RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMKNegeri
8 Bandung
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kompetensi
Keahlian : .........................................
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Barisan dan Deret Bilangan
Tahun Pelajaran :
2018/2019
Pertemuan
ke :
1 dan 2
Alokasi
waktu : 4 X 45 menit (2
Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 |
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. |
KI 2 |
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian
secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia. |
KI 3 |
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup
kajian Matematika pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi
diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat
nasional, regional, dan internasional. |
KI 4 |
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi,
dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai
dengan bidang kajian Matematika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas
yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara
efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan
solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam
ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. |
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No |
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
3.5 |
Menganalisis barisan dan deret aritmetika |
3.5.1 Mengidentifikasi
sifat/ciri dari barisan aritmetika 3.5.2 Menentukan rumus umum suku ke-n suatu barisan aritmetika 3.5.3 Menentukan rumus
jumlah n suku pertama suatu deret aritmetika 3.5.4 Mengkaitkan
antara konsep barisan aritmetika dengan konsep lain dalam masalah matematika 3.5.5 Mengkaitkan
antara konsep deret aritmetika dengan konsep lain dalam masalah matematika |
4.5 |
Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika |
4.5.1 Mengemukakan ide
penyelesaian masalah barisan
aritmetika dengan berbagai cara 4.5.2Mengemukakan ide penyelesaian
masalah deret aritmetika dengan
berbagai cara 4.5.3 Memecahkan
masalah kontekstualyang berkaitan dengan barisan aritmetika 4.5.4 Memecahkan
masalah kontekstual yang berkaitan denganderet aritmetika |
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah berdiskusi, menggali informasi melalui model pembelajaran discovery learningpeserta didik dapat
menganalisis barisan dan deret aritmetika serta menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika dengan mengedepankan perilaku jujur, santun,disiplin, rasa ingin tahu, bertanggung-jawab, responsif
dan proaktif selama proses pembelajaran
D.
Materi Pembelajaran
Fakta |
: |
Semua notasi yang digunakan
dalam menjelaskan dalam barisan dan deret aritmetika ·
Suku pertama dilambangkan dengan a. ·
Beda antara dua suku berurutan
dilambangkan dengan b. ·
Suku ke-n dilambangkan sebagai Un ·
Jumlah n suku pertama dilambangkan
sebagai Sn. |
Konsep |
: |
Definisi, pengertian, serta
ciri-ciri yang berkaitan dengan barisan
dan deret aritmetika ·
Barisan aritmetika adalah suatu
barisan yang beda antara dua suku berurutannya selalu merupakan bilangan
tetap. ·
Menjumlahkan suku-suku barisan aritmetika
disebut dengan deret aritmetika. |
Prinsip |
: |
·
Rumus suku ke-n dari barisan aritmetika adalah ·
Rumus jumlah nsuku pertamadari deret aritmetika adalah atau |
Prosedur |
: |
Langkahkerjapercobaan
untuk menemukan rumus barisan dan deret aritmetika. |
E. Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran |
: |
Pendekatan Saintifik ( Scientific ) |
Model pembelajaran
|
: |
Penemuan (Discovery
learning) |
Metode |
: |
Diskusi kelompok, tanya jawab dan pemberian tugas |
F.
Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
- Alat dan bahan :
LKS
2. Media : Papan tulis, Laptop dan Infokus
3. Sumber
belajar :
a.
Kasmina dan Toali. (2013). Matematika untuk SMK kelas X. Jakarta:
Erlangga
b.
Manulang,
S. dkk. (2017). Matematika untuk SMA/MA/SMK/MAK kelas XI Edisi Revisi 2017.
Jakarta: Kemendikbud
c.
Internet
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke - 1
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
- Menumbuhkan perilaku santun dan religius peserta didik melalui pembiasaan memulai pembelajaran dengan salam dan berdoa - Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai pembiasaan perilaku disiplin - Menyampaikan informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran serta metode yang akan dilaksanakan -
Melakukan apersepsi tentang
jenis-jenis pola bilangan (pola bilangan genap, ganjil, bilangan segitiga,
segi empat, dsb) yang disajikan melalui infokus |
10 menit |
Inti |
Fase I Stimulation
(stimulasi/pemberian
rangsangan) -
Peserta didik mengamati salah
satu masalah kontekstual yang disajikan guru untuk menumbuhkan rasa ingin
tahu, seperti contoh berikut: Bayangkan
anda seorang penumpang taksi. Anda harus membayar biaya buka pintu Rp 15.000
dan argo Rp 5.000 /km. Berapa biaya taksi yang harus anda bayar apabila telah
menempuh jarak 5 km, 10 km dan 50 km? Fase II Problem statement (identifikasi
masalah) -
Secara proaktif, peserta didik mengidentifikasi masalah
dan strategi untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan berbagai cara,
seperti dengan mencacah -
Peserta didik responsif mengemukakan ide secara
lisan/tulisan dan disampaikan kepada peserta didik lainnya Fase III Data collection (pengumpulan data) -
Melalui LKS hal 1yang telah disiapkan, peserta didik
dipandu untuk memformulasikan rumus umum dari barisan aritmetika agar lebih
mudah dalam menemukan jawaban daripada melalui proses mencacah -
Peserta didik dapat berdiskusi dengan teman
sebangku/kelompoknya menggali informasi dari berbagai literatur
sesuai dengan seluruh permasalahan yang sedang dikaji dalam LKS. Fase IV Dataprocessing (pengolahan data) -
Peserta didik mendiskusikan, mengolah data yang ditemukan,
menyusun langkah-langkah penyelesaian dan menuangkannya pada lembar jawaban
dalam LKS secara bertanggung jawab -
Peserta didik memecahkan masalah kontekstual lain yang
tersedia dalam LKS hal 4untuk memperdalam pemahaman terkait materi yang sedang
dibahas Fase V Verification (pembuktian) -
Peserta didik melakukan verifikasi dan mengevaluasi
penyelesaian masalah dengan menggunakan berbagai ide -
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan yang lain
menanggapi Fase VI Generalization (menarik kesimpulan) -
Dengan bimbingan guru, peserta didik membuat kesimpulan
berkaitan dengan materi barisan aritmetika dan mencatatnya dalam LKS/buku
catatan. |
70 menit |
Penutup |
- Peserta didik mengumpulkan seluruh pekerjaannya untuk dilakukan penilaian terhadap proses dan hasil yang telah dicapai peserta didik sebagai pembiasaaan perilaku bertanggung jawab - Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan - Memberikan tugas untuk memperdalam pemahaman materi dan menginformasikan materi yang akan dipelajari dipertemuan selanjutnya -
Mengakhiri pembelajaran dengan
salam sebagai pembiasaan perilaku santun dan religius |
10 menit |
Pertemuan ke-2
H.
Penilaian Hasil Belajar
a.
Teknik dan Bentuk Penilaian
No |
Aspek |
Teknik |
Bentuk
Instrumen |
1 |
Sikap |
Observasi |
Lembar
Pengamatan |
2 |
Pengetahuan |
·
Penugasan ·
Tes tertulis |
·
LKS (terlampir) ·
Uraian (terlampir) |
3 |
Keterampilan |
·
Tes tertulis |
·
Uraian (terlampir) |
b.
Remedial
IPK |
Kegiatan Pembelajaran Jika Peserta |
Penilaian |
||
< 20% Tugas Individu |
20% - 50% Tugas Kelompok |
> 50% Pembelajaran Ulang |
||
Mengidentifikasi sifat/ciri dari barisan
aritmetika (3.5.1) |
Tugas membaca materi |
Tugas membaca materi |
Menjelaskan kembali
materi |
soal-soal setara dengan
ulangan harian utama |
Menentukan rumus suku
ke-n barisan aritmetika (3.5.2) |
Tugas membaca materi |
Tugas membaca materi |
||
Menentukan rumus jumlah
n suku pertama dalam deret aritmetika (3.5.3) |
Tugas membaca materi |
Tugas membaca materi |
||
Mengkaitkan antara
konsep barisan aritmetika dengan konsep lain dalam masalah matematika (3.5.4) |
Tugas mencari contoh
penyelesaian |
Tugas latihan soal
secara kelompok |
||
Mengkaitkan antara
konsep deret aritmetika dengan konsep lain dalam masalah matematika (3.5.5) |
Tugas mencari contoh
penyelesaian |
Tugas latihan soal
secara kelompok |
c.
Pengayaan
Bagi
siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaranpengayaan
sebagai berikut:
Nilai Peserta Didik (x) |
Kegiatan Pembelajaran |
Keterangan |
NKB ≤ N ≤ NMakx |
Diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman
sebagai pengetahuan tambahan |
NKB
= Nilai Ketuntasan Belajar NMaks
= Nilai maksimal ideal N =
Nilai yang dicapai peserta didik |
N= NMaks |
Diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman
sebagai pengetahuan tambahan. |
Mengetahui Bandung,
28 Juli2018
Kepala SMKN 8 Bandung Guru
Mata Pelajaran
Drs. Agung Indaryatno Hendi Senja Gumilar, M.Pd NIP.196803211995121005 NIP.198310072009021002
Lampiran 1
JURNAL
PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan :
Tahun pelajaran :
Kelas/Semester :
Mata Pelajaran :
NO |
HARI/ TANGGAL |
NAMA |
KEJADIAN/ PERILAKU |
BUTIR SIKAP |
POS/ NEG |
TINDAK LANJUT |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
Lampiran
2
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
1. KISI-KISI SOAL
No |
Kompetensi Dasar |
IPK |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
No Soal |
For/Sum |
1 |
Menganalisis barisan dan deret aritmetika (3.5) |
Menggunakan sifat/ciri dari barisan aritmetika |
Barisan Aritmetika |
Menentukan satu suku bilangan lainnya jika
diketahui dua suku barisan aritmetika yang tidak berurutan. |
L1 |
Uraian |
1 |
Sumatif |
2 |
|
Menentukan rumus suku ke-n suatu barisan aritmetika
(3.5.2) |
Barisan Aritmetika |
Peserta didik dapat menentukan rumus suku
ke-n dari masalah barisan aritmetika. |
L2 |
Uraian |
2 |
Sumatif |
3 |
|
Menentukan rumus jumlah n suku pertama suatu deret
aritmetika (3.5.3) |
Deret Aritmetika |
Peserta didik dapat menentukan rumus jumlah n
suku pertama dari masalah deret aritmetika. |
L2 |
Uraian |
3 |
Sumatif |
4 |
|
Mengkaitkan
antara konsep barisan aritmetika dengan konsep lain dalam menyelesaikan masalah
matematika (3.5.4) |
Barisan Aritmetika |
Peserta didik dapat mengkaitkan triple Phytagoras
pada segitiga siku-siku dengan barisan aritmetika dalam suatu masalah |
L3 |
Uraian |
4 |
Sumatif |
5 |
|
Mengkaitkan
antara konsep deret aritmetika dengan konsep lain dalam menyelesaikan masalah
matematika (3.5.5) |
Deret Aritmetika |
Peserta didik dapat mengkaitkan matriks
dengan deret aritmetika dalam suatu
masalah |
L3 |
Uraian |
5 |
Sumatif |
2. BUTIR SOAL, KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN
PENSKORAN
No |
Butir Soal |
Kunci Jawaban |
Pedoman Penskoran |
|||||||||||
1. |
Diketahui
suku ke-5 dan suku ke-9 suatu barisan aritmetika adalah 8 dan 20. Tentukan
suku ke-15 dari barisan bilangan tersebut? |
Dik: U5 = 8 dan U9 =
20 Dit: U15 =? Jawab: Langkah
1 U9 = a + 8b ® a + 8b = 20 U5 = a + 4b ®a
+ 4b = 8 - 4b = 12 b = 3 Langkah
2 a + 4b = 8 ® substitusikan b = 3 a + 4.3 = 8
a = -4 Langkah
3 U15 = a + 14b
= -4 + 14(3)
= 38 |
2 2 2 |
|||||||||||
2. |
Tentukanlah rumus suku ke-n dari
barisan aritmetika jika diketahui suku keduabelasnya 35 dan suku keenamnya
17? |
Langkah
1 U12 = 35 ® a + 11b = 35 U6 = 17 ®a
+ 5b = 17 – 6b = 18 b = 3 Langkah
2 a + 5b = 17® substitusikan b = 3 a + 5.3 = 17 a = 2 Langkah
3 Un = a + (n-1).b ® substitusikan a = 2 dan b = 3 Un = 2 + (n-1).3
= 2 + 3n – 3
= 3n – 1 |
2 2 2 |
|||||||||||
3. |
Tentukanlah rumus jumlah n suku
pertama dari deret aritmetika berikut: 2 + 7 + 12 + 17+ .... Kemudian hitunglah berapa jumlah 20
suku pertamanya? |
Langkah
1 2 + 7 + 12 + 17 + .... a = 2 dan b = 5 Langkah
2 Langkah
3 |
2 2 2 |
|||||||||||
4. |
Suatu segitiga siku-siku ABC dengan sisi-sisinya
membentuk barisan aritmetika, jika keliling segitiga tersebut adalah 36 cm,
tentukanlah berapa panjang masing-masing sisi
segitiga tersebut? |
Langkah
1
Sisi-sisi segitiga membentuk barisan
aritmetika, misal: U1 = p = a U2 = q = a + b U3 = r = a + 2b KD = 36 Langkah
2 KD = p + q + r 36 = a + (a + b) + (a + 2b) 36 = 3a + 3b : 3 12
= a + b = U2 b
= 12 – a .......................... (1) Dalam segitiga siku-siku, setiap
sisi-sisinya berlaku dalil Phytagoras: r2 = p2 + q2 (a + 2b)2 = a2
+ (a + b)2 a2
+ 4ab + 4b2 = a2 + 122 4ab + 4b2 – 144 = 0 : 4 b2
+ ab – 36 = 0 ............ (2) Langkah
3 Substitusi pers (1) ke pers (2): b2 + ab – 36 = 0 (12 – a)2 + a (12 – a) –
36 = 0 144 –
24a + a2 + 12a – a2 – 36 = 0 108 – 12a = 0 a
= 9 = U1 b = 12 – a = 12 – 9 = 3 Dari langkah sebelumnya diperoleh: U1=
a = 9, U2 = 12, dan b = 3 Maka: U3 = 12 + 3 = 15 sehingga panjang setiap sisi
siku-siku tersebut adalah 9, 12 dan15 |
2 4 4 |
|||||||||||
5. |
Diketahui matriks dengan a dan b adalah bilangan posistif. Apabila: a+ b + (a + b) + 2bmembentukderet aritmetika dan , tentukanlah jumlah 4 suku pertama deret tersebut? Catatan:
hal seperti ini dapat dilakukan jika materi matriks sudahdiberikan pada
pembelajaran sebelumnya |
Langkah 1 a+ b + (a + b) + 2bmembentukderet aritmetika, maka berlaku: U2 –U1 = U3
–U2 b – a = (a + b) – b
b – a = a b = 2a ................... (1) Langkah 2
............. (2) Langkah 3 Substitusi
pers (1) ke pers (2):
b = 2a =
2.2 = 4 Langkah 4 Maka
jumlah deret aritmetika tersebut adalah: a+ b + (a + b) + 2b = 2 + 4 + (2 +4) + 2.4 = 2 + 4 + 6 + 8 = 20 |
2 2 4 2 |
|||||||||||
Pedoman penilaian = |
Lampiran 3
INSTRUMEN
PENILAIAN KETERAMPILAN
1. KISI-KISI SOAL
Kompetensi Dasar |
IPK |
Materi Pokok |
Indikator Keterampilan |
Teknik Penilaian |
Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika (4.5) |
Mengemukakan ide
terkait masalah barisan aritmetika (4.5.1) |
Barisan Aritmetika |
Peserta didik dapat mengemukakan ide terkait masalah
barisan aritmetika baik secara lisan dan tulisan selama pembelajaran |
Observasi |
|
Mengemukakan ide terkait masalah deret
aritmetika (4.5.2) |
Deret Aritmetika |
Peserta didik dapat mengemukakan ide terkait masalah deret
aritmetika baik secara lisan dan tulisan selama pembelajaran |
Observasi |
|
Memecahkan masalah
kontekstual dengan menggunakan konsep barisan aritmetika (4.5.3) |
Barisan Aritmetika |
Disajikan
masalah kontekstual terkait bunga tunggal, peserta didik dapat memecahkan
masalah tersebut dengan konsep barisan aritmetika |
Tes Tertulis |
|
Memecahkan masalah kontekstual dengan menggunakan konsep deret aritmetika (4.5.4) |
Deret Aritmetika |
Disajikan
masalah kontekstual terkait tawaran kontrak kerja seorang pekerja di 2
perusahaan dalam kurun waktu, gaji dan periode kenaikan gaji tertentu,
peserta didik dapat memecahkan masalah tersebut dengan
konsep deret aritmetika |
Tes Tertulis |
2. Instrumen
No |
Butir Soal |
Kunci Jawaban |
Pedoman Penskoran |
|||||||||||||||
1. |
Dodi menabung di bank sebesar Rp
8.000.000 dengan bunga tunggal 5% /tahun. Skema tabungan Dodi dari tahun ke
tahun dapat disajikan dalam tabel berikut:
Nyatakan skema tabungan Dodi
tersebut kedalam formulasi umum matematikanya? Berapa saldo tabungan Dodi di
akhir tahun ke-10? |
Langkah
1 a =
8.000.000 b =
400.000 Langkah
2 Pertambahan
saldo tabungan Dodi mengikuti pola
barisan aritmetika, sehingga formulasi umumnya adalah
Jadi
formulasi skema tabungan Dodi dari tahun ke-0 (U1) adalah: Un = 400.000n + 7.600.000 Langkah
3 Saldo tabungan Dodi di akhir tahun ke-10 (U11) adalah: U11 = 400.000(11) + 7.600.000 = 4.400.000 + 7.600.000 = 12.000.000 |
2 5 3 |
|||||||||||||||
2. |
Seorang alumni lulusan SMK di
bingungkan dengan tawaran pekerjaan di 2 perusahaan yang berbeda. Dengan
durasi kontrak selama 10 tahun, perusahaan A dan B menawarkan gaji yang sama
yaitu Rp 48.000.000 setahun, hanya dengan skala kenaikan gaji yang berbeda.
Jika perusahan A menawarkan kenaikan gaji secara berkala sebesar Rp 1.000.000
setiap tahun, sedangkan perusahaan B menawarkan kenaikan gaji Rp 500.000
setiap setengah tahun. Skala gaji perusahaan manakah yang lebih menguntungkan
untuk alumni tersebut? |
Langkah
1 Jumlah
gaji alumni tersebut di perusahaan A selama 10 tahun membentuk deret
aritmetika yang dihitung dengan periode satu tahun: S10
= 48.000.000 + 49.000.000 + 50.000.000 + 51.000.000 + ..... a =
48.000.000 , b = 1.000.000, n = 10 Langkah
2 Jumlah
gaji alumni tersebut di perusahaan B selama 10 tahun membentuk deret
aritmetika yang dihitung dengan periode setengah tahun: S20
= 24.000.000 + 24.500.000 + 25.000.000 + 25.500.000 + ..... a =
24.000.000 , b = 500.000, n = 20
Langkah
3 Berdasarkan
perhitungan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa skala gaji perusahaan B
lebih menguntungkan daripada perusahaan A bagi alumni SMK tersebut |
5 5 2 |
|||||||||||||||
Pedoman penilaian = |
Ada filenya djual?
BalasHapusmantap pak hendi, terima kasih ilmunya
BalasHapus