Halooo.... Semoga bermanfaat

Jumat, 15 April 2016

MATERI PELAJARAN IPS KELAS IX : Alasan mengapa komunis tidak cocok bagi Bangsa Indonesia



Alasan mengapa komunis tidak cocok bagi Bangsa Indonesia

Partai Komunis Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan PKI merupakan salah satu partai besar pada saat awal kemerdekaan Indonesia baru dimulai. Kiprah perjalanan partai PKI inipun bias dibilang berjalan cukup mulus di tanah air Indonesia. Mengapa demikian? Mulusnya perjalanan PKI ini tidak lepas dari peranan sang presiden kala itu yaitu Presiden Soekarno. Didalam kebijakannya, ada yang dikenal dengan istilah NASAKOM (Nasionalisme, Agama dan Komunisme). Presiden Soekarno menerapkan prinsif ini sebagai alur jalannya roda kepemerintahan pada masanya. Hal ini dikarenakan banyak yang menduga bahwa Presiden Soekarno pro terhadap komunis.
Walaupun demikian, hal ini menjadi bahan perbincangan di kalangan kaum nasionalis bahkan dikalangan masyarakat dikarenakan ada banyak sekali orang-orang yang menentang adanya komunis di Indonesia terlebih-lebih para kaum nasionalis. Mereka menganggap bahwa komunis hanya sebagai kedok untuk menjaring kekuasaan. Terbukti pada saat itu parta komunis bersikap semena-mena, hal ini dikarenakan PKI merasa bahwa mereka mendapatkan dukungan dari pemerintah.

Pertanyaannya : Mengapa Banyak Masyarakat yang Menentang Komunisme?
Alasan yang pertama adalah karena komunisme tidak sesuai dengan ideology bangsa Indonesia.
Yaa…. Hal inilah yang menjadi landasan mengapa masyarakat begitu Anti terhadap komunis ini. Ideologi bangsa Indonesia dan merupakan dasar Negara Indonesia adalah Pancasila. Sila pertama jelas mengatakan “Ketuhanan yang Maha Esa”. Hal ini jelas menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang memiliki Tuhan sekalipun ada perbedaan dalam hal agama. Agama sangat penting bagi masyarakat Indonesia.

Sedangakan didalam PKI, Agama itu hanya dianggap sebagai candu yang membuat orang berpikir tidak rasional. Sehingga menurut PKI agama adalah musuh terbesar bagi mereka. Mayoritas anggota Komunis tidak mempercayai adanya agama. Sebutan bagi orang yang tidak Bergama adalah Atheis.
Inilah alasan utama dari sekian banyak alasan yang paling tidak dapat diterima bangsa Indonesia. Yaitu Perbedaan Paham mengenai Agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar