Halooo.... Semoga bermanfaat

Jumat, 14 Maret 2025

FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM MERDEKA

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM MERDEKA

A. Identitas

  • Nama Sekolah: [Isi Nama Sekolah]
  • Mata Pelajaran: [Isi Mata Pelajaran]
  • Fase/Kelas: [Fase A/B/C/D atau Kelas 1-12]
  • Alokasi Waktu: [Misal: 2 x 45 menit]
  • Topik/Pokok Bahasan: [Judul Materi Pembelajaran]
  • Tanggal Pelaksanaan: [Isi Tanggal]

B. Capaian Pembelajaran (CP)

Tuliskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai sesuai dengan capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka.

C. Tujuan Pembelajaran

Jelaskan secara singkat tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran ini, misalnya:

  • Siswa dapat memahami konsep ...
  • Siswa mampu menerapkan ...
  • Siswa dapat menganalisis ...

D. Profil Pelajar Pancasila

Tentukan elemen Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan dalam pembelajaran, misalnya:

  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
  • Berkebinekaan global
  • Gotong royong
  • Mandiri
  • Bernalar kritis
  • Kreatif

E. Materi Pembelajaran

Jelaskan pokok-pokok materi yang akan dipelajari dalam pertemuan ini, misalnya:

  • Pengertian dan konsep dasar ...
  • Contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari ...

F. Metode Pembelajaran

Tentukan metode yang digunakan, misalnya:

  • Diskusi kelompok
  • Problem Based Learning (PBL)
  • Project Based Learning (PjBL)
  • Tanya jawab
  • Demonstrasi

G. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pendahuluan (10-15 menit)

  1. Guru membuka pelajaran dengan salam dan doa.
  2. Mengajak siswa melakukan refleksi/pembukaan dengan pertanyaan pemantik.
  3. Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Inti (60-70 menit)

  1. Eksplorasi: Guru memberikan informasi atau stimulus awal terkait materi.
  2. Elaborasi: Siswa melakukan kegiatan belajar sesuai metode yang dipilih (diskusi, eksperimen, proyek, dll.).
  3. Konfirmasi: Guru membimbing siswa dalam memahami konsep dan menjawab pertanyaan siswa.

Penutup (10-15 menit)

  1. Guru dan siswa melakukan refleksi pembelajaran.
  2. Menyimpulkan hasil belajar.
  3. Menyampaikan tugas lanjutan atau pertanyaan reflektif.

H. Asesmen (Penilaian)

  1. Asesmen Formatif: Dilakukan selama proses pembelajaran, misalnya melalui observasi, tanya jawab, atau kuis.
  2. Asesmen Sumatif: Dilakukan di akhir pembelajaran, misalnya dalam bentuk tes tertulis, proyek, atau tugas individu/kelompok.

I. Sumber Belajar

  • Buku teks
  • Artikel atau jurnal
  • Media pembelajaran digital
  • Video atau infografis

J. Refleksi Guru

Setelah pembelajaran, guru mencatat evaluasi:

  • Apa yang sudah berjalan dengan baik?
  • Apa yang perlu diperbaiki?
  • Bagaimana respons siswa terhadap pembelajaran?

Format ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jenjang pendidikan yang diajarkan. Apakah Anda ingin contoh RPP dengan materi spesifik? 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar