Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Pedagogik
Pendidikan
1.
Pernyataan berikut yang menjelaskan makna
istilah kognitif adalah….
A.
kemampuan berkomunikasi
B.
Kemampuan untuk
memecahkan masalah
C.
kemampuan berinteraksi
D.
kemampuan untuk mengintegrasikan diri
2.
Perkembangan kognitif
merupakan salah satu aspek yang sangat penting
dalam perkembangan peserta
didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif
anak adalah.....
A.
inspirasi
B.
budaya
C.
inspirasi
D.
pengasuhan dan lingkungan
3.
Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek
obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A.
0 - 2 tahun
B.
2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4.
Menggunakan potongan
sapu lidi, kelereng,
globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media
adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A.
Anak memahami
bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan
obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B.
Pengamatan dan penginderaan yang intensif
terhadap lingkunganya (sensomotor)
C.
Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D.
Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat
lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
5.
Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan
dan kemampuan memotivasi
diri termasuk
kecerdasan….
A.
Kognitif
B.
Sosial
C.
Emosional
D.
Moral
6.
Seorang peserta mampu
mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu mampu menjalin kerjasama yang baik dengan
teman-temannya, dan mampu memposisikan diri di
lingkungan dengan baik. Peserta didik tersebut memiliki kecerdasan…
A.
Moral
B.
spiritual
C.
Sosial emosional
D.
Kognitif
7.
Seorang peserta
didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok
belajar. Dia tidak memberi kesmpatan
anggota lain untuk mengemukakan pendapat.
Jika teman lain yang memimpin
dan mengendalikan jalannya
diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung
belajar sendiri. Peserta
didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
A.
sosial-emosional
B.
kognitif
C.
moral
D.
spritual
8.
Peserta didik telah
memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang
lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian
memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal ini merupakan
contoh perilaku moral-spritual pada tahapan
...
a.
penalaran pascakonvensional
b.
penalaran konvensional
c.
penalaran prakonvensional
d.
penalaran interkonvensional
9.
Individu memandang
apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia
mendukung aturan social
bukan hanya untuk ketenangan tetapi
disadari sebagai sesuatu
yang berharga. Pernyataan tersebut
merupakan tahapan perkembangan moral
a.
Prakonvensional
b.
Konvensional
c.
Pascakonvensional
d.
Interkonvensional
10.
Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan
rekreasi dengan guru, dan melakukan
kegiatan informal lainnya
memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A.
mengemukakan gagasan
B.
mengaktualisasikan diri
C.
penciptaan hubungan
yang baik
D.
menformulasikan tindakan
11.
Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan
memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A.
Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B.
Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
C.
Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D.
Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan
12.
Seorang peserta didik
mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia
dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal
....
A.
kesulitan akademis
B.
gangguan simbolik
C.
gangguan nonsimbolik
D.
gangguan sosial
13.
Perbedaan antara
konseling dan wawancara terletak pada maksud
dan tujuannya. Tujuan
konseling adalah....
A.
Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah
pribadinya
B.
Menbantu siswa agar dapat
melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C.
Membantu siswa agar dapat
mengatasi kesulitan belajar
D.
Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
14. Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan
belajar
peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
A.
sosiometri
B.
angket
C.
wawancara
D.
brainstorming
15.
Bila anda sebagai guru menemukan peserta
didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan
apa yang akan dilakukan ?
A.
Memindahkantempat duduk
peserta didik ke meja yang paling depan
B.
Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh
peserta didik
C.
Memberikan bantuan
belajar kepada peserta
didik yang bersangkutan
D.
Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
16.
Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk bermain
dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk teman daripada
belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik mendapat nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan
siswa. hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan
belajar yang bersumber
dari faktor ...
A.
keluarga
B.
sosial
C.
kondisi fisik
D.
intelektual
17.
Teori ini memandang
belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa
(response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin
kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori
belajar yang dimaksud
adalah…
A.
Behaviorisme
B.
Humanistik
C.
Sibernetik
D.
Kontruktivisme
18.
Di dalam proses
pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan
(hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun
rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar
tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A.
Sibernetik
B.
Humannistik
C.
Behaviorisme
D.
Konstruktivisme
19.
Menurut teori ini,
peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami
perilaku belajar dari sudut pandang
pelakunya bukan dari sudut pandang
pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A.
Humanistik
B.
Konstruktivisme
C.
kognitivisme
D.
Nativisme
20.
Pada masa kini siswa
dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang
memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas
sejalan dengan teori
belajar ….
A.
Sibernetik
B.
Konstruktivisme
C.
Behaviorisme
D.
Kognitivisme
21.
Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan
pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A.
Behaviorisme
B.
Konstruktivisme
C.
Kognitivisme
D.
Sibernatik
22.
Tujuan pembelajaran
yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta
didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A.
Silabus
B.
RPP
C.
Silabus dan RPP
D.
SKL
23.
Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
24.
Silabus dan RPP
sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan
belajar untuk mencapai
kompetensi dasar
B.
Silabus bersumber dari standar isi dan standar
lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C.
RPP
dibuat oleh setiap
guru, sedangkan silabus
dibuat oleh tim guru
D.
RPP
dan silabus keduanya
disusun oleh setiap
satan pendidikan.
25.
Salah
satu prinsip dalam penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A.
Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B.
Pembelajaran dirancang
dengan berpusat pada peserta didik
C.
RPP
bersumber dari silabus
D.
Alokasi waktu sesuai dengan
jadwal pada setiap
satuan pendidikan
26.
Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun
untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam
satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....
A.
Silabus untuk pembuatan indicator
dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai
KD
B.
Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam
upaya mencapai KD
C.
Silabus untuk pembuatan ndikator
dan penilaian dalam upaya mencapai
KD
D. Silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai
KD
27.
Perhatikan beberapa
komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut
......
1)
Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan
bermusyawarah
2)
Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan
bermusyawarah
3)
Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat
menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A.
Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B.
Mendorong partisipasi aktif peserta
didik
C.
Memperhatikan perbedaan individu peserta
didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
28.
Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar,
guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah
ini, kecuali satu yakni;:
A.
Metode mengajar yang digunakan guru
B.
Karakteristik bahan ajar
C.
Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
D.
Buku
sumber yang digunakan
dalam pembelajaran
29. Jika seorang
guru melakukan aktifitas
pembelajaran sebagai berikut:
1)
Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam
proses berfikir dan berkomunikasi,
2)
Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar
peserta didik.
3)
Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian masalah
dengan berpatokan pada aturan
yang berlaku, seperti peta konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Maka guru tersebut dapat dikatakan menggunakan pembelajaran yang berbasis....
A.
Kognitivisme
B.
Behaviorisme
C. Konstructivisme
D.
Humanisme
30. Menurut Piaget,
periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7 –
12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…
A. Penggunaan media, alat peraga termasuk sumber belajar.
B.
Pemberian tugas yang tersetruktur.
C.
Penggunaan metode bervariasi
D.
Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah.
31. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A.
ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi,
sintesis, dan evaluasi;
B.
ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis,
dan evaluasi
C.
ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi,
analsis, dan evaluasi
D.
ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
32.
Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan
urutan berikut:
A.
ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi,
sintesis, dan evaluasi;
B.
ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C.
ingatan, pemahaman, síntesis,
aplikasi, analsis, dan evaluasi
D.
ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
33.
Model pembelajaran
yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi
secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir
siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi
dengan tepat, adalah….
A.
Role
Playing
B.
Inquiry
C.
Problem Solving
D.
Picture and Picture
34.
Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah
proses pembelajaran adalah:
A.
Waktu
yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B.
Rumusan masalah
yang harus didiskusikan
C.
Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D.
Motivasi belajar siswa
35.
Kemampuan yang paling penting
dimiliki guru tentang
media dan alat bantu pembelajaran adalah:
A.
Memilih bahan untuk membuat
media/alat bantu
B.
Membuat media dan alat bantu sederhana
C.
Menggunakan media dan alat bantu
D.
Merawat media dan alat bantu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar