RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Bangunsari
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Kelas/ Semester : VIII (Delapan)/ 2 (Genap)
Materi Pokok : Pergerakan Nasional Pada Masa Pendudukan Jepang dan Perubahan Masyarakat Akibat Penjajahan Bangsa Barat dan Jepang
Alokasi Waktu : 2 JP x 1
A. Kompetensi Inti
K1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
K2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong/royong, satun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif.
K3 : Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
K4 : Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, dan Nilai Karakter
Kompetensi Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Nilai Karakter |
3.4 Menganalisis kronologi, perubahan, dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan. |
3.4.1 Menjelaskan proses penguasaan wilayah Indonesia oleh Jepang 3.4.2.Menganalisis kebijakan pemerintah militer Jepang dalam penguasaan wilayah Indonesia Mengidentifikasi perjuangan pergerakan kebangsaan pada masa pendudukan Jepang 3.4.3.Menguraikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan bangsa barat dan Jepang |
Cinta tanah air, Kerja keras |
4.4 Menyajikan kronologi, perubahan, dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan. |
4.4.1 Menyajikan hasil telaah terkait identifikasi perjuangan pergerakan kebangsaan pada masa pendudukan Jepang Menyajikan gagasan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan bangsa barat dan Jepang |
Cinta tanah air, Kerja keras |
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menyaksikan film kedatangan Jepang ke Indonesia (https://youtu.be/DYAfR2jBldk) peserta didik mampu menjelaskan proses penguasaan wilayah Indonesia oleh Jepang dengan baik.
2. Dengan berdiskusi kelompok peserta didik mampu menganalisis kebijakan pemerintah militer Jepang dalam penguasaan wilayah Indonesia dengan tepat.
3. Dengan berdiskusi kelompok peserta didik mampu mengidentifikasi perjuangan pergerakan kebangsaan pada masa pendudukan Jepang dengan tepat.
D. Materi Pembelajaran
Pergerakan Nasional Pada Masa Pendudukan Jepang dan Perubahan Masyarkat Akibat Penjajahan Bangsa Barat dan Jepang
1. Materi pembelajaran regular
a. Kedatangan Jepang ke Indonesia
b. Kebijakan pemerintah militer Jepang dalam penguasan wilayah Indonesia
c. Perjuangan pergerakan kebangsaan pada masa pendudukan Jepang
d. Perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan bangsa barat dan Jepang
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2.
Model
Pembelajaran : Discovery Learning
3. Metode : Diskusi, Tanya jawab, Penugasan
F. Media dan Bahan
1. Media :
a. Gambar-gambar yang berkaitan dengan Pergerakan Nasional Pada Masa Pendudukan Jepang dan Perubahan Masyarakat Akibat Penjajahan Bangsa Barat dan Jepang
b. Video kedatangan Jepang Ke Indonesia https://youtu.be/DYAfR2jBldk
c. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
2. Bahan : LCD, laptop, speaker, papan tulis , kertas bufallo dan spidol warna
G. Sumber Belajar
1. Aini, dkk.2017. Dampak Penjajahan Barat Bagi Bangsa Indonesia. DiunduhTanggal 16 September 2019. Sumber: http://sule- epol.blogspot.com/2017/08/makalah-dampak-penjajahan-barat-bagi.html
2. Setiawan, Iwan, dkk. 2017. Buku Peserta didik Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (halaman 79-85)
3. Kharti, Irene Swastiwi Viandari. 2018. Dampak Kedatangan Bangsa Eropa Bagi Indonesia. DiunduhTanggal 16 September 2019. Sumber: https://blog.ruangguru.com/sejarah-kelas-11-dampak-kedatangan-
bangsa-eropa-bagi-indonesia
4. Septiani, Ayu. 2015. Kronologi Masuknya Jepang ke Indonesia. DiunduhTanggal 16 September 2019.
https://www.kompasiana.com/ayuseptiani/551ad3c2a333118 d20b65a3a/kronologi-masuknya-jepang-ke-indonesia
H. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan 1
Kegiatan |
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
1. Pendahuluan |
a. Melakukan pembukaan dengan mengucapkan salam, membaca do’a sebelum belajar b. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin c. Guru membangkitkan pengetahuan awal peserta didik dengan bercerita tentang Shodanco Suprijadi pahlawan Peta dari Blitar d. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai peserta didik e. Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran f. Guru menginformasikan teknik penilaian yang digunakan selama proses Pembelajaran |
15 Menit |
2. Kegiatan Inti |
a. Peserta didik mengamati film kedatangan Jepang ke Indonesia https://www.youtube.com/watch?v=DY AfR2jBldk https://www.youtube.com/watch?v=p4J wYn9jM_4&t=120s dan membaca artikel yang telah mereka terima (artikel Pemerintahan Militer Jepang dan Pergerakan Nasional di masa pendudukan Jepang Indonesia) b. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap film dan artikel tersebut, peserta didik secara mandiri membuat ringkasan/catatan tentang hal-hal penting yang terdapat dalam film maupun artikel tersebut c. Peserta didik menuliskan hasil pengamatan pada lembar pengamatan yang telah disediakan guru d. Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 4-5 anak. |
55 Menit |
|
e. Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk menyelesaikan LKPD yang telah diterimanya f. Salah satu di antara peserta didik dari wakil kelompok diminta menuliskan jawaban pada kertas asturo ukuran A3. g. Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang diketahui. h. Dengan berdiskusi peserta didik diminta mengumpulkan informasi/ data untukmenjawab pertanyaan yang telah dirumuskan dari berbagai sumber, seperti membaca buku siswa, serta referensi lain yang relevan, termasuk internet i. Peserta didik mengumpulkan informasi tentang kedatangan Jepang, pemerintahan Militer Jepang, dan pergerakan nasional pada zaman pendudukan Jepang di Indonesia j. Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaanyang telah dirumuskan (menyempurnakan jawaban sementara yang telah dirumuskandalam kelompok).
|
|
3. Penutup |
a. Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah berlangsung b. Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral. c. Peserta diingatkan untuk belajar materi selanjutnya. |
10 Menit |
I.
Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Sikap (Spiritual dan Sosial)
No. |
Teknik |
Bentuk
Instrumen |
Contoh Butir
Instrumen |
Waktu
Pelaksanaan |
Keterangan |
1. |
Observasi |
Jurnal |
Lihat |
Saat |
Penilaian |
|
|
|
lampiran |
pembelajaran |
untuk dan |
|
|
|
|
berlangsung |
Pencapaian |
|
|
|
|
|
Pembelajaran |
|
|
|
|
|
(assessment |
|
|
|
|
|
for and of |
|
|
|
|
|
learning) |
b. Pengetahuan
No. |
Teknik |
Bentuk
Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu
Pelaksanaan |
Keterangan |
1. |
Lisan |
Uraian |
Lihat lampiran |
Saat pembelajaran |
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning) |
c. Keterampilan
No. |
Teknik |
Bentuk
Instrumen |
Contoh Butir Instrume n |
Waktu
Pelaksanaan |
Keterangan |
1. |
Praktik |
Diskusi |
Diskusika |
Saat |
Penilaian |
|
|
kelompok |
n/ |
pembelajaran |
untuk dan |
|
|
dan/atau |
presentasi |
berlangsung |
Pencapaian |
|
|
presentasi |
kan materi |
|
Pembelajaran |
|
|
|
pembelaja |
|
(assessment |
|
|
|
ran |
|
for and of |
|
|
|
tentang |
|
learning) |
|
|
|
pergeraka |
|
|
|
|
|
n nasional |
|
|
|
|
|
Pada zaman Jepang |
|
|
2. Pembelajaran Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut :
a. Jelaskan tentang organisasi-organisasi pergerakan nasional pada zaman Jepang!
b. Jelaskan tentang pengaruh kolonialisme barat pada bidang budaya!
c. Menyebutkan contoh-contoh banguhan warisan kolonialisme barat
CONTOH PROGRAM REMIDIAL
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai
Ulangan |
Indikator yang Belum Dikuasai |
Bentuk
Tindakan Remedial |
Nilai
Setelah Remedial |
Keterangan |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan dengan cara meringkas buku-buku referensi, artikel di majalah atau surat kabar, dan internet tentang organisasi penjajahan Jepang.
Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik yang sudah menguasai materi sebelum waktu yang telah ditentukan, diminta untuk soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik pembelajaran “perjuangan Shodanco Suprijadi dan Prajurit PETA”. Dalam kegiatan ini, guru dapat mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
Linggang Bigung
Mengetahui Guru Mata Pelajaran IPS
Kepala Sekolah
Sintek, M.Pd.K Yudha Arianda, S.Pd
NIP. 19670706 200501 1 003 NIP. …
LKPD
Pertemuan 1-2 |
SMP 1 Semarang |
Waktu 40 menit |
Lembar Kerja Peserta Didik |
Semester 2 TP. 2019/2020 |
KEGIATAN DISKUSI |
PERGERAKAN NASIONAL PADA
MASA PENDUDUKAN JEPANG |
A.
Identitas
Peserta Didik
Nama Kelompok :
Nama Siswa :
No. Absen :
Kelas :
B. Kompetensi Dasar
4.4 Menyajikan kronologi, perubahan, dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
4.4.6 Menyajikan hasil telaah terkait identifikasi perjuangan pergerakan kebangsaan pada masa pendudukan Jepang
D. Tujuan
Setelah menyelesaikan LKPD ini diharapkan siswa dapat Mendeskripsikan dengan benar pendapat para ahli tentang perjuangan pergerakan kebangsaan pada masa pendudukan Jepang.
E. Petunjuk Pembelajaran
1. Baca secara cermat sebelum kamu mengerjakan tugas
2. Pelajari materi IPS yang berhubungan dengan pendudukan Jepang
3. Kerjakan sesuai dengan langkah kerja
4. Kerjakan dengan cara diskusi dengan anggota kelompokmu
5. Konsultasikan dengan guru bila mengalami kesulitan dalam mengerjakan.
F. Tugas dan langkah kerja
Analisislah dengan konsep 5w 1h organisasi pergerakan nasional pada zaman jepang di bawah ini!
1. Gerakan 3A
2. Jawa Hokokai
3. Putera
4. PETA
RUBIK PENILAIAN LKPD
Nama kelompok : Nama Anggota :
No |
Rincian Tugas |
Skor |
Ket. |
1. |
Peserta didik mampu merumuskan masalah dengan sangat lengkap, sistematis dan bahasa mudah dipahami |
5 |
|
Peserta didik mampu merumuskan masalah dengan lengkap, sistematis dan bahasa mudah dipahami |
4 |
||
Peserta didik mampu merumuskan masalah dengan kurang lengkap, sistematis dan bahasa mudah dipahami |
3 |
||
Peserta didik mampu merumuskan masalah dengan kurang lengkap, kurang sistematis dan bahasa mudah dipahami |
2 |
||
Peserta didik mampu merumuskan masalah dengan kurang lengkap, kurang sistematis dan bahasa kurang mudah dipahami |
1 |
||
Tidak mengerjakan |
0 |
||
2 |
Peserta didik mampu dugaan sementara atas permasalahan yang disajikan dan penjelasnnya dengan sangat lengkap, sistematis dan bahasa mudah dipahami |
5 |
|
Peserta didik mampu dugaan sementara atas permasalahan yang disajikan dan penjelasnnya dengan lengkap, sistematis dan bahasa mudah dipahami |
4 |
||
Peserta didik mampu dugaan sementara atas permasalahan yang disajikan dan penjelasnnya dengan kurang lengkap, sistematis dan bahasa mudah dipahami |
3 |
|
Peserta didik mampu dugaan sementara atas permasalahan yang disajikan dan penjelasnnya dengan kurang lengkap, kurang sistematis dan bahasa mudah dipahami |
2 |
|
Peserta didik mampu dugaan sementara atas permasalahan yang disajikan dan penjelasnnya dengan kurang lengkap, kurang sistematis dan bahasa kurang mudah dipahami |
1 |
||
Tidak mengerjakan |
0 |
||
3 |
Peserta didik mampu menjelaskan faktor-faktor penyebab atas permasalahan yang disajikandengan sangat lengkap, sistematis dan bahasa mudah dipahami |
5 |
|
Peserta didik mampu menjelaskan faktor-faktor penyebab atas permasalahan yang disajikandengan lengkap, sistematis dan bahasa mudah dipahami |
4 |
||
Peserta didik mampu menjelaskan faktor-faktor penyebab atas permasalahan yang disajikandengan kurang lengkap, sistematis dan bahasa mudah dipahami |
3 |
||
Peserta didik mampu menjelaskan faktor-faktor penyebab atas permasalahan yang disajikandengan kurang lengkap, kurang sistematis dan bahasa mudah dipahami |
2 |
||
Peserta didik mampu menjelaskan faktor-faktor penyebab atas permasalahan yang disajikandengan kurang lengkap, kurang sistematis dan bahasa kurang mudah dipahami |
1 |
||
Tidak mengerjakan |
0 |
||
4 |
Peserta didik mampu membuat kesimpulan atas permasalahan yang disajikan dengan sangat lengkap, sistematis pengembangan wisata dan bahasa mudah dipahami |
5 |
|
|
Peserta didik mampu membuat kesimpulan atas permasalahan yang disajikan dengan lengkap, sistematis dan bahasa mudah dipahami |
4 |
|
|
Peserta didik mampu membuat kesimpulan atas permasalahan yang disajikan dengan kurang lengkap, sistematis dan bahasa mudah dipahami |
3 |
|
|
Peserta didik mampu membuat kesimpulan atas permasalahan yang disajikan dengan kurang lengkap, kurang sistematis dan bahasa mudah dipahami |
2 |
|
|
Peserta didik mampu membuat kesimpulan atas permasalahan yang disajikan dengan kurang lengkap, kurang sistematis dan bahasa kurang mudah dipahami |
1 |
|
|
Tidak mengerjakan |
0 |
|
5 |
Peserta didik mampu menjelaskan bukti kemiripan budaya antara Indonesia dengan Jepang dengan sangat lengkap, sistematis pengembangan wisata dan bahasa mudah dipahami |
5 |
|
|
Peserta didik mampu menjelaskan bukti kemiripan budaya antara Indonesia dengan Jepang dengan lengkap, sistematis dan bahasa mudah dipahami |
4 |
|
|
Peserta didik mampu bukti kemiripan budaya antara Indonesia dengan Jepang dengan kurang lengkap, sistematis dan bahasa mudah dipahami |
3 |
|
|
Peserta didik mampu menjelaskan menjelaskan bukti kemiripan budaya antara Indonesia dengan Jepang dengan kurang lengkap, kurang sistematis dan bahasa mudah dipahami |
2 |
|
|
Peserta didik mampu menjelaskan menjelaskan bukti kemiripan budaya antara Indonesia dengan Jepang dengan kurang lengkap, kurang sistematis dan bahasa kurang mudah dipahami |
1 |
|
|
Tidak mengerjakan |
0 |
|
Skor total |
|
|
Nilai akhir= Skor yang diperoleh x 100 =……..
20
Pertemuan 3 |
SMP 1 Semarang |
Waktu 40 menit |
Lembar Kerja Peserta Didik |
Semester 2 TP. 2019/2020 |
DISKUSI KELOMPOK |
PENGARUH KOLONIALISME |
A. Identitas Peserta Didik Nama Kelompok : Nama peserta didik : No. Absen :
Kelas :
B. Kompetensi Dasar
4.4 Menyajikan kronologi, perubahan, dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
4.4.6 Menyajikan gagasan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan bangsa barat dan Jepang
D. Tujuan
Setelah menyelesaikan LKPD ini diharapkan peserta didik mampu:
Peserta didik dapat membuat laporan mengenai pengaruh perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan bangsa barat dan Jepang hasil diskusi kelompok
E. Langkah Kerja
1. Baca secara cermat sebelum kamu mengerjakan tugas
2. Pelajari materi IPS yang berhubungan dengan Kehidupan Sosial masyarakat pada masa pendudukan Jepang di Indonesia
3. Kerjakan dengan cara diskusi dengan anggota kelompokmu
4. Konsultasikan dengan guru bila mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas
F. Tugas
1. Berikanlah deskripsi dari pengaruh barat di bawah ini!
No |
Bidang |
Analisis |
a |
Pendidikan |
|
b |
Model pakaian |
|
c |
Bahasa |
|
d |
Sastra |
|
e |
Kesenian |
|
f |
Model bangunan |
|
g |
Transportasi |
|
h |
Seni musik |
|
i |
Perdagangan |
|
j |
Perkebunan |
|
2. Jodohkanlah pernyataan berikut ini, selanjutnya berikanlah alasannya!
Pernyataan A |
|
Pernyataan B |
1. Agama Katolik |
a. Herman william daendeles |
|
2. Jalan raya anyer panarukan |
b. Fransiscus Xaverius |
|
3. Istana Negara |
c. Thomas Stamford Raffles |
|
4. Kebun raya bogor |
d. Carel van derwijk |
|
5. Jalur kereta api pertama |
e. Pieter Gerardus van Overstaten |
Ketika kalian sudah bisa menjodohkan masing-masing pernyataan, silahkan tuliskan jawabanmu, pada kolom di bawah ini!
No |
Jawab an |
|
Alasan |
Pert. A |
Pert. B |
||
1 |
|
|
|
2 |
|
|
|
3 |
|
|
|
4 |
|
|
|
5 |
|
|
|
RUBIK PENILAIAN LKPD
Nama kelompok : Nama Anggota :
No |
Rincian Tugas |
Skor |
Ket. |
1. |
Deskripsi benar & sangat lengkap sesuai gambar, bahasa mudah dipahami |
5 |
Skor Maksimal 100 |
|
Deskripsi benar & lengkap sesuai gambar, bahasa mudah dipahami |
4 |
|
|
Deskripsi benar & lengkap sesuai gambar, bahasa kurang mudah dipahami |
3 |
|
|
Deskripsi kurang benar & lengkap sesuai gambar, bahasa kurang mudah dipahami |
2 |
|
|
Deskripsi kurang benar |
1 |
|
|
Tidak mengerjakan |
0 |
|
2. |
Setiap pernyataan yang terhubungkan dengan benar |
5 |
Skor Maksimal 50 |
Alasan benar |
5 |
||
Setiap pernyataan yang tidak terhubungkan dengan benar |
0 |
||
Alasan salah |
0 |
||
3 |
Setiap point benar |
5 |
Skor Maksimal 140 |
Salah |
0 |
||
Skor Total |
215 |
Nilai akhir= Skor yang diperoleh x 100 =……..
215
Keterangan:
No. 2
No |
Jawaban |
Alasan |
||
Pert. A |
Pert. B |
|
||
1 |
Jika mampu menghubungkan A-B dengan benar skor 5, jika salah 0 |
Jika mampu memberi alasan yg tepat & sesuai pernyataan AB nilai 5, salah 0 |
||
2 |
|
|
|
|
3 |
dst |
|
|
|
RUBIK PENILAIAN KERJA KELOMPOK
Nama kelompok : Nama Anggota :
N o |
Katagori |
Skor |
Sko r Tot al |
Ke t. |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
|
||
1 |
Keterlibat an anggota kelompok |
semua anggota terlibat dalam diskusi |
sebagian besar anggota terlibat dalam diskusi dan sebagian kecil tidak |
sebagian kecil terlibat dalam diskusi dan sebagian besar tidak |
semua anggota tidak menunjuk kan niat dan usaha untuk berdiskusi |
|
|
2 |
Hasil |
menjawab |
menjawab |
menjawab |
sama |
|
|
|
diskusi |
semua |
sebagian |
sebagian |
sekali |
||
|
|
pertanyaa |
besar |
kecil |
tidak |
||
|
|
n yang |
pertanyaa |
pertanyaa |
menjawab |
||
|
|
diberikan |
n yang |
n yang |
pertanyaan |
||
|
|
dengan |
diberikan |
diberikan |
yang |
||
|
|
tepat |
dengan |
dan |
diberikan |
||
|
|
|
tepat, dan |
sebagian |
secara |
||
|
|
|
sebagian |
besar |
tepat |
||
|
|
|
kecil tidak |
tidak tepat |
|
||
|
|
|
tepat |
|
|
3 |
Ketepatan waktu |
selesai merumusk an dan mengirim kan hasil diskusi tepat pada waktunya atau lebih awal |
5 menit terlambat merumusk an dan mengirim kan hasil diskusi |
10 menit terlambat merumusk an dan mengirim kan hasil diskusi |
15 menit terlambat merumusk an dan mengirimk an hasil diskusi |
|
|
Skor Total |
|
|
Nilai kerja kelompok= Skor yang diperoleh x 100 =……..
12
RUBIK PENILAIAN KERJA KELOMPOK
Nama kelompok : Nama Anggota :
N o |
Katagori |
Skor |
Sko r Tot al |
Ke t. |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
||||
1 |
Keterlibat an anggota kelompok |
semua anggota terlibat dalam diskusi |
sebagian besar anggota terlibat dalam diskusi dan sebagian kecil tidak |
sebagian kecil terlibat dalam diskusi dan sebagian besar tidak |
semua anggota tidak menunjuk kan niat dan usaha untuk berdiskusi |
|
|
2 |
Hasil diskusi |
menjawab semua pertanyaa n yang diberikan dengan tepat |
menjawab sebagian besar pertanyaa n yang diberikan dengan tepat, dan sebagian |
menjawab sebagian kecil pertanyaa n yang diberikan dan sebagian |
sama sekali tidak menjawab pertanyaan yang diberikan |
|
|
|
|
|
kecil tidak tepat |
besar tidak tepat |
secara tepat |
|
|
3 |
Ketepatan waktu |
selesai merumusk an dan mengirim kan hasil diskusi tepat pada waktunya atau lebih awal |
5 menit terlambat merumusk an dan mengirim kan hasil diskusi |
10 menit terlambat merumusk an dan mengirim kan hasil diskusi |
15 menit terlambat merumusk an dan mengirimk an hasil diskusi |
|
|
Skor Total |
|
|
Nilai kerja kelompok= Skor yang diperoleh x 100 =……..
12
Terima Kasih sangat membantu. Boleh ditamabah untuk share sumatifnya yang modul 2 sebagai bahan referensi
BalasHapussudah ada pak/bu... silahkan di cek di dalam postingan... atau klik Tag PPG daljab 2020
Hapus