Aktivitas 1. 3 Menganalisis Bentuk-bentuk dan Saluran Globalisasi
Proses mendunia atau globalisasi sebenarnya bukanlah suatu fenomena baru karena proses globalisasi telah terjadi sejak berabad-abad lamanya. Perdagangan yang berkembang pesat setelah ditemukannya teknologi kapal layar dan alat navigasi telah membuat rempah- rempah dari Indonesia terkenal hingga Eropa. Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 ini arus globalisasi berkembang pesat akibat pertukaran informasi yang cepat setelah ditemukannya teknologi komunikasi dan informasi berbasis internet.
Adanya hubungan yang mendunia dari bentuk-bentuk globalisasi dipengaruhi oleh adanya saluran-saluran pendukung. Adapun saluran pendukung proses globalisasi diantaranya adalah;
1. Saluran pergaulan; adanya kontak antar kebudayaan, perpindahan penduduk akibat tuntutan ekonomi dan kunjungan akibat aktifitas pariwisata, membuat seseorang dengan mudah mempelajari dan memahami kebudayaan asing. Pertukaran tenaga pendidikan, pertukaran pelajar, misi kebudayaan, dan lain sebagainya membuat seseorang individu tidak hanya memahami budaya tempat ia lahir tetapi juga kebudayaan tempat ia pernah tinggal. Secara sadar atau tidak sadar, Individu akan mempelajari, menyerap kebiasaan dan pola kehidupan masyarakat lain yang ia anggap sesuai dan dapat menyelesaikan permasalahan kehidupan yang dihadapinya.
2. Saluran teknologi; berbagai peralatan teknologi merupakan saluran globalisasi yang membawa pengaruh yang sangat besar bagi suatu masyarakat. Seperti telah diungkapkan pada bagian awal, saluran teknologi modern membuat pertukaran ide dan informasi berjalan lebih cepat tanpa mengenal batas dan birokrasi antar negara. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi membuat potensi besar pada perubahan sosial dan budaya masyarakat.
Gambar 3.4. Arus globalisasi berkembang semakin pesat melalui aplikasi teknologi informasi dan komunikasi yang mendunia.
3. Saluran ekonomi; produk-produk baru yang membutuhkan pasar dapat dengan cepat diinformasikan pada konsumen seluruh dunia. Saat ini melalui teknologi internet, sistem bisnis dapat dilakukan secara internasional melalui telemarketing. Serbuan produk-produk baru dari luar negeri dapat mengakibatkan perubahan pada gaya hidup, aktifitas sosial dan ekonomi masyarakat.
4. Saluran media hiburan; produk-produk hiburan seperti film lagu, dan berbagai jenis produk permainan/games kini beredar luas melalui sarana internet. Hiburan dan permainan dari luar dapat membawa cara berpikir dan bertindak masyarakat luar negeri sehingga dapat memengaruhi mental masyarakat Indonesia. Pengaruh budaya dari produk hiburan perlu diwaspadai agar generasi muda terlindung dari degradasi moral.
Setelah Ananda mengetahui saluran-saluran globalisasi pada penjelasan diatas, pahamilah bentuk-bentuk perubahan sosial budaya akibat globalisasi dan berilah Check List ( ü ) pada saluran globalisasi yang Ananda anggap menjadi sebab perubahan tersebut!
No. |
Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya dalam masyarakat akibat Globalisasi |
SALURAN GLOBALISASI |
|||
Pergaulan |
Teknologi |
Ekonomi |
Media Hiburan |
||
1. |
Penggunaan pupuk Urea sebagai pengganti kompos / pupuk kandang. |
|
|
|
|
2. |
Anak laki-laki masa kini memakai anting-anting di telinga. |
|
|
|
|
3. |
Sistem pemerintahan pada masa penjajahan yang berubah sejak masa kemerdekaan menjadi demokratis dan Pemilu |
|
|
|
|
4. |
Kedaraan tradisional bertenaga hewan berganti tenaga mesin pada jaman sekarang. |
|
|
|
|
5. |
Pengiriman berita melalui surat berganti menggunakan SMS dan e- mail yang kini meluas di masyarakat |
|
|
|
|
6. |
Benih – benih hibrida yang ditanam petani sekarang, menggantikan benih lokal |
|
|
|
|
7. |
Remaja yang memakai pakaian dengan model-model masa kini yang selalu mengikuti perkembangan mode. |
|
|
|
|
8. |
Handphone sebagai sarana yang penting dalam berhubungan dengan orang lain, sudah menjadi hal yang biasa saat ini. |
|
|
|
|
9 |
Penggunaan internet facebook, WhatsApp, untuk berhubungan dengan orang lain |
|
|
|
|
10 |
Adanya barang-barang dari luar negeri yang menjamur di Indonesia, seperti (Coca cola, KFC, Mc Donald, dll) |
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar