Halooo.... Semoga bermanfaat

Jumat, 18 Maret 2016

RPP Sejarah Kelas IX - Membedakan pengaruh Revolusi Pernacis, Revolusi Amerika dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional.



RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Nama Sekolah                       : SMA Negeri 1 Mlati
Mata Pelajaran                      : Sejarah
Kelas/Semester                      : XI IPS / 1
Pertemuan Ke                       : 1 sampai 4
Alokasi Waktu                       : 8 x 45 menit

I.     Standar Kompetensi :
Menganalisis sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah Bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai dengan abad ke-20.

II.     Kompetensi Dasar :
Membedakan pengaruh Revolusi Pernacis, Revolusi Amerika dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional.

III.     Indikator                                 :
A.       Kognitif
1.    Produk
a.    Mendeskripsikan keadaan awal Perancis sebelum revolusi
b.    Mendeskripsikan dampak dari revolusi Perancis
c.    Mendeskripsikan keadaan awal Amerika sebelum revolusi
d.   Mendeskripsikan dampak dari revolusi Perancis
e.    Mendeskripsikan keadaan awal Rusia sebelum Revolusi
f.     Mendeskripsikan paham-paham yang berkembang di Indonesia
g.    Mendeskripsikan paham-paham yang berpengaruh pada pergerakan Nasional
2.    Proses
a.    Menganalisis sebab meletusnya revolusi Perancsi
b.    Mengidentifikasi sebab meletusnya Revolusi Amerika
c.    Menganalisis faktor-faktor meletusnya revolusi Rusia
d.   Membandingkan Revolusi tahun 1917 bulan Februari dengan Revolusi Rusia tahun 1917 bulan Oktober

B.       Afektif
1.    Karakter
a.    menghayati dan meneladani sikap nasionalisme yang dimiliki oleh para pahlawan nasional
b.    perilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
c.    sikap dan perilaku yang patut dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan agama lain serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
d.   sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
2.    Keterampilan Sosial
a.    menghargai pendapat orang lain dalam satu kelompok.
b.    saling bekerjasama dalam satu kelompok
c.    Mencintai produk dalam negeri

C.       Psikomotorik
1.      Dengan penggunakan peta, siswa dapat menunjukan wilayah negara-negara yang terlibat dalam revolusi Perancis, Rusia, dan Amerika.
2.      Siswa menuliskan hasil diskusi di papan tulis

IV.     Tujuan Pembelajaran
A.       Kognitif
1.    Produk
a.    Siswa dapat mendeskripsikan keadaan awal Perancis sebelum revolusi
b.    Siswa dapat mendeskripsikan dampak dari revolusi Perancis
c.    Siswa dapat mendeskripsikan keadaan awal Amerika sebelum revolusi
d.   Siswa dapat mendeskripsikan dampak dari revolusi Perancis
e.    Siswa dapat mendeskripsikan keadaan awal Rusia sebelum Revolusi
f.     Siswa dapat mendeskripsikan paham-paham yang berkembang di Indonesia
g.    Siswa dapat mendeskripsikan paham-paham yang berpengaruh pada pergerakan Nasional
2.    Proses
a.    Siswa dapat menganalisis sebab meletusnya revolusi Perancsi
b.    Siswa dapat mengidentifikasi sebab meletusnya Revolusi Amerika
c.    Siswa dapat menganalisis faktor-faktor meletusnya revolusi Rusia
d.   Siswa dapat membandingkan Revolusi tahun 1917 bulan Februari dengan Revolusi Rusia tahun 1917 bulan Oktober

B.       Afektif
1.    Karakter
a.    Siswa mampu menghayati dan meneladani sikap nasionalisme yang dimiliki oleh para pahlawan nasional
b.    Siswa mampu berperilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
c.    Siswa mampu bersikap dan perilaku yang patuth dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan agama lain serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
d.   sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
2.    Keterampilan Sosial
a.    Siswa mampu menghargai pendapat orang lain dalam satu kelompok.
b.    Siswa mampu saling bekerjasama dalam satu kelompok
c.    Mencintai produk dalam negeri

C.       Psikomotorik
1.      Dengan penggunakan peta, siswa dapat menunjukan wilayah negara-negara yang terlibat dalam revolusi Perancis, Rusia, dan Amerika.
2.      Mengumpulkan tugas tepat waktu

V.          Materi Pebelajaran (Terlampir)
1.      Revolusi Perancis
2.      Revolusi Amerika
3.      Revolusi Rusia
4.      Revolusi dan Pergerakan Nasional

VI.          Model dan Metode Pembelajaran           :
A.  Model pembelajaran:
Menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah
B.  Metode pembelajaran:
Diskusi, presentasi, tanya jawab dan ceramah.
VII.     Kegiatan belajar mengajar:
Pertemuan I
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal
1.    Apersepsi: Salam pembuka, presensi dan mengecek keadaan kelas
2.    Motivasi : Guru melakukan tanya jawab berkaitan dengan pengetahuan tentang Revolusi dan pengetahuan mengenai Benua Eropa menggunakan peta dan gambar.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5’
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1.    Siswa mendeskripsikan keadaan awal Perancis sebelum Revolusi
2.    Siswa mencari informasi dari buku tentang keadaan awal Perancis sebelum Revolusi
Elaborasi:
1.     Siswa menemukan informasi dari buku tentang keadaan awal Perancis sebelum Revolusi
2.     Guru membagi siswa dalam 6 kelompok besar yang masing-masing terdiri dari 4 siswa
3.     Setiap siswa dibagikan materi tentang penyebab meletusnya revolusi Perancis dan dampak revolusi untuk didiskusikan dan membuat laporan untuk dipresentasikan dan dikumpulkan
4.     Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya
Konfirmasi:
1.    Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban yang kurang tepat dan memberikan penegasan terhadap jawaban yang benar
75’
3
Penutup:
1.    Guru dan siswa menarik kesimpulan dari materi yang disampaikan
2.    Guru memberikan refleksi, nilai-nilai apa saja yang didapat dari materi yang disampaikan
3.    Guru memberikan salam penutup.

10’








Pertemuan 2
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal
1.    Apersepsi: Salam pembuka, presensi dan mengecek keadaan kelas
2.    Motivasi : Guru memberikan gambaran tentang Amerika dengan menggunakan peta dan gambar-gambar.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5’
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1.    Siswa mendeskripsikan keadaan awal Amerika sebelum Revolusi
2.    Siswa mencari informasi dari buku tentang keadaan awal Amerika sebelum Revolusi
Elaborasi:
1.     Siswa menemukan informasi dari buku tentang keadaan awal Amerika sebelum Revolusi
2.     Guru membagi siswa dalam 6 kelompok besar yang masing-masing terdiri dari 4 siswa
3.     Siswa diminta untuk berdiskusi mengenai Amerika sebelum dan sesudah revolusi
4.     Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok, dan kelompok lain wajib mengajukan pertanyaan
Konfirmasi:
1.     Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban yang kurang tepat dan memberikan penegasan terhadap jawaban yang benar
75’
3
Penutup:
1.    Guru dan siswa menarik kesimpulan dari materi yang disampaikan
2.    Guru memberikan refleksi, nilai-nilai apa saja yang didapat dari materi yang disampaikan
3.    Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas untuk dikerjakan dirumah.
4.    Guru memberikan salam penutup.
10’

Pertemuan 3
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal
1.     Apersepsi: Salam pembuka, presensi dan mengecek keadaan kelas
2.    Motivasi : Guru melakukan tanya jawab berkaitan dengan pengetahuan Rusia yang disertai dengan peta dan gambar tokoh-tokoh Revolusi Rusia.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5’
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1.    Siswa mendeskripsikan keadaan awal Rusia sebelum Revolusi
2.    Siswa mencari informasi dari buku tentang keadaan awal Rusia sebelum Revolusi
Elaborasi:
1.     Siswa menemukan informasi dari buku tentang keadaan awal Rusia sebelum Revolusi
2.     Guru membagi siswa dalam 6 kelompok besar yang masing-masing terdiri dari 4 siswa
3.     Setiap siswa dibagikan materi tentang sebab meletusnya revolusi Rusia dan dampak revolusi untuk didiskusikan.
4.     Selain itu, siswa juga mendapat tugas untuk membandingkan Revolusi tahun 1917 bulan Februari dengan Revolusi Rusia tahun 1917 bulan Oktober
5.      Hasil diskusi dibuat laporan untuk dipresentasikan dan dikumpulkan
6.     Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya
Konfirmasi:
Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban yang kurang tepat dan memberikan penegasan terhadap jawaban yang benar
75’
3
Penutup:
1.    Guru dan siswa menarik kesimpulan dari materi yang disampaikan
2.    Guru memberikan refleksi, nilai-nilai apa saja yang didapat dari materi yang disampaikan
3.    Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas untuk dikerjakan dirumah.
4.    Guru memberikan salam penutup.

10’

Pertemuan 4
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal
1.    Apersepsi: Salam pembuka, presensi dan mengecek keadaan kelas
2.    Motivasi : Guru memberikan gambaran awal tentang Pergerakan Nasional Indonesia yang disertai dengan menampilakan gambar tokoh-tokonya.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5’
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1.    Siswa mendeskripsikan paham-paham baru yang muncul ketika terjadi Revolusi di Perancis, Amerika dan Rusia
2.    Siswa mencari informasi dari buku tentang paham-paham baru yang muncul ketika terjadi Revolusi di Perancis, Amerika dan Rusia
Elaborasi:
1.    Siswa menemukan informasi dari buku tentang paham-paham baru yang muncul ketika terjadi Revolusi di Perancis, Amerika dan Rusia
2.    Guru membagi siswa dalam 6 kelompok besar yang masing-masing terdiri dari 4 siswa
3.    Setiap siswa dibagikan materi tentang pengaruh paham-paham baru yang muncul ketika terjadinya revolusi bagi pergerakan Nasional Indonesia untuk didiskusikan dan membuat laporan untuk dipresentasikan dan dikumpulkan
4.    Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya
Konfirmasi:
1.    Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban yang kurang tepat dan memberikan penegasan terhadap jawaban yang benar
75’
3
Penutup:
1.      Guru dan siswa menarik kesimpulan dari materi yang disampaikan
2.    Guru memberikan refleksi, nilai-nilai apa saja yang didapat dari materi yang disampaikan
3.    Guru memberikan salam penutup.

10’



VIII.     Sumber, Alat dan Bahan
Sumber :
Badrika, I Wayan. 2004. Sejarah  SMA Kelas XI . Jakarta:Erlangga.
Sulestari, Sri, dkk. 2007.  Memahami Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: CV ARMICO.
Sumardianta, J, dkk. 2007. Sejarah Untuk SMA/MA Kelas XI IPS. Jakarta: Grasindo.
Ricklefs, M. C. 2005. Sejarah Indonesia Modern 1200-2004. Jakarta : PT.Ikrar Mandiriabadi.
Alat : Laptop, LCD, White Board, peta, gambar dan puzzle
Bahan : Power point, Kertas, Spidol/ Kapur

IX.     Penilaian
A.    Penilaian kognitif (terlampir)
B.     Penilaian afektif (terlampir)
C.     Penilaian psikomotorik (terlampir)
Yogyakarta, 9 April 2012

Guru pamong                                                               Pratikan


                                                                                                                                     
NIP./NPP: 19580423 198703 2 002                         NIM: 08131403









Lampiran I
I.       Penilaian Kognitif
A.    Penilaian Produk
Jenis Tagihan : tertulis
1.      Bentuk : Uraian dan pilihan ganda
2.      Soal:
Uraian:
1.      Kemukakan faktor-faktor yang mendorong munculnya Revolusi Amerika Serikat!
2.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan peristiwa The Boston Tea Party!
3.      Sebutkan dan jelaskan faktor meletusnya Perang Saudara!
Pilihan Ganda:
1.      Tokoh Perancis yang menentang kekuasaan Absolutisme dan menyusun bentuk pemerintahan yang terkenal dengan Trias Politica adalah....
a.       John Locke                             d. Robespiere
b.      Montesquieu                          e. Napoleon Bonaparte
c.       J.J Rousseau
2.      Sebab umum meletusnya Revolusi Perancis kecuali....
a.       utang negara yang terlalu banyak
b.      pajak sangat tinggi
c.       adanya pemborosan uang negara oleh keluarga kerajaan (Ratu dan anak-anaknya)
d.      adanya blangko surat penangkapan yang ditandatangani oleh Raja
e.       kebencian rakyat kepada penjara Bastille
3.      Salah satu dampak dari Revolusi Perancis dalam bidang politik yaitu munculnya rasa nasionalisme, sedangkan dalam bidang bidang ekonomi yaitu....
a.       Undang-undang merupakan kekuasaan tertinggi
b.      Munculnya aksi revolusioner untuk menggulingkan kekuasaan absolut raja
c.       penghapusan feodalisme
d.      sistem pajak feodal dihapuskan
e.       diterapkannya sistem monopoli
4.      Benua Amerika ditemukan oleh Columbus tahun 1492 dalam upaya penjelajahan samudera oleh bangsa-bangsa Barat. Penduduk asli benua tersebut adalah....
a.       suku Indian                                        d.  suku Negro
b.      suku Dravida                                      e.  suku Illinois
c.       suku Monda
5.      Kedatangan Columbus ke Benua Amerika adalah untuk.....
a.       memperluas wilayah kekuasaan Spanyol
b.      memperoleh logam mulia berupa emas dan perak
c.       menyebarkan ajaran agama nasrani
d.      menemukan pusat dan sumber rempah-rempah
e.       melakukan perampasan dan perampokan
6.      Daerah Amerika Selatan dan Amerika Selatan pada awalnya menjadi perebutan antara
a.       Inggris dan Spanyol                           d. Perancis dan Spanyol
b.      Spanyol dan Portugal                         e. Portugal dan Inggris
c.       Perancis dan Inggris
7.      Berdasarkan faktor geografis, koloni Inggris di Amerika terbagi menjadi koloni utara dan koloni selatan. Di bawah ini negara bagian yang termasuk bagian koloni utara kecuali....
a.       New Hamspire                                   d. Connecticut
b.      Massachusetts                                    e. Virginia
c.       Rhode Island
8.      Salah satu faktor  yang mendorong lahirnya Revolusi di Amerika Serikat adalah pemerintah Inggris yang menerapkan berbagai macam pajak kepada tanah koloni. Hal ini terjadi setelah...
a.       koloni-koloni berhasil membentuk negara bagian
b.      koloni-koloni menyatakan setia pada pemerintah Inggris
c.       Inggris menang perang melawan Perancis dalam perang laut 7 tahun
d.      Raja George II menetapkan tanah jajahan berdasarkan Perjanjian Paris 1763
e.       Inggris kalah perang melawan Perancis dalam perang laut 7 tahun
9.      Sebab khusus terjadinya Revolusi Amerika adalah...
a.       adanya Revenue Act dan Belleting Act
b.      No taxation without representation
c.       Americana for the Americans
d.      adanya The Boston Tea Party
e.       adanya buku “Common Sesse” karya Thomas Paine
10.  Alasan Spanyol membantu perjuangan Amerika Serikat dalam melawan pasukan Inggris yaitu....
a.       untuk mendapatkan kembali daerah Gibraltar dan Florida
b.      untuk balas dendam atas kekalahannya didalam perang laut 7 tahun
c.       untuk menjalin hubungan kerjasama dengan Amerika
d.      untuk memperoleh kekuasaan atas Amerika
e.       untuk mencari pusat rempah-rempah

11.  Dibawah ini termasuk tokoh perancang naskah Declaration of Independence keculai...
a.       Thomas Jefferson                   d. Roger Sherman
b.      Benjamin Franklin                  e. George Washington
c.       John Adams
12.  Dengan adanya kondisi geografis menyebabkan alotnya membentuk sistem pemerintahan Amerika. Orang-orang selatan menghendaki pemerintahan yang aristokratis dengan tokohnya....
a.       Thomas Jefferson                     d. Alexander Hamilton
b.      Benjamin Franklin                    e. George Washington
c.       John Adams
13.  Munculnya perang saudara di Amerika Serikat disebabkan oleh beberapa faktor, kecuali...
a.       Adanya perbedaan antara pihak utara dengan selatan dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya
b.      Adanya peristiwa The Boston Tea Party
c.       Meruncingnya masalah perbudakan
d.      Terpilihnya Abraham Lincoln sebagai Presiden Amerika Serikat
e.       Amerika Serikat bagian selatan ingin memisahkan diri dari Amerika Serikat
14.  Bapak kemerdekaan Amerika Serikat adalah...
a.       Thomas Jefferson                    d. Alexander Hamilton
b.      Benjamin Franklin                   e. George Washington
c.       John Adams
15.  Negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Amerika Serikat adalah ....
a.       Spanyol                      d. Belanda
b.      Portugal                      e. Perancis
c.       Inggris
Kunci Jawaban:
Uraian:
Pilihan Ganda:






Keterangan:
Skor penilaian tertinggi pilihan ganda adalah 75
Skor Penilaian tertinggi uraian adalah 25
Pedoman Penilaian Produk :
No
Skor
Nilai
1
86-100
Baik sekali
2
71-85
Baik
3
56-70
Cukup
4
<55
Kurang


B.     Penilaian Proses
·         Teknik       : Tes tertulis
·         Bentuk       : Uraian

1.      Soal Diskusi
“Isu perbudakan antara blok utara dan blok selatan adalah salah satu faktor utama terjadinya Perang Saudara di Amerika Serikat”
Pertanyaan:
1)      Mengapa isu perbudakan adalah faktor yang paling berpengaruh terjadinya perang saudara di AS?
2)      Apa yang menjadi alasan blok utara menentang perbudakan?
3)      Apa yang menjadi alasan blok selatan mendukung perbudakan?
4)      Jika kalian adalah “pemimpin” AS, apakah mendukung/menolak perbudakan? Mengapa?
5)      Bagaimana cara mengatasi konflik tersebut?

2.      Kriteria penilaian proses
No
Nama
Mempresentasikan hasil
Aktif Menjawab
Aktif Bertanya
Mengambil giliran
Aktif berdiskusi
Jumlah



1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5





















































































Kriteria penilaian menggunakan skala sikap 1s.d5 dengan kriteria:
Skor I  : Pasif, tidak cooperative dan tidak menghargai teman.
Skor 2 : Pasif, tidak cooperative dan menghargai teman.
Skor 3 : Pasif, cooperative dan menghargai teman.
Skor 4 : Aktif, cooperative dan menghargai teman.
Skor 5 : Sangat aktif, sangat cooperative dan menghargai teman.

 Nilai Proses (30%)
Tindak lanjut penilaian :
a)    Siswa dinyatakan berhasil apabila tingkat pencapaiannya mencapai 75.
b)   Memberikan program remedi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 75.
c)    Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 75






















Lampiran II
I.       Penilaian Afektif
A.    Instrumen Observasi Kinerja Untuk Penilaian Sikap

Mata Pelajaran
:
Sejarah
Kelas
:
XI IPS 1
Pokok/Sub Bahasan
:

Indikator
:
1.      Mencari Informasi dan menemukan masalah


2.      Kerjasama dengan anggota kelompok


3.      Menghargai kelompok lain


4.      Mengajukan pertanyaan


5.      Menjawab pertanyaan


            Hari, Tanggal pengamatan:
No
Nama Siswa yang terlibat
Jenis keterlibatan
Keterangan



































Lampiran III
1.      Penilaian Psikomotorik
A.    Bentuk : Instrumen Observasi Kinerja
B.     Rambu-Rambu Skoring
No
Kriteria Penilaian
Skor 1
 Skor 2
Skor 3
1
Pemahaman
Seberapa baik tingkat pemahaman peserta didik terhadap hakikat dan ruang lingkup masalah yang disajikan?
Langkah yang disampaikan urut, tetapi belum memahami materi menjelaskan dengan bantuan teman dan membuka buku
Langkah yang disampaikan urut, sudah dapat menjelaskan materi tanpa melihat buku, tetapi masih membutuhkan bantuan teman untu menjelaskan.
Langkah yang disampaikan urut dan lengkap, serta dapat menjelaskan tanpa melihat buku maupun bertanya pada teman.
2
Argumentasi
Seberapa baik alas an yang diberikan peserta didik terkait dengan permasalahan yang dibicarakan?
Tidak mempertahankan pendapat dan tidak memiliki pendirian tetap
Mempertahankan pendapat tetapi menolak kritik dari kelompok lain.
Mempertahankan pendapat kelompok dan mau mendengarkan kritik dari kelompok lain
3
Responsif
Seberapa besar kesesuaian jawaban yang diberikan perserta didik terkait dengan permasalahan-permasalahan yang dibicarakan
Tidak serius dan hanya menjawab secara singkat serta tidak jelas
Jawaban yang diberikan membingungkan dan belum menjawab pertanyaan yang diberikan
Jawaban yang diberikan dapat menjawab pertanyaan, meski belum tentu benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar