Halooo.... Semoga bermanfaat

Selasa, 29 Juni 2021

Cara Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dimulai dengan analisis terhadap kompetendi dasar dan penyusunan indikator pencapaian kompetensi. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan IPK, yaitu:

1)       Menentukan proses berpikir yang akan dilaksanakan oleh peserta didik untuk mencapai kompetensi minimal yang ada pada Kompetensi Dasar (KD).

2)       Kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur digunakan dalam menyusun rumusan IPK.

3)       Merumuskan IPK dengan menggunakan kalimat yang simpel, jelas, dan mudah dipahami.

4)       Hindari penggunaan kata yang bermakna ganda.

5)       Hanya mengandung satu tindakan.

6)       Karakteristik mata pelajaran, potensi, dan kebutuhan peserta didik, sekolah, masyarakat dan lingkungan/daerah harus diperhatikan.

Kata kerja operasional yang dapat digunakan untuk penyusunan indikator pencapaian kompetensi sebagai berikut.


 

 

Tabel 1. Tingkatan pertanyaan pada jenjang kemampuan berpikir kognitif

 

Tingkatan

Sub tingkatan

Kata-kata kunci pertanyaan

Kognitif yang lebih rendah

Pengetahuan

(knowledge)

§  Apa...

§  Siapa...

§  Kapan...

§  Di mana...

§  Sebutkan...

§  Jodohkan atau pasangkan...

§  Persamaan kata...

§  Golongkan...

§  Berilah nama...

§  Dll.

Pemahaman

(comprehension)

§  Terangkahlah...

§  Bedakanlah...

§  Terjemahkanlah...

§  Simpulkan...

§  Bandingkan...

§  Ubahlah...

§  Berikanlah interpretasi...

Penerapan

(application

§  Gunakanlah...

§  Tunjukkanlah...

§  Buatlah...

§  Demonstrasikanlah...

§  Carilah hubungan...

§  Tulislah contoh...

§  Siapkanlah...

§  Klasifikasikanlah...

Kognitif yang lebih tinggi

Analisis

(analysis)

§  Analisislah...

§  Kemukakan bukti-bukti…

§  Mengapa…

§  Identifikasikan…

§  Tunjukkanlah sebabnya…

§  Berilah alasan-alasan…

Sintesis

(synthesis)

§  Ramalkanlah…

§  Bentuk…

§  Ciptakanlah…

§  Susunlah…

§  Rancanglah...

§  Tulislah…

§  Bagaimanakita dapat memecahkan…

§  Apa yang terjadi seaindainya…

§  Bagaimana kita dapat memperbaiki…

§  Kembangkan…

Evaluasi

§  Berilah pendapat…


 

 

Tingkatan

Sub tingkatan

Kata-kata kunci pertanyaan

 

(evaluation)

§  Alternatif mana yang lebih baik…

§  Setujukah anda…

§  Kritiklah…

§  Berilah alasan…

§  Nilailah…

§  Bandingkan…

§  Bedakanlah…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar