Halooo.... Semoga bermanfaat

Jumat, 14 Maret 2025

contoh kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka untuk jenjang SMP.

 Berikut adalah beberapa contoh kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka untuk jenjang SMP.

P5 bertujuan untuk membentuk karakter dan kompetensi siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila, dengan pembelajaran berbasis projek nyata yang mendorong keterlibatan aktif siswa.


1. Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan

Judul: "Eco-School: Sekolah Ramah Lingkungan"

πŸ“Œ Tujuan:

  • Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan.
  • Menerapkan gaya hidup ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

πŸ“Œ Kegiatan:
βœ… Melakukan audit sampah di sekolah dan membuat laporan pengelolaannya.
βœ… Kampanye β€œBawa Tumbler” untuk mengurangi sampah plastik.
βœ… Membuat biopori atau kompos dari sampah organik.
βœ… Menanam pohon dan merawat tanaman hijau di sekolah.
βœ… Mendaur ulang sampah menjadi produk bernilai ekonomi (misalnya, kerajinan dari plastik bekas).

πŸ“Œ Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan:
βœ… Bernalar Kritis
βœ… Gotong Royong
βœ… Mandiri


2. Tema: Kebinekaan Global

Judul: "Jelajah Budaya Nusantara"

πŸ“Œ Tujuan:

  • Menanamkan rasa cinta dan penghargaan terhadap keberagaman budaya di Indonesia.
  • Meningkatkan sikap toleransi dan kebersamaan dalam keberagaman.

πŸ“Œ Kegiatan:
βœ… Festival budaya dengan stand dari berbagai daerah di Indonesia.
βœ… Pameran makanan khas daerah, pakaian adat, dan tarian tradisional.
βœ… Membuat film pendek atau vlog tentang budaya daerah.
βœ… Mengadakan diskusi tentang keberagaman dan toleransi di Indonesia.
βœ… Membuat buku digital tentang suku-suku di Indonesia.

πŸ“Œ Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan:
βœ… Berkebinekaan Global
βœ… Kreatif
βœ… Gotong Royong


3. Tema: Bangunlah Jiwa dan Raganya

Judul: "Sehat dan Bugar untuk Masa Depan"

πŸ“Œ Tujuan:

  • Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya pola hidup sehat.
  • Mendorong kebiasaan olahraga dan pola makan bergizi.

πŸ“Œ Kegiatan:
βœ… Mengadakan program "Senam Sehat" setiap minggu.
βœ… Mengadakan kompetisi olahraga antar kelas (futsal, bulu tangkis, basket).
βœ… Mengikuti tantangan "Sehat dalam Seminggu" (mengatur pola makan sehat dan olahraga harian).
βœ… Menulis jurnal kebiasaan sehat setiap hari dan mengevaluasi perkembangannya.
βœ… Mengadakan talkshow dengan dokter atau ahli gizi tentang pola makan sehat dan kesehatan mental.

πŸ“Œ Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan:
βœ… Mandiri
βœ… Bernalar Kritis
βœ… Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan YME


4. Tema: Suara Demokrasi

Judul: "Simulasi Pemilu di Sekolah"

πŸ“Œ Tujuan:

  • Memahami konsep demokrasi dan cara memilih pemimpin dengan adil dan transparan.
  • Mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, dan kritis dalam memilih pemimpin.

πŸ“Œ Kegiatan:
βœ… Simulasi pemilihan ketua OSIS menggunakan sistem pemilu yang nyata.
βœ… Siswa membuat partai mini dengan program kerja yang jelas.
βœ… Debat kandidat untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja.
βœ… Pemungutan suara dengan surat suara dan kotak suara.
βœ… Evaluasi proses demokrasi dan diskusi tentang pentingnya partisipasi politik.

πŸ“Œ Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan:
βœ… Gotong Royong
βœ… Bernalar Kritis
βœ… Mandiri


5. Tema: Rekayasa dan Teknologi

Judul: "Inovasi Teknologi untuk Kehidupan"

πŸ“Œ Tujuan:

  • Mengembangkan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah menggunakan teknologi sederhana.

πŸ“Œ Kegiatan:
βœ… Membuat dan menguji alat penyaring air sederhana.
βœ… Merancang miniatur jembatan atau gedung tahan gempa menggunakan stik es krim.
βœ… Membuat robot sederhana dengan bahan bekas atau komponen elektronik dasar.
βœ… Mengadakan lomba inovasi teknologi sederhana antar kelompok siswa.
βœ… Meneliti dan mendokumentasikan teknologi tradisional di daerah sekitar.

πŸ“Œ Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan:
βœ… Kreatif
βœ… Bernalar Kritis
βœ… Mandiri


6. Tema: Kewirausahaan

Judul: "Muda Berkarya, Wirausaha Sejak Dini"

πŸ“Œ Tujuan:

  • Mengajarkan siswa konsep dasar kewirausahaan dan manajemen keuangan.
  • Mendorong kreativitas dan inovasi dalam menciptakan produk atau jasa.

πŸ“Œ Kegiatan:
βœ… Membuat produk sederhana seperti makanan ringan, kerajinan tangan, atau aksesoris.
βœ… Menyusun strategi pemasaran dan promosi, termasuk menggunakan media sosial.
βœ… Mengelola modal dan mencatat laporan keuangan sederhana.
βœ… Mengadakan bazar mini untuk menjual produk buatan siswa.
βœ… Mengundang wirausahawan muda untuk berbagi pengalaman sukses.

πŸ“Œ Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan:
βœ… Kreatif
βœ… Mandiri
βœ… Gotong Royong


Kesimpulan

P5 di jenjang SMP menekankan pembelajaran berbasis proyek yang tidak hanya meningkatkan pengetahuan, tetapi juga karakter, keterampilan sosial, dan berpikir kritis.

πŸ’‘ Kegiatan-kegiatan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi sekolah masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar