PEMBELAJARAN 3 UPAYA MENANGGULANGI ARUS GLOBALISASI
Arus globalisasi yang masuk begitu deras tidak bisa kita tolak dan tidak bisa kita hindarkan. Yang bisa kita lakukan adalah mengambil sikap dalam menghadapi globalisasi. Pengaruh positif globalisasi kita akomodasi, di adaptasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sedangkan pengaruh yang negatif, kita tolak dan di hindari supaya masyarakat terhindar dari penurunan moral dan budaya asli setempat.
Pancasila merupakan jatidiri bangsa yang digali dari nilai nilai luhur bangsa saat mendirikan Negara Kesatuan Repubik Indonesia. Oleh karena itu Pancasila haris menjadi filter yang kuat dalam menyaring arus globalisasi yang masuk ke Indonesia. Nilai-nilai budaya asli Indonesia yang sudah mengakar harus dijaga, dilestarikan supaya kita tidak kehilangan jatidiri bangsa.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui serangkaian aktifitas pembelajaran 3 dalam modul 3 ini, di harapkan Ananda dapat;
1. Memberikan contoh upaya untuk menghadapi arus globalisasi dalam bidang budaya
2. Menentukan sikap dalam menghadapi arus globalisasi dalam bidang Iptek dan komunikasi
3. Memberikan penjelasan hubungan antara globalisasi dengan kehidupan kebangsaan
B. Peran Guru dan Orang Tua
1. Peran Guru
a. Menjadi fasilitator dalam mendukung siswa belajar secara mandiri
b. Memberikan motivasi kepada siswa dalam pelaksanaan kegiatan belajar mandiri
c. Memberikan bantuan dan pengarahan aapabila siswa mengalami kesulitan belajar
2. Peran Orang Tua
a. Mengingatkan siswa untuk senantiasa mempelajari modul
b. Mendampingi dan memberikan motivasi kepada siswa dalam mempelajari modul
c. Memberikan fasiltas dan bantuan kepada siswa selama mempelajari modul
d. Mengontrol kelancaran siswa dalam mempelajari modul
e. Mengingatkan pada siswa kelengkapan dan batas waktu dalam pengumpulan tugas dalam modul.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar