Halooo.... Semoga bermanfaat

Senin, 14 Maret 2016

PERBEDAAN KURIKULUM KTSP DAN KURIKULUM 2013


ASPPEK
KTSP
K13
Struktur
A.      Tujuan pembelajaran
B.      Materi pembelajaran
C.      Metode pembelajaran
D.     Langkah pembelajaran
E.      Sumber belajar
F.       Penilaian hasil belajar

A.      Kompetensi inti
B.      Kompetensi dasar
C.      Indicator pencapaian
D.     Tujuan pembelajaran
E.      Materi ajar
F.       Alokasi waktu
G.     Pendekatan dan metode pembelajaran
H.     Kegiatan pembelajaran
I.        Penilaian hasil belajar
J.        Sumber belajar
Penilaian
Penilaiannya lebih dominan pada aspek pengetahuan
Standar penilaian menggunakan penilaian otentik, yaitu mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil.
Kegiatan Pembelajaran
1.       Eksplorasi
2.       Elaborasi
3.       Konfirmasi

1.       Menggunakan diskusi kelompok dimana peran guru hanya sebagai fasilitator
Penekanan
lebih menekankan pada aspek pengetahuan (Kognitif)
Aspek kompetensi lulusan ada keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap /afektif, keterampilan / psikomotorik, dan pengetahuan/kognitif
PEran Guru
Guru masih banyak menjelaskan
Guru berperan sebagai fasilitator
Jam Pelajaran
Jumlah jam pelajaran per minggu lebih banyak dan jumlah mata pelajaran lebih sedikit dibanding KTSP
Jumlah jam pelajaran lebih sedikit dan jumlah mata pelajaran lebih banyak dibanding Kurikulum 2013
Ekskul Pramuka
Pramuka bukan ekstrakurikuler wajib
Pramuka menjadi ekstrakuler wajib
Penjurusan / peminatan
Penjurusan mulai kelas XI
Pemintan (Penjurusan) mulai kelas X untuk jenjang SMA/MA
Peran Guru Bimbingan dan Konseling
BK lebih pada menyelesaikan masalah siswa
BK lebih menekankan mengembangkan potensi siswa



Tidak ada komentar:

Posting Komentar