Halooo.... Semoga bermanfaat

Selasa, 30 November 2021

IPS KELAS IX PERDAGANGAN INTERNASIONAL : Aktivitas 3 : Mengklasifikasikan dampak positif dan negatif perdagangan internasional

 

1.   Aktivitas 3 : Mengklasifikasikan dampak positif dan negatif perdagangan internasional

Indonesia melakukan kegiatan perdagangan luar negeri dengan jenis barang dan komoditi yang berbeda dengan tujuan negara perdagangan yang berbeda pula, kawasan perdagangan Indonesia mencakup 5 (lima) benua yang terdiri dari : kawasan negara ASEAN yang selama 5 (lima) tahun belakangan melakukan kerja sama bilateral ke 9 (sembilan) negara tujuan yaitu negara Thailand, Singapura, Filipina, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Brunai Darussalam, Laos dan Vietnam, kwasan negara asia lainnya dalam melakukan perdagangan internasional antara lainnya adalah Jepang, Hongkong, Korea Selatan, Taiwan, Tiongkok dan lainnya, selain kawasan negara ASIA, Indonesia juga melakukan perdagangan ke benua Afrika, Australia yang terdiri dari Australia, Selandia Baru dan Ocenia Lainnya, perdagangan ke NAFTA yang terdiri dari Amerika Serikat, Kanada, Meksiko dan Amerika lainnya, serta perdagangan internasional Indonesia ke kawasan Uni Eropa yang terdiri dari 13 (tiga belas) negara tujuan perdagangan antara lainnya adalah negara Inggris, Belanda, Perancis, Jerman, Belgia, Denmark, Swedia, Finlandia, Italia, Spanyol, Yunani, Polandia, Uni Eropa dan Eropa lainnya.

Kegiatan perdagangan dengan negara manapun tentu saja membawa dampak baik positif maupun negatif. Dampak positif pada dasarnya menguntungkan negara, namun dampak negatif merupakan dampak yang kurang menyenangkan bagi negara. Untuk memahami dampak positif dan negatif ini, lakukan aktivitas berikut!

 

a.   Buka buku siswa tentang dampak perdagangan internasional.

b.  Carilan buku referensi lainnya yang relecan dan juga sumber-sumber dari internet

c.  Buatlah klasifikasi dampak perdagangan internasional dalam dua kategori, yaitu dampak positif dan dampak negatif dengan mengisi pada tabel berikut ini.

 

 

No

Dampak Positif

Dampak negatif

1

…………………………………

……………………………………

2

…………………………………

……………………………………

3

…………………………………

……………………………………

4

…………………………………

……………………………………

5

…………………………………

……………………………………

6

…………………………………

……………………………………

7

…………………………………

……………………………………

8

…………………………………

……………………………………

9

…………………………………

……………………………………

10

…………………………………

……………………………………

 

Setelah Ananda menyelesaikan aktivitas 1 sampai 3 di atas, presentasikan hasil kerja Ananda dengan menggunakan perangkat daring yang disediakan guru. Apabila guru tidak meminta presentasi secara daring, serahkan pekerjaan Ananda kepada guru untuk diperiksa dan memperoleh umpan balik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar