AKTIVITAS 1.1.
Menjelaskan Dampak Prubahan Interaksi Antarruang
Terjadinya pergerakan orang, barang, dan informasi memerlukan sarana dan prasarana. Pembangunan sarana dan prasarana akan semakin meningkat dengan meningkatnya pergerakan tersebut. Kendaraan, jalan, fasilitas umum, pusatpusat perdagangan, dan lainlain terus bertambah dengan semakin meningkatnya interaksi keruangan.
Pergerakan orang, barang dan jasa pada suatu lokasi tertentu akan menimbulkan pemusatan aktivitas manusia pada lokasi tujuan. Pemusatan aktivitas penduduk tersebut kemudian mem bentuk daerah perkotaan. Daerah perkotaan merupakan pusat pertumbuhan suatu wilayah karena sebagian besar aktivitas ter konsentrasi di wilayah perkotaan. Jadi, pergerakan orang sebagai bentuk interaksi keruangan menimbulkan perubahan. Berbagai perubahan akibat interaksi keruangan yaitu sebagai berikut. Ber kembangnya pusatpusat pertumbuhan, perubahan penggunaan lahan, perubahan orientasi mata pencaharian atau pekejaan, ber kembangnya sarana dan prasaran, perubahan sosial budaya, dan perubahan komposisi penduduk.
Sesuai namanya MRT adalah sarana angkutan yang dapat mengangkut penumpang dalam jumlah besar secara cepat. MRT yang merupakan suatu sistem transportasi perkotaan memiliki kriteria utama yaitu, daya angkut besar, cepat (waktu tempuh cepat dan frekuensi tinggi), dan transit (berhenti di banyak stasiun di titik utama perkotaan). Saat ini baru tersedia di Jakarta dan Sumatra Selatan, Namun pengaruh sarana transpostasi ini sangat besar dalam meningkatkan interaksi antarruang dengan daerah sekitar Jakarta yaitu Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Ber dasarkan wacana tersebut interaksi antarruang akibat perubahan sarana dan prasarana maka bentuk interaksi antarruang yang ter jadi adalah;
Tabel 1. Bentuk Interaksi Antarruang
Bentuk Interaksi Antarruang |
Keterangan |
Mobilitas sosial |
interaksi antarruang yang terjadi dalam bentuk pergerakan manusia, dalam hal ini penduduk Jakarta dengan penduduk sekitar Jakarta mencakup Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. |
Komunikasi |
interaksi antarruang yang terjadi melalui perpindahan gagasan dan informasi, baik langsung melalui pergerakan manusia maupun tidak langsung dengan sarana komunikasi yaitu telepon, Hp, maupun melalui media sosial. |
Transportasi |
interaksi antarruang yang terjadi melalui perpindahan barang atau energi. Sarana transportasi di Jakarta dan sekitarnya sangat beragam dan modern terutama transportai darat, yaitu; Bus, Taksi, Kereta api, KRL, MRT, LRT, dan ojeg online. |
Untuk mendapatkan pemahaman materi lebih dalam silahkan Ananda baca buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VII, Kemdikbud, 2016. Halaman 7578 Silahkan Ananda jelaskan aki bat interaksi antarruang dengan mengisi tabel berikut.
Dampak Perubahan Interaksi antarruang |
Penjelasan |
|
……………………………………………………….. |
Berkembangnya pusat- |
……………………………………………………….. |
pusat pertumbuhan,. |
……………………………………………………….. |
|
……………………………………………………….. |
Perubahan penggunaan |
……………………………………………………….. |
lahan |
……………………………………………………….. |
|
……………………………………………………….. |
Perubahan bidang |
……………………………………………………….. |
pekerjaan |
……………………………………………………….. |
|
……………………………………………………….. |
Perubahan sosial |
……………………………………………………….. |
budaya |
……………………………………………………….. |
|
……………………………………………………….. |
Berkembangnya sarana, |
……………………………………………………….. |
rasaran |
……………………………………………………….. |
|
……………………………………………………….. |
Perubahan komposisi |
……………………………………………………….. |
penduduk |
……………………………………………………….. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar