Berikut adalah beberapa contoh kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka untuk jenjang SMP.
P5 bertujuan untuk membentuk karakter dan kompetensi siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila, dengan pembelajaran berbasis projek nyata yang mendorong keterlibatan aktif siswa.
1. Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan
Judul: "Eco-School: Sekolah Ramah Lingkungan"
π Tujuan:
- Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan.
- Menerapkan gaya hidup ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.
π Kegiatan:
β
Melakukan audit sampah di sekolah dan membuat laporan pengelolaannya.
β
Kampanye βBawa Tumblerβ untuk mengurangi sampah plastik.
β
Membuat biopori atau kompos dari sampah organik.
β
Menanam pohon dan merawat tanaman hijau di sekolah.
β
Mendaur ulang sampah menjadi produk bernilai ekonomi (misalnya, kerajinan dari plastik bekas).
π Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan:
β
Bernalar Kritis
β
Gotong Royong
β
Mandiri
2. Tema: Kebinekaan Global
Judul: "Jelajah Budaya Nusantara"
π Tujuan:
- Menanamkan rasa cinta dan penghargaan terhadap keberagaman budaya di Indonesia.
- Meningkatkan sikap toleransi dan kebersamaan dalam keberagaman.
π Kegiatan:
β
Festival budaya dengan stand dari berbagai daerah di Indonesia.
β
Pameran makanan khas daerah, pakaian adat, dan tarian tradisional.
β
Membuat film pendek atau vlog tentang budaya daerah.
β
Mengadakan diskusi tentang keberagaman dan toleransi di Indonesia.
β
Membuat buku digital tentang suku-suku di Indonesia.
π Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan:
β
Berkebinekaan Global
β
Kreatif
β
Gotong Royong
3. Tema: Bangunlah Jiwa dan Raganya
Judul: "Sehat dan Bugar untuk Masa Depan"
π Tujuan:
- Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya pola hidup sehat.
- Mendorong kebiasaan olahraga dan pola makan bergizi.
π Kegiatan:
β
Mengadakan program "Senam Sehat" setiap minggu.
β
Mengadakan kompetisi olahraga antar kelas (futsal, bulu tangkis, basket).
β
Mengikuti tantangan "Sehat dalam Seminggu" (mengatur pola makan sehat dan olahraga harian).
β
Menulis jurnal kebiasaan sehat setiap hari dan mengevaluasi perkembangannya.
β
Mengadakan talkshow dengan dokter atau ahli gizi tentang pola makan sehat dan kesehatan mental.
π Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan:
β
Mandiri
β
Bernalar Kritis
β
Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan YME
4. Tema: Suara Demokrasi
Judul: "Simulasi Pemilu di Sekolah"
π Tujuan:
- Memahami konsep demokrasi dan cara memilih pemimpin dengan adil dan transparan.
- Mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, dan kritis dalam memilih pemimpin.
π Kegiatan:
β
Simulasi pemilihan ketua OSIS menggunakan sistem pemilu yang nyata.
β
Siswa membuat partai mini dengan program kerja yang jelas.
β
Debat kandidat untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja.
β
Pemungutan suara dengan surat suara dan kotak suara.
β
Evaluasi proses demokrasi dan diskusi tentang pentingnya partisipasi politik.
π Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan:
β
Gotong Royong
β
Bernalar Kritis
β
Mandiri
5. Tema: Rekayasa dan Teknologi
Judul: "Inovasi Teknologi untuk Kehidupan"
π Tujuan:
- Mengembangkan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah menggunakan teknologi sederhana.
π Kegiatan:
β
Membuat dan menguji alat penyaring air sederhana.
β
Merancang miniatur jembatan atau gedung tahan gempa menggunakan stik es krim.
β
Membuat robot sederhana dengan bahan bekas atau komponen elektronik dasar.
β
Mengadakan lomba inovasi teknologi sederhana antar kelompok siswa.
β
Meneliti dan mendokumentasikan teknologi tradisional di daerah sekitar.
π Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan:
β
Kreatif
β
Bernalar Kritis
β
Mandiri
6. Tema: Kewirausahaan
Judul: "Muda Berkarya, Wirausaha Sejak Dini"
π Tujuan:
- Mengajarkan siswa konsep dasar kewirausahaan dan manajemen keuangan.
- Mendorong kreativitas dan inovasi dalam menciptakan produk atau jasa.
π Kegiatan:
β
Membuat produk sederhana seperti makanan ringan, kerajinan tangan, atau aksesoris.
β
Menyusun strategi pemasaran dan promosi, termasuk menggunakan media sosial.
β
Mengelola modal dan mencatat laporan keuangan sederhana.
β
Mengadakan bazar mini untuk menjual produk buatan siswa.
β
Mengundang wirausahawan muda untuk berbagi pengalaman sukses.
π Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan:
β
Kreatif
β
Mandiri
β
Gotong Royong
Kesimpulan
P5 di jenjang SMP menekankan pembelajaran berbasis proyek yang tidak hanya meningkatkan pengetahuan, tetapi juga karakter, keterampilan sosial, dan berpikir kritis.
π‘ Kegiatan-kegiatan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi sekolah masing-masing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar