JIKA ADA YANG INGIN MEMINTA FILE DLM BENTUK SOFTCOPY/WORD, SILAHKAN TULISKAN EMAIL DI KOLOM KOMENTAR..
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs
Kelas : VIII (delapan)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1 Menghayatikarunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan
waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menghayatiajaran agama dalam berpikir dan berperilaku
sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembaga-an
sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menghayati karunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan
manusia dan lingkungan-nya
|
|
Pembelajaran
KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam
pembelajaran KI 3 dan KI 4
|
Penilaian
KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman
sejawat oleh peserta didik, dan jurnal
|
|
|
2.1Menunjuk-kan perilaku jujur,
gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaima-na
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
2.2Memiliki rasa ingin tahu, terbuka dan sikap kritis terhadap permasalah-an sosial sederhana.
2.3 Menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai
perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
|
|||||
Tema I : Keunggulan
Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia
Subtema A : Keunggulan Lokasi Indonesia
|
|||||
3.1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam lingkup nasional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan dan politik)
3.2 Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat
kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan
dan politik
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan
kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
4.3 Menyajikan hasil
pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Keunggulan iklim muson tropis
·
Akibat dari iklim muson tropis
terhadap kehidupan
·
Pengertian keunggulan geostrategis
Indonesia.
·
Keuntungan letak Indonesia pada
posisi geostrategis
·
Contoh keuntungan letak Indonesia
·
Kondisi tanah di Indonesia
·
Keuntungan kondisi tanah Indonesia
terhadap aktivitas pertanian
·
Contoh pemanfaat-an tanah oleh
masyarakat Indonesia
|
Mengamati:
· Mengamati
gambar bola bumi Indonesia terletak pada daerah khatulistiwa yang beriklim
tropis
· Mengamati peta
posisi silang Indonesia
· Mengamati dan
wawancara dengan tetangga terdekat tentang kondisi tanaman yang ada di
sekitar lingkungan tempat tinggal
Menanya:
· Merumuskan
pertanyaan tentang hasil pengamatan gambar bola bumi
· Merumuskan
pertanyaan tentang hasil pengamatan tentang posisi silang Indonesia
· Merumuskan
pertanyaan tentang hasil pengamatan terhadap kondisi tanaman di lingkungan
sekitar, misalnya: apakah keunggulan tanah di Indonesia, manfaat apakah yang
sudah dirasakan masyarakat dari pengolahan tanahnya, tanaman apa saja yang
dapat tumbuh subur di daerah sekitar tempat tinggal
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan informasi untuk
menjawab pertanyaan keunggulan iklim muson tropis dan akibat dari iklim muson
tropis terhadap kehidupan
·
Mengumpulkan informasi untuk
menjawab pertanyaan tentang
keuntungan letak Indonesia pada posisi geostrategis
·
Mengumpulkan
informasi tentang keunggulan tanah di Indonesia dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
keterkaitan keunggulan iklim muson tropis dan akibat dari iklim muson tropis
terhadap kehidupan
·
Menganalisis data tentang
keuntungan letak Indonesia pada posisi geostrategis
·
Menganalisis dan menyimpulkan
tentang keunggulan tanah di Indonesia
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan
hasil analisis data tentang keunggulan iklim muson tropis dan akibat dari
iklim muson tropis terhadap kehidupan
· Mempresentasikan
hasil analisis data tentang keuntungan letak Indonesia pada posisi
geostrategis
· Mempresentasikan
hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan tentang keunggulan tanah di
Indonesia
|
· Sikap:
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, peduli lingkungan, dan kerjasama)
dengan mengguna-kan rubrik
· Pengetahuan
Tes
Tertulis/ Lisan tentang: keunggulan iklim muson tropis dan
akibat dari iklim muson tropis terhadap kehidupan, keuntungan letak Indonesia
pada posisi geostrategis, keunggulan tanah di Indonesia
·
Keterampil-an:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
6JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media cetak/elek-tronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
Tema I : Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia
Subtema B : Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Ekonomi,
Transportasi, dan Komunikasi
|
|||||
3.1Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.2 Mendeskripsikan perubahan masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta
perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
3.3 Mendeskripsikan fungsi dan peran
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan
sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan
ekonomi
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan
kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang
bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Kegiatan ekonomi (produksi,
distribusi, konsumsi)
·
Keunggulan lokasi dan kegiatan
ekonomi (pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan produksi, distribusi
dan konsumsi)
·
Pengaruh keunggulan lokasi terhadap
transportasi darat
·
Pengaruh keunggulan lokasi terhadap
transportasi laut
·
Pengaruh keunggulan lokasi terhadap
transportasi udara
·
Cara menjaga keamanan dan
kenyaman-an transportasi
·
Peran kelembaga-an dalam kegiatan
transportasi
·
Pengaruh keunggulan lokasi terhadap
komunikasi
·
Pengaruh keunggulan lokasi terhadap
cara berkomuni-kasi masyarakat Indonesia
·
Pengaruh keunggulan komunikasi
terhadap perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi di Indonesia
|
Mengamati:
· Mengamati
produk UMKM terdekat dengan tempat tinggal
· Mengamati peta
sarana transportasi Indonesia
· Mengamati tabel lokasi Indonesia yang menunjukkan
adanya perbedaan bahasa
Menanya:
·
Merumuskan
pertanyaan tentang kegiatan ekonomi masyarakat
·
Merumuskan
pertanyaan tentang sarana transportasi di Indonesia
·
Merumuskan
pertanyaan tentang adanya perbedaan bahasa dalam masyarakat Indonesia
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan informasi dari
berbagai sumber tentang kegiatan ekonomi
·
Mengumpulkan informasi dari
berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait
dengan sarana transportasi di Indonesia
·
Mengumpulkan informasi dari
berbagai sumber tentang adanya perbedaan bahasa dalam masyarakat Indonesia
Menalar/Mengasosiasi:
· Mengolah dan Menganalisis data tentang kegiatan ekonomi
masyarakat dari berbagai sumber
· Menganalisis dan menyimpulkan jawaban dari berbagai
pertanyaan tentang sarana transportasi di Indonesia
· Menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang perbedaan
bahasa dalam masyarakat Indonesia
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang kegiatan ekonomi masyarakat
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang sarana transportasi di Indonesia
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang perbedaan bahasa dalam masyarakat Indonesia
|
·
Sikap:
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung
jawab, peduli, disiplin, kreatif, ulet, percaya diri dan kerjasama) dengan mengguna-kan
rubrik
·
Pengetahuan
Tes Tertulis/ Lisan tentang
kegiatan ekonomi, sarana transportasi di Indonesia, perbedaan
bahasa dalam masyarakat Indonesia
· Keterampil-an:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
18JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
Tema I : Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia
Subtema C: Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kolonialisme Barat di
Indonesia
|
|||||
3.1Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.2 Mendeskripsikan perubahan masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta
perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
3.3 Mendeskripsikan fungsi dan peran
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan
sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan
ekonomi
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan
kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
4.2 Mengguna-kan berbagai strategi untuk
memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang
bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Latar belakang kedatangan
bangsa-bangsa Barat di Indonesia
·
Proses kedatangan bangsa-bangsa
Barat di Indonesia
·
Kebijakan pemerintah kolonial di
Indonesia
·
Latar belakang kedatangan
bangsa-bangsa Barat di Indonesia
|
Mengamati:
·
Mengamati
peta persebaran hasil bumi di Indonesia
·
Mengamati
rute kedatangan Bangsa Barat di Indonesia
·
Mengamati
gambar pengaruh kebijakan pemerintah kolonial Barat di Indonesia (suasana
kerjapaksa masa penjajahan Belanda)
·
Mengamati
peta Asia dan Eropa
Menanya:
·
Merumuskan
pertanyaan tentang persebaran hasil bumi di Indonesia dan hubungan antara
kekayaan hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di Indonesia
·
Menanya
tentang proses kedatangan bangsa Barat di Indonesia
·
Menanya
tentang dampak kebijakan pemerintah kolonial terhadap bangsa Indonesia
·
Menanya
tentang corak perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah serta kelebihan
dan kekurangan strategi perlawanan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan informasi persebaran hasil bumi di Indonesia dan
hubungan antara kekayaan hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di
Indonesia dari berbagai sumber
·
Mengumpulkan informasi tentang
proses kedatangan bangsa Barat di Indonesia dari berbagai sumber
·
Mengumpulkan informasi tentang
pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap masyarakat Indonesia
·
Mengumpulkan informasi tentang
latar belakang bangsa-bangsa Barat di Indonesia dan perlawanan masyarakat
Indonesia terhadap penjajah Barat dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan persebaran hasil bumi di Indonesia dan hubungan antara
kekayaan hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di Indonesia dari
berbagai sumber
· Menganalisis data tentang kedatangan bangsa Barat ke
Indonesia
· Menganalisis dan menyimpulkan tentang pengaruh kebijakan
pemerintah kolonial terhadap masyarakat Indonesia
· Menganalisis dan menyimpulkan berbagai informasi tentang
kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia dan perlawanan rakyat Indonesia
terhadap penjajah Barat
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang persebaran
hasil bumi di Indonesia dan hubungan antara kekayaan hasil bumi dengan
terjadinya kolonialisme Barat di Indonesia
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang proses kedatangan bangsa Barat ke Indonesia
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap
masyarakat Indonesia
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang kedatangan
bangsa-bangsa Barat ke Indonesia dan perlawanan rakyat Indonesia terhadap
penjajah Barat
|
·
Sikap:
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung
jawab dan kerjasama) dengan mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes Tertulis/ Lisan tentang
persebaran hasil bumi di Indonesia, kolonialisme, proses kedatangan
bangsa Barat, pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap masyarakat
Indonesia, bentuk-bentuk perlawanan terhadap penjajah Barat
· Keterampil-an:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
12 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
Tema II : Dinamika Kependudukan dan Pembangunan
Nasional
Subtema A : Jumlah dan Pertumbuhan, Komposisi serta
Persebaran dan Migrasi Penduduk
|
|||||
3.2
Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik
4.2
Menggunakan
berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat
sekitar
|
·
Jumlah dan pertumbuh-an penduduk
·
Komposisi Penduduk indonesia
·
Persebaran penduduk dan migrasi
|
Mengamati:
· Mengamati data
kependudukan
· Mengamati
diagram komposisi penduduk di Indonesia ditinjau dari beberapa kategori
· Mengamati peta
kepadatan penduduk Indonesia tahun 2010
Menanya:
·
Menanya
tentang pertambahan penduduk yang tinggi, cara pengendalian jumlah penduduk,
cara menghitung pertumbuhan penduduk, akibat ledakan penduduk
·
Menanya
tentang mengapa angka partisipasi sekolah tiap kelompok umur mengalami
kenaikan, jumlah buruh/karyawan/pegawai dari tahun 2009-2011 mengalami
kenaikan, jumlah pekerja bebas di sektor pertanian terus mengalami penurunan
·
Menanya
tentang persebaran penduduk Indonesia, kepadatan penduduk paling tinggi dan
paling rendah
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan informasi tentang pertambahan penduduk yang tinggi, cara
pengendalian jumlah penduduk, cara menghitung pertumbuhan penduduk, akibat
ledakan penduduk dari berbagai sumber atau dengan mengunjungi Badan Pusat
Statistik yang terdekat
·
Mengumpulkan infomasi mengenai
komposisi penduduk dari berbagai sumber
·
Mengumpulkan informasi/data dari
berbagai sumber mengenai persebaran
penduduk
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai
sumber tentang pertambahan penduduk yang tinggi, cara pengendalian
jumlah penduduk, cara menghitung pertumbuhan penduduk, akibat ledakan
penduduk
· Menganalisis dan menyimpulkan berbagai informasi yang telah
didapatkan terkait komposisi penduduk
· Menganalisis dan menyimpulkan berbagai informasi tentang
persebaran penduduk yang didapatkan dari berbagai sumber
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan
hasil analisis data tentang pertambahan
penduduk yang tinggi, cara pengendalian jumlah penduduk, cara menghitung
pertumbuhan penduduk, akibat ledakan penduduk
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang komposisi penduduk
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang persebaran penduduk
|
·
Sikap:
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan, menghayati ajaran agama),
sikap sosial (tanggung jawab, kerjasama, percaya diri, disiplin) dengan
mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes Tertulis/ Lisan tentang
jumlah dan pertumbuhan penduduk, komposisi penduduk, persebaran penduduk
dan migrasi.
· Keterampil-an:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
36JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
Tema II : Dinamika Kependudukan dan Pembangunan Nasional
Subtema B : Fungsi dan Peran Penduduk dalam Pembangunan Nasional
|
|||||
3.2
Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik
4.2
Menggunakan
berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat
sekitar
|
·
Kualitas Penduduk di Indonesia
·
Pergerakan nasional Indonesia
·
Peranan penduduk dalam Pembangunan
Nasional
|
Mengamati:
· Mengamati
tingkat kualitas penduduk di lingkungan tempat tinggal
· Mengamati
gambar diorama Sumpah Pemuda
· Mengamati
gambar penduduk sebagai modal dasar pembangunan
Menanya:
·
Menanya
tentang tingkat kualitas penduduk di lingkungan tempat tinngal, faktor-faktor
yang mempengaruhi tingkat kualitas penduduk
·
Menanya
tentang munculnya Pergerakan Nasional Indonesia, Proses Pergerakan Nasional
Indonesia, Arti Penting Sumpah Pemuda bagi Pergerakan Kemerdekaan Indonesia
·
Menanya
tentang jumlah penduduk yang besar sebagai modal dasar Pembangunan, peranan
penduduk dalam pembangunan ekonomi di Indonesia
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan informasi tentang
kualitas penduduk Indonesia
·
Mengumpulkan informasi tentang
Pergerakan Nasional Indonesia dari berbagai sumber
·
Mengumpulkan informasi/data dari
berbagai sumber tentang peranan penduduk dalam pembangunan Nasional
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis dan menyimpulkan tentang kualitas penduduk Indonesia
· Menganalisis dan menyimpulkan tentang Pergerakan Nasional Indonesia yang
diperoleh dari berbagai sumber
· Menganalisis
dan menyimpulkan data/informasi tentang peranan penduduk dalam pembangunan
Nasional
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan
hasil analisis data tentang kualitas penduduk Indonesia
· Mempresentasikan
hasil analisa data tentang Pergerakan Nasional Indonesia
· Mempresentasikan
hasil simpulan mengenai peranan penduduk dalam pembangunan Nasional
|
·
Sikap
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan), sikap
sosial (tanggung jawab, kerjasama, percaya diri, disiplin) dengan
mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes Tertulis dan lisan tentang kualitas Penduduk Indonesia, Pergerakan Nasional
Indonesia
· Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
18 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
Tema III : Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Nasional
Subtema A : Fungsi dan Peran
Sumber Daya Alam
|
|||||
3.1Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan
sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan
ekonomi
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang
bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
· Fungsi dan
Peran Sumber Daya Alam Bagi Kehidupan Manusia
· Fungsi dan
Peran Sumber Daya Alam Bagi Pembangun-an Ekonomi
|
Mengamati:
· Mengamati
gambar jenis-jenis sumber daya alam
· Mengamati tabel Pendapatan Nasional per kapita
·
Menanya:
·
Menanya
tentang jenis hasil tambang yang dimanfaatkan oleh manusia, pemanfaatan
sumber daya hutan
·
Menanya
dampak peningkatan pendapatan per kapita terhadap pembangunan ekonomi suatu
negara, pendapatan per kapita penduduk Indonesia
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan informasi tentang sumber
daya alam bagi kehidupan
·
Mengumpulkan informasi tentang
fungsi dan peran sumber daya alam bagi pembangunan ekonomi
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan tentang sumber daya alam bagi kehidupan
·
Menganalisis dan menyimpulkan
tentang fungsi dan peran sumber daya alam bagi pembangunan ekonomi
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan
hasil analisis tentang sumber daya alam bagi kehidupan
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang fungsi dan peran sumber daya alam bagi pembangunan
ekonomi
|
·
Sikap
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati jaran agama, menghayati karunia Tuhan),
sikap sosial (tanggung jawab, kerjasama, percaya diri, disiplin) dengan
mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes
Tertulis dan lisan tentang sumber daya alam bagi kehidupan manusia
· Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
8JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
Tema III : Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Nasional
Subtema B : Keunggulan Sumber
Daya Alam untuk pembangunan Nasional
|
|||||
3.1Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.2 Mendeskripsikan perubahan masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta
perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan
kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang
bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
· Keunggulan
sumber daya alam antar region di Indonesia
· Sumber daya
alam strategis sebagai modal dasar Pembangun-an Nasional Indonesia
|
Mengamati:
· Mengamati hasil
komoditi unggulan di daerahnya misalnya: di Lampung
· Mengamati tabel produksi minyak bumi
Menanya:
·
Menanya
tentang keunggulan komoditas keunggulan di daerah setempat dan alasan
dikembangkannya komoditas tersebut
·
Menanya
tentang produksi BBM di Indonesia, manfaat yang dirasakan masyarakat dari
pengolahan BBM, potensi BBM yang ada di Indonesia
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan informasi tentang keunggulan
komoditas di daerah setempat
· Mengumpulkan
data/informasi tentang Sumber daya alam strategis sebagai modal dasar
Pembangun-an Nasional Indonesia
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan tentang keunggulan komoditas daerah
setempat
· Menganailisis
dan menyimpulkan tentang Sumber daya alam strategis sebagai modal dasar
Pembangun-an Nasional Indonesia
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang keunggulan komoditas daerah setempat
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang sumber daya alam strategis sebagai modal dasar
Pembangun-an Nasional Indonesia
|
·
Sikap
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan),
sikap sosial (tanggung jawab, peduli lingkungan santun, kerjasama, percaya
diri, disiplin) dengan mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes
Tertulis dan lisan tentang keunggulan sumber daya alam
· Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
16JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
Tema III : Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Nasional
Subtema C : Pengelolaan Sumber
Daya Alam
|
|||||
3.1Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan
kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang
bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
· Pengelolaan
sumber daya alam yang maksimal
· Pengelolaan
sumber daya alam yang lestari
· Peran
kelembagaan dalam pengelolaan SDA
|
Mengamati:
· Mengamati
gambar tentang lingkungan lestari dan lingkungan tercemar
· Mengamati logo BUMN, PT swasta dan CV
Menanya:
·
Menanya
tentang pengelolaan sumber daya alam yang baik
·
Menanya
tentang hasil pengamatan terhadap logo BUMN, PT Swasta dan CV, perbedaan
antara BUMN, PT Swasta dan CV, peran BUMN dalam mengelola SDA
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan informasi tentang
pengelolaan sumber daya alam yang baik dari berbagai sumber
·
Mengumpulkan data/informasi tentang
peran kelembagaan dalam pengelolaan SDA
Menalar/Mengasosiasi:
· Mengolah, menganalisis dan menyimpulkan tentang pengelolaan
sumber daya alam yang baik
·
Mengolah, menganalissi dan
menyimpulkan hasil pengamatan tentang peran kelembagaan dalam pengelolaan SDA
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang pengelolaan sumber daya alam yang baik dari berbagai sumber
·
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang peran kelembagaan dalam pengelolaan SDA
|
·
Sikap
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan),
sikap sosial (tanggung jawab, peduli lingkungan santun, kerjasama, percaya
diri, disiplin) dengan mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes
Tertulis dan lisan tentang pengelolaan sumber daya alam yang baik,
peran kelembagaan dalam pengelolaan SDA
· Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
16JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media cetak/elek-tronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
Tema 4 : Keragaman Sosial Budaya Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional
Subtema A : Sifat dan Bentuk Interaksi Sosial Budaya dalam Pembangunan
|
|||||
3.3 Mendeskripsikan fungsi dan peran
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan
sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan
ekonomi
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang
bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Sifat-sifat interaksi sosial budaya
dalam kehidupan masyarakat
·
Bentuk-bentuk interaksi sosial
budaya
|
Mengamati:
· Mengamati
gambar yang menunjukkan interaksi asosiatif dan disosiatif, misalnya:
kerjabakti di kampung
· Mengamati gambar bentuk-bentuk interaksi sosial budaya
Menanya:
·
Menanya
tentang cara menjaga hubungan keluarga agar tetap harmonis, alasan manusia
berinteraksi dengan orang lain
·
Menanya
tentang dampak negatif bentuk interaksi disosiatif, proses terjadinya
akulturasi kebudayaan
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan informasi tentang
sifat-sifat interaksi sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dari berbagai
sumber
·
Mengumpulkan data/informasi
mengenai bentuk-bentuk interaksi sosial dalam kehidupan masyarakat
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan data/informasi tentang sifat-sifat interaksi sosial budaya
dalam kehidupan masyarakat
·
Menganalisis
data/informasi dan menyimpulkan tentang bentuk-bentuk interaksi sosial dalam
masyarakat
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang sifat-sifat interaksi sosial budaya dalam kehidupan
masyarakat
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang bentuk-bentuk interaksi sosial budaya
|
·
Sikap
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (santun,
tanggung jawab, kerjasama dan peduli) dengan mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes
Tertulis dan lisan tentang sifat-sifat interaksi sosial budaya,
bentuk-bentuk interaksi sosial budaya
· Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
6 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media cetak/elek-tronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
Tema 4 : Keragaman Sosial Budaya Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional
Subtema B : Fungsi dan Peran Keragaman Sosial Budaya dalam Pembangunan
|
|||||
3.1Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.2 Mendeskripsikan perubahan masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta
perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan
kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
4.2 Mengguna-kan berbagai strategi untuk
memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang
bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Peran dan fungsi keragaman suku
bangsa
·
Peran dan fungsi keragaman bahasa
·
Peran dan fungsi keragaman budaya
·
Peran dan fungsi keragaman agama
|
Mengamati:
· Mengamati peta
sebaran suku bangsa yang ada di Indonesia
· Mengamati
keragaman kosa kata Bahasa Indonesia melalui Kamus Indonesia
· Mengamati hasil
budaya yang ada di Indonesia, misalnya: gambar tari Kecak di Bali
· Mengamati
perintah-perintah dan larangan-larangan dalam agama yang mendukung
pembangunan nasional
Menanya:
·
Menanya
tentang ciri khas suku bangsa, keunggulan suku bangsa tersebut, jenis
pekerjaan yang dominan.
·
Menanya
tentang sumbangan bahasa daerah untuk bahasa Indonesaia, manfaat yang
diperoleh dari adanya keragaman bahasa daerah, dampak apabila bahasa daerah
tidak dilestarikan
·
Menanya
tentang ciri khas tarian-tarian yang ada di Indonesia, peran dan fungsi hasil
budaya bagi pembangunan nasional, nilai dan pesan moral dari hasil budaya
·
Menanya
tentang manfaat mempelajari agama dalam kaitannya dengan pembangunan
nasional, peran agama dalam pendidikan, peran agama dalam kontrol sosial
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan informasi/data tentang
keragaman suku bangsa
·
Mengumpulkan informasi/ data
tentang keragaman bahasa
·
Mengumpulkan informasi/data tentang
peran dan fungsi keragaman budaya
·
Mengumpulkan informasi/data tentang
fungsi dan peran keragaman agama
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan data/informasi tentang keragaman suku bangsa
·
Menganalisis
dan menyimpulkan peran dan fungsi keragaman bahasa
·
Menganalisis
dan menyimpulkan peran dan fungsi keragaman budaya
·
Menganalisis
dan menyimpulkan tentang fungsi dan peran keragaman agama
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang keragaman suku bangsa
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang peran dan fungsi keragaman bahasa
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang peran dan fungsi keragaman budaya
· Mempresentaasikan
simpulan tentang keragaman fungsi dan peran agama
|
·
Sikap
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (toleransi,
kerjasama, peduli lingkungan, tanggung jawab) dengan mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes
Tertulis dan lisan tentang peran dan fungsi keragaman suku bangsa,
keragaman bahasa, keragaman budaya, keragaman agama
· Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
12 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media cetak/elek-tronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
Tema 4 : Keragaman Sosial Budaya Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional
Subtema C : Fungsi dan Peran Kelembagaan dalam Mengelola Keragaman
Sosial Budaya
|
|||||
3.1Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.2 Mendeskripsikan perubahan masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta
perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan
kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
|
·
Fungsi dan peran kelembagan dalam
mengelola keragaman sosial budaya
|
Mengamati:
· Mengamati
pentas budaya-budaya daerah
Menanya:
·
Menanya
peran lembaga keluarga dan politik dalam mengelola keragaman sosial budaya
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan informasi/ data
tentang fungsi dan peran kelembagaan dalam mengelola keragaman sosial budaya
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan data/informasi tentang fungsi dan peran kelembagaan dalam
mengelola keragaman sosial budaya
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang fungsi dan peran kelembagaan dalam mengelola keragaman sosial budaya
|
·
Sikap
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (kerjasama,
jawab) dengan mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes
Tertulis dan lisan tentang peran dan fungsi kelembagaan dalam
mengelola keragaman sosial budaya
· Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
4 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media cetak/elek-tronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
Tema 4 : Keragaman Sosial Budaya Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional
Subtema D : Kemerdekaan Sebagai Modal Pembangunan
|
|||||
3.1Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.2 Mendeskripsikan perubahan masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta
perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan
sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan
ekonomi
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan
kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
|
·
Perubahan-perubahan yang terjadi
pada masyarakat Indonesia pada masa kolonial
·
Perubahan-perubahan yang terjadi
pada masyarakat Indonesia masa penjajahan Jepang
·
Persiapan dan Proklamasi
Kemerdeka-an Indonesia
·
Proklamasi kemerdeka-an sebagai
pintu gerbang pembangun-an
|
Mengamati:
· Mengamati
gambar keadaan masyarakat pada masyarakat kolonial dan uang koin VOC
· Mengamati
gambar korban romusha dan tentara keibodan
· Mengamati
gambar tentang persiapan dan proses Proklamasi kemerdekaan Indonesia
· Mengamati
gambar peta Indonesia dan rapat besar di lapangan IKADA
Menanya:
·
Menanya
tentang perubahan yang terjadi pada perekonomian Indonesia akibat penjajahan
pada masa kolonial
·
Menanya
tentang perubahan-perubahan akibat penjajahan Jepang
·
Menanya
tentang persiapan dan proses Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
·
Menanya
tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Mengumpulkan
informasi:
·
Mengumpulkan informasi/ data
tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat Indonesia masa
kolonial
·
Mengumpulkan informasi tentang
perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat Indonesia masa penjajahan
Jepang
·
Mengumpulkan informasi tentang
persiapan dan proses Proklamasi kemerdekaan Indonesia
·
Mengumpulkan informasi dari
berbagai sumber tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan data/informasi tentang perubahan-perubahan yang terjadi
pada masyarakat Indonesia masa kolonial
·
Menganalisis dan menyimpulkan
tentang akibat yang ditimbulkan penjajahan Jepang
·
Menganalisis dan menyimpulkan
tentang persiapan dan proses Proklamasi kemerdekaan Indonesia
·
Menganilisis dan menyimpulkan
tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat Indonesia masa
kolonial
·
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang akibat penjajahan Jepang
·
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang persiapan dan proses Proklamasi kemerdekaan Indonesia
·
Mempresentasikan tentang Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
|
·
Sikap
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (kerjasama,
tanggung jawab) dengan mengguna-kan rubrik
·
Pengetahuan
Tes
Tertulis dan lisan tentang perubahan-perubahan yang terjadi
pada masyarakat Indonesia masa kolonial, masa penjajahan Jepang. persiapan
dan proses Proklamasi kemerdekaan Indonesia.
· Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
16 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar