Penilaian kognitif merupakan salah satu bentuk penilaian untuk mengukur kemampuan berpikir siswa. Didalam penilalain Kognitif ini terbagi menjadi 2 jenis penilaian yaitu Penilaian Produk dan Penilaian Proses. Berikut ini adalah beberapa contoh penilaian kognitif yang dapat mengukur kemampuan berpikir siswa. Ranah kognitif
adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Segala upaya yang menyangkut
aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif. Ranah
kognitif memiliki enam jenjang atau
aspek, yaitu:
1. Pengetahuan/hafalan/ingatan (knowledge)
2. Pemahaman (comprehension)
3. Penerapan (application)
4. Analisis (analysis)
5. Sintesis (syntesis)
6. Penilaian/penghargaan/evaluasi (evaluation)
Contoh:
A. Penilaian
Produk
Jenis Tagihan : tertulis
1. Bentuk
: Uraian dan pilihan ganda
2. Soal:
Uraian:
1. Kemukakan
faktor-faktor yang mendorong munculnya Revolusi Amerika Serikat!
2. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan peristiwa The
Boston Tea Party!
3. Sebutkan
dan jelaskan faktor meletusnya Perang Saudara!
Pilihan Ganda:
1. Tokoh
Perancis yang menentang kekuasaan Absolutisme dan menyusun bentuk pemerintahan
yang terkenal dengan Trias Politica adalah....
a. John
Locke d.
Robespiere
b. Montesquieu
e. Napoleon
Bonaparte
c. J.J
Rousseau
2. Sebab
umum meletusnya Revolusi Perancis kecuali....
a. utang
negara yang terlalu banyak
b. pajak
sangat tinggi
c. adanya
pemborosan uang negara oleh keluarga kerajaan (Ratu dan anak-anaknya)
d. adanya
blangko surat penangkapan yang ditandatangani oleh Raja
e. kebencian
rakyat kepada penjara Bastille
3. Salah
satu dampak dari Revolusi Perancis dalam bidang politik yaitu munculnya rasa
nasionalisme, sedangkan dalam bidang bidang ekonomi yaitu....
a. Undang-undang
merupakan kekuasaan tertinggi
b. Munculnya
aksi revolusioner untuk menggulingkan kekuasaan absolut raja
c. penghapusan
feodalisme
d. sistem
pajak feodal dihapuskan
e. diterapkannya
sistem monopoli
4. Benua
Amerika ditemukan oleh Columbus tahun 1492 dalam upaya penjelajahan samudera
oleh bangsa-bangsa Barat. Penduduk asli benua tersebut adalah....
a. suku
Indian d. suku Negro
b. suku
Dravida e. suku Illinois
c. suku
Monda
5. Kedatangan
Columbus ke Benua Amerika adalah untuk.....
a. memperluas
wilayah kekuasaan Spanyol
b. memperoleh
logam mulia berupa emas dan perak
c. menyebarkan
ajaran agama nasrani
d. menemukan
pusat dan sumber rempah-rempah
e. melakukan
perampasan dan perampokan
6. Daerah
Amerika Selatan dan Amerika Selatan pada awalnya menjadi perebutan antara
a. Inggris
dan Spanyol d.
Perancis dan Spanyol
b. Spanyol
dan Portugal e.
Portugal dan Inggris
c. Perancis
dan Inggris
7. Berdasarkan
faktor geografis, koloni Inggris di Amerika terbagi menjadi koloni utara dan
koloni selatan. Di bawah ini negara bagian yang termasuk bagian koloni utara
kecuali....
a. New
Hamspire d.
Connecticut
b. Massachusetts e. Virginia
c. Rhode
Island
8. Salah
satu faktor yang mendorong lahirnya
Revolusi di Amerika Serikat adalah pemerintah Inggris yang menerapkan berbagai
macam pajak kepada tanah koloni. Hal ini terjadi setelah...
a. koloni-koloni
berhasil membentuk negara bagian
b. koloni-koloni
menyatakan setia pada pemerintah Inggris
c. Inggris
menang perang melawan Perancis dalam perang laut 7 tahun
d. Raja
George II menetapkan tanah jajahan berdasarkan Perjanjian Paris 1763
e. Inggris
kalah perang melawan Perancis dalam perang laut 7 tahun
9. Sebab
khusus terjadinya Revolusi Amerika adalah...
a. adanya
Revenue Act dan Belleting Act
b.
No
taxation without representation
c.
Americana
for the Americans
d. adanya
The Boston Tea Party
e. adanya
buku “Common Sesse” karya Thomas
Paine
10. Alasan
Spanyol membantu perjuangan Amerika Serikat dalam melawan pasukan Inggris
yaitu....
a. untuk
mendapatkan kembali daerah Gibraltar dan Florida
b. untuk
balas dendam atas kekalahannya didalam perang laut 7 tahun
c. untuk
menjalin hubungan kerjasama dengan Amerika
d. untuk
memperoleh kekuasaan atas Amerika
e. untuk
mencari pusat rempah-rempah
11. Dibawah
ini termasuk tokoh perancang naskah Declaration
of Independence keculai...
a. Thomas
Jefferson d. Roger
Sherman
b. Benjamin
Franklin e. George
Washington
c. John
Adams
12. Dengan
adanya kondisi geografis menyebabkan alotnya membentuk sistem pemerintahan
Amerika. Orang-orang selatan menghendaki pemerintahan yang aristokratis dengan
tokohnya....
a.
Thomas Jefferson d. Alexander
Hamilton
b.
Benjamin Franklin e. George Washington
c.
John Adams
13. Munculnya
perang saudara di Amerika Serikat disebabkan oleh beberapa faktor, kecuali...
a. Adanya
perbedaan antara pihak utara dengan selatan dalam bidang politik, ekonomi,
sosial dan budaya
b. Adanya
peristiwa The Boston Tea Party
c. Meruncingnya
masalah perbudakan
d. Terpilihnya
Abraham Lincoln sebagai Presiden Amerika Serikat
e. Amerika
Serikat bagian selatan ingin memisahkan diri dari Amerika Serikat
14. Bapak
kemerdekaan Amerika Serikat adalah...
a.
Thomas Jefferson d. Alexander Hamilton
b.
Benjamin Franklin e. George Washington
c.
John Adams
15. Negara
yang pertama kali mengakui kemerdekaan Amerika Serikat adalah ....
a. Spanyol
d. Belanda
b. Portugal
e. Perancis
c. Inggris
Kunci Jawaban:
Uraian:
Pilihan Ganda:
Keterangan:
Skor penilaian
tertinggi pilihan ganda adalah 75
Skor Penilaian
tertinggi uraian adalah 25
Pedoman Penilaian
Produk :
No
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
86-100
|
Baik sekali
|
2
|
71-85
|
Baik
|
3
|
56-70
|
Cukup
|
4
|
<55
|
Kurang
|
B. Penilaian
Proses
·
Teknik : Tes tertulis
·
Bentuk : Uraian
1. Soal
Diskusi
“Isu
perbudakan antara blok utara dan blok selatan adalah salah satu faktor utama
terjadinya Perang Saudara di Amerika Serikat”
Pertanyaan:
1) Mengapa
isu perbudakan adalah faktor yang paling berpengaruh terjadinya perang saudara
di AS?
2) Apa
yang menjadi alasan blok utara menentang perbudakan?
3) Apa
yang menjadi alasan blok selatan mendukung perbudakan?
4) Jika
kalian adalah “pemimpin” AS, apakah mendukung/menolak perbudakan? Mengapa?
5) Bagaimana
cara mengatasi konflik tersebut?
2. Kriteria
penilaian proses
No
|
Nama
|
Mempresentasikan hasil
|
Aktif Menjawab
|
Aktif Bertanya
|
Mengambil giliran
|
Aktif berdiskusi
|
Jumlah
|
|||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Kriteria
penilaian menggunakan skala sikap 1s.d5 dengan kriteria:
Skor
I : Pasif, tidak cooperative dan tidak
menghargai teman.
Skor
2 : Pasif, tidak cooperative dan menghargai teman.
Skor
3 : Pasif, cooperative dan menghargai teman.
Skor
4 : Aktif, cooperative dan menghargai teman.
Skor
5 : Sangat aktif, sangat cooperative dan menghargai teman.
Nilai Proses (30%)
Tindak lanjut penilaian
:
a) Siswa
dinyatakan berhasil apabila tingkat pencapaiannya mencapai 75.
b) Memberikan
program remedi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 75.
c) Memberikan
program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 75
Tidak ada komentar:
Posting Komentar