Halooo.... Semoga bermanfaat

Jumat, 15 April 2016

Makalah Sejarah Indonesia : G30/S/PKI, Cerminan Kebiadaban PKI



G30/S/PKI, Cerminan Kebiadaban PKI

BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Negara kita, Negara Indonesia kita telah melewati sejarah yang panjang untuk sampai pada tahap kemerdekaan seperti yang kita alami sekarang. Dimulai dari zaman purbakala sampai pada jaman dimana kita mulai mengenal kebudayaan Hindu-Budha yang ditandai dengan banyak muncul kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Budha yang sudah malang melintang kemudian disusl dengan masuknya pengaruh ajaran islam yang dibawa oleh pedagang arab yang pada mulanya kercorak kerajaan kemudain secara perlahan mulai berganti menjadi kesultanan. Bukan Cuma sampai disitu saja, kemudian masuklah para penjajah dari daerah barat yang ingin menguasai daerah ini sehingga muncullah pembelaan dari berbagai wilayah untuk memperjuangkan kemerdekaan.
Bahkan masa saat kemerdekaanpun muncul berbagai macam dilemma politik yang terjadi menghiasi panggung menjelang bahkan masa awal kemerdekaan Indonesia.  Kemerdekaan yang kita raih pada tanggal 17 Agustus 1945 tidak lantas membuat kita menjadi bangsa yang bersatu dalam mencapai tujuan hidup berbangsa dan bernegara. Ada banyak sekali pergolakan-pergolakan yang timbul ditengah-tengah usaha kita dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. Pergolakan itu bukan hanya muncul dari pihak Belanda saja yang masih ingin merebut kembali Indonesia, tetapi ada juga banyak pergolakan yang muncul diberbagai daerah Indonesia yang ingin mendirikan Negara sendiri dengan alas an tidak puas terhadap knerja pemerintahan, sebut saja DI/TII, Permesta, Gerakan Ratu Adil dll.
Namun dari sekian banyak pergolakan yang muncul, Salah satu yang menonjol adalah sebuah peristiwa pemberontakan yang diduga dilakukan oleh para anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) yang terjadi pada saat masa jabatan presiden Soekarno. Pemberontakan ini dikemudian hari dikenal dengan istilah G30/S/PKI.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa itu PKI?
2.      Siapa dalang dari pemberontakan G30S/PKI?
C.     Tujuan Penulisan
1.      Menjelaskan pengertian PKI
2.      Mendeskribsikan dalam dari pemberontaka G30S/PKI
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian PKI
Partai Komunis Indonesia atau yang sering lebih dikenal dengan PKI merupakan salah satu partai yang berkembang dimasa awal kemerdekaan Indonesia. Partai ini banyak menarik simpati masyarakat namun banyak juga yang menentangnya. PKI sebenarnya sudah muncul dimasa sebelum kemerdekaan, namun pada masa awal kemerdekaan sekitar tahun 1950an, PKI mulai bangkit kembali yang ditanda dengan penerbitan harian utamanya seperti Harian Rakyat dan Bintang Merang. Pada masa ini, PKI turut serta dalam kegiatan pemerintahan yang di pimpin ileh D.N Aidit dimana mereka mendukung kebijakan-kebijakan anti kolonialis dan anti Barat yang diambil oleh presiden Soekarno, Aidit dan kelompok sekitarnya.
B.     Tokoh Penting dalam tubuh PKI
1.      Amir Syarifuddin. Amir Syarifuddin adalah seorang mantan perdana mentri dan pernah menandatangi Perjanjian Renville. Alasan ia berbalik menyerang pemerintah adalah karena merasa kecewa karena cabinet yang dipimpinnya jatuh sehingga ia membentuk Front Demokrasi Rakyat (FDR) pada tanggal 28 Juni 1948. Peristiwa pengkhianatan yang pernah ia lakukan adalah melakukan pemberontakan di Madiun.
2.      Musso. Musso merupakan salah satu tokoh PKI yang pernah gagal dalam melakukan pemberontakan terhadap pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1942. Namun pada saat ia mengalami kegagalan, kemudian ia melarikan diri keluar negeri. Namun setelah ia pulang ke Indonesia, ia kemudia mulai bergabung dengan Amir Syarifuddin untuk mengadakan propaganda-propaganda anti pemerinta.
C.     Pemberontakan G30S/PKI
Gerakan 30 September atau yang sering lebih dikenal dengan sebutan G30S/PKI merupakan sebuah momentum penting didalam sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Peristiwa ini lebih dikenal dengan sebutan pemberontakan melawan rezim kemerdekaan Indonesia pada masa dahulu. Peristiwa penting yang menandai terjadinya peristiwa G30S/PKI ini adalah terjadi pembunuhan beberapa perwira TNI sampai dengan peristiwa kudeta yang diajarkan di sekolah-sekolah. Adapun tokoh-tokoh prajurit TNI yang menjadi korban dalam penculikan tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Letnan Jendral Ahmad Yani
2.      Mayor Jendral R. Suprapto
3.      Mayor Jendral Haryono, M.T
4.      Mayor Jendral S.Parman
5.      Brigadir Jendral DI. Panjaitan
6.      Brigadir Jendral Sutoyo Siswomiharjo
7.      Letnan satu Pierre Andreas Tendean
8.      Kolonel Katamso Dharmokusumo
9.      Letkol Sugiono
10.  Brigadir Polisi Karel Satsuit Tubun

Penculikan ini sampai saat ini masih menjadi sebuah misteri yang masih belum dapat dipecahkan siapakah dalang sebenarnya dari peristiwa ini. Namun isu yang berkembang dan sudah tertulis dalam kisah sejarah bangsa Indonesia, dan menjadi acuan bahan belajar mengajar di sekolah-sekolah, yang menjadi dalang dari peristiwa ini adalah PKI.
Namun sebenarnya masih banyak yang mempertanyakan kisah sebenarnya. Salah satu pertanyaan yang seringkali muncul adalah mengapa Jendral Soeharto yang pada saat itu juga merupakan salah satu Jendral terpenting justru tidak masuk dalam daftar penculikan tersebut, sehingga banyak yang berasumsi bahwa Ialah yang menjadi dalang dari peristiwa tersebut atau bukan.
D.    Usaha-Usaha yang dilakukan untuk menumpaspemberontakan G30/S/PKI
1.      1 Oktober 1965 : ini adalah tindakan pertama yang diambil untuk menumpas pemberontakan G30/S/PKI ini. Operasi ini bertujuan untuk merebut kembali kantor RRI dan kantor Telkominikasi yang dilaksanakan sekitar pukul 19.00. Operasi ini berjalan hamper 20menit lamanya tanpa adanya hambatan.
2.      2 Oktober 1965 : Operasi ini dilakukan oleh RPKAD yang dipimpin langsung oleh Kolonel sarwo Edhi Wibowo dan Batalyon 328 para kujang. Operasi berhasil mengambil dan merebut kembali tempat-tempat penting termasuk sekitar daerah bandarr udara Halim Perdanakusumah yang menjadi pusat pemberontakan G30/S/PKI.
3.      3 Oktober 1965 : Operasi ini merupakan sebuah operasi pembersihan sebuah kampong Lubang buaya. Lokasi ini merupakan tempat pembuangan jenazah korban kebiadaban PKI di sebuah sumurr tua tempat jenazah para perwira dikuburkan. Informasi ini didapat dari seorang anggota kepolisian yang bernama Ajun Brigadir Polisi Sukitman.

·         Terima Kasih yang sebesar-besarnya kepada Dosen saya, Pak A.Kardiyat Wiharyanto yang sudah membagikan ilmunya sehingga saya dapat berbagi kepada teman-teman semua mengenai sedikit banyak tentang peristiwa G30/S/PKI.




1 komentar: