VI. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
JIKA ADA YANG INGIN MEMINTA FILE DALAM BENTUK WORD, SILAHKAN TULISKAN EMAIL DI KOLOM KOMENTAR. NANTI AKAN SAYA KIRIMKAN
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs
Kelas : VII (tujuh)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1 Menghargai karunia
Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menghargai ajaran agama dalam
berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.
1.3 Menghayati karunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan
manusia dan lingkungan-nya
|
Pembelajaran
KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam
pembelajaran KI 3 dan KI 4
|
Penilaian
KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman
sejawat oleh peserta didik, dan jurnal
|
||||
2.1 Menunjuk-kan perilaku jujur,
gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaima-na
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
2.2 Menunjukkan
perilaku rasa ingin tahu, terbuka dan kritis terhadap
permasalah-an sosial sederhana.
2.3 Menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai
perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
|
||||||
Tema I : Keadaan
Alam Dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Subtema A : Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia
|
||||||
3.1 Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
4.1 Menyajikan hasil
pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia
pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat
sekarang
4.2 Menghasil-kan
gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Letak wilayah dan pengaruh-nya bagi
keadaan alam Indonesia
|
Mengamati:
· Mengamati peta
letak astronomis dan geografis Indonesia
Menanya:
· Merumuskan
pertanyaan tentang letak astronomis dan geografis Indonesia
Mengumpulkan informasi:
·
Mengumpulkan informasi untuk
menjawab pertanyaan tentang letak astronomis dan geografis
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
keterkaitan antara letak astronomis dan geografis dengan musim dan hubungan dengan
negara lain
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan hasil analisis
data tentang letak astronomis dan geografis dengan musim dan hubungan dengan
negara lain
|
Sikap:
·
Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung
jawab, disiplin, dan kerjasama) dengan menggunakan rubrik
· Pengetahuan
Tes Tertulis/ Lisan tentang: letak
astronomis dan geografis Indonesia
Keterampilan:
· Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
4JP
|
· Peta letak
astronomis dan geografis Indonesia
· Atlas Indonesia
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan referensi
lain yang relevan
· Media cetak/elek-tronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
|
Tema I : Keadaan
Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Subtema B : Keadaan Alam Indonesia
|
||||||
3.1 Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
4.1 Menyajikan hasil
pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia
pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat
sekarang
4.2 Menghasil-kan
gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Keadaan Iklim di Indonesia
·
Bentuk Muka Bumi dan Aktivitas
Penduduk Indonesia
·
Keragaman flora dan fauna di
Indonesia
|
Mengamati:
· Mengamati suhu
udara di suatu tempat yang terjadi sampai siang hari
· Mengamati peta
fisiografis Indonesia, peta sebaran gunug berapi, gambar bencana alam
· Mengamati
keragaman flora dan fauna
Menanya:
· Merumuskan
pertanyaan tentang suhu udara terendah dan suhu udara tertinggi
· Merumusan
pertanyaan tentang kondisi fisiografis di daerahnya, bencana alam yang
terjadi di Indonesia, dan gunung berapi yang ada di Indonesia
· Merumuskan
pertanyaan tentang keragaman flora dan fauna di Indonesia
Mengumpulkan informasi:
·
Mengumpulkan informasi dari
berbagai sumber tentang wilayah Indonesia dikaitkan dengan keadaan iklim
·
Mengumpulkan informasi dari
berbagai sumber tentang bentuk muka bumi di Indonesia
·
Mengumpulkan informasi tentang
bentuk muka bumi di Indonesia dan sebaran flora dan fauna dari berbagai
sumber
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
keterkaitan antara keadaan iklim dengan suhu udara
·
Menganalisis
bentuk muka bumi dan kaitannya dengan aktivitas penduduk
·
Menganalisis
keragaman flora dan fauna di Indonesia
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang keadaan iklim di Indonesia
· Mempresentasikan
hasil analisis data tentang bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk Indonesia
· Mempresentasikan
hasil simpulan tentang flora dan fauna di Indonesia
|
· Sikap:
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, disiplin, dan kerjasama) dengan
mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis/ Lisan tentang iklim di
Indonesia, bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk Indonesia, keragaman flora dan
fauna di Indonesia
·
Keterampilan:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi,
menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)
|
16 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Ensiklope-dia Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media cetak/elek- tronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
|
Tema I : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk
Indonesia
Subtema C: Kehidpan Sosial Masyarakat Indonesia pada masa Praaksara,
Hindu Buddha, dan Islam
|
||||||
3.2
Memahami perubahan masyarakat
Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu Buddha dan masa Islam dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
4.1 Menyajikan hasil
pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia
pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat
sekarang
|
·
Kehidupan Masyarakat pada Masa
Praaksara
·
Kehidupan Masyarakat pada Masa
Hindu Buddha
·
Kehidupan Masyrakat pada Masa Islam
·
Konektivitas antarruang dan waktu
|
Mengamati:
· Mengamati
peta sejarah
· Mengamati gambar
kehidupan manusia Praaksara
· Mengamati
gambar kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha
· Mengamati
gambar kehidupan manusia pada masa Islam
· Mengamati
gambar/video tentang hutan yang gundul di daerah hulu, hujan deras di daerah
hilir dan hulu, membuang sampah di sembarang tempat di daerah hilir, sungai
meluap, dan banjir besar melanda daerah hilir
Menanya:
· Merumuskan
pertanyaan tentang kehidupan manusia pada masa praaksara
· Merumuskan
pertanyaan tentang kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha dan hasil
budayanya
· Merumuskan
pertanyaan tentang kehidupan manusia pada masa Islam dan hasil budayanya
· Meumuskan
pertanyaan tentang gundul di daerah hulu, hujan deras di daerah hilir dan
hulu, membuang sampah di sembarang tempat di daerah hilir, sungai meluap, dan
banjir besar melanda daerah hilir
Mengumpulkan informasi:
· Mengumpulkan informasi tentang kehidupan manusia pada masa
praaksara dari berbagai referensi
· Mengumpulkan informasi tentang kehidupan manusia pada masa Hindu
Buddha dari berbagai sumber
· Mengumpulkan informasi tentang kehidupan manusia pada masa Islam
dari berbagai sumber
· Mengumpulkan
informasi tentang konektivitas antarruang dan waktu seerta pengaruhnya
terhadap kehidupan manusia dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis
dan menyimpulkan kehidupan manusia praaksara dilihat dari aspek
geografis, ekonomis, dan sosial budaya
· Menganalisis
dan menyimpulkan kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha dilihat dari
aspek geografis, ekonomis, dan sosial budaya
· Menganalisis
dan menyimpulkan kehidupan manusia pada masa Islam dilihat dari aspek
geografis, ekonomis, dan sosial budaya
· Menganalisis
dan menyimpulkan keterkaitan antara daerah hulu dan daerah hilir dalam
konteks peristiwa banjir
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan hasil simpulan
tentang kehidupan manusia pada masa praaksara
· Mempresentasikan hasil simpulan
tentang kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha
· Mempresentasikan hasil simpulan
tentang kehidupan manusia pada masa Islam
· Mempresentasikan hasil simpuan
tentang keterkaitan antara daerah
hulu dan daerah hilir dalam konteks peristiwa banjir
|
· Sikap:
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, disiplin, dan kerjasama) dengan mengguna-kan rubrik
Pengetahuan
· Tes
Tertulis/ Lisan tentang kehidupan
masyarakat masa praaksara, Hindu Buddha, Islam, dan konektivitas antarruang
dan waktu
·
Keterampilan:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
12 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Ensiklope- dia Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media cetak/elekt-ronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
|
Tema II : Keadaan Penduduk Indonesia
Subtema A : Asal Usul Penduduk Indonesia
|
||||||
3.1 Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.3 Memahami
jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
4.1 Menyajikan hasil
pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia
pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis,
ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
4.2 Menghasil-kan
gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Asal Usul Penduduk Indonesia
|
Mengamati:
· Mengamati peta
perjalanan nenek moyang Indonesia
Menanya:
· Merumuskan
pertanyaan tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia dan ras dari
penduduk
Mengumpulkan informasi:
·
Mengumpulkan informasi tentang asal
usul nenek moyang Indonesia dari berbagai referensi
·
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tentang asal usul nenek
moyang bansa Indonesia
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan
hasil analisis data tentang asal usul
nenek moyang bansa Indonesia
|
· Sikap:
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan, menghayati ajaran agama), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin
tahu, peduli) dengan mengguna-kan rubrik
Pengetahuan
· Tes
Tertulis/ Lisan tentang asal usul
nenek moyang bangsa Indonesia
Keterampilan:
·
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
4 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Ensiklope-dia Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
|
Tema II :
Keadaan Penduduk Indonesia
Subtema B : Karakteristik
Penduduk Indonesia
|
||||||
3.1 1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.3 Memahami
jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
4.1 Menyajikan hasil
pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia
pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis,
ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
4.2 Menghasil-kan
gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Jumlah dan Kepadatan Penduduk
Indonesia
·
Komposisi Penduduk
|
Mengamati:
·
Mengamati gambar-gambar tentang
jumlah penduduk dan luas wilayah masing-masing provinsi di Indonesia
·
Mengamati tabel tentang pendidikan,
agama, bidang usaha penduduk Indonesia
Menanya:
·
Menanya tentang jumlah
penduduk yang terpadat atau yang terjarang di Indonesia
·
Menanya tentang pendidikan rata-rata dari tabel data
pendidikan, agama yang dianut di daerahnya, bidang usaha yang banyak
dilakukan, dan wilayah desa dan kota
Mengumpulkan informasi:
·
Mengumpulkan informasi tentang keadaan
penduduk di Indonesia
·
Mengupulakan data atau informasi
dari berbagai sumber tentang keadaan penduduk di suatu wilayah
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan tentang keadaan
penduduk Indonesia dilihat dari jumlah dan kepadatannya
·
Menganalisis
dan menyimpulkan tentang penduduk Indonesia dilihat dari komposisinya
mmelalui kegiatan curah pendapat
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan hasil analisis
data tentang keadaan penduduk di Indonesia
· Mempresentasikan
hasil analisis data tentang keadaan penduduk Indonesia dilihat dari
kompsisinya
|
Sikap
· Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan),
sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan peduli) dengan
mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis dan lisan tentang kepadatan dan komposisi penduduk Indonesia
Keterampilan
·
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
14 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Ensiklope-dia Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media cetak/elek-tronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
|
Tema II : Keadaan Penduduk Indonesia
Subtema C : Mobilitas Penduduk Antarwilayah di Indonesia dan Fasilitas
Pendukungnya
|
||||||
3.1 Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.3 Memahami
jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, pendidikan dan politik
4.1 Menyajikan hasil
pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia
pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat
sekarang
4.2 Menghasil-kan
gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Mobilitas Penduduk Antarwila-yah
Indonesia
·
Fasilitas Pendukung terjadinya
Mobilitas penduduk Indonesia
|
Mengamati:
·
Mengamati gambar-tentang kegiatan
ekonomi di kota dan pemukiman penduduk di desa
Menanya:
·
Menanya faktor penyebab terjadinya mobilitas penduduk
dari desa ke kota, cara melakukan mobilitas, dan tujuan dari mobilitas
·
Mengumpulkan informasi:
·
Mengumpulkan informasi dari
berbagai sumber tentang mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan tentang mobilitas penduduk dan fasilitas
pendukungnya
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan hasil analisis
data tentang
mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya
|
· Sikap:
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran
agama, menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin
tahu, dan peduli) dengan mengguna-kan rubrik
· Pengetahuan:
·
Tes
Tertulis dan lisan tentang mobilitas penduduk dan fasilitas pendukung-nya
·
Keterampilan
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
8 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Ensiklope-dia Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media cetak/elek-tronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
|
Tema II : Keadaan Penduduk Indonesia
Subtema D : Pengertian dan Jenis Lembaga Sosial
|
||||||
3.1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.3
Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran
masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam
dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam
masyarakat sekarang
4.2
Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Lembaga Sosial dan jenis-jenisnya
|
Mengamati:
·
Mengamati gambar-tentang aktivitas
penduduk dalam memenuhi kebutuhan, gambar partai politik, kegiatan ekonomi,
lebaga pendidikan, dan keluarga
Menanya:
·
Menanya tentang pengertian lembaga sosial dan
jenis-jenisnya
Mengumpulkan informasi:
·
Mengumpulkan data/informasi dari
berbagai sumber tentang jenis lembaga sosial
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan tentang lembaga soaial dan perannya bagi
masyarakat
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan hasil analisis
data tentang
Jenis-jenis lembaga sosial dan perannya bagi masyarakat
|
· Sikap
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran
agama, menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin
tahu, dan peduli) dengan mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
·
Tes
Tertulis dan lisan tentang lembaga soial dan perannya bagi
masyarakat
·
Keterampilan:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/pre-sentasi)
|
10JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
· Ensiklope-dia Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media cetak/elek-tronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
|
Tema III : Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya
Alam
Subtema A : Pengertian dan
Pengelompokkan Sumber Daya Alam
|
||||||
3.
1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
4.1Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil
hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa
Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan
politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
|
·
Pengertian dan pengelom-pokan
sumber daya alam
|
Mengamati:
·
Mengamati gambar pemandangan alam salah
satu daerah di Indonesia
Menanya:
· Menanya tentang
ketersediaan sumber daya alam yang ada
Mengumpulkan informasi:
·
Mengumpulkan informasi dari
berbagai sumber tentang pengertian dan pengelompokkan sumber daya alam
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan tentang potensi sumber daya alam daerah
masing-masing dan manfaatnya bagi kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan
hasil analisis data tentang potensi sumber daya alam dan manfaatnya bagi
kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya
|
Sikap:
· Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati jaran agama, menghayati karunia Tuhan),
sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan mengguna-kan
rubrik
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis dan lisan tentang pengertian dan pengelompok-an sumber daya alam
·
Keterampilan:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
8 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media cetak/elek-tronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
|
Tema III :
Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Subtema B : Potensi dan sebaran
sumber daya alam Indonesia
|
||||||
3.
1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
4.1Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil
hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa
Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan
politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
|
·
Potensi sumber daya udara
·
Potensi sumber daya tanah
·
Potensi sumber daya air
·
Potensi sumber daya hutan
·
Potensi sumber daya tambang
·
Potensi dan sebaran sumber daya
laut
|
Mengamati:
·
Merasakan suhu udara
·
Mengamati peta sebaran tanah
·
Mengamati peta sebaran sungai dan
danau
·
Mengamati potensi hutan yang ada di
daerah masing-masing
·
Mengamati potensi tambang yang ada
di daerah masing-masing
·
Mengamati sumber daya laut
Menanya:
· Menanya
tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sebaran sumber daya
laut
Mengumpulkan informasi:
·
Mengumpulkan informasi tentang sumber
daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber daya laut di daerah
setempat
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan tentang sumber daya udara, tanah, air,
hutan, tambang dan sumber daya laut di daerah setempat
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber daya laut di
daerah setempat
|
Sikap:
· Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan),
sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan mengguna-kan
rubrik
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis dan lisan tentang potensi sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber daya laut di
daerah setempat
·
Keterampilan
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
18JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
|
Tema III : Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya
Alam
Subtema C : Kegiatan ekonomi dan
pemanfaatan potensi sumber daya alam
|
||||||
3.
1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
4.1Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil
hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa
Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik
yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
|
· Kegiatan
ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi)
· Pemanfaat-an
sumber daya alam
|
Mengamati:
·
Mengamati gambar tentang aktivitas
penduduk dalam kegiatan ekonomi,
pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan
Menanya:
·
Menanya
tentang aktivitas penduduk dalam kegiatan ekonomi, pertanian, perkebunan, peternakan,
perikanan, pertambangan, kehutanan
Mengumpulkan informasi:
·
Mengumpulkan informasi tentang
aktivitas penduduk dalam kegiatan ekonomi,
pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan
dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan aktivitas penduduk di bidang ekonomi, pertanian,
perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan dari berbagai
sumber
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang aktivitas penduduk di bidang ekonomi, pertanian, perkebunan,
peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan
|
· Sikap
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran
agama, menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, peduli, rasa
ingin tahu) dengan mengguna-kan rubrik
· Pengetahuan
·
Tes
Tertulis dan lisan tentang aktivitas penduduk dalam kegiatan ekonomi, pertanian,
perkebunan, peternakan, perikanan, pertambang-an, kehutanan dari berbagai
sumber
·
Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
20 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media cetak/elek-tronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
|
Tema 4 : Dinamika
Interaksi Manusia
Subtema A : Dinamika Interaksi Manusia dengan Lingkungan
|
||||||
3.3 Memahami
jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
4.3 Mengobservasi dan
menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Dinamika Interaksi Manusia dengan
Lingkungan
|
Mengamati:
·
Mengamati gambar aktivitas manusia
yang berdampak terhadap lingkungan alam
Menanya:
· Menanya
tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan
Mengumpulkan informasi:
· Mengumpulkan data/ informasi
tentang dampak aktivitas manusia
terhadap lingkungan
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis
dan menyimpulkan data/informasi tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan hasil simpulan
tentang dampak aktivitas manusia
terhadap lingkungan
|
Sikap:
· Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung
jawab, rasa ingin tahu dan peduli) dengan mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis dan lisan tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan
Keterampilan:
·
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
2 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media cetak/elek-tronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
|
Tema 4 : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema B : Saling Keterkaitan antarkelompok Lingkungan
|
||||||
3.4
Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan kingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi
4.3 Mengobservasi dan
menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Keterkaitan antarkompo-nen
lingkungan
|
Mengamati:
·
Mengamati gambar/video tentang
keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
Menanya:
·
Menanya
tentang keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
Mengumpulkan informasi:
·
Mengumpulkan informasi/data tentang
keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan data/informasi tentang keadaan manusia dan lingkungan pada
masyarakat tradisional dan modern
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
|
Sikap:
· Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (rasa ingin
tahu, peduli, tanggung jawab) dengan mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
·
Tes
Tertulis dan lisan tentang Keterkaitan antarkompo-nen
lingkungan
Keterampilan:
· Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
12 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media cetak/elek-tronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
|
Tema 4 : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema C : Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam, Sosial, Budaya dan
Ekonomi
|
||||||
3.4
Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan kingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi
4.3 Mengobservasi dan
menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Hakekat Interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
|
Mengamati:
·
Mengamati gambar yang berhubungan
dengan aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya
dan ekonomi
Menanya:
· Menanya
tentang aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya
dan ekonomi
Mengumpulkan informasi:
·
Mengumpulkan informasi/ data
tentang aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya
dan ekonomi dari berbagai sumber.
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan data/informasi tentang aktivitas manusia yang berdampak
pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya
dan ekonomi
|
Sikap:
·
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial rasa ingin tahu, tanggung jawab, peduli) dengan
mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis dan lisan tentang hakekat interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi
Keterampilan:
· Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
8 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media cetak/elek-tronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
|
Tema 4 : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema D : Keragaman Sosial Budaya sebagai Hasil Dinamika Interaksi
Manusia
|
||||||
3.4
Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi
4.3 Mengobserva-si dan
menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Hasil kebudayaan masyarakat
Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu Budha dan masa Islam
|
Mengamati:
·
Mengamati gambartentang peninggalan
zaman praaksara
Menanya:
· Menanya
tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa pra aksara, Hindu
Budha dan masa Islam
Mengumpulkan informasi:
· Mengumpulkan informasi/ data
tentang hasil kebudayaan masyarakat
Indonesia pada masa pra aksara, Hindu Budha dan masa Islam dari berbagai
sumber
Menalar/Mengasosiasi:
· Menganalisis
dan menyimpulkan data/informasi tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa pra
aksara, Hindu Budha dan masa Islam
Mengomunikasikan:
· Mempresentasikan hasil simpulan
tentang hasil kebudayaan masyarakat
Indonesia pada masa pra aksara, Hindu Budha dan masa Islam
|
Sikap:
·
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial (rasa ingin tahu, peduli, tanggung jawab) dengan
mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis dan lisan tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa
pra aksara, Hindu Budha dan masa Islam
Keterampilan
· Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
8 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media cetak/elek-tronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
|
ema 4 : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema E : Hasil kebudayaan Masyarakat Pada masa Lalu
|
||||||
3.4
Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan kingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi
4.3 Mengobserva-si dan
menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
·
Keragaman suku bangsa, bahasa,
budaya, religi
|
Mengamati:
·
Mengamati gambar/video tentang keragaman suku bangsa, bahasa,
budaya dan religi
Menanya:
· Menanya
tentang keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan religi
Mengumpulkan informasi:
·
Mengumpulkan informasi/ data
tentang keragaman suku bangsa,
bahasa, budaya dan religi dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
·
Menganalisis
dan menyimpulkan data/informasi tentang keragaman
suku bangsa, bahasa, budaya dan religi
Mengomunikasikan:
·
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang keragaman suku bangsa,
bahasa, budaya dan religi
|
Sikap:
·
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
Tuhan), sikap sosial (rasa ingin tahu, peduli, tanggung jawab) dengan
mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
·
Tes
Tertulis dan lisan tentang Keragaman suku bangsa, bahasa,
budaya, religi
Keterampilan:
·
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)
|
6 JP
|
· Peta Indonesia
· Atlas Indonesia
· Atlas Sejarah
· Buku Teks
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Buku Panduan Guru
Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII
· Ensiklopedia
Geografi
· Buku-buku dan
referensi lain yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Lingkungan sekitar
· Internet
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar