RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM MERDEKA
A. Identitas
- Nama Sekolah: [Isi Nama Sekolah]
- Mata Pelajaran: [Isi Mata Pelajaran]
- Fase/Kelas: [Fase A/B/C/D atau Kelas 1-12]
- Alokasi Waktu: [Misal: 2 x 45 menit]
- Topik/Pokok Bahasan: [Judul Materi Pembelajaran]
- Tanggal Pelaksanaan: [Isi Tanggal]
B. Capaian Pembelajaran (CP)
Tuliskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai sesuai dengan capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka.
C. Tujuan Pembelajaran
Jelaskan secara singkat tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran ini, misalnya:
- Siswa dapat memahami konsep ...
- Siswa mampu menerapkan ...
- Siswa dapat menganalisis ...
D. Profil Pelajar Pancasila
Tentukan elemen Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan dalam pembelajaran, misalnya:
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
- Berkebinekaan global
- Gotong royong
- Mandiri
- Bernalar kritis
- Kreatif
E. Materi Pembelajaran
Jelaskan pokok-pokok materi yang akan dipelajari dalam pertemuan ini, misalnya:
- Pengertian dan konsep dasar ...
- Contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari ...
F. Metode Pembelajaran
Tentukan metode yang digunakan, misalnya:
- Diskusi kelompok
- Problem Based Learning (PBL)
- Project Based Learning (PjBL)
- Tanya jawab
- Demonstrasi
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10-15 menit)
- Guru membuka pelajaran dengan salam dan doa.
- Mengajak siswa melakukan refleksi/pembukaan dengan pertanyaan pemantik.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Inti (60-70 menit)
- Eksplorasi: Guru memberikan informasi atau stimulus awal terkait materi.
- Elaborasi: Siswa melakukan kegiatan belajar sesuai metode yang dipilih (diskusi, eksperimen, proyek, dll.).
- Konfirmasi: Guru membimbing siswa dalam memahami konsep dan menjawab pertanyaan siswa.
Penutup (10-15 menit)
- Guru dan siswa melakukan refleksi pembelajaran.
- Menyimpulkan hasil belajar.
- Menyampaikan tugas lanjutan atau pertanyaan reflektif.
H. Asesmen (Penilaian)
- Asesmen Formatif: Dilakukan selama proses pembelajaran, misalnya melalui observasi, tanya jawab, atau kuis.
- Asesmen Sumatif: Dilakukan di akhir pembelajaran, misalnya dalam bentuk tes tertulis, proyek, atau tugas individu/kelompok.
I. Sumber Belajar
- Buku teks
- Artikel atau jurnal
- Media pembelajaran digital
- Video atau infografis
J. Refleksi Guru
Setelah pembelajaran, guru mencatat evaluasi:
- Apa yang sudah berjalan dengan baik?
- Apa yang perlu diperbaiki?
- Bagaimana respons siswa terhadap pembelajaran?
Format ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jenjang pendidikan yang diajarkan. Apakah Anda ingin contoh RPP dengan materi spesifik? 😊
Tidak ada komentar:
Posting Komentar