RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester: VII/1
Alokasi Waktu: 2 x 40 menit
Materi Pokok: Interaksi Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari
Kurikulum: Merdeka
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
- Menjelaskan pengertian interaksi sosial.
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari.
- Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.
- Menunjukkan sikap aktif dalam berdiskusi dan menghargai pendapat orang lain.
Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
- Berkebinekaan global.
- Bergotong royong.
- Bernalar kritis.
- Mandiri.
- Kreatif.
Alur Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (15 menit)
- Guru membuka pembelajaran dengan salam dan doa.
- Ice-breaking: Guru mengajak peserta didik untuk berbagi pengalaman terkait interaksi sosial yang pernah mereka alami.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (50 menit)
Eksplorasi (20 menit):
- Guru menjelaskan konsep interaksi sosial dan bentuk-bentuknya menggunakan media visual (gambar/video).
- Peserta didik mengamati contoh interaksi sosial dari video pendek yang diputar oleh guru.
Elaborasi (20 menit):
- Diskusi kelompok: Peserta didik diberikan beberapa studi kasus tentang interaksi sosial dan diminta untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi tersebut.
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
Konfirmasi (10 menit):
- Guru memberikan umpan balik dan meluruskan pemahaman peserta didik terkait interaksi sosial.
- Refleksi singkat: Peserta didik menuliskan pengalaman mereka dalam interaksi sosial dan bagaimana mereka bisa meningkatkan kualitas interaksi tersebut.
3. Penutup (15 menit)
- Guru mengajak peserta didik untuk menyimpulkan pembelajaran hari ini.
- Guru memberikan pertanyaan reflektif: “Bagaimana interaksi sosial dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari?”
- Guru memberikan tugas individu: Menuliskan contoh interaksi sosial dalam kehidupan mereka dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
- Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
Asesmen Pembelajaran
- Asesmen Formatif: Observasi keaktifan peserta didik dalam diskusi kelompok.
- Asesmen Sumatif: Tugas individu mengenai contoh interaksi sosial.
- Refleksi: Peserta didik menuliskan pengalaman interaksi sosial mereka.
Sumber dan Media Pembelajaran
- Buku teks IPS kelas VII.
- Video pendek tentang interaksi sosial.
- Artikel atau berita tentang interaksi sosial di masyarakat.
Diferensiasi Pembelajaran
- Diferensiasi Konten: Materi diberikan dalam bentuk teks, gambar, dan video untuk menyesuaikan dengan gaya belajar siswa.
- Diferensiasi Proses: Siswa yang membutuhkan bimbingan lebih akan diberikan pendampingan khusus saat diskusi kelompok.
- Diferensiasi Produk: Siswa dapat memilih cara mereka menyampaikan hasil belajar, seperti dalam bentuk tulisan, presentasi, atau infografis.
Catatan Guru
- Menyesuaikan metode dengan kondisi kelas.
- Mendorong keterlibatan aktif seluruh peserta didik.
- Menyediakan contoh nyata agar pembelajaran lebih kontekstual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar