivitas berikut ini!

a.       Buka buku siswa tentang kondisi alam negara-negara di dunia!

b.      Baca tentang kondisi alam negara Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Mesir!

c.       Carilah sumber lainnya untuk melengkapi pemahaman kalian, misalnya dari internet!

d.      Isilah tabel di bawah ini!

No

Nama Negara

Kondisi Alam

Keadaan perekonomian sebagai pengaruh kondisi alam

1

Jepang

....................

................................

2

Amerika

Serikat

....................

................................

3

Inggris

....................

.....................................

4

Australia

....................

.....................................

5

Mesir

.....................

.....................................

 

Setelah Ananda menyelesaikan aktivitas 1 sampai 4 di atas, presentasikan hasil kerja Ananda dengan menggunakan perangkat daring yang disediakan guru. Apabila guru tidak meminta presentasi secara daring, serahkan pekerjaan Ananda kepada guru untuk diperiksa dan memperoleh umpan balik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar