RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BERORIENTASI
HOTS
GB Melawai, 9-12 Oktober 2018
SD MATEMATIKA
Pengolahan
Data
(Modus dan Mean)
WULAN FAJARINI, S.Pd.SD.
NIP.
19870312 200902 2 006
SD NEGERI
REJODANI
DIREKTORAT
JENDRAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
KEMENTRIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA
2018
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD Negeri
Rejodani
Muatan
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: VI / Genap
Materi
Pokok : Pengolahan
Data
Alokasi
Waktu : 1 pertemuan (2jpl
@35 menit)
Pembelajaran ke : 5
A.
Kompetensi Inti
§ KI-1:Menerima dan menjalankan ajaranagama
yang dianutnya
§ KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percayadiri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru
§ KI-3:Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
§ KI-4:Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.8 Menjelaskan dan membandingkanmodus,
median, dan mean dari data tunggal untuk menentukannilai mana yang paling
tepatmewakili data |
3.8.19 Menerapkan
modus dari kumpulan data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling
tepat mewakili data 3.8.20 Menganalisis
modus dari kumpulan data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling
tepat mewakili data 3.8.21 Menerapkan
mean dari kumpulan data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat
mewakili data 3.8.22 Menganalisis
mean dari kumpulan data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat
mewakili data. 3.8.23 Membandingkan
modus dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling
tepat mewakili data |
4.8 Menyelesaikan masalah yangberkaitan dengan
modus, median,dan mean dari data tunggal dalam |
4.8.15 Menerapkan
modus dari data tunggal dalam penyelesaian masalah 4.8.16 Menyajikan
modus dari data tunggal dalam penyelesaian masalah 4.8.17 Menerapkan
mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah 4.8.18 Menyajikan
mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah 4.8.19 Menyelesaikan
modus dari data tunggal dalam penyelesaian masalah 4.8.20 Menyelesaikan
mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah |
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui model problem based learning dan pembelajaran saintifik, peserta didik
dapat membandingkan modus dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai
mana yang paling tepat mewakili data dan menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan modus dan mean dari data tunggal menggunakan literasi media, kerjasama,
kreatif, berfikir kritis, serta penuh rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Nilai karakter yang dikembangkan :
kerjasama, percaya diri, dan teliti.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Modus
2. Mean
E.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Problem Based
Learning
Pendekatan :
Saintifik
Metode : Diskusi, Presentasi, Tanya jawab
F.
Media
Pembelajaran
Media :
1.
Lembar Kerja Siswa
2.
Bahan Tayang PPT
Alat/Bahan :
1.
Kertas plano (10 lembar)
2.
Spidol (10 buah)
3.
Selotip (3 buah)
4.
Sticky note (2 buah)
5. Laptop
6.
Projector
G.
Sumber
Belajar
1.
Buku Matematika
Kelas VI SD Kurikulum 2013
2.
Bahan ajar yang dibuat guru
3.
Buku referensi yang relevan
4.
Internet
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Tahap Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
A. Kegiatan Pendahuluan |
15’ |
||
Orientasi |
- Guru mengucapkan salam - Guru meminta
peserta didik yang bertugas pada hari itu untuk membimbing berdoa - Peserta didik
membaca Asmaul
Husna (bagi peserta didik muslim dan jika mulai di jam pertama ) - Peserta didik
menyanyikan lagu
Indonesia Raya (jika mulai di jam pertama) - Guru memeriksa kehadiran
peserta didik - Peserta didik
melakukan “Kelas Berbagi”(jika dimulai di jam pertama) |
|
|
Apersepsi |
- Mengaitkan materi
dengan pengalaman peserta didik (mean, modus, dan median) - Mengingatkan
kembali materi prasyarat (menjelaskan modus dan mean) - Mengajukan
pertanyaan pendahuluan: 1.
Apakah kalian tahu pengolahan
data apa yang digunakan saat kita memilih presiden? 2.
Apakah kalian tahu pengolahan
data apa yang kita lakukan untuk mengetahui nilai? Jawaban
yang diharapkan 1.
Menggunakan data yang dipilih
terbanyak (modus) 2.
Menggunakan rerata dari data
(mean) |
|
|
Motivasi |
-
Menyampaikan kompetensi yang akan dipelajari -
Memberikan gambaran tentang manfaat materi -
Menyampaikan tujuan, strategi, dan penilaian yang akan
dilakukan dalam pembelajaran -
Disajikan dua kalimat, peserta didik memaknai kalimat
dengan bahasa mereka sendiri. a. Usia peserta didik
kelas VI rata-rata 11 tahun. b. Jawaban
yang diharapkan : 1.
Rata-rata yang dimaksud
adalah rata-rata hitung umur peserta didik kelas VI adalah 11 tahun. 2.
Rata-rata yang dimaksud
adalah kebanyakan atau mayoritas penduduk bermatapencaharian sebagai
nelayan |
|
|
B. Kegiatan Inti |
45’ |
||
Orientasi Peserta Didik
pada Masalah |
1. Peserta didik membentuk
kelompok [AO11] dengan menyebutkan angka 1, 2, 3, sampai 9secara bergantian dan tertib.[AO12] 2. Peserta didik berkumpul
dengan peserta didik lain[AO13] yang menyebutkan nomor yang sama tanpa membedakan SARA.[AO14] 3. Peserta didik berkumpul dalam
kelompok dan menyimak perintah dengan teliti.[AO15] a. Kita akan menyanyikan lagu
Menanam Jagung namun liriknya telah ibu ubah, silahkan anak membaca lirik
yang nanti akan ibu tunjukkan! b. Setelah kita menyanyikan lagu
silahkan lakukan perintah yang ada di dalam lagu. c. Setiap anak hanya boleh
mengambil tutup botol dengan jumlah yang genap. 4. Peserta didik mengambil
beberapa tutup botol berwarna putih, biru, dan merah dengan menyanyikan
lagu[AO16] . Mari kawan kita belajar Mean modus serta median Siapa cepat dia yang dapat Cepat ambillah genap jumlahnya (nada Menanam Jagung) 5. Peserta didik menerapkan
mean [AO17] dengan menyanyikan lagu. Mean modus serta median Sama apanya sama tingginya[AO18] [AO19] (nada Menanam Jagung[AO110] ) 6. Peserta didik menerapkan
modus [AO111] dengan menyanyikan lagu. Mari kawan kita belajar Mean modus serta median Cepat klompokkan sesuai warnanya Warna mana yang paling banyak?[AO112] (nada Menanam Jagung) 7.
Peserta didik mengamati[AO113] data tunggal
tentang nilai ulangan harian kelas VI dengan teliti.[AO114] 8.
Peserta didik memberikan tanggapan[AO116] secara kritis [AO117] dan dengan bahasa yang
santun [AO118] dalam menjawab
pertanyaan yang diajukan guru[AO119] . a.
Berapakah nilai tertinggi [AO120] yang didapat peserta
didik kelas VI? b.
Berapakah nilai terendah [AO121] yang didapat
peserta didik kelas VI? c.
Buatlah satu kesimpulan dari tabel data di atas![AO122] d.
Buatlah satu kalimat yang dapat menggambarkan data di
atas![AO123] Jawaban yang diharapkan : 1.
90 2.
60 3.
Modus data adalah 80, mean
data adalah 78. 4.
Rata-rata anak mendapat
nilai 80. |
|
|
Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar |
1. Peserta didik
dalam kelompok
menerima tugas berupa satu buah permasalahan yang harus ditemukan cara untuk
menyelesaikannya.[AO124] 2. Peserta didik secara
berkelompok [AO125] menganalisis[AO126] masalah yang
diberikan. 3. Peserta didik didik
secara
berkelompok [AO127] merencakan cara[AO128] untuk menyelesaikan permasalahan.[AO129] Masalah I Perhatikan dengan
teliti [AO130] diagram garis kurs
rupiah di bawah ini! Berdasarkan diagram diatas, apakah
dalam minggu ini kondisi ekonomi Indonesia dalam kondisi terancam?[AO132] Masalah II Perhatikan dengan
teliti tabel hasil pemungutan suara tujuan kegiatan outing siswa kelas VI di bawah ini! Berdasarkan diagram
di atas, kemanakah tujuan kegiatan outing kelas VI yang akan kita laksanakan
di minggu depan?[AO134] Masalah III Perhatikan[AO135] dengan teliti[AO136] tabel penghasilan
rata-rata dua desa dibawah ini! Seseorang dikatakan
makmur jika penghasilan rata-rata dalam satu bulan di atas Rp1.750.000,00. Berdasarkan tabel
di atas, desa manakah yang lebih makmur?[AO138] 4. Peserta didik menganalisis
permasalahan [AO139] yang didapat dengan
teliti.[AO140] |
|
|
Membimbing penyelidikan baik individu maupun kelompok |
1. Peserta didik mempelajari
bahan ajar lain [AO141] guna menyelesaikan
permasalahan yang diberikan.[AO142] 2. Peserta didik berkonsultasi
[AO143] dengan guru dengan
percaya diri.[AO144] 3. Peserta didik
melakukan diskusi[AO145] secara kritis, [AO146] mengajukan
pendapat, argumentasi, dan ide [AO147] terhadap
permasalahan yang akan dipecahkan. 4. Peserta didik
menyusun rancangan penyelesaian masalah. |
|
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
1. Peserta didik menyelesaikan
permasalahan [AO148] dengan mengacu pada rancangan yang telah
dibuat.[AO149] 2. Peserta didik menuangkan
cara penyelesaian [AO150] masalah pada kertas plano. 3. Peserta didik menempelkan
hasil cara penyelesaian masalah di dinding kelas.[AO151] 4. Peserta didik dalam
satu kelompok memilih satu anggota kelompok yang akan menjadi penjual
informasi dan dua lainnya menjadi pembeli informasi ke kelompok lain tanpa
melihat perbedaaan SARA dan mufakat.[AO152] 5. Peserta didik yang berperan
sebagai pembeli informasi melakukan window
shooping ke kelompok lain.[AO153] 6. Setiap kelompok
mempunyai waktu 3 menit di setiap kelompok lain, ketika mendengar bunyi tepukan, kelompok
berpindah ke kelompok selanjutnya.[AO154] 7. Peserta didik yang
berperan sebagai pembeli informasi melakukan tanya jawab [AO155] dengan percaya
diri [AO156] dan memberikan
tanggapan [AO157] dengan kritis.[AO158] |
|
|
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah |
1. Setelah selesai, peserta
didik yang berperan sebagai pembeli informasi kembali ke kelompok awal, menyampaikan
pengetahuan [AO159] yang diperoleh dan melakukandiskusi[AO160] dengan anggota
kelompok yang bertugas sebagai penjual informasi. 2. Setiap kelompok mengolah
tanggapan[AO161] yang didapat dari
kelompok lain dengan kritis. 3. Setiap kelompok memperbaiki
hasil pekerjaan setelah mendapat tanggapan dari kelompok lain. [AO162] 4. Setiap kelompok melakukan
penilaian [AO163] kepada kelompok
yang menurut kelompok tersebut paling mendekati menarik dan benar dalam
menyelesaikan permasalahan. |
|
|
|
1. Peserta didik menarik kesimpulan[AO164] [AO165] secara berkelompok.[AO166] Kesimpulan
yang diharapkan : 1.
Mean cocok digunakan pada
data yang normal dan menunjukkan
perwakilan data secara keseluruhan. 2.
Modus cocok digunakan pada
data kategorial dan menunjukkan mayoritas. 2. Peserta didik secara mandiri [AO167] menyelesaikan permasalahan lain yang diberikan [AO168] dengan teliti.[AO169] [AO170] |
|
|
C. Kegiatan Penutup |
10’ |
||
|
1. Peserta didik
membuat[AO171] resume[AO172] secara
kreatif [AO173] dengan bimbingan
guru pada selembar kertas lalu ditempel pada zona “Pembelajaranku Hari Ini”.[AO174] 2. Peserta
didik mengajukan
pertanyaan-pertanyaan[AO175]
untuk menguatkan pemahaman terhadap materi.[AO176] 3. Guru
menyampaikan tugas
membaca [e77] untuk
pertemuan selanjutnya yaitu membandingkan mean dan median. 4. Peserta
didik menyanyikan
salah satu lagu daerah[e78]
(jika dilaksanakan pada jam terakhir). 5. Guru
mempersilahkan peserta didik untuk berdoa dan mensyukuri segala nikmat yang diberikan Tuhan
YME[e79] . |
|
I.
1. Teknik
Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
Penilaian sikap dalam
pembelajaran KD ini meliputi :
1. Penilaian Observasi
2. Penilaian Diri
3. Penilaian antar Teman
4. Penilaian Jurnal
b.
Keterampilan
Penilaian keterampilan dalam pembelajaran KD ini meliputi:
1. Penilaian unjuk kerja
2. Penilaian produk
c.
Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dalam
pembelajaran KD ini meliputi:
1. Tes lisan
2. Tes
tertulis dalam proses pembelajaran
3. Tes
tertulis pada akhir pembelajaran
2. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) setelah melakukan tes tertulis pada akhir
pembelajaran, maka akan diberikan pembelajaran tambahan (Remedial Teaching) terhadap IPK yang belum tuntas kemudian
diberikan tes tertulis pada akhir pembelajaran lagi dengan ketentuan:
-
Soal yang diberikan berbeda dengan soal sebelumya namun
setara
-
Nilai akhir yang akan diambil adalah nilai hasil tes
terakhir jika belum
mencapai KKM namun jika melebihi maka nilai yang didapat sama dengan nilai KKM
-
Siswa lain yang sudah tuntas (>KKM) dipersilahkan
untuk ikut bagi yang berminat untuk memberikan keadilan.
PROGRAM REMIDIAL
Sekolah : ………………………………………………………………
Kelas/Semester : ………………………………………………………………
Muatan
Pelajaran : ………………………………………………………………
Ulangan
Harian Ke : ………………………………………………………………
Tanggal
Ulangan Harian : ………………………………………………………………
Bentuk
Ulangan Harian : ………………………………………………………………
Materi
Ulangan Harian : ………………………………………………………………
(KD /
Indikator) : ………………………………………………………………
KKM : ………………………………………………………………
No |
Nama
Peserta Didik |
Nilai
Ulangan |
Indikator
yang Belum Dikuasai |
Bentuk
Tindakan Remedial |
Nilai
Setelah Remedial |
Ket |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat
agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan materi pengayaan yaitu :
1.
Buatlah
rancangan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan
menerapkan modus!
2.
Buatlah
rancangan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diselesaikan
dengan menerapkan mean!
Mengetahui Kepala SD Negeri Rejodani, Hatri Andari,
S.Pd.SD. NIP. 19670103 198604 2 001 |
|
Sleman, 9 Oktober 2018 Guru Kelas, Wulan Fajarini,
S.Pd.SD. NIP. 19870312 200902 2 006 |
Catatan Kepala
Sekolah:
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN
A. Uraian Materi
Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berhubungan
dengan data. Dalam menyajikan dan mengolah informasi dalam data kita dapat
menggunakan ukuran pemusatan data. Ukuran pemusatan data yang sering kita
gunakan yaitu :
1. Modus
Modus disebut juga mode yang mempunyai makna nilai
yang paling sering muncul. Modus sangat baik dalam memberikan informasi apabila
data yang diolah adalah data kualitatif.
Dibawah ini adalah contoh data yang cocok
menggunakan modus untuk menyelesaikannya.
Tabel tujuan outing
2. Mean
Mean disebut juga rata-rata yang mempunyai makna perbandingan
jumlah seluruh data dengan banyak data. Mean sangat baik dalam memberikan
informasi apabila data yang diolah adalah data kuantitatif dan persebarannya
normal.
Dibawah ini adalah contoh data yang cocok
menggunakan mean untuk menyelesaikannya.
Diagram kurs rupiah
Nilai ukuran pemusatan data ini berguna untuk
memberikan informasi secara lebih cepat atas suatu kumpulan data.
B.
Lembar
Kerja Siswa
LEMBAR
KERJA SISWA
Nama :
1.
...................................................................................................................
2.
...................................................................................................................
3.
...................................................................................................................
Petunjuk :
1. Amatilah dengan teliti tabel yang
disajikan!
2. Bacalah dengan teliti permasalahan yang
disajikan!
3. Rancanglah beberapa alternatif cara
yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang disajikan!
4. Tulislah secara detail pada kertas
plano yang telah disediakan!
5. Tempelkan hasil pekerjaan kelompok mu
pada dinding kelas!
Perhatikan diagram garis kurs rupiah di
bawah ini!
Negara Indonesia dikatakan sedang dalam kondisi ekonomi yang
terancam jika nilai tukar rupiah terhadap dollar berada di atas Rp10.500,00.
Berdasarkan diagram diatas, apakah dalam minggu ini kondisi
ekonomi Indonesia dalam kondisi terancam?
Jawaban :
LEMBAR KERJA SISWA
Nama :
1.
...................................................................................................................
2.
...................................................................................................................
3.
...................................................................................................................
Petunjuk :
1. Amatilah dengan teliti tabel yang
disajikan!
2. Bacalah dengan teliti permasalahan yang
disajikan!
3. Rancanglah beberapa alternatif cara
yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang disajikan!
4. Tulislah secara detail pada kertas
plano yang telah disediakan!
5. Tempelkan hasil pekerjaan kelompok mu
pada dinding kelas!
Perhatikan tabel hasil pemungutan suara
tujuan kegiatan outing siswa kelas VI di bawah ini!
Berdasarkan diagram di atas, kemanakah
tujuan kegiatan outing kelas VI yang akan kita laksanakan di minggu depan?
Jawaban :
LEMBAR KERJA SISWA
Nama :
1.
...................................................................................................................
2.
...................................................................................................................
3.
...................................................................................................................
Petunjuk :
1. Amatilah dengan teliti tabel yang
disajikan!
2. Bacalah dengan teliti permasalahan yang
disajikan!
3. Rancanglah beberapa alternatif cara
yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang disajikan!
4. Tulislah secara detail pada kertas
plano yang telah disediakan!
5. Tempelkan hasil pekerjaan kelompok mu
pada dinding kelas!
Perhatikan tabel penghasilan rata-rata
dua desa dibawah ini!
Sebuha keluarga dikatakan makmur jika
penghasilan dalam satu bulan melebihi rata-rata penghasilan di desa. Berdasarkan
tabel di atas, desa manakah yang lebih makmur?
Jawaban:
C.
Penilaian
C.1
Penilaian Sikap
Kisi-kisi
Penilaian Aspek Sikap
Aspek Sikap |
Indikator |
Teknik Penilaian |
Instrumen Penilaian |
Kerjasama |
Kerjasama dalam mengerjakan tugas dalam kelompok. |
Observasi |
Penilaian diri Penilaian antar teman Lembar observasi aspek sikap |
Percaya
diri |
Percaya diri saat mengemukakan pendapat dalam diskusi. Percaya diri saat mempresentasikan hasil kerja
kelompok. |
Observasi |
Penilaian diri Penilaian antar teman Lembar observasi aspek sikap |
Teliti |
Teliti saat menganalisis permasalahan yang dikerjakan
dalam kelompok. |
Observasi |
Penilaian diri Penilaian antar teman Lembar observasi aspek sikap |
Format Pengamatan Sikap melalui Penilaian Diri
PENILAIAN DIRI
Nama ... :
.............................................................................................................
Kelas .... :
.............................................................................................................
Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuaai dengan keadaan yang sebenarnya.
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
1 |
Saya memiliki
motivasi dalam diri saya sendiri selama proses pembelajaran |
|
|
2 |
Saya bekerjasama
dalam menyelesaikan tugas kelompok |
|
|
3 |
Saya menunjukkan
rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan dalam kelompok. |
|
|
4 |
Saya menunjukkan
sikap ilmiah pada saat melaksanakan studi literature atau pencarian informasi. |
|
|
5 |
Saya percaya diri dalam
mempresentasikan hasil kerja kelompok. |
|
|
6 |
Saya teliti dalam melakukan
analisis permasalahan yang dikerjakan dalam kelompok. |
|
|
Format Pengamatan Sikap melalui Penilaian
Antar Teman
PENILAIAN ANTAR TEMAN
Nama yang
diamati .... : ......................................................................................
Nama
pengamat ......... : ......................................................................................
Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuaai dengan keadaan yang sebenarnya.
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
1 |
Bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan. |
|
|
2 |
Mau menerima pendapat teman. |
|
|
3 |
Memberikan pendapat dengan lancar. |
|
|
4 |
Memberikan solusi terhadap permasalahan. |
|
|
5 |
Percaya diri saat mempresentasikan hasil kerja kelompok. |
|
|
6 |
Membaca permasalahan dengan cermat. |
|
|
Format Pengamatan Sikap melalui Lembar
Observasi
Lembar Observasi Aspek Sikap
No. |
Nama |
Inrikator : Kerjasama |
Indikator : Percaya diri |
Indikator : Teliti |
|||||
Kerjasama dalam mengerjakan
tugas dalam kelompok. |
Percaya diri saat
mengemukakan pendapat dalam diskusi. |
Percaya diri saat
mempresentasikan hasil kerja kelompok. |
Teliti saat menganalisis
permasalahan yang dikerjakan dalam kelompok. |
||||||
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ya : skor 1, jika sub indikator terlihat
konsisten selama 1 hari
Tidak : skor 0, jika sub indikator tidak terlihat
sama sekali
Petunjuk
penskoran
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :
C.2 Penilaian Keterampilan
Kisi-kisi Penilaian Aspek Keterampilan
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Teknik Penilaian |
Instrumen Penilaian |
4.8 Menyelesaikan
masalah yangberkaitan dengan modus, median,dan mean dari data tunggal dalam |
4.8.15 Menerapkan
modus dari data tunggal dalam penyelesaian masalah 4.8.17 Menerapkan
mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah 4.8.19 Menyelesaikan
modus dari data tunggal dalam penyelesaian masalah 4.8.20 Menyelesaikan
mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah |
Unjuk
kerja |
Rubrik
Lembar
observasi keterampilan |
|
4.8.16 Menyajikan
modus dari data tunggal dalam penyelesaian masalah 4.8.21 Menyajikan
mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah |
Produk |
Rubrik
|
Format Penilaian Unjuk Kerja
LEMBAR PENGAMATAN
PENILAIAN KETERAMPILAN – UNJUK KERJA
KI............... :
..........................................................................................................
KD............. :
..........................................................................................................
INDIKATOR............................................................................................................ :
..
MATERI..... :
..........................................................................................................
No |
Nama |
Menyelesaikan permasalahan modus atau mean. |
Menyajikan cara penyelesaian permasalahan yang
berkaitan dengan modus atau mean. |
Jumlah Skor |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
penilaian :
No |
Kriteria |
4 |
3 |
2 |
1 |
1 |
Menyelesaikan permasalahan modus atau mean. |
1. Memilih
dengan tepat modus atau mean yang paling tepat dalam menyelesaikan
permasalahan. 2. Menggunakan
langkah yang tepat dalam mencari modus atau mean. 3. Jawaban
yang diberikan benar. |
Memenuhi 2 kriteria. |
Memenuhi 1 kriteria. |
Belum mampu memenuhi kriteria. |
2 |
Menyajikan cara penyelesaian permasalahan yang
berkaitan dengan modus atau mean. |
1. Menuliskan
setiap langkah penyelesaian dengan tepat. 2. Menggunakan
rumus yang tepat. 3. Mudah
dipahami. |
Memenuhi 2 kriteria. |
Memenuhi 1 kriteria. |
Belum mampu memenuhi kriteria. |
C.3 Penilaian
Pengetahuan
KISI-KISI PENILAIAN PENGETAHUAN
No |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
No Soal |
1 |
3.8 Menjelaskan dan membandingkanmodus, median,
dan mean dari data tunggal untuk menentukannilai mana yang paling
tepatmewakili data |
3.8.19 Menerapkan
modus dari kumpulan data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling
tepat mewakili data |
1. Disajikan sebuah tabel,
siswa dapat menerapkan modus untuk menyelesaikan soal. 2. Disajikan sebuah cerita,
siswa dapat menerapkan modus untuk menyelesaikan soal. |
L1 L2 |
PG dan Uraian |
1 |
|
|
3.8.20 Menganalisis
modus dari kumpulan data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling
tepat mewakili data |
1. Disajikan sebuah cerita,
siswa dapat menganalisis modus untuk menyelesaikan soal. |
L1 L2 |
PG dan Uraian |
2 |
|
|
3.8.21 Menerapkan
mean dari kumpulan data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat
mewakili data |
1. Disajikan sebuah data,
siswa dapat menerapkan mean untuk menyelesaikan soal. 2. Disajikan sebuah cerita,
siswa dapat menerapkan mean untuk menyelesaikan soal. |
L1 L2 |
PG dan Uraian |
3 |
|
|
3.8.22 Menganalisis
mean dari kumpulan data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat
mewakili data |
1. Disajikan sebuah data,
siswa dapat menganalisis mean untuk menyelesaikan soal. 2. Disajikan sebuah cerita,
siswa dapat menganalisis mean untuk menyelesaikan soal. |
L1 L2 |
PG dan Uraian |
4 |
|
|
3.8.23 Membandingkan
modus dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling
tepat mewakili data |
|
L2 |
Uraian |
5 |
Soal Uraian
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
KARTU SOAL
Jenis Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester |
: SD : Matematika : VI / II |
Nama Penyusun : Wulan FajariniUnit Kerja
: SD
Negeri Rejodani |
Kompetensi Dasar 3.8 Menjelaskan dan membandingkanmodus,
median, dan mean dari data tunggal untuk menentukannilai mana yang paling
tepatmewakili data |
Buku Sumber |
|||||||||||||||||||
Rumusan Butir Soal Perhatikan tabel warna
kesukaan peserta didik kelas VI di bawah ini!
Berdasarkan tabel di atas,
apakah warna favorit peserta di kelas VI dan jelaskan alasanmu! |
||||||||||||||||||||
Materi Modus dan Mean Indikator 3.8.19 Menerapkan
modus dari kumpulan data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling
tepat mewakili data |
Kunci Jawaban Biru, karena biru disukai oleh 20 peserta didik. Rubrik
|
Soal Pilihan Ganda
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
KARTU SOAL
Jenis Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester |
: SD : Matematika : VI / II |
Nama Penyusun : Wulan FajariniUnit Kerja
: SD
Negeri Rejodani |
Kompetensi Dasar 3.8 Menjelaskan dan membandingkanmodus,
median, dan mean dari data tunggal untuk menentukannilai mana yang paling
tepatmewakili data |
Buku Sumber |
Penalaran Aplikasi Pengatahuan dan Pemahaman |
||||
Rumusan Butir Soal Siswa kelas VI SD Negeri
Rejodani berjumlah 40 anak. 18 anak berangkat sekolah dengan naik sepeda, 8
anak berjalan kaki, 2 anak naik bus, dan
sisanya dantar oleh orangtua. Dari ilustrasi diatas dapat ditarik
kesimpulan yang rata-rata anak SD Negeri Rejodani berangkat sekolah dengan
...
a.
Diantar
orang tua b.
Berjalan
kaki c.
Naik
sepeda d.
Naik
bus |
||||||
Materi Modus dan Mean |
|
|||||
Indikator 3.8.19
Menerapkan modus dari kumpulan data tunggal untuk menentukan nilai
mana yang paling tepat mewakili data |
|
Soal Pilihan Ganda
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
KARTU SOAL
Mata Pelajaran Kelas/Semester |
: SD : Matematika : VI / II |
Nama Penyusun : Wulan
FajariniUnit Kerja : SD Negeri Rejodani |
Kompetensi Dasar 3.8 Menjelaskan dan membandingkanmodus,
median, dan mean dari data tunggal untuk menentukannilai mana yang paling
tepatmewakili data |
Buku Sumber |
Penalaran Aplikasi Pengatahuan dan Pemahaman |
||||
Rumusan Butir Soal Dalam rangka pemeriksaan
kesehatan, peserta didik kelas VI yang berjumlah 40 peserta didik melakukan
kegiatan penimbangan berat badan. Sebanyak 2 peserta didik mempunyai berat 30
kg, 6 peserta didik mempunyai berat 28
kg, 3 peserta didik mempunyai berat 32 kg, dan sisanya mempunyai berat 33 kg.
Berat peserta didik kelas VI rata-rata adalah ....
a.
33
kg b.
32
kg c.
30
kg d.
28
kg |
||||||
Materi Modus dan Mean |
|
|||||
Indikator 3.8.20
Menganalisis modus
dari kumpulan data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat
mewakili data |
|
Soal Uraian
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
KARTU SOAL
Kompetensi Dasar 3.8 Menjelaskan dan membandingkanmodus,
median, dan mean dari data tunggal untuk menentukannilai mana yang paling
tepatmewakili data |
Buku Sumber |
||||||||||||||||||
Rumusan Butir Soal Pak Tora memiliki sebuah
peternakan. Setiap hari dia rajin merawat ternak-ternaknya dengan baik.
Daftar ternak Pak Tora tersaji dalam tabel berikut :
Apa modus dari daftar ternak
Pak Tora dan jelaskan alasanmu! |
|||||||||||||||||||
Materi Modus dan Mean Indikator 3.8.19 Menganalisis modus
dari kumpulan data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat
mewakili data |
Kunci Jawaban Alternatif jawaban 1 Puyuh Betina, karena jumlah
puyuh betina paling banyak. Alternatif jawaban 2 Ayam, karena jumlah ayam
secara keseluruhan paling banyak. Rubrik
|
Soal Uraian
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
KARTU SOAL
Kompetensi Dasar 3.8 Menjelaskan dan membandingkanmodus,
median, dan mean dari data tunggal untuk menentukannilai mana yang paling
tepatmewakili data |
Buku Sumber |
||||||||||||||||||
Rumusan Butir Soal Jumlah peserta didik kelas VI
adalah 36 anak. Pada saat ulangan matematika, nilai rata-rata peserta didik
perempuan adalah 70, sedangkan nilai rata-rata peserta didik laki-laki adalah
61. Nilai rata-rata peserta didik di kelas itu adalah 63. Tentukan banyak
peserta didik perempuan! |
|||||||||||||||||||
Materi Modus dan Mean |
Kunci Jawaban Langkah 1 a + b = 36 b = 36 – a langkah 2 ( 70 x a ) + (61 x b) = 36 x
63 (70 x a ) + (61 x (36-a)) =
2268 70a + 2196 – 61 a = 2268 70a – 61a = 2268-2196 Langkah 3 9a = 72 a = 72 : 9 a = 8 langkah 4 jadi banyak peserta didik
perempuan adalah 8 anak Rubrik
|
||||||||||||||||||
Indikator 3.8.21 Menerapkan mean dari kumpulan data tunggal
untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data |
Soal Pilihan Ganda
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
KARTU SOAL
Kompetensi Dasar 3.8 Menjelaskan dan membandingkanmodus,
median, dan mean dari data tunggal untuk menentukannilai mana yang paling
tepatmewakili data |
Buku Sumber |
Penalaran Aplikasi Pengatahuan dan Pemahaman |
||||
Rumusan Butir Soal Data nilai peserta didik
kelas VI SD Negeri Rejodani adalah sebagai berikut : 70, 75, 60, 80, 90, 80, 75,
60, 85, 80 70, 70, 75, 80, 90, 80, 80,
75, 85, 80 Jika nilai peserta didik
lebih rendah dari rata-rata maka dinyatakan tidak lulus, jumlah peserta didik
yang lulus adalah ....
a.
9
anak b.
10
anak c.
11
anak d.
12
anak |
||||||
Materi Modus dan Mean |
|
|||||
Indikator 3.8.21
Menerapkan mean dari kumpulan data tunggal untuk menentukan nilai mana
yang paling tepat mewakili data |
|
Soal Uraian
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
KARTU SOAL
Kompetensi Dasar 3.8 Menjelaskan dan membandingkanmodus,
median, dan mean dari data tunggal untuk menentukannilai mana yang paling
tepatmewakili data |
Buku Sumber |
||||||||||||||||||||||
Rumusan Butir Soal Berat rata-rata 10 peserta
didik adalah 40 kg. Salah seorang diantara mereka digantikan oleh Galih
sehingga berat rata-ratanya menjadi 40,5 kg. Jika berat Galih adalah 42 kg,
berapa berat peserta didik yang digantikan oleh Galih?
Langkah
1 Berat
total sebelum Galih menggantkan 40
x 10 = 400 kg Langkah
2 Berat
total dengan Galih 40,5
x 10 = 405 kg Langkah
3 Berat
total tanpa Galih 405
kg – 42 kg = 363 kg Langkah
4 Berat
anak yang digantikan Galih 400
kg- 363 kg = 37 kg Rubrik
|
|||||||||||||||||||||||
Materi Modus dan Mean |
|
||||||||||||||||||||||
Indikator 3.8.22
Menganalisis mean dari kumpulan data tunggal untuk menentukan
nilai mana yang paling tepat mewakili data |
|
Soal Pilihan Ganda
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
KARTU SOAL
Kompetensi Dasar 3.8 Menjelaskan dan membandingkanmodus,
median, dan mean dari data tunggal untuk menentukannilai mana yang paling
tepatmewakili data |
Buku Sumber |
Penalaran Aplikasi Pengatahuan dan Pemahaman |
||||
Rumusan Butir Soal Atika mengikuti ulangan
sebanyak 10 kali. Dia hanya mencatat nilai ulangan pertama sampai
kesembilan, yaitu 10, 8, 9, 7, 8, 7,
8, 8, dan 8. Menurut gurunya rata-rata dari ulangannya adalah 8.2. Berapakah
nilai ulangan Atika yang tidak tercatat?
a.
9 b.
8 c.
7 d.
6 |
||||||
Materi Modus dan Mean |
|
|||||
Indikator 3.8.22
Menganalisis mean dari kumpulan data tunggal untuk menentukan
nilai mana yang paling tepat mewakili data |
|
Soal Uraian
Kompetensi Dasar 3.8 Menjelaskan dan membandingkanmodus,
median, dan mean dari data tunggal untuk menentukannilai mana yang paling
tepatmewakili data |
Buku Sumber |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Rumusan Butir Soal Perhatikan tabel berat badan
dua kelompok peserta didik kelas VI di bawah ini!
Siswa dikatakan mempunyai
berat badan ideal jika berada pada berat 32 – 35 kg. Kelas manakah yang dapat
dikatakan kelas dengan berberat badan ideal? Kunci Jawaban :
Kelas B karena mempunyai 7 peserta
didik yang mempunyai berat badan ideal. Rubrik
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Materi Modus dan Mean |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Indikator 3.8.23
Membandingkan modus dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai
mana yang paling tepat mewakili data |
|
Soal Pilihan Ganda
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
KARTU SOAL
Kompetensi Dasar 3.8 Menjelaskan dan membandingkanmodus,
median, dan mean dari data tunggal untuk menentukannilai mana yang paling
tepatmewakili data |
Buku Sumber |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Rumusan Butir Soal Perhatikan tabel nilai
ulangan matematika kelas VI SD Negeri Rejodani di bawah ini!
Siswa mendapat kriteria
tuntas jika mendapat nilai lebih dari rata-rata. Pembelajaran matematika
dikatakan berhasil jika lebih dari 9 siswa tuntas. Menurut pendapatmu, apakah
pembelajaran matematika di kelas VI SD Negeri Rejodani berhasil? Kunci Jawaban :
Belum berhasil, karena yang
mendapat kriteria tuntas baru 7 anak. Rubrik
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Materi Modus dan Mean |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Indikator 3.8.23
Membandingkan modus dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai
mana yang paling tepat mewakili data |
|
[AO11]KETERAMPILAN ABAD 21 KOLABORASI
[AO12]PPK
[AO13]KETERAMPILAN ABAD 21 KOLABORASI
[AO14]PPK
[AO15]PPK
[AO16]LITERASI
[AO17]KONSEPTUAL
[AO18]BERFIKIR KRITIS
[AO19]KREATIF
[AO110]LITERASI
[AO111]KONSEPTUAL
[AO112]BERFIKIR KRITIS
[AO113]SAINTIFIK
[AO114]PPK
[AO115]LITERASI
[AO116]KOMUNIKASI
[AO117]BERFIKIR KRITIS
[AO118]PPK
[AO119]KOMUNIKASI
[AO120]FAKTUAL
[AO121]FAKTUAL
[AO122]BERFIKIR KRITIS
[AO123]KREATIF DAN BERFIKIR KRITIS
[AO124]KONSEPTUAL
[AO125]KOLABORASI
[AO126]KREATIF DAN BERFIKIR KRITIS
[AO127]KOLABORASI
[AO128]PROSEDURAL
[AO129]PROBLEM SOLVING
[AO130]PPK
[AO131]LITERASI
[AO132]BERFIKIR KRITIS
[AO133]LITERASI
[AO134]BERFIKIR KRITIS
[AO135]SAINTIFIK
[AO136]PPK
[AO137]LITERASI
[AO138]BERFIKIT KRITIS
[AO139]SAINTIFIK
[AO140]PPK
[AO141]LITERASI
[AO142]PROBLEM SOLING
[AO143]KOMUNIKASI
[AO144]PPK
[AO145]KOLABORASI DAN KOMUNIKASI
[AO146]CRITICAL THINKING
[AO147]KREATIF DAN KOMUNIKASI
[AO148]PROBLEM SOLVING
[AO149]PPK DAN LITERASI
[AO150]KOMUNIKASI DAN LITERASI
[AO151]KREATIF DAN KOMUNIKASI
[AO152]PPK
[AO153]TRANSFER KNOWLEDGE
[AO154]PPK
[AO155]KOMUNIKASI
[AO156]PPK
[AO157]KOMUNIKASI
[AO158]BERFIKIR KRITIS DAN KREATIF
[AO159]TRANSFER KNOWLEDGE
[AO160]DISKUSI
[AO161]BERFIKIR KRITIS
[AO162]KOLABORASI DAN KREATIF
[AO163]BERFIKIR KRITIS
[AO164]BERFIKIR KRITIS
[AO165]KONSEPTUAL
[AO166]KOLABORASI
[AO167]PPK
[AO168]PROBLEM SOLVING
[AO169]PPK
[AO170]METAKOGNITIF
[AO171]METAKOGNITIF
[AO172]KONSEPTUAL
[AO173]KREATIF
[AO174]KOMUNIKASI DAN LITERASI
[AO175]BERFIKIR KRITIS
[AO176]KONSEPTUAL
[e77]LITERASI
PPK: [e78]NASIONALISME
[e79]PPK: RELIGIUSITAS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar