Halooo.... Semoga bermanfaat

Sabtu, 23 April 2016

METODE PENGUMPULAN DATA SKRIPSI



Metode pengumpulan data merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengumpulkan data manakal kita ingin menyelesaikan karya tulis ilmiah, skripsi , tesis maupun desertasi.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
1.   Kuesioner. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan data tentang minat belajar sejarah siswa.
2.   Tes. Tes adalah suatu alat pengukur yang berupa serangkaian pertanyaan yang harus dijawab secara sengaja dalam suatu situasi yang distandarisasikan, dan yang dimaksudkan untuk mengukur kemampuan dan hasil belajar individu atau kelompok.[1] Tes digunakan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa.
3.   Observasi. Observasi adalah suatu teknik pengamatan yang dilaksanakan secara langsung atau tidak langsung dan secara teliti terhadap suatu gejala dalam suatu situasi disuatu tempat.[2] Observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar dan aplikasi pembelajaran berbasis masalah.
4.   Wawancara. Wawancara adalah suatu proses tanya jawab sepihak antara pewawancara (interviewer) dan yang diwawancarai (interviewee), yang dilaksanakan sambil bertatap muka, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan maksud memperoleh jawaban dari interviewe.[3] Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi tentang minat dan prestasi belajar sejarah siswa. Wawancara dilakukan baik pada guru maupun siswa.
5.   Dokumentasi. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dalam bentuk foto.


[1]Ig.Masidjo,Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah, Yogyakarta, Kanisius, 1995, hlm.38.
[2]Ibid, hlm.59.
[3]Ibid, hlm.72.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar