Halooo.... Semoga bermanfaat

Minggu, 17 April 2016

MATERI PELAJARAN IPS KELAS VII : MASA PRAAKSARA DI INDONESIA



MASA PRAAKSARA DI INDONESIA

Perkembangan kehidupan masyarakat pada zaman Pra Aksara
Masa pra-aksara merupakan masa dimana manusia belum mengenal tulisan. Masa ini berasal dari kara pra = sebelum dan aksara = tulisan. Masa ini merupakan masa kehidupan manusia purba yang banyak menciptakan banyak kebudayaan awal bangsa Indonesia. Masa Pra-Aksara ini juga disebut masa Prasejarah artinya adalah zaman dimana manusia belum mengenal tulisan. Pada masa ini ada yang sudah bias menggunakan bahasa isyarat tetapi belum dituangkan kedalam bentuk tulisan.

Masa pra aksara atau masa prasejarah ini berlangsung cukup lama yaitu pada saaat manusia belum mengenal tulisan hingga manusia mengenal tulisan. Zaman ini berlangsung sampai abad ke-3 masehi. Sedangkan pada Abad ke-4 barulah manusia Indonesia mulai mengenal tulisan.

Indonesia merupakan salah satu Negara di dunia yang memiliki sejarah dan peradaban kuno yang cukup besar. Kekayaan sejarah ini juga menjadi suatu kebanggaan yang bias kita pamerkan kepada Negara lain yang miskin akan kebudayaan dan sejarah. Di Indonesia juga banyak ditemukan manusia-manusia purba yang hidup mulai dari jaman awal hingga jaman modern. Bahkan kehidupan manusia purbanyapun memiliki jaman tersendiri berdasarkan jenis manusia yang hidup pada jamannya.

Jaman praaksara di Indonesia dapat dibagi berdasarkan dua jenis, yaitu berdasarkan arkeologi dan cirri kehidupan masyarakatnya.
Pembabakan zaman Pra aksara berdasarkan Arkeologi:
a.       Zaman batu
1.       Zaman batu tua (paleolithikum)
2.       Zaman batu madya (mesolithikum)
3.       Zaman batu muda (Neolithikum)
b.      Zaman logam

Pembabakan zaman Pra aksara berdasarkan Ciri kehidupan masyarakat yaitu :
2.       Masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
3.       Masa bercocok tanam
4.       Masa perundagian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar