Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dimulai dengan analisis terhadap kompetendi dasar dan penyusunan indikator pencapaian kompetensi. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan IPK, yaitu:
1) Menentukan proses berpikir yang akan dilaksanakan oleh peserta didik untuk mencapai kompetensi minimal yang ada pada Kompetensi Dasar (KD).
2) Kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur digunakan dalam menyusun rumusan IPK.
3) Merumuskan IPK dengan menggunakan kalimat yang simpel, jelas, dan mudah dipahami.
4) Hindari penggunaan kata yang bermakna ganda.
5) Hanya mengandung satu tindakan.
6) Karakteristik mata pelajaran, potensi, dan kebutuhan peserta didik, sekolah, masyarakat dan lingkungan/daerah harus diperhatikan.
Kata kerja operasional yang dapat digunakan untuk penyusunan indikator pencapaian kompetensi sebagai berikut.
Tabel 1. Tingkatan pertanyaan pada jenjang kemampuan berpikir kognitif
Tingkatan |
Sub tingkatan |
Kata-kata kunci pertanyaan |
Kognitif yang lebih rendah |
Pengetahuan (knowledge) |
§ Apa... § Siapa... § Kapan... § Di mana... § Sebutkan... § Jodohkan atau pasangkan... § Persamaan kata... § Golongkan... § Berilah nama... § Dll. |
Pemahaman (comprehension) |
§ Terangkahlah... § Bedakanlah... § Terjemahkanlah... § Simpulkan... § Bandingkan... § Ubahlah... § Berikanlah interpretasi... |
|
Penerapan (application |
§ Gunakanlah... § Tunjukkanlah... § Buatlah... § Demonstrasikanlah... § Carilah hubungan... § Tulislah contoh... § Siapkanlah... § Klasifikasikanlah... |
|
Kognitif yang lebih tinggi |
Analisis (analysis) |
§ Analisislah... § Kemukakan bukti-bukti… § Mengapa… § Identifikasikan… § Tunjukkanlah sebabnya… § Berilah alasan-alasan… |
Sintesis (synthesis) |
§ Ramalkanlah… § Bentuk… § Ciptakanlah… § Susunlah… § Rancanglah... § Tulislah… § Bagaimanakita dapat memecahkan… § Apa yang terjadi seaindainya… § Bagaimana kita dapat memperbaiki… § Kembangkan… |
|
Evaluasi |
§ Berilah pendapat… |
Tingkatan |
Sub tingkatan |
Kata-kata kunci pertanyaan |
|
(evaluation) |
§ Alternatif mana yang lebih baik… § Setujukah anda… § Kritiklah… § Berilah alasan… § Nilailah… § Bandingkan… § Bedakanlah… |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar