Halooo.... Semoga bermanfaat

Selasa, 30 November 2021

IPS KELAS IX PERDAGANGAN INTERNASIONAL : Aktivitas 3 : Menganalisis pengaruh produk-produk luar negeri bagi kehidupan masyarakat Indonesia

 

1.         Aktivitas 3 : Menganalisis pengaruh produk-produk luar negeri bagi kehidupan masyarakat Indonesia

Indonesia sebagai negara dengan populasi penduduk yang besar, menjadi daua taris negara-negara di dunia sebagai tempat pemasaran berbagai produk asing. Kondidi ini menyebabkan Indonesia dibanjiri dengan produk-produk impor. Tingginya minat masyarakat akan produk asing juga terus meningkat, seiring dengan hadirnya e-commerce yang memberikan kemudahan dalam membeli produk asing. Disamping itu produk asing juga menawarkan harga yang cenderung lebih murah, dan menjadi daya tarik bagi masyarakat.

Mayoritas impor yang masuk ke Indonesia masih berasal dari China. Tercatat, pada Mei 2020 barang impor seperti bawang putih, transmisi hingga laptop asal China masuk ke Indonesia. Apakah di sekitar kalian terdapat barang-barang yang merupakan produk luar negeri? Untuk menjawab pertanyaan tersebut lakukan aktivitas berikut ini!

a.         Bukalah buku siswa tentang perdagangan internasional

b.         Carilah sumber lainnya seperti buku referensi lainnya dan sumber internet

c.         Amati benda-benda yang ada di sekitar Ananda seperti pakaian, barang elektronik, peralatan rumah tangga, dan kendaraan. Apakah Ananda menemukan produk-produk yang berasal dari negara lain? Catat temuan Ananda pada tabel di bawah ini.


 

 

 

No

 

Nama Barang

Asal Negara

Penggunaan dalam kehidupan sehari-hari

Pengaruh produk terhadap kehidupan

1

Magic Jar Rinai

Jepang

Menanak nasi

Memudahkan proses menanak nasi sehingga

lebih efisien

2

.....................

..............

.................................

.....................................

3

.....................

..............

.................................

.....................................

4

.....................

..............

.................................

.....................................

5

.....................

..............

.................................

.....................................

6

.....................

..............

.................................

.....................................

7

.....................

..............

.................................

.....................................

8

.....................

..............

................................

.....................................

9

.....................

..............

.................................

.....................................

10

.....................

..............

.................................

.....................................

11

.....................

..............

................................

.....................................

 

 

Setelah Ananda menyelesaikan aktivitas 1 sampai 3 di atas, presentasikan hasil kerja Ananda dengan menggunakan perangkat daring yang disediakan guru. Apabila guru tidak meminta presentasi secara daring, serahkan pekerjaan Ananda kepada guru untuk diperiksa dan memperoleh umpan balik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar