Halooo.... Semoga bermanfaat

Rabu, 10 November 2021

MATERI IPA KELAS VII KLASIFIKASI MATERI

 

KOMPETENSI DASAR




3.3   Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari­hari.

3.4   Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran.

PEMBELAJARAN 1

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN




1.      Melalui studi literatur, Ananda dapat menjelaskan definisi materi.

2.      Melalui pengamatan, Ananda dapat mengklasifikasikan materi/ benda berdasarkan wujudnya.

3.      Melalui pengamatan, Ananda dapat mengidentifikasi ciri ciri wujud materi

4.      Melalui percobaan, Ananda dapat mengelompokkan macam

  macam campuran

5.      Melalui percobaan, Ananda dapat mengelompokkan macam

  macam campuran homogen

6.      Melalui studi literatur, Ananda dapat menjelaskan definisi asam, basa, dan garam

7.      Melalui percobaan, Ananda dapat menjelaskan pemisahan campuran secara filtrasi dan kromatografi

8.      Melalui percobaan, Ananda dapat menjelaskan perubahan fisika dan kimia

               PERAN GURU DAN ORANG TUA




9.      Guru mengelola proses pembelajaran jarak jauh.

10.   Guru membantu Ananda memahami materi pembelajaran.

11.   Guru menerima, menilai dan memberitahukan hasil penugasan yang dilakukan oleh Ananda.

12.   Orang tua membantu guru dalam mengawasi Ananda belajar.

13.   Orang tua mencarikan bahan praktikum untuk Ananda.

 

B.    AKTIVITAS PEMBELAJARAN




Bumi yang kita tempati tersusun dari materi. Jika kalian perha­ tikan ada macam macam benda disekitar kita, seperti air, tanah, bebatuan, udara. Nah itulah yang disebut dengan keanekaragaman materi. Lalu apa yang akan kita pelajari pada modul ini? pada mo­ dul ini kita akan mempelajari tentang materi dan perubahannya dalam kehidupan sehari hari.

Klasifikasi Materi

Materi adalah sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang. Apa yang harus kalian lakukan ketika ingin mengklasifikasi materi ?

      Mengamati karakteristik benda tersebut.

      Mencatat persamaan dan perbedaan sifat benda masing– masing.

      Memasukkan benda­benda yang memiliki persamaan sifat ke dalam satu kelompok.

      Memberi nama yang sesuai pada setiap kelompok benda tersebut.

Lalu apa saja wujud materi yang dapat kita temukan di sekitar kita? Yuk kita analisis dengan melakukan Aktivitas 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar