Halooo.... Semoga bermanfaat

Rabu, 28 Juli 2021

MATERI PJJ IPS KELAS IX PEMBELAJARAN 2 KONDISI ALAM NEGARA-NEGARA DIDUNIA

 

PEMBELAJARAN 2: KONDISI ALAM NEGARA-NEGARA DI DUNIA

 

Tentunya Ananda telah memahami bahwa di dunia ini terdapat banyak negara, yaitu sekitar 196 negara yang tersebar di berbagai benua yang ada di dunia ini. Persebaran negara- negara di muka bumi meliputi, 50 negara terdapat di Benua Asia, benua Eropa terdapat 50 negara, benua Amerika 35 negara, benua Afrika 53 negara, dan benua Australia 1 negara, serta 8 negara di daerah Oseania (https://sites.google.com/) Masing- masing negara memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan keadaan alam maupun dengan keadaan penduduknya. Keadaan alam meliputi lokasi, iklim, bentuk muka bumi, geologi, flora dan fauna. Beberapa negara yang ada di benua-benua tersebut akan Ananda pelajari pada pembelajaran 2 ini, yaitu negara Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Mesir. Tentunya dalam benak Ananda muncul beberapa pertanyaan seperti dimanakah lokasi negara-negara tersebut? Bagaimana kondisi iklim, alam, dan perekonomian negara-negara tersebut?. Beberapa pertanyaan tersebut akan Ananda temukan pada pembelajaran 2 ini setelah Ananda mengikuti beberapa aktivitas berikut.

 

Sebagaimana telah Ananda ketahui bahwa setiap negara di dunia ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik ditinjau dari segi ekonomi, penduduk, iklim, kondisi alam, dan sosial budayanya. Mengapa demikian? Pada bagian ini Ananda akan mempelajari letak, luas, kondisi, alam, kondisi iklim, dan perekonomian negara Jepang, Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan Mesir.

A.   Tujuan Pembelajaran

 

Setelah melakukan serangkaian aktivitas pada pembelajaran 2 ini, diharapkan Ananda dapat:

1.      menunjukkan letak wilayah negara Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Mesir

2.      menganalisis jenis iklim di negara Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Mesir berdasarkan letak lintang

3.      membandingkan keadaan alam negara Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Mesir

4.      menganalisis pengaruh keadaan alam terhadap perekonomian negara Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Mesir

5.      menggambar peta keadaan alam negara Mesir

 B. Peran Guru dan Peran Orang Tua

  1. Menyiapkan bahan ajar letak dan luas Benua Asia dan benua lainnya 
  2. Melaksanakan pembelajaran dengan memandu siswa melaksanakan aktivitas pembelajaran
  3. Melakukan monitoring dan penilaian pembelajaran
  4. Berkomunikasi secara efektif dengan orang tua/wali siswa 
  5. Memberikan umpan balik tugas-tugas siswa

Peran Orang Tua

1.      Memastikan siswa siap untuk belajar dengan kelengkapan peralatan dan bahan ajar

2.      Mendampingi siswa dan membantu menyelesaikan tugas-tugas

3.      Berkomunikasi secara efektif kepada guru apabila terdapat kesulitan belajar di rumah

4.      Mendampingi siswa menyerahkan tugas-tugas kepada guru

 

Aktifitas Pembelajaran 1

Aktifitas Pembelajaran 2

Aktifitas Pembelajaran 3

Aktifitas Pembelajaran 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar