Halooo.... Semoga bermanfaat

Minggu, 16 Maret 2025

CONTOH RENCANA PEMBELAJARAN IPS KURIKULUM MERDEKA

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester: VII/1
Alokasi Waktu: 2 x 40 menit
Materi Pokok: Interaksi Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari
Kurikulum: Merdeka

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pengertian interaksi sosial.
  2. Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.
  4. Menunjukkan sikap aktif dalam berdiskusi dan menghargai pendapat orang lain.

Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan

  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
  • Berkebinekaan global.
  • Bergotong royong.
  • Bernalar kritis.
  • Mandiri.
  • Kreatif.

Alur Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan (15 menit)

  • Guru membuka pembelajaran dengan salam dan doa.
  • Ice-breaking: Guru mengajak peserta didik untuk berbagi pengalaman terkait interaksi sosial yang pernah mereka alami.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari.

2. Kegiatan Inti (50 menit)

Eksplorasi (20 menit):

  • Guru menjelaskan konsep interaksi sosial dan bentuk-bentuknya menggunakan media visual (gambar/video).
  • Peserta didik mengamati contoh interaksi sosial dari video pendek yang diputar oleh guru.

Elaborasi (20 menit):

  • Diskusi kelompok: Peserta didik diberikan beberapa studi kasus tentang interaksi sosial dan diminta untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi tersebut.
  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.

Konfirmasi (10 menit):

  • Guru memberikan umpan balik dan meluruskan pemahaman peserta didik terkait interaksi sosial.
  • Refleksi singkat: Peserta didik menuliskan pengalaman mereka dalam interaksi sosial dan bagaimana mereka bisa meningkatkan kualitas interaksi tersebut.

3. Penutup (15 menit)

  • Guru mengajak peserta didik untuk menyimpulkan pembelajaran hari ini.
  • Guru memberikan pertanyaan reflektif: “Bagaimana interaksi sosial dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari?”
  • Guru memberikan tugas individu: Menuliskan contoh interaksi sosial dalam kehidupan mereka dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  • Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.

Asesmen Pembelajaran

  1. Asesmen Formatif: Observasi keaktifan peserta didik dalam diskusi kelompok.
  2. Asesmen Sumatif: Tugas individu mengenai contoh interaksi sosial.
  3. Refleksi: Peserta didik menuliskan pengalaman interaksi sosial mereka.

Sumber dan Media Pembelajaran

  • Buku teks IPS kelas VII.
  • Video pendek tentang interaksi sosial.
  • Artikel atau berita tentang interaksi sosial di masyarakat.

Diferensiasi Pembelajaran

  • Diferensiasi Konten: Materi diberikan dalam bentuk teks, gambar, dan video untuk menyesuaikan dengan gaya belajar siswa.
  • Diferensiasi Proses: Siswa yang membutuhkan bimbingan lebih akan diberikan pendampingan khusus saat diskusi kelompok.
  • Diferensiasi Produk: Siswa dapat memilih cara mereka menyampaikan hasil belajar, seperti dalam bentuk tulisan, presentasi, atau infografis.

Catatan Guru

  • Menyesuaikan metode dengan kondisi kelas.
  • Mendorong keterlibatan aktif seluruh peserta didik.
  • Menyediakan contoh nyata agar pembelajaran lebih kontekstual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar