Halooo.... Semoga bermanfaat

Sabtu, 13 November 2021

1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?
Nilai dan peran guru penggerak merupakan kompetensi yang harus dimiliki dan dipahami oleh seorang calon guru penggerak karena ini merupakan dasar dari tujuan menjadi guru penggerak. 
A. Peran Guru Penggerak
1. Menjadi pemimpin pembelajaran : menjadi pemimpin pembelajaran artinya guru penggerak memiliki peran yang sangat besar dalam membuat lingkungan sekolah yang nyaman untuk para murid-muridnya Dan juga guru penggerak diharapkan mampu berperan sebagai pemimpin yang berorientasi pada murid dengan memperhatikan segenap aspek pembelajaran yang mendukung tumbuh kembang murid.

2. Menggerakkan komunitas praktisi : menggerakkan komunitas praktisi artinya seorang guru penggerak harus berpartisipasi aktif dalam membuat komunitas belajar untuk para rekan guru baik di sekolah maupun yang ada di wilayahnya.

3. Menjadi coach bagi guru lain : menjadi coach bagi guru lain artinya seorang guru penggerak harus mampu mendeteksi setiap aspek-aspek yang bisa ditingkatkan dari rekan-rekan sejawatnya artinya seorang guru penggerak diharapkan mampu merefleksikan hasil pengalamannya sendiri serta guru lain untuk dijadikan poin peningkatan dalam pembelajaran.

4. Mendorong kolaborasi antar guru : mendorong kolaborasi antar guru artinya seorang guru penggerak diharapkan mampu memetakan para pemangku kepentingan sekolah serta membangun dialog antar para pengampu kepentingan tersebut.

5. Mewujudkan kepemimpinan murid : mewujudkan kepentingan murid artinya seorang guru penggerak harus membantu para murid untuk mandiri dalam belajar dan mampu memunculkan motivasi murid untuk belajar serta mendidik karakter murid di sekolah.

B. Nilai Guru Penggerak
1. Mandiri : nilai mandiri artinya seorang guru pembelajar AQ harus mampu memunculkan motivasi dirinya untuk meningkatkan kapabilitas dirinya sendiri tanpa dorongan orang lain artinya seorang guru penggerak harus memiliki inisiatif.
2. Reflektif : nilai reflektif berarti seorang guru penggerak harus mampu merefleksikan dan memaknai pengalaman-pengalaman yang pernah dia lalui serta membuka diri terhadap pengalaman baru kemudian juga menerima evaluasi serta masukan-masukan baru baik dari rekan-rekan sejawat.
3. Kolaboratif : kolaboratif artinya seorang guru penggerak harus mampu membangun hubungan kerja yang positif yang ada di sekolah maupun di luar sekolah serta mampu merangkul semua pihak untuk melakukan kerja sama komunikasi dan memahami perannya masing-masing.
4. Inovatif : nilai inovatif berarti seorang guru penggerak harus mampu memunculkan ide dan gagasan baru serta tepat guna seorang guru penggerak juga harus mampu memecahkan masalah serta mencari solusi dan jeli dalam melihat peluang dan juga memiliki ide ide orisinil dan terbuka terhadap ide-ide lain.
5. Berpihak pada murid : berpihak pada murid artinya seorang guru penggerak mampu mengutamakan kepentingan murid di dalam menerapkan kegiatan pembelajaran di dalam kelas.

Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!
Ada kaitan antara nilai dan peran guru penggerak dengan filosofi Ki Hajar Dewantara yaitu pada pemikiran KHD yang sangat mengedepankan Pendidikan yang Berpusat pada siswa, hal ini juga terkandung didalam peran guru penggerak yaitu mewujudkan kepemimpinan murid dan juga pada nilai guru penggerak yaitu Berpihak pada murid,.

Ingat kembali refleksi diri Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut? 
Gambaran diri yang saya buat adalah di mana Saya akan menjadi guru yang berpihak pada murid. Saya memilih nilai berpihak pada murid karena saya merasa bahwa nilai ini merupakan nilai yang sangat penting di dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan juga nilai ini merupakan filosofi utama dari Ki Hajar Dewantara sehingga saya merasa bahwa nilai inilah yang perlu saya tanamkan di dalam diri saya agar saya dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak kepada murid.
Strategi yang bisa saya lakukan untuk mewujudkan nilai tersebut adalah dengan cara terus belajar mengasah kemampuan diri dan potensi diri dengan lebih optimal.

Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya?
Pihak-pihak yang dapat membantu saya dalam mencapai gambaran diri saya di demonstrasi kontekstual tersebut adalah:
1. Kelapa Sekolah : menurut saya yang dapat membantu saya dalam mencapai gambaran diri saya untuk menjadi guru yang berpihak pada murid adalah kepala sekolah. Alasannya adalah karena kepala sekolah merupakan seseorang yang sangat berperan di lingkungan sekolah sehingga segala macam kebutuhan yang saya butuhkan untuk keperluan di dalam kelas tentunya itu juga merupakan sumbangsih dari kebijakan yang diberikan oleh kepala Sekolah. Jadi dalam hal ini kepala sekolah berperan untuk menyediakan segala keperluan bahan-bahan pembelajaran yang ada di dalam kelas.
2. Rekan Sejawat : rekan-rekan sejawat yang mendukung dalam melakukan kegiatan pembelajaran adalah hal yang sangat berarti karena dengan dukungan yang diberikan oleh rekan-rekan sejawat kita bisa menjadi lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Peran yang mereka lakukan adalah mendukung dalam segala hal.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar