RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                Satuan
Pendidikan          : SMKNegeri
8 Bandung
                                Mata
Pelajaran                 :
Matematika
                                Kompetensi
Keahlian     : .........................................
Kelas/Semester                                : X/1
Materi Pokok                     : Barisan dan Deret Bilangan
Tahun Pelajaran               :
2018/2019
                                Pertemuan
ke                   :
1 dan 2
                                Alokasi
waktu                    : 4 X 45 menit (2
Pertemuan)
A.    
Kompetensi
Inti
| KI 1 | Menghayati dan
  mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. | 
| KI 2 | Menghayati dan
  mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
  sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
  keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian
  secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
  atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
  lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
  bangsa dalam pergaulan dunia. | 
| KI 3 | Memahami,
  menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
  konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup
  kajian Matematika pada
  tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
  teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi
  diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat
  nasional, regional, dan internasional. | 
| KI 4 | Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi,
  dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai
  dengan bidang kajian Matematika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas
  yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.  Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara
  efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan
  solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
  dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
  langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
  kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam
  ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
  serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. | 
B.     
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
| No | Kompetensi
  Dasar | Indikator
  Pencapaian Kompetensi | 
| 3.5 | Menganalisis barisan dan deret aritmetika | 3.5.1 Mengidentifikasi
  sifat/ciri dari barisan aritmetika 3.5.2 Menentukan rumus umum suku ke-n suatu barisan aritmetika 3.5.3 Menentukan rumus
  jumlah n suku pertama suatu deret aritmetika 3.5.4 Mengkaitkan
  antara konsep barisan aritmetika dengan konsep lain dalam masalah matematika 3.5.5 Mengkaitkan
  antara konsep deret aritmetika dengan konsep lain dalam masalah matematika | 
| 4.5 | Menyelesaikan masalah kontekstual yang
  berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika | 4.5.1 Mengemukakan ide
  penyelesaian  masalah barisan
  aritmetika dengan berbagai cara 4.5.2Mengemukakan ide penyelesaian
   masalah deret aritmetika dengan
  berbagai cara 4.5.3 Memecahkan
  masalah kontekstualyang berkaitan dengan barisan aritmetika 4.5.4 Memecahkan
  masalah kontekstual yang berkaitan denganderet aritmetika | 
C.     
Tujuan
Pembelajaran
Setelah berdiskusi, menggali informasi melalui model pembelajaran discovery learningpeserta didik dapat
menganalisis barisan dan deret aritmetika serta menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika dengan mengedepankan perilaku jujur, santun,disiplin, rasa ingin tahu, bertanggung-jawab, responsif
dan proaktif selama proses pembelajaran
D.    
Materi Pembelajaran
| Fakta | : | Semua notasi yang digunakan
  dalam menjelaskan  dalam barisan dan deret aritmetika ·        
  Suku pertama dilambangkan dengan a. ·        
  Beda antara dua suku berurutan
  dilambangkan dengan b. ·        
  Suku ke-n dilambangkan sebagai Un ·        
  Jumlah n suku pertama dilambangkan
  sebagai Sn. | 
| Konsep | : | Definisi, pengertian, serta
  ciri-ciri yang berkaitan dengan barisan
  dan deret aritmetika  ·        
  Barisan aritmetika adalah suatu
  barisan yang beda antara dua suku berurutannya selalu merupakan bilangan
  tetap. ·        
  Menjumlahkan suku-suku barisan aritmetika
  disebut dengan deret aritmetika. | 
| Prinsip | : | ·        
  Rumus suku ke-n dari barisan aritmetika adalah  ·        
  Rumus jumlah nsuku pertamadari deret aritmetika adalah  | 
| Prosedur | : | Langkahkerjapercobaan
  untuk menemukan rumus barisan dan deret aritmetika. | 
E.       Model/Metode Pembelajaran 
| Pendekatan pembelajaran | : | Pendekatan Saintifik ( Scientific ) | 
| Model pembelajaran       
   | : | Penemuan (Discovery
  learning) | 
| Metode | : | Diskusi kelompok, tanya jawab dan pemberian tugas | 
F.      
Alat/Media/Sumber
Pembelajaran 
- Alat dan bahan  :
     LKS
2.       Media                   : Papan tulis, Laptop dan Infokus
3.       Sumber
belajar                 : 
a.      
Kasmina dan Toali. (2013). Matematika untuk SMK kelas X. Jakarta:
Erlangga
b.     
Manulang,
S. dkk. (2017). Matematika untuk SMA/MA/SMK/MAK kelas XI Edisi Revisi 2017.
Jakarta: Kemendikbud
c.      
Internet
G.    
Kegiatan Pembelajaran 
Pertemuan ke - 1
| Kegiatan | Deskripsi
  Kegiatan | Alokasi
  Waktu | 
| Pendahuluan | - Menumbuhkan perilaku santun dan religius peserta didik melalui pembiasaan memulai pembelajaran dengan salam dan berdoa - Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai pembiasaan perilaku disiplin - Menyampaikan informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran serta metode yang akan dilaksanakan -         
  Melakukan apersepsi tentang
  jenis-jenis pola bilangan (pola bilangan genap, ganjil, bilangan segitiga,
  segi empat, dsb) yang disajikan melalui infokus | 10 menit | 
| Inti | Fase I Stimulation
  (stimulasi/pemberian
  rangsangan) -         
  Peserta didik mengamati salah
  satu masalah kontekstual yang disajikan guru untuk menumbuhkan rasa ingin
  tahu, seperti contoh berikut: Bayangkan
  anda seorang penumpang taksi.  Anda  harus membayar biaya buka pintu Rp 15.000
  dan argo Rp 5.000 /km. Berapa biaya taksi yang harus anda bayar apabila telah
  menempuh jarak 5 km, 10 km dan 50 km? 
 Fase II Problem statement (identifikasi
  masalah) -         
  Secara proaktif, peserta didik mengidentifikasi masalah
  dan strategi untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan berbagai cara,
  seperti dengan mencacah -         
  Peserta didik responsif mengemukakan ide secara
  lisan/tulisan dan disampaikan kepada peserta didik lainnya Fase III Data collection (pengumpulan data) -         
  Melalui LKS hal 1yang telah disiapkan, peserta didik
  dipandu untuk memformulasikan rumus umum dari barisan aritmetika agar lebih
  mudah dalam menemukan jawaban daripada melalui proses mencacah  -         
  Peserta didik dapat berdiskusi dengan teman
  sebangku/kelompoknya menggali informasi dari berbagai literatur
  sesuai dengan seluruh permasalahan yang sedang dikaji dalam LKS. Fase IV Dataprocessing (pengolahan data) -         
  Peserta didik mendiskusikan, mengolah data yang ditemukan,
  menyusun langkah-langkah penyelesaian dan menuangkannya pada lembar jawaban
  dalam LKS secara bertanggung jawab -         
  Peserta didik memecahkan masalah kontekstual lain yang
  tersedia dalam LKS hal 4untuk memperdalam pemahaman terkait materi yang sedang
  dibahas Fase V Verification (pembuktian) -         
  Peserta didik melakukan verifikasi dan mengevaluasi
  penyelesaian masalah dengan menggunakan berbagai ide  -         
  Peserta didik 
  mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan yang lain
  menanggapi Fase VI Generalization (menarik kesimpulan) -         
  Dengan bimbingan guru, peserta didik membuat kesimpulan
  berkaitan dengan materi barisan aritmetika dan mencatatnya dalam LKS/buku
  catatan. | 70 menit | 
| Penutup | - Peserta didik mengumpulkan seluruh pekerjaannya untuk dilakukan penilaian terhadap proses dan hasil yang telah dicapai peserta didik sebagai pembiasaaan perilaku bertanggung jawab - Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan - Memberikan tugas untuk memperdalam pemahaman materi dan menginformasikan materi yang akan dipelajari dipertemuan selanjutnya -         
  Mengakhiri pembelajaran dengan
  salam sebagai pembiasaan perilaku santun dan religius | 10 menit | 
Pertemuan ke-2 
H.    
Penilaian Hasil Belajar 
a.      
Teknik dan Bentuk Penilaian
| No | Aspek | Teknik | Bentuk
  Instrumen | 
| 1 | Sikap | Observasi | Lembar
  Pengamatan | 
| 2 | Pengetahuan | ·        
  Penugasan  ·        
  Tes tertulis | ·        
  LKS (terlampir) ·        
  Uraian (terlampir) | 
| 3 | Keterampilan | ·        
  Tes tertulis | ·        
  Uraian (terlampir) | 
b.     
Remedial
| IPK | Kegiatan Pembelajaran Jika Peserta | Penilaian | ||
| < 20% Tugas Individu | 20% - 50% Tugas Kelompok | > 50% Pembelajaran Ulang | ||
| Mengidentifikasi sifat/ciri dari barisan
  aritmetika (3.5.1) | Tugas membaca materi | Tugas membaca materi | Menjelaskan kembali
  materi | soal-soal setara dengan
  ulangan harian utama | 
| Menentukan rumus suku
  ke-n barisan aritmetika (3.5.2) | Tugas membaca materi | Tugas membaca materi | ||
| Menentukan rumus jumlah
  n suku pertama dalam deret aritmetika (3.5.3) | Tugas membaca materi | Tugas membaca materi | ||
| Mengkaitkan antara
  konsep barisan aritmetika dengan konsep lain dalam masalah matematika (3.5.4) | Tugas mencari contoh
  penyelesaian | Tugas latihan soal
  secara kelompok | ||
| Mengkaitkan antara
  konsep deret aritmetika dengan konsep lain dalam masalah matematika (3.5.5) | Tugas mencari contoh
  penyelesaian | Tugas latihan soal
  secara kelompok | ||
c.      
Pengayaan
Bagi
siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaranpengayaan
sebagai berikut:
| Nilai Peserta Didik (x) | Kegiatan Pembelajaran | Keterangan | 
| NKB ≤ N ≤ NMakx | Diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman
  sebagai pengetahuan tambahan | NKB
  = Nilai Ketuntasan Belajar NMaks
  = Nilai maksimal ideal N =
  Nilai yang dicapai peserta didik | 
| N= NMaks | Diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman
  sebagai pengetahuan tambahan. | 
                                                                                                                
Mengetahui                                                                                       Bandung,
28 Juli2018
Kepala SMKN 8 Bandung                                                              Guru
Mata Pelajaran      
Drs. Agung Indaryatno                                                                   Hendi Senja Gumilar, M.Pd           NIP.196803211995121005                                                           NIP.198310072009021002
Lampiran 1
JURNAL
PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan :
Tahun pelajaran :
Kelas/Semester :
Mata Pelajaran :
| NO | HARI/ TANGGAL | NAMA | KEJADIAN/ PERILAKU | BUTIR SIKAP | POS/ NEG | TINDAK LANJUT | 
| 1 |  |  |  |  |  |  | 
| 2 |  |  |  |  |  |  | 
| 3 |  |  |  |  |  |  | 
| 4 |  |  |  |  |  |  | 
| 5 |  |  |  |  |  |  | 
Lampiran
2
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
1.       KISI-KISI SOAL
| No  | Kompetensi Dasar | IPK | Materi  | Indikator Soal | Level Kognitif | Bentuk Soal | No Soal | For/Sum | 
| 1 | Menganalisis barisan dan deret aritmetika (3.5) | Menggunakan sifat/ciri dari barisan aritmetika | Barisan Aritmetika | Menentukan satu suku bilangan lainnya jika
  diketahui dua suku barisan aritmetika yang tidak berurutan. | L1 | Uraian | 1 | Sumatif  | 
| 2 |  | Menentukan rumus suku ke-n suatu barisan aritmetika
  (3.5.2) | Barisan Aritmetika | Peserta didik dapat menentukan rumus suku
  ke-n dari masalah barisan aritmetika. | L2 | Uraian | 2 | Sumatif  | 
| 3 |  | Menentukan rumus jumlah n suku pertama suatu deret
  aritmetika (3.5.3) | Deret Aritmetika | Peserta didik dapat menentukan rumus jumlah n
  suku pertama dari masalah deret aritmetika. | L2 | Uraian | 3 | Sumatif  | 
| 4 |  | Mengkaitkan
  antara konsep barisan aritmetika dengan konsep lain dalam menyelesaikan masalah
  matematika (3.5.4) | Barisan Aritmetika | Peserta didik dapat mengkaitkan triple Phytagoras
  pada segitiga siku-siku dengan barisan aritmetika dalam suatu masalah  | L3 | Uraian | 4 | Sumatif  | 
| 5 |  | Mengkaitkan
  antara konsep deret aritmetika dengan konsep lain dalam menyelesaikan masalah
  matematika (3.5.5) | Deret Aritmetika | Peserta didik dapat mengkaitkan matriks
  dengan deret aritmetika  dalam suatu
  masalah  | L3 | Uraian | 5 | Sumatif  | 
2.       BUTIR SOAL, KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN
PENSKORAN 
| No | Butir Soal | Kunci Jawaban | Pedoman Penskoran | |||||||||||
| 1. | Diketahui
  suku ke-5 dan suku ke-9 suatu barisan aritmetika adalah 8 dan 20. Tentukan
  suku ke-15 dari barisan bilangan tersebut? | Dik: U5 = 8 dan U9 =
  20 Dit: U15 =? Jawab: Langkah
  1 U9 = a + 8b  ®   a + 8b = 20 U5 = a + 4b  ®a
  + 4b = 8   -                                    4b = 12                                      b = 3 Langkah
  2 a + 4b = 8 ® substitusikan b = 3 a + 4.3 = 8         
  a = -4 Langkah
  3 U15 = a + 14b       
  = -4 + 14(3)       
  = 38 | 2 2 2 | |||||||||||
| 2. | Tentukanlah rumus suku ke-n dari
  barisan aritmetika jika diketahui suku keduabelasnya 35 dan suku keenamnya
  17? | Langkah
  1 U12 = 35 ® a + 11b = 35 U6 = 17  ®a
  + 5b = 17 –                              6b = 18                                b = 3 Langkah
  2 a + 5b = 17® substitusikan b = 3 a + 5.3 = 17           a = 2 Langkah
  3 Un = a + (n-1).b ® substitusikan a = 2 dan b = 3 Un = 2 + (n-1).3     
  = 2 + 3n – 3      
  = 3n – 1  | 2 2 2 | |||||||||||
| 3. | Tentukanlah rumus jumlah n suku
  pertama dari deret aritmetika berikut: 2 + 7 + 12 + 17+ .... Kemudian hitunglah berapa jumlah 20
  suku pertamanya? | Langkah
  1 2 + 7 + 12 + 17 + .... a = 2 dan b = 5 Langkah
  2 
 Langkah
  3 
 | 2 2 2 | |||||||||||
| 4. | Suatu segitiga siku-siku ABC dengan sisi-sisinya
  membentuk barisan aritmetika, jika keliling segitiga tersebut adalah 36 cm,
  tentukanlah berapa panjang masing-masing sisi 
  segitiga tersebut?  | Langkah
  1 
   Sisi-sisi segitiga membentuk barisan
  aritmetika, misal: U1 = p = a U2 =  q = a + b U3 = r = a + 2b  KD = 36 Langkah
  2 KD = p + q + r 36 = a + (a + b) + (a + 2b) 36 = 3a + 3b    : 3 12
  = a + b = U2 b
  = 12 – a .......................... (1) Dalam segitiga siku-siku, setiap
  sisi-sisinya berlaku dalil Phytagoras:  r2 = p2 + q2 (a + 2b)2 = a2
  + (a + b)2 
 4ab + 4b2 – 144 = 0            : 4 b2
  + ab – 36 = 0 ............ (2) Langkah
  3 Substitusi pers (1) ke pers (2): b2 + ab – 36 = 0 (12 – a)2 + a (12 – a) –
  36 = 0 
 108 – 12a = 0 a
  = 9 = U1 b = 12 – a = 12 – 9 = 3 Dari langkah sebelumnya diperoleh: U1=
  a = 9, U2 = 12, dan b = 3 Maka: U3 =  12 + 3 = 15 sehingga panjang setiap sisi
  siku-siku tersebut adalah 9, 12 dan15 | 2 4 4 | |||||||||||
| 5. | Diketahui matriks  Catatan:
  hal seperti ini dapat dilakukan jika materi matriks sudahdiberikan pada
  pembelajaran sebelumnya | Langkah 1 a+ b + (a + b) + 2bmembentukderet aritmetika, maka berlaku: U2 –U1 = U3
  –U2 b – a = (a + b) – b      
  b – a  = a b = 2a  ................... (1) Langkah 2 
 
 Langkah 3 Substitusi
  pers (1) ke pers (2): 
 b = 2a =
  2.2 = 4 Langkah 4 Maka
  jumlah deret aritmetika tersebut adalah: a+ b + (a + b) + 2b  = 2 + 4 + (2 +4) + 2.4 = 2 + 4 + 6 + 8 = 20 | 2 2 4 2 | |||||||||||
| Pedoman penilaian =  | ||||||||||||||
Lampiran 3
INSTRUMEN
PENILAIAN KETERAMPILAN
1.       KISI-KISI SOAL
| Kompetensi Dasar | IPK | Materi Pokok | Indikator Keterampilan | Teknik Penilaian | 
| Menyelesaikan masalah kontekstual yang
  berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika (4.5) | Mengemukakan ide
  terkait masalah barisan aritmetika (4.5.1) | Barisan Aritmetika | Peserta didik dapat mengemukakan ide terkait masalah
  barisan aritmetika baik secara lisan dan tulisan selama pembelajaran | Observasi | 
|  | Mengemukakan ide terkait masalah deret
  aritmetika (4.5.2) | Deret Aritmetika | Peserta didik dapat mengemukakan ide terkait masalah deret
  aritmetika baik secara lisan dan tulisan selama pembelajaran | Observasi | 
|  | Memecahkan masalah
  kontekstual dengan menggunakan konsep barisan aritmetika (4.5.3) | Barisan Aritmetika | Disajikan
  masalah kontekstual terkait bunga tunggal, peserta didik dapat memecahkan
  masalah tersebut dengan konsep barisan aritmetika | Tes Tertulis | 
|  | Memecahkan masalah kontekstual dengan menggunakan konsep deret aritmetika (4.5.4) | Deret Aritmetika | Disajikan
  masalah kontekstual terkait tawaran kontrak kerja seorang pekerja di 2
  perusahaan dalam kurun waktu, gaji dan periode kenaikan gaji tertentu,
  peserta didik dapat memecahkan masalah tersebut dengan
  konsep deret aritmetika | Tes Tertulis | 
2. Instrumen
| No | Butir Soal | Kunci Jawaban | Pedoman Penskoran | |||||||||||||||
| 1. | Dodi menabung di bank sebesar Rp
  8.000.000 dengan bunga tunggal 5% /tahun.  Skema tabungan Dodi dari tahun ke
  tahun dapat disajikan dalam tabel berikut: 
 Nyatakan skema tabungan Dodi
  tersebut kedalam formulasi umum matematikanya? Berapa saldo tabungan Dodi di
  akhir tahun ke-10? | Langkah
  1 a =
  8.000.000 b =
  400.000 Langkah
  2 Pertambahan
  saldo tabungan Dodi  mengikuti pola
  barisan aritmetika, sehingga formulasi umumnya adalah 
 Jadi
  formulasi skema tabungan Dodi dari tahun ke-0 (U1) adalah: Un = 400.000n + 7.600.000    Langkah
  3 Saldo tabungan Dodi di akhir tahun ke-10 (U11) adalah: U11 = 400.000(11) + 7.600.000 = 4.400.000 + 7.600.000        = 12.000.000 | 2 5 3 | |||||||||||||||
| 2. | Seorang alumni lulusan SMK di
  bingungkan dengan tawaran pekerjaan di 2 perusahaan yang berbeda. Dengan
  durasi kontrak selama 10 tahun, perusahaan A dan B menawarkan gaji yang sama
  yaitu Rp 48.000.000 setahun, hanya dengan skala kenaikan gaji yang berbeda.
  Jika perusahan A menawarkan kenaikan gaji secara berkala sebesar Rp 1.000.000
  setiap tahun, sedangkan perusahaan B menawarkan kenaikan gaji Rp 500.000
  setiap setengah tahun. Skala gaji perusahaan manakah yang lebih menguntungkan
  untuk alumni tersebut? | Langkah
  1 Jumlah
  gaji alumni tersebut di perusahaan A selama 10 tahun membentuk deret
  aritmetika yang dihitung dengan periode satu tahun: S10
  = 48.000.000 + 49.000.000 + 50.000.000 + 51.000.000 + ..... a =
  48.000.000 , b = 1.000.000, n = 10 
 Langkah
  2 Jumlah
  gaji alumni tersebut di perusahaan B selama 10 tahun membentuk deret
  aritmetika yang dihitung dengan periode setengah tahun: S20
  = 24.000.000 + 24.500.000 + 25.000.000 + 25.500.000 + ..... a =
  24.000.000 , b = 500.000, n = 20 
 Langkah
  3 Berdasarkan
  perhitungan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa skala gaji perusahaan B
  lebih menguntungkan daripada perusahaan A bagi alumni SMK tersebut | 5 5 2 | |||||||||||||||
| Pedoman penilaian =  | ||||||||||||||||||





















 
 
Ada filenya djual?
BalasHapusmantap pak hendi, terima kasih ilmunya
BalasHapus