Halooo.... Semoga bermanfaat

Selasa, 19 April 2016

MATERI PELAJARAN IPS KELAS VIII : TEORI MASUKNYA HINDU-BUDHA KE INDONESIA



Teori Masuknya Hindu Budha ke Indonesia
Kehidupan sejarah bangsa Indonesia tidak lepas dari pengaruh Hindu dan Budha yang merupakan berasal dari India. Kemunculan kebudayaan ini di Indonesia memunculkan banyak pertanyaan dari mana dan kapan dan siapa yang membawa pengaruh ini masuk Ke Indonesia. Dimulai dari kerajaan tertua di Indonesia yaitu kerajaan Kutai merupakan kerajaan yang bercorak Hindu yang dibuktikan dengan penemuan prasasti yupa yang bertuliskan menggunakan huruf pallawa. Banyaknya pengaruh kebudayaan Hindu Budha yang masih ada sampai sekarang memunculkan pertanyaan siapakah sebenarnya yang membawa pengaruh ini. Ada beberapa teori yang yang disampaikan oleh beberapa tokoh mengenai masuknya pengaruh Hindu-Budha ke Indonesia ini:
1.       Teori Ksatria
Ksatria ini berkaitan dengan Prajurit. Jadi bias dikatakan bahwa teori ini beranggapan bahwa yang membawa pengaruh Hindu-budha ke Indonesia merupakan para prajurit-prajurit perang. Ada dua anggapan tentang teori ksatria ini:
-          Pendapat pertama terkait dengan kekacauan yang terjadi di India akibat penyerangan kerajaan Kalingga oleh kaisar Asoka dari Maurya pada abad ke III. Akibatnya banyak yang mengungsi kedaerah timur dan salah satu tujuannya adalah Indonesia. Akan tetapi karena bukti koloni ini belum ditemukan maka teori ini belum dapat dipertanggungjawabkan.
-          Pendapat kedua adalah terkait dengan penyerbuan dan serangan Kushana ke India pada Abad 1 M.  Seorang raja yang bernama Raja Kushana melakukan penyerangan sehingga mengakibatkan banyak prajurit-prajurit India yang berlari kearah timur, salah satunya adalah Indonesia yang kemudian mendirikan Kerajaan Kutai.
2.       Teori Waisya
Teori Waisya ini beranggapan bahwa masuknya pengaruh Hindu-Budha ke Indonesia dibawa masuk oleh para pedagang yang datang berdagang ke wilayah Indonesia. Indonesia berada di jalur perdagangan yang strategis antara India – China dan juga merupakan daerah yang mengahsilkan barang-barang yang cukup potensial seperti emas, rempah-rempah, kayu manis dan kapur barus. Dengan menjadinya jalur perdagangan sehingga mengakibatkan terjadinya kontak kebudayaan yang dibawa oleh para pedagang masuk ke Indonesia.
3.       Teori Brahma
Pendapat mengenai teori brahma ini beranggapan bahwa masuknya pengaruh Hindu Budha di bawa oleh kaum Brahmana dikarenakan merekalah yang mempunyai bekal dan pengetahuan yang nyata tentang agama dan budaya. Sedangkan mengenai tata cara penyebarannya mungkin sekali para Brahmana ini menjadi penasihat spiritual kaum pedagang, sehingga kemana para pedagang pergi, para Brahmana menyertainya. Dipusat perdagangan inilah pada mulanya para Brahmana menyebarkan agama kepada penduduk setempat dan makin lama semakin tersebar luas.
4.       Teori Timbal balik
Teori ini beranggapan bahwa orang yang menyebarkan agama merupakan orang Indonesia yang sedang menimba Ilmu di India diaman orang Indonesia ikut berpartisipasi aktif. Adalnya koloni Indonesia d Kurumandala, asrama Nalanda, di India khusus bagi Orang Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar