VI. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
JIKA ADA YANG INGIN MEMINTA FILE DALAM BENTUK WORD, SILAHKAN TULISKAN EMAIL DI KOLOM KOMENTAR. NANTI AKAN SAYA KIRIMKAN
Satuan Pendidikan    :
SMP/MTs
Kelas : VII (tujuh)
Kompetensi Inti
KI 1 :   Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :   Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri,    dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 :   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,  teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4 :   Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat)  dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
| 
Kompetensi
   Dasar | 
Materi
   Pembelajaran | 
Kegiatan
   Pembelajaran | 
Penilaian | 
Alokasi
   Waktu | 
Sumber
   Belajar | |
| 
1.1    Menghargai karunia
  Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya 
1.2     Menghargai ajaran agama dalam
  berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
  kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.  
1.3    Menghayati karunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan
  manusia dan lingkungan-nya | 
Pembelajaran
  KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam
  pembelajaran KI 3 dan KI 4 | 
Penilaian
  KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman
  sejawat oleh peserta didik, dan jurnal | ||||
| 
2.1   Menunjuk-kan perilaku jujur,
  gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaima-na
  ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.  
2.2   Menunjukkan
  perilaku rasa ingin tahu, terbuka dan  kritis terhadap
  permasalah-an sosial sederhana.  
2.3    Menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai
  perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya  |  | |||||
| 
Tema I       : Keadaan
  Alam Dan Aktivitas Penduduk Indonesia 
Subtema A : Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia | ||||||
| 
3.1 Memahami aspek
  keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
  (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) 
4.1 Menyajikan hasil
  pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia
  pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek
  geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat
  sekarang 
4.2 Menghasil-kan
  gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial, budaya,
  ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar | 
·        
  Letak wilayah dan pengaruh-nya bagi
  keadaan alam Indonesia | 
Mengamati: 
·     Mengamati peta
  letak astronomis dan geografis Indonesia 
Menanya: 
·      Merumuskan
  pertanyaan tentang letak astronomis dan geografis Indonesia 
Mengumpulkan informasi: 
·        
  Mengumpulkan informasi untuk
  menjawab pertanyaan tentang letak astronomis dan geografis 
Menalar/Mengasosiasi: 
·        
  Menganalisis
  keterkaitan antara letak astronomis dan geografis dengan musim dan hubungan dengan
  negara lain 
Mengomunikasikan: 
·        
  Mempresentasikan hasil analisis
  data tentang letak astronomis dan geografis dengan musim dan hubungan dengan
  negara lain | 
Sikap: 
·    
  Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung
  jawab, disiplin, dan kerjasama) dengan menggunakan rubrik 
·   Pengetahuan 
Tes Tertulis/  Lisan tentang: letak
  astronomis dan geografis  Indonesia 
Keterampilan: 
·      Unjuk Kerja/ Praktik 
    Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/pre-sentasi) | 
4JP | 
·     Peta letak
  astronomis dan geografis Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan referensi
  lain yang relevan 
·     Media cetak/elek-tronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | |
| 
Tema I        : Keadaan
  Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia 
Subtema B : Keadaan Alam Indonesia | ||||||
| 
3.1 Memahami aspek
  keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) 
4.1 Menyajikan hasil
  pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia
  pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek
  geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat
  sekarang 
4.2 Menghasil-kan
  gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial, budaya,
  ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar | 
·        
  Keadaan Iklim di Indonesia 
·        
  Bentuk Muka Bumi dan Aktivitas
  Penduduk Indonesia 
·        
  Keragaman flora dan fauna di
  Indonesia  | 
Mengamati: 
·     Mengamati suhu
  udara di suatu tempat yang terjadi sampai siang hari  
·     Mengamati peta
  fisiografis Indonesia, peta sebaran gunug berapi, gambar bencana alam 
·     Mengamati
  keragaman flora dan fauna 
Menanya: 
·      Merumuskan
  pertanyaan tentang suhu udara terendah dan suhu udara tertinggi 
·      Merumusan
  pertanyaan tentang kondisi fisiografis di daerahnya, bencana alam yang
  terjadi di Indonesia, dan gunung berapi yang ada di Indonesia 
·      Merumuskan
  pertanyaan tentang keragaman flora dan fauna di Indonesia 
Mengumpulkan informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi dari
  berbagai sumber tentang wilayah Indonesia dikaitkan dengan keadaan iklim 
·     
  Mengumpulkan informasi dari
  berbagai sumber tentang bentuk muka bumi di Indonesia 
·     
  Mengumpulkan informasi tentang
  bentuk muka bumi di Indonesia dan sebaran flora dan fauna dari berbagai
  sumber 
Menalar/Mengasosiasi: 
·    
  Menganalisis
  keterkaitan antara keadaan iklim dengan suhu udara 
·    
  Menganalisis
  bentuk muka bumi dan kaitannya dengan aktivitas penduduk 
·    
  Menganalisis
  keragaman flora dan fauna di Indonesia 
Mengomunikasikan: 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang keadaan iklim di Indonesia 
·      Mempresentasikan
  hasil analisis data tentang bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk Indonesia 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang flora dan fauna di Indonesia | 
·      Sikap: 
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
  Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, disiplin, dan kerjasama) dengan
  mengguna-kan rubrik 
Pengetahuan: 
·       Tes
  Tertulis/  Lisan tentang iklim di
  Indonesia, bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk Indonesia, keragaman flora dan
  fauna di Indonesia  
·  
  Keterampilan: 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, 
menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi) | 
16 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII  
·     Ensiklope-dia Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media cetak/elek- tronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | |
| 
Tema I       : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk
  Indonesia 
Subtema C: Kehidpan Sosial Masyarakat Indonesia pada masa Praaksara,
  Hindu Buddha, dan Islam | ||||||
| 
3.2
  Memahami perubahan masyarakat
  Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu Buddha dan masa Islam dalam aspek
  geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik 
4.1 Menyajikan hasil
  pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia
  pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek
  geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat
  sekarang | 
·     
  Kehidupan Masyarakat pada Masa
  Praaksara 
·     
  Kehidupan Masyarakat pada Masa
  Hindu Buddha 
·     
  Kehidupan Masyrakat pada Masa Islam 
·     
  Konektivitas antarruang dan waktu | 
Mengamati: 
·      Mengamati
  peta sejarah 
·      Mengamati gambar
  kehidupan manusia Praaksara 
·      Mengamati
  gambar kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha 
·      Mengamati
  gambar kehidupan manusia pada masa Islam 
·      Mengamati
  gambar/video tentang hutan yang gundul di daerah hulu, hujan deras di daerah
  hilir dan hulu, membuang sampah di sembarang tempat di daerah hilir, sungai
  meluap, dan banjir besar melanda daerah hilir 
Menanya: 
·      Merumuskan
  pertanyaan tentang kehidupan manusia pada masa praaksara 
·      Merumuskan
  pertanyaan tentang kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha dan hasil
  budayanya 
·      Merumuskan
  pertanyaan tentang kehidupan manusia pada masa Islam dan hasil budayanya 
·      Meumuskan
  pertanyaan tentang gundul di daerah hulu, hujan deras di daerah hilir dan
  hulu, membuang sampah di sembarang tempat di daerah hilir, sungai meluap, dan
  banjir besar melanda daerah hilir 
Mengumpulkan informasi: 
·      Mengumpulkan informasi tentang kehidupan manusia pada masa
  praaksara dari berbagai referensi 
·      Mengumpulkan informasi tentang kehidupan manusia pada masa Hindu
  Buddha dari berbagai sumber 
·      Mengumpulkan informasi tentang kehidupan manusia pada masa Islam
  dari berbagai sumber 
·      Mengumpulkan
  informasi tentang konektivitas antarruang dan waktu seerta pengaruhnya
  terhadap kehidupan manusia dari berbagai sumber 
Menalar/Mengasosiasi: 
·      Menganalisis
  dan menyimpulkan kehidupan manusia praaksara dilihat dari aspek
  geografis, ekonomis, dan sosial budaya 
·      Menganalisis
  dan menyimpulkan kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha dilihat dari
  aspek geografis, ekonomis, dan sosial budaya 
·      Menganalisis
  dan menyimpulkan kehidupan manusia pada masa Islam dilihat dari aspek
  geografis, ekonomis, dan sosial budaya 
·      Menganalisis
  dan menyimpulkan keterkaitan antara daerah hulu dan daerah hilir dalam
  konteks peristiwa banjir 
Mengomunikasikan: 
·      Mempresentasikan hasil simpulan
  tentang kehidupan manusia pada masa praaksara 
·      Mempresentasikan hasil simpulan
  tentang kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha 
·      Mempresentasikan hasil simpulan
  tentang kehidupan manusia pada masa Islam 
·      Mempresentasikan hasil simpuan
  tentang keterkaitan antara daerah
  hulu dan daerah hilir dalam konteks peristiwa banjir | 
·      Sikap: 
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
  Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, disiplin,  dan kerjasama) dengan mengguna-kan rubrik 
Pengetahuan 
·  Tes
  Tertulis/  Lisan tentang kehidupan
  masyarakat masa praaksara, Hindu Buddha, Islam, dan konektivitas antarruang
  dan waktu 
·  
  Keterampilan: 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/presentasi) | 
12 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII 
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/MTs kls VII 
·     Ensiklope- dia Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media cetak/elekt-ronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | |
| 
Tema II       :  Keadaan Penduduk Indonesia 
Subtema A  :  Asal Usul Penduduk Indonesia | ||||||
| 
3.1 Memahami aspek
  keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) 
3.3 Memahami
  jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat 
4.1 Menyajikan hasil
  pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia
  pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis,
  ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang 
4.2 Menghasil-kan
  gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial, budaya,
  ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar  | 
·        
  Asal Usul Penduduk Indonesia | 
Mengamati: 
·     Mengamati peta
  perjalanan nenek moyang Indonesia 
Menanya: 
·      Merumuskan
  pertanyaan tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia dan ras dari
  penduduk 
Mengumpulkan informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi tentang asal
  usul nenek moyang Indonesia dari berbagai referensi 
·     
    
Menalar/Mengasosiasi: 
·    
  Menganalisis
  informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tentang asal usul nenek
  moyang bansa Indonesia 
Mengomunikasikan: 
·     Mempresentasikan
  hasil analisis data tentang asal usul
  nenek moyang bansa Indonesia | 
·      Sikap: 
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
  Tuhan, menghayati ajaran agama), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin
  tahu, peduli) dengan mengguna-kan rubrik 
Pengetahuan 
·  Tes
  Tertulis/  Lisan tentang asal usul
  nenek moyang bangsa Indonesia 
Keterampilan: 
·  
  Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/pre-sentasi) | 
4 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII  
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/MTs kls VII 
·     Ensiklope-dia Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media
  cetak/elektronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | |
| 
Tema II       :
  Keadaan Penduduk Indonesia 
Subtema  B : Karakteristik
  Penduduk Indonesia | ||||||
| 
3.1 1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
  dan waktu dalam lingkup regional
  serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
  (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) 
3.3 Memahami
  jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat 
4.1 Menyajikan hasil
  pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia
  pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis,
  ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang 
4.2 Menghasil-kan
  gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial, budaya,
  ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar  | 
·        
  Jumlah dan Kepadatan Penduduk
  Indonesia 
·        
   Komposisi Penduduk | 
Mengamati: 
·    
  Mengamati gambar-gambar tentang
  jumlah penduduk dan luas wilayah masing-masing provinsi di Indonesia 
·    
  Mengamati tabel tentang pendidikan,
  agama, bidang usaha penduduk Indonesia 
Menanya: 
·     
  Menanya tentang jumlah 
  penduduk yang terpadat atau yang terjarang di Indonesia 
·     
  Menanya tentang pendidikan rata-rata dari tabel data
  pendidikan, agama yang dianut di daerahnya, bidang usaha yang banyak
  dilakukan, dan wilayah desa dan kota 
Mengumpulkan informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi tentang keadaan
  penduduk di Indonesia 
·     
  Mengupulakan data atau informasi
  dari berbagai sumber tentang keadaan penduduk di suatu wilayah 
Menalar/Mengasosiasi: 
·    
  Menganalisis
  dan menyimpulkan tentang  keadaan
  penduduk Indonesia dilihat dari jumlah dan kepadatannya 
·    
  Menganalisis
  dan menyimpulkan tentang penduduk Indonesia dilihat dari komposisinya
  mmelalui kegiatan curah pendapat  
Mengomunikasikan: 
·     
  Mempresentasikan hasil analisis
  data tentang keadaan penduduk di Indonesia 
·      Mempresentasikan
  hasil analisis data tentang keadaan penduduk Indonesia dilihat dari
  kompsisinya | 
Sikap 
·      Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan),
  sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan peduli) dengan
  mengguna-kan rubrik 
Pengetahuan: 
·      Tes
  Tertulis dan lisan tentang kepadatan dan komposisi penduduk Indonesia 
Keterampilan 
·     
  Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/pre-sentasi) | 
14 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII  
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/MTs kls VII 
·     Ensiklope-dia Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media cetak/elek-tronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | |
| 
Tema II       : Keadaan Penduduk Indonesia 
Subtema C : Mobilitas Penduduk Antarwilayah di Indonesia dan Fasilitas
  Pendukungnya | ||||||
| 
3.1 Memahami aspek
  keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) 
3.3 Memahami
  jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, pendidikan dan politik 
4.1 Menyajikan hasil
  pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia
  pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek
  geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat
  sekarang 
4.2 Menghasil-kan
  gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial, budaya,
  ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar  | 
·        
  Mobilitas Penduduk Antarwila-yah
  Indonesia  
·        
  Fasilitas Pendukung terjadinya
  Mobilitas penduduk Indonesia | 
Mengamati: 
·    
  Mengamati gambar-tentang kegiatan
  ekonomi di kota dan pemukiman penduduk di desa 
Menanya: 
·     
  Menanya faktor penyebab terjadinya mobilitas penduduk
  dari desa ke kota, cara melakukan mobilitas, dan tujuan dari mobilitas 
·     
    
Mengumpulkan informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi dari
  berbagai sumber tentang mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya 
Menalar/Mengasosiasi: 
·     
  Menganalisis
  dan menyimpulkan tentang mobilitas penduduk dan fasilitas
  pendukungnya 
Mengomunikasikan: 
·     
  Mempresentasikan hasil analisis
  data tentang  
mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya | 
·      Sikap: 
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran
  agama, menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin
  tahu, dan peduli) dengan mengguna-kan rubrik 
·      Pengetahuan: 
·     
  Tes
  Tertulis dan lisan tentang mobilitas penduduk dan fasilitas pendukung-nya 
·     
  Keterampilan 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/pre-sentasi) | 
8 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII  
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/MTs kls VII 
·     Ensiklope-dia Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media cetak/elek-tronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | |
| 
Tema II       : Keadaan Penduduk Indonesia 
Subtema D : Pengertian dan Jenis Lembaga Sosial | ||||||
| 
3.1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
  dan waktu dalam lingkup regional
  serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
  (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) 
3.3
  Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik 
4.1
  Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran
  masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam
  dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam
  masyarakat sekarang 
4.2
  Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial,
  budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar | 
·        
  Lembaga Sosial dan jenis-jenisnya | 
Mengamati: 
·    
  Mengamati gambar-tentang aktivitas
  penduduk dalam memenuhi kebutuhan, gambar partai politik, kegiatan ekonomi,
  lebaga pendidikan, dan keluarga 
Menanya: 
·     
  Menanya tentang pengertian lembaga sosial dan
  jenis-jenisnya 
Mengumpulkan informasi: 
·     
  Mengumpulkan data/informasi dari
  berbagai sumber tentang jenis lembaga sosial 
Menalar/Mengasosiasi: 
·     
  Menganalisis
  dan menyimpulkan tentang lembaga soaial dan perannya bagi
  masyarakat 
Mengomunikasikan: 
·     
  Mempresentasikan hasil analisis
  data tentang  
Jenis-jenis lembaga sosial dan perannya bagi masyarakat | 
·      Sikap 
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran
  agama, menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin
  tahu, dan peduli) dengan mengguna-kan rubrik 
Pengetahuan: 
·     
  Tes
  Tertulis dan lisan tentang lembaga soial dan perannya bagi
  masyarakat 
·     
  Keterampilan: 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/pre-sentasi) | 
10JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII  
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/MTs kls VII 
·     Ensiklope-dia Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media cetak/elek-tronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | |
| 
Tema III      : Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya
  Alam 
Subtema A  : Pengertian dan
  Pengelompokkan Sumber Daya Alam | ||||||
| 
3.
  1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
  dan waktu dalam lingkup regional
  serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
  (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) 
 4.1Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil
  hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa
  Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan
  politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang | 
·        
  Pengertian dan pengelom-pokan
  sumber daya alam | 
Mengamati: 
·    
  Mengamati gambar pemandangan alam salah
  satu daerah di Indonesia 
Menanya: 
·      Menanya tentang
  ketersediaan sumber daya alam yang ada 
Mengumpulkan informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi dari
  berbagai sumber tentang pengertian dan pengelompokkan sumber daya alam 
Menalar/Mengasosiasi: 
·     
  Menganalisis
  dan menyimpulkan tentang potensi sumber daya alam daerah
  masing-masing dan manfaatnya bagi kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya 
Mengomunikasikan: 
·      Mempresentasikan
  hasil analisis data tentang potensi sumber daya alam dan manfaatnya bagi
  kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya | 
Sikap: 
·      Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati jaran agama, menghayati karunia Tuhan),
  sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan mengguna-kan
  rubrik 
Pengetahuan: 
·   Tes
  Tertulis dan lisan tentang pengertian dan pengelompok-an sumber daya alam 
·  
  Keterampilan: 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/presentasi) | 
8 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media cetak/elek-tronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | |
| 
Tema III       :
  Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam 
Subtema B  : Potensi dan sebaran
  sumber daya alam Indonesia | ||||||
| 
3.
  1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
  dan waktu dalam lingkup regional
  serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
  (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) 
 4.1Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil
  hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa
  Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan
  politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang | 
·        
  Potensi sumber daya udara 
·        
  Potensi sumber daya tanah 
·        
  Potensi sumber daya air 
·        
  Potensi sumber daya hutan 
·        
  Potensi sumber daya tambang 
·        
  Potensi dan sebaran sumber daya
  laut | 
Mengamati: 
·    
  Merasakan suhu udara 
·    
  Mengamati peta sebaran tanah 
·    
  Mengamati peta sebaran sungai dan
  danau 
·    
  Mengamati potensi hutan yang ada di
  daerah masing-masing 
·    
  Mengamati potensi tambang yang ada
  di daerah masing-masing 
·    
  Mengamati sumber daya laut 
Menanya: 
·      Menanya
  tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sebaran sumber daya
  laut 
Mengumpulkan informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi tentang sumber
  daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber daya laut di daerah
  setempat 
Menalar/Mengasosiasi: 
·     
  Menganalisis
  dan menyimpulkan tentang sumber daya udara, tanah, air,
  hutan, tambang dan sumber daya laut di daerah setempat 
Mengomunikasikan: 
·     
  Mempresentasikan hasil simpulan
  tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber daya laut di
  daerah setempat | 
Sikap: 
·      Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan),
  sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan mengguna-kan
  rubrik 
Pengetahuan: 
·   Tes
  Tertulis dan lisan tentang potensi sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber daya laut di
  daerah setempat 
·  
  Keterampilan 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/presentasi) | 
18JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media
  cetak/elektronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | |
| 
Tema III       : Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya
  Alam 
Subtema C  : Kegiatan ekonomi dan
  pemanfaatan potensi sumber daya alam | ||||||
| 
3.
  1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
  dan waktu dalam lingkup regional
  serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
  (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) 
 4.1Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil
  hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa
  Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik
  yang masih hidup dalam masyarakat sekarang | 
·       Kegiatan
  ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi)  
·       Pemanfaat-an
  sumber daya alam | 
Mengamati: 
·    
  Mengamati gambar tentang aktivitas
  penduduk dalam kegiatan ekonomi, 
  pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan 
Menanya: 
·    
  Menanya
  tentang aktivitas penduduk dalam kegiatan ekonomi,  pertanian, perkebunan, peternakan,
  perikanan, pertambangan, kehutanan 
Mengumpulkan informasi: 
·    
  Mengumpulkan informasi tentang
  aktivitas penduduk dalam kegiatan ekonomi, 
  pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan
  dari berbagai sumber 
Menalar/Mengasosiasi: 
·    
  Menganalisis
  dan menyimpulkan aktivitas penduduk di bidang ekonomi, pertanian,
  perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan dari berbagai
  sumber 
Mengomunikasikan: 
·    
  Mempresentasikan hasil simpulan
  tentang aktivitas penduduk di bidang ekonomi, pertanian, perkebunan,
  peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan | 
·      Sikap 
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran
  agama, menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, peduli, rasa
  ingin tahu) dengan mengguna-kan rubrik 
·   Pengetahuan 
·    
  Tes
  Tertulis dan lisan tentang aktivitas penduduk dalam kegiatan ekonomi, pertanian,
  perkebunan, peternakan, perikanan, pertambang-an, kehutanan dari berbagai
  sumber 
·  
  Keterampil-an 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/presentasi) | 
20 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media cetak/elek-tronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | |
| 
Tema 4       : Dinamika
  Interaksi Manusia 
Subtema A : Dinamika Interaksi Manusia dengan Lingkungan | ||||||
| 
3.3 Memahami
  jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat 
4.3 Mengobservasi dan
  menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
  sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar | 
·      
  Dinamika Interaksi Manusia dengan
  Lingkungan | 
Mengamati: 
·    
  Mengamati gambar aktivitas manusia
  yang berdampak terhadap lingkungan alam 
Menanya: 
·      Menanya
  tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan  
Mengumpulkan informasi: 
·      Mengumpulkan data/ informasi
  tentang dampak aktivitas manusia
  terhadap lingkungan  
Menalar/Mengasosiasi: 
·      Menganalisis
  dan menyimpulkan data/informasi tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan  
Mengomunikasikan: 
·      Mempresentasikan hasil simpulan
  tentang dampak aktivitas manusia
  terhadap lingkungan  | 
Sikap: 
·      Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung
  jawab, rasa ingin tahu dan peduli) dengan mengguna-kan rubrik 
Pengetahuan: 
·   Tes
  Tertulis dan lisan tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan 
Keterampilan: 
·  
  Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/presentasi) | 
2 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media cetak/elek-tronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | |
| 
Tema 4       : Dinamika Interaksi Manusia 
Subtema B : Saling Keterkaitan antarkelompok Lingkungan | ||||||
| 
3.4
  Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan kingkungan alam,
  sosial, budaya dan ekonomi 
4.3 Mengobservasi dan
  menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
  sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar | 
·      
  Keterkaitan antarkompo-nen
  lingkungan | 
Mengamati: 
·    
  Mengamati gambar/video tentang
  keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern 
Menanya: 
·    
  Menanya
  tentang keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern 
Mengumpulkan informasi: 
·    
  Mengumpulkan informasi/data tentang
  keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern 
Menalar/Mengasosiasi: 
·    
  Menganalisis
  dan menyimpulkan data/informasi tentang keadaan manusia dan lingkungan pada
  masyarakat tradisional dan modern 
Mengomunikasikan: 
·    
  Mempresentasikan hasil simpulan
  tentang keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern | 
Sikap: 
·      Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (rasa ingin
  tahu, peduli, tanggung jawab) dengan mengguna-kan rubrik 
Pengetahuan: 
·      
  Tes
  Tertulis dan lisan tentang Keterkaitan antarkompo-nen
  lingkungan 
Keterampilan: 
·      Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/presentasi) | 
12 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media cetak/elek-tronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | |
| 
Tema 4       : Dinamika Interaksi Manusia 
Subtema C : Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam, Sosial, Budaya dan
  Ekonomi | ||||||
| 
3.4
  Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan kingkungan alam,
  sosial, budaya dan ekonomi 
4.3 Mengobservasi dan
  menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
  sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar | 
·      
  Hakekat Interaksi manusia dengan
  lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi | 
Mengamati: 
·    
  Mengamati gambar yang berhubungan
  dengan aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya
  dan ekonomi 
Menanya: 
·      Menanya
  tentang aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya
  dan ekonomi 
Mengumpulkan informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi/ data
  tentang aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya
  dan ekonomi dari berbagai sumber. 
Menalar/Mengasosiasi: 
·     
  Menganalisis
  dan menyimpulkan data/informasi tentang aktivitas manusia yang berdampak
  pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi 
Mengomunikasikan: 
·     
  Mempresentasikan hasil simpulan
  tentang aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya
  dan ekonomi | 
Sikap: 
·     
  Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
  Tuhan), sikap sosial rasa ingin tahu, tanggung jawab, peduli) dengan
  mengguna-kan rubrik 
Pengetahuan: 
·   Tes
  Tertulis dan lisan tentang hakekat interaksi manusia dengan lingkungan alam,
  sosial, budaya dan ekonomi 
Keterampilan: 
·   Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/presentasi) | 
8 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media cetak/elek-tronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | |
| 
Tema 4       : Dinamika Interaksi Manusia 
Subtema D : Keragaman Sosial Budaya sebagai Hasil Dinamika Interaksi
  Manusia | ||||||
| 
3.4
  Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
  sosial, budaya dan ekonomi 
4.3 Mengobserva-si dan
  menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
  sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar | 
·      
  Hasil kebudayaan masyarakat
  Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu Budha dan masa Islam | 
Mengamati: 
·    
  Mengamati gambartentang peninggalan
  zaman praaksara 
Menanya: 
·      Menanya
  tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa pra aksara, Hindu
  Budha dan masa Islam 
Mengumpulkan informasi: 
·      Mengumpulkan informasi/ data
  tentang hasil kebudayaan masyarakat
  Indonesia pada masa pra aksara, Hindu Budha dan masa Islam dari berbagai
  sumber 
Menalar/Mengasosiasi: 
·      Menganalisis
  dan menyimpulkan data/informasi tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa pra
  aksara, Hindu Budha dan masa Islam 
Mengomunikasikan: 
·      Mempresentasikan hasil simpulan
  tentang hasil kebudayaan masyarakat
  Indonesia pada masa pra aksara, Hindu Budha dan masa Islam | 
Sikap: 
·     
  Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
  Tuhan), sikap sosial (rasa ingin tahu, peduli, tanggung jawab) dengan
  mengguna-kan rubrik 
Pengetahuan: 
·      Tes
  Tertulis dan lisan tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa
  pra aksara, Hindu Budha dan masa Islam 
Keterampilan 
·   Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/presentasi) | 
8 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media cetak/elek-tronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | |
| 
ema 4       : Dinamika Interaksi Manusia 
Subtema E : Hasil kebudayaan Masyarakat Pada masa Lalu | ||||||
| 
3.4
  Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan kingkungan alam,
  sosial, budaya dan ekonomi 
4.3 Mengobserva-si dan
  menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
  sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar | 
·      
  Keragaman suku bangsa, bahasa,
  budaya, religi | 
Mengamati: 
·    
  Mengamati gambar/video  tentang keragaman suku bangsa, bahasa,
  budaya dan religi 
Menanya: 
·      Menanya
  tentang keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan religi 
Mengumpulkan informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi/ data
  tentang keragaman suku bangsa,
  bahasa, budaya dan religi dari berbagai sumber 
Menalar/Mengasosiasi: 
·     
  Menganalisis
  dan menyimpulkan data/informasi tentang keragaman
  suku bangsa, bahasa, budaya dan religi  
Mengomunikasikan: 
·           
  Mempresentasikan hasil simpulan
  tentang keragaman suku bangsa,
  bahasa, budaya dan religi | 
Sikap: 
·     
  Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
  Tuhan), sikap sosial (rasa ingin tahu, peduli, tanggung jawab) dengan
  mengguna-kan rubrik 
Pengetahuan: 
·      
  Tes
  Tertulis dan lisan tentang Keragaman suku bangsa, bahasa,
  budaya, religi 
Keterampilan: 
·  
  Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi) | 
6 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media
  cetak/elektronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | |
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar