Satuan Pendidikan        :
SMP/MTs
Kelas : VIII (delapan)
Kompetensi Inti
KI 1 :   Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :   Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri,    dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 :   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,  teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4 :   Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat)  dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
| 
Kompetensi
   Dasar | 
Materi
   Pembelajaran | 
Kegiatan
   Pembelajaran | 
Penilaian | 
Alokasi
   Waktu | 
Sumber
   Belajar | 
| 
1.1     Menghayatikarunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan
  waktu dengan segala perubahannya  
1.2     Menghayatiajaran agama dalam berpikir dan berperilaku
  sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembaga-an
  sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat  
1.3     Menghayati karunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan
  manusia dan lingkungan-nya | 
Pembelajaran
  KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam
  pembelajaran KI 3 dan KI 4 | 
Penilaian
  KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman
  sejawat oleh peserta didik, dan jurnal | |||
| 
2.1Menunjuk-kan perilaku jujur,
  gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaima-na
  ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.  
2.2Memiliki rasa ingin tahu, terbuka dan sikap kritis terhadap permasalah-an sosial sederhana.  
2.3 Menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai
  perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya  | |||||
| 
Tema I       : Keunggulan
  Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia 
Subtema A : Keunggulan Lokasi Indonesia | |||||
| 
3.1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
  dan waktu dalam lingkup nasional
  serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
  pendidikan dan politik) 
3.2 Mendeskripsikan
  perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat
  kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan
  dan politik 
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan
  kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
  tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
  pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.  
4.3 Menyajikan hasil
  pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan
  lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar | 
·        
  Keunggulan iklim muson tropis 
·        
  Akibat dari iklim muson tropis
  terhadap kehidupan 
·        
  Pengertian keunggulan geostrategis
  Indonesia. 
·        
  Keuntungan letak Indonesia pada
  posisi geostrategis 
·        
  Contoh keuntungan letak Indonesia 
·        
  Kondisi tanah di Indonesia 
·        
  Keuntungan kondisi tanah Indonesia
  terhadap aktivitas pertanian 
·        
  Contoh pemanfaat-an tanah oleh
  masyarakat Indonesia | 
Mengamati: 
·     Mengamati
  gambar bola bumi Indonesia terletak pada daerah khatulistiwa yang beriklim
  tropis 
·     Mengamati peta
  posisi silang Indonesia 
·     Mengamati dan
  wawancara dengan tetangga terdekat tentang kondisi tanaman yang ada di
  sekitar lingkungan tempat tinggal 
Menanya: 
·      Merumuskan
  pertanyaan tentang hasil pengamatan gambar bola bumi 
·      Merumuskan
  pertanyaan tentang hasil pengamatan tentang posisi silang Indonesia 
·      Merumuskan
  pertanyaan tentang hasil pengamatan terhadap kondisi tanaman di lingkungan
  sekitar, misalnya: apakah keunggulan tanah di Indonesia, manfaat apakah yang
  sudah dirasakan masyarakat dari pengolahan tanahnya, tanaman apa saja yang
  dapat tumbuh subur di daerah sekitar tempat tinggal 
Mengumpulkan
  informasi: 
·        
  Mengumpulkan informasi untuk
  menjawab pertanyaan keunggulan iklim muson tropis dan akibat dari iklim muson
  tropis terhadap kehidupan 
·        
  Mengumpulkan informasi untuk
  menjawab pertanyaan tentang
  keuntungan letak Indonesia pada posisi geostrategis 
·        
  Mengumpulkan
  informasi tentang keunggulan tanah di Indonesia dari berbagai sumber 
Menalar/Mengasosiasi: 
·        
  Menganalisis
  keterkaitan keunggulan iklim muson tropis dan akibat dari iklim muson tropis
  terhadap kehidupan 
·        
  Menganalisis data tentang
  keuntungan letak Indonesia pada posisi geostrategis 
·        
  Menganalisis dan menyimpulkan
  tentang keunggulan tanah di Indonesia 
Mengomunikasikan: 
·      Mempresentasikan
  hasil analisis data tentang keunggulan iklim muson tropis dan akibat dari
  iklim muson tropis terhadap kehidupan 
·      Mempresentasikan
  hasil analisis data tentang keuntungan letak Indonesia pada posisi
  geostrategis 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan tentang keunggulan tanah di
  Indonesia | 
·      Sikap: 
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia
  Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, peduli lingkungan, dan kerjasama)
  dengan mengguna-kan rubrik 
·   Pengetahuan 
Tes
  Tertulis/  Lisan tentang: keunggulan iklim muson tropis dan
  akibat dari iklim muson tropis terhadap kehidupan, keuntungan letak Indonesia
  pada posisi geostrategis, keunggulan tanah di Indonesia 
·  
  Keterampil-an: 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/pre-sentasi) | 
6JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media cetak/elek-tronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | 
| 
Tema I        : Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia 
Subtema B : Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Ekonomi,
  Transportasi, dan Komunikasi | |||||
| 
3.1Memahami
  aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
  keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
  politik) 
3.2 Mendeskripsikan perubahan masyarakat
  Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta
  perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik 
3.3 Mendeskripsikan fungsi dan peran
  kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat 
3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan
  sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan
  ekonomi 
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan
  kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
  tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
  pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.  
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang
  bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
  sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar | 
·        
  Kegiatan ekonomi (produksi,
  distribusi, konsumsi) 
·        
  Keunggulan lokasi dan kegiatan
  ekonomi (pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan produksi, distribusi
  dan konsumsi) 
·        
  Pengaruh keunggulan lokasi terhadap
  transportasi darat 
·        
  Pengaruh keunggulan lokasi terhadap
  transportasi laut 
·        
  Pengaruh keunggulan lokasi terhadap
  transportasi udara 
·        
  Cara menjaga keamanan dan
  kenyaman-an transportasi 
·        
  Peran kelembaga-an dalam kegiatan
  transportasi 
·        
  Pengaruh keunggulan lokasi terhadap
  komunikasi 
·        
  Pengaruh keunggulan lokasi terhadap
  cara berkomuni-kasi masyarakat Indonesia 
·        
  Pengaruh keunggulan komunikasi
  terhadap perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi di Indonesia | 
Mengamati: 
·     Mengamati
  produk UMKM terdekat dengan tempat tinggal 
·     Mengamati peta
  sarana transportasi Indonesia 
·     Mengamati  tabel lokasi Indonesia yang menunjukkan
  adanya perbedaan bahasa  
Menanya: 
·     
  Merumuskan
  pertanyaan tentang kegiatan ekonomi masyarakat 
·     
  Merumuskan
  pertanyaan tentang sarana transportasi di Indonesia 
·     
  Merumuskan
  pertanyaan tentang adanya perbedaan bahasa dalam masyarakat Indonesia 
Mengumpulkan
  informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi dari
  berbagai sumber tentang kegiatan ekonomi 
·     
  Mengumpulkan informasi dari
  berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait
  dengan sarana transportasi di Indonesia  
·     
  Mengumpulkan informasi dari
  berbagai sumber tentang adanya perbedaan bahasa dalam masyarakat Indonesia 
Menalar/Mengasosiasi: 
·     Mengolah dan Menganalisis data tentang kegiatan ekonomi
  masyarakat dari berbagai sumber 
·     Menganalisis dan menyimpulkan jawaban dari berbagai
  pertanyaan tentang sarana transportasi di Indonesia 
·     Menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang perbedaan
  bahasa dalam masyarakat Indonesia 
Mengomunikasikan: 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang kegiatan ekonomi masyarakat 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang sarana transportasi di Indonesia 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang perbedaan bahasa dalam masyarakat Indonesia | 
·     
  Sikap: 
Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung
  jawab, peduli, disiplin, kreatif, ulet, percaya diri dan kerjasama) dengan mengguna-kan
  rubrik 
·  
  Pengetahuan 
Tes Tertulis/  Lisan tentang
  kegiatan ekonomi, sarana transportasi di Indonesia, perbedaan
  bahasa dalam masyarakat Indonesia 
·   Keterampil-an: 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/pre-sentasi) | 
18JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media
  cetak/elektronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | 
| 
Tema I       : Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia 
Subtema C: Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kolonialisme Barat di
  Indonesia | |||||
| 
3.1Memahami
  aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
  keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
  politik) 
3.2 Mendeskripsikan perubahan masyarakat
  Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta
  perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik 
3.3 Mendeskripsikan fungsi dan peran
  kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat 
3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan
  sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan
  ekonomi 
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan
  kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
  tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
  pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.  
4.2 Mengguna-kan berbagai strategi untuk
  memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran kelembagaan sosial,
  budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar 
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang
  bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
  sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar | 
·        
  Latar belakang kedatangan
  bangsa-bangsa Barat di Indonesia 
·        
  Proses kedatangan bangsa-bangsa
  Barat di Indonesia 
·        
  Kebijakan pemerintah kolonial di
  Indonesia 
·        
  Latar belakang kedatangan
  bangsa-bangsa Barat di Indonesia | 
Mengamati: 
·     
  Mengamati
  peta persebaran hasil bumi di Indonesia 
·     
  Mengamati
  rute kedatangan Bangsa Barat di Indonesia 
·     
  Mengamati
  gambar pengaruh kebijakan pemerintah kolonial Barat di Indonesia (suasana
  kerjapaksa masa penjajahan Belanda) 
·     
  Mengamati
  peta Asia dan Eropa 
Menanya: 
·     
  Merumuskan
  pertanyaan tentang persebaran hasil bumi di Indonesia dan hubungan antara
  kekayaan hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di Indonesia 
·     
  Menanya
  tentang proses kedatangan bangsa Barat di Indonesia 
·     
  Menanya
  tentang dampak kebijakan pemerintah kolonial terhadap bangsa Indonesia 
·     
  Menanya
  tentang corak perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah serta kelebihan
  dan kekurangan strategi perlawanan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah 
Mengumpulkan
  informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi persebaran hasil bumi di Indonesia dan
  hubungan antara kekayaan hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di
  Indonesia dari berbagai sumber 
·     
  Mengumpulkan informasi tentang
  proses kedatangan bangsa Barat di Indonesia dari berbagai sumber 
·     
  Mengumpulkan informasi tentang
  pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap masyarakat Indonesia 
·     
  Mengumpulkan informasi tentang
  latar belakang bangsa-bangsa Barat di Indonesia dan perlawanan masyarakat
  Indonesia terhadap penjajah Barat dari berbagai sumber 
Menalar/Mengasosiasi: 
·     
  Menganalisis
  dan menyimpulkan persebaran hasil bumi di Indonesia dan hubungan antara
  kekayaan hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di Indonesia dari
  berbagai sumber 
·     Menganalisis data tentang kedatangan bangsa Barat ke
  Indonesia  
·     Menganalisis dan menyimpulkan tentang pengaruh kebijakan
  pemerintah kolonial terhadap masyarakat Indonesia 
·     Menganalisis dan menyimpulkan berbagai informasi tentang
  kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia dan perlawanan rakyat Indonesia
  terhadap penjajah Barat 
Mengomunikasikan: 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang persebaran
  hasil bumi di Indonesia dan hubungan antara kekayaan hasil bumi dengan
  terjadinya kolonialisme Barat di Indonesia  
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang proses kedatangan bangsa Barat ke Indonesia 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap
  masyarakat Indonesia 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang kedatangan
  bangsa-bangsa Barat ke Indonesia dan perlawanan rakyat Indonesia terhadap
  penjajah Barat | 
·     
  Sikap: 
Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung
  jawab dan kerjasama) dengan mengguna-kan rubrik 
·  
  Pengetahuan 
Tes Tertulis/  Lisan tentang
  persebaran hasil bumi di Indonesia, kolonialisme, proses kedatangan
  bangsa Barat, pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap masyarakat
  Indonesia, bentuk-bentuk perlawanan terhadap penjajah Barat 
·   Keterampil-an: 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/pre-sentasi) | 
12 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media
  cetak/elektronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | 
| 
Tema II       :  Dinamika Kependudukan dan Pembangunan
  Nasional 
Subtema A  :  Jumlah dan Pertumbuhan, Komposisi serta
  Persebaran dan Migrasi Penduduk | |||||
| 
3.2
  Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
  tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi,
  budaya, pendidikan dan politik 
4.2
   
Menggunakan
  berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran
  kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat
  sekitar | 
·        
  Jumlah dan pertumbuh-an penduduk 
·        
  Komposisi Penduduk indonesia 
·        
  Persebaran penduduk dan migrasi | 
Mengamati: 
·     Mengamati data
  kependudukan 
·     Mengamati
  diagram komposisi penduduk di Indonesia ditinjau dari beberapa kategori 
·     Mengamati peta
  kepadatan penduduk Indonesia tahun 2010 
Menanya: 
·     
  Menanya
  tentang pertambahan penduduk yang tinggi, cara pengendalian jumlah penduduk,
  cara menghitung pertumbuhan penduduk, akibat ledakan penduduk 
·     
  Menanya
  tentang mengapa angka partisipasi sekolah tiap kelompok umur mengalami
  kenaikan, jumlah buruh/karyawan/pegawai dari tahun 2009-2011 mengalami
  kenaikan, jumlah pekerja bebas di sektor pertanian terus mengalami penurunan 
·     
  Menanya
  tentang persebaran penduduk Indonesia, kepadatan penduduk paling tinggi dan
  paling rendah 
Mengumpulkan
  informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi tentang pertambahan penduduk yang tinggi, cara
  pengendalian jumlah penduduk, cara menghitung pertumbuhan penduduk, akibat
  ledakan penduduk dari berbagai sumber atau dengan mengunjungi Badan Pusat
  Statistik yang terdekat 
·     
  Mengumpulkan infomasi mengenai
  komposisi penduduk dari berbagai sumber 
·     
  Mengumpulkan informasi/data dari
  berbagai sumber  mengenai persebaran
  penduduk 
Menalar/Mengasosiasi: 
·     Menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai
  sumber tentang pertambahan penduduk yang tinggi, cara pengendalian
  jumlah penduduk, cara menghitung pertumbuhan penduduk, akibat ledakan
  penduduk 
·     Menganalisis dan menyimpulkan berbagai informasi yang telah
  didapatkan terkait komposisi penduduk 
·     Menganalisis dan menyimpulkan berbagai informasi tentang
  persebaran penduduk yang didapatkan dari berbagai sumber 
Mengomunikasikan: 
·     Mempresentasikan
  hasil analisis data tentang pertambahan
  penduduk yang tinggi, cara pengendalian jumlah penduduk, cara menghitung
  pertumbuhan penduduk, akibat ledakan penduduk 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang komposisi penduduk 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang persebaran penduduk | 
·     
  Sikap: 
Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan, menghayati ajaran agama),
  sikap sosial (tanggung jawab, kerjasama, percaya diri, disiplin) dengan
  mengguna-kan rubrik 
·  
  Pengetahuan 
Tes Tertulis/  Lisan tentang
  jumlah dan pertumbuhan penduduk, komposisi penduduk, persebaran penduduk
  dan migrasi. 
·   Keterampil-an: 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/pre-sentasi) | 
36JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media
  cetak/elektronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | 
| 
Tema II       : Dinamika Kependudukan dan Pembangunan Nasional 
Subtema B : Fungsi dan Peran Penduduk dalam Pembangunan Nasional | |||||
| 
3.2
  Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
  tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi,
  budaya, pendidikan dan politik 
4.2
   
Menggunakan
  berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran
  kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat
  sekitar | 
·        
  Kualitas Penduduk di Indonesia 
·        
  Pergerakan nasional Indonesia 
·        
  Peranan penduduk dalam Pembangunan
  Nasional | 
Mengamati: 
·     Mengamati
  tingkat kualitas penduduk di lingkungan tempat tinggal 
·     Mengamati
  gambar diorama Sumpah Pemuda 
·     Mengamati
  gambar penduduk sebagai modal dasar pembangunan 
Menanya: 
·     
  Menanya
  tentang tingkat kualitas penduduk di lingkungan tempat tinngal, faktor-faktor
  yang mempengaruhi tingkat kualitas penduduk 
·     
  Menanya
  tentang munculnya Pergerakan Nasional Indonesia, Proses Pergerakan Nasional
  Indonesia, Arti Penting Sumpah Pemuda bagi Pergerakan Kemerdekaan Indonesia 
·     
  Menanya
  tentang jumlah penduduk yang besar sebagai modal dasar Pembangunan, peranan
  penduduk dalam pembangunan ekonomi di Indonesia 
Mengumpulkan
  informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi tentang
  kualitas penduduk Indonesia  
·     
  Mengumpulkan informasi tentang
  Pergerakan Nasional Indonesia dari berbagai sumber 
·     
  Mengumpulkan informasi/data dari
  berbagai sumber tentang peranan penduduk dalam pembangunan Nasional 
Menalar/Mengasosiasi: 
·     Menganalisis dan menyimpulkan tentang  kualitas penduduk Indonesia 
·     Menganalisis dan menyimpulkan tentang  Pergerakan Nasional Indonesia yang
  diperoleh dari berbagai sumber 
·     Menganalisis
  dan menyimpulkan data/informasi tentang peranan penduduk dalam pembangunan
  Nasional 
Mengomunikasikan: 
·      Mempresentasikan
  hasil analisis data tentang kualitas penduduk Indonesia 
·      Mempresentasikan
  hasil analisa data tentang Pergerakan Nasional Indonesia 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan mengenai peranan penduduk dalam pembangunan Nasional | 
·     
  Sikap 
Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan), sikap
  sosial (tanggung jawab, kerjasama, percaya diri, disiplin) dengan
  mengguna-kan rubrik 
·     
  Pengetahuan 
Tes Tertulis dan lisan tentang kualitas Penduduk Indonesia, Pergerakan Nasional
  Indonesia 
·      Keterampil-an 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/pre-sentasi) | 
18 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media
  cetak/elektronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | 
| 
Tema III      : Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Nasional 
Subtema A  : Fungsi dan Peran
  Sumber Daya Alam | |||||
| 
3.1Memahami
  aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
  keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
  politik) 
3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan
  sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan
  ekonomi 
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang
  bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
  sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar | 
·       Fungsi dan
  Peran Sumber Daya Alam Bagi Kehidupan Manusia 
·       Fungsi dan
  Peran Sumber Daya Alam Bagi Pembangun-an Ekonomi | 
Mengamati: 
·     Mengamati
  gambar jenis-jenis sumber daya alam  
·     Mengamati tabel Pendapatan Nasional per kapita 
·       
Menanya: 
·     
  Menanya
  tentang jenis hasil tambang yang dimanfaatkan oleh manusia, pemanfaatan
  sumber daya hutan 
·     
  Menanya
  dampak peningkatan pendapatan per kapita terhadap pembangunan ekonomi suatu
  negara, pendapatan per kapita penduduk Indonesia 
Mengumpulkan
  informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi tentang sumber
  daya alam bagi kehidupan 
·     
  Mengumpulkan informasi tentang
  fungsi dan peran sumber daya alam bagi pembangunan ekonomi 
Menalar/Mengasosiasi: 
·     
  Menganalisis
  dan menyimpulkan tentang sumber daya alam bagi kehidupan 
·     
  Menganalisis dan menyimpulkan
  tentang fungsi dan peran sumber daya alam bagi pembangunan ekonomi 
Mengomunikasikan: 
·      Mempresentasikan
  hasil analisis tentang sumber daya alam bagi kehidupan 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang fungsi dan peran sumber daya alam bagi pembangunan
  ekonomi | 
·     
  Sikap 
Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati jaran agama, menghayati karunia Tuhan),
  sikap sosial (tanggung jawab, kerjasama, percaya diri, disiplin) dengan
  mengguna-kan rubrik 
·  
  Pengetahuan 
Tes
  Tertulis dan lisan tentang sumber daya alam bagi kehidupan manusia 
·   Keterampil-an 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/presentasi) | 
8JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media
  cetak/elektronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | 
| 
Tema III       : Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Nasional 
Subtema B  : Keunggulan Sumber
  Daya Alam untuk pembangunan Nasional | |||||
| 
3.1Memahami
  aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
  keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
  politik) 
3.2 Mendeskripsikan perubahan masyarakat
  Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta
  perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik 
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan
  kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
  tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
  pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.  
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang
  bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
  sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar | 
·       Keunggulan
  sumber daya alam antar region di Indonesia 
·       Sumber daya
  alam strategis sebagai modal dasar Pembangun-an Nasional Indonesia | 
Mengamati: 
·     Mengamati hasil
  komoditi unggulan di daerahnya misalnya: di Lampung 
·     Mengamati tabel produksi minyak bumi 
Menanya: 
·     
  Menanya
  tentang keunggulan komoditas keunggulan di daerah setempat dan alasan
  dikembangkannya komoditas tersebut 
·     
  Menanya
  tentang produksi BBM di Indonesia, manfaat yang dirasakan masyarakat dari
  pengolahan BBM, potensi BBM yang ada di Indonesia 
Mengumpulkan
  informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi tentang keunggulan
  komoditas di daerah setempat 
·       Mengumpulkan
  data/informasi tentang Sumber daya alam strategis sebagai modal dasar
  Pembangun-an Nasional Indonesia 
Menalar/Mengasosiasi: 
·     
  Menganalisis
  dan menyimpulkan tentang keunggulan komoditas daerah
  setempat 
·       Menganailisis
  dan menyimpulkan tentang Sumber daya alam strategis sebagai modal dasar
  Pembangun-an Nasional Indonesia 
Mengomunikasikan: 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang keunggulan komoditas daerah setempat 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang sumber daya alam strategis sebagai modal dasar
  Pembangun-an Nasional Indonesia | 
·     
  Sikap 
Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan),
  sikap sosial (tanggung jawab, peduli lingkungan santun, kerjasama, percaya
  diri, disiplin) dengan mengguna-kan rubrik 
·  
  Pengetahuan 
Tes
  Tertulis dan lisan tentang keunggulan sumber daya alam 
·   Keterampil-an 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/presentasi) | 
16JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media
  cetak/elektronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | 
| 
Tema III       : Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Nasional 
Subtema C  : Pengelolaan Sumber
  Daya Alam | |||||
| 
3.1Memahami
  aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
  keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
  politik) 
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan
  kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
  tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
  pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.  
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang
  bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
  sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar | 
·       Pengelolaan
  sumber daya alam yang maksimal 
·       Pengelolaan
  sumber daya alam yang lestari 
·       Peran
  kelembagaan dalam pengelolaan SDA | 
Mengamati: 
·     Mengamati
  gambar tentang lingkungan lestari dan lingkungan tercemar 
·     Mengamati logo BUMN, PT swasta dan CV  
Menanya: 
·     
  Menanya
  tentang pengelolaan sumber daya alam yang baik 
·     
  Menanya
  tentang hasil pengamatan terhadap logo BUMN, PT Swasta dan CV, perbedaan
  antara BUMN, PT Swasta dan CV, peran BUMN dalam mengelola SDA 
Mengumpulkan
  informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi tentang
  pengelolaan sumber daya alam yang baik dari berbagai sumber 
·     
  Mengumpulkan data/informasi tentang
  peran kelembagaan dalam pengelolaan SDA 
Menalar/Mengasosiasi: 
·       Mengolah, menganalisis dan menyimpulkan tentang pengelolaan
  sumber daya alam yang baik  
·     
  Mengolah, menganalissi dan
  menyimpulkan hasil pengamatan tentang peran kelembagaan dalam pengelolaan SDA 
Mengomunikasikan: 
·     
  Mempresentasikan hasil simpulan
  tentang pengelolaan sumber daya alam yang baik dari berbagai sumber  
·     
  Mempresentasikan hasil simpulan
  tentang peran kelembagaan dalam pengelolaan SDA | 
·     
  Sikap 
Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan),
  sikap sosial (tanggung jawab, peduli lingkungan santun, kerjasama, percaya
  diri, disiplin) dengan mengguna-kan rubrik 
·  
  Pengetahuan 
Tes
  Tertulis dan lisan tentang pengelolaan sumber daya alam yang baik,
  peran kelembagaan dalam pengelolaan SDA 
·   Keterampil-an 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/presentasi) | 
16JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media cetak/elek-tronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | 
| 
Tema 4       : Keragaman Sosial Budaya Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional 
Subtema A : Sifat dan Bentuk Interaksi Sosial Budaya dalam Pembangunan | |||||
| 
3.3 Mendeskripsikan fungsi dan peran
  kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat 
3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan
  sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan
  ekonomi 
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang
  bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
  sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar | 
·      
  Sifat-sifat interaksi sosial budaya
  dalam kehidupan masyarakat 
·      
  Bentuk-bentuk interaksi sosial
  budaya | 
Mengamati: 
·     Mengamati
  gambar yang menunjukkan interaksi asosiatif dan disosiatif, misalnya:
  kerjabakti di kampung   
·     Mengamati gambar bentuk-bentuk interaksi sosial budaya 
Menanya: 
·     
  Menanya
  tentang cara menjaga hubungan keluarga agar tetap harmonis, alasan manusia
  berinteraksi dengan orang lain 
·     
  Menanya
  tentang dampak negatif bentuk interaksi disosiatif, proses terjadinya
  akulturasi kebudayaan 
Mengumpulkan
  informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi tentang
  sifat-sifat interaksi sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dari berbagai
  sumber 
·     
  Mengumpulkan data/informasi
  mengenai bentuk-bentuk interaksi sosial dalam kehidupan masyarakat 
Menalar/Mengasosiasi: 
·     
  Menganalisis
  dan menyimpulkan data/informasi tentang sifat-sifat interaksi sosial budaya
  dalam kehidupan masyarakat 
·     
  Menganalisis
  data/informasi dan menyimpulkan tentang bentuk-bentuk interaksi sosial dalam
  masyarakat 
Mengomunikasikan: 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang sifat-sifat interaksi sosial budaya dalam kehidupan
  masyarakat 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang bentuk-bentuk interaksi sosial budaya | 
·     
  Sikap 
Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (santun,
  tanggung jawab, kerjasama dan peduli) dengan mengguna-kan rubrik 
·  
  Pengetahuan 
Tes
  Tertulis dan lisan tentang sifat-sifat interaksi sosial budaya,
  bentuk-bentuk interaksi sosial budaya 
·   Keterampil-an 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/presentasi) | 
6 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media cetak/elek-tronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | 
| 
Tema 4       : Keragaman Sosial Budaya Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional 
Subtema B : Fungsi dan Peran Keragaman Sosial Budaya dalam Pembangunan | |||||
| 
3.1Memahami
  aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
  keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
  politik) 
3.2 Mendeskripsikan perubahan masyarakat
  Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta
  perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik 
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan
  kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
  tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
  pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.  
4.2 Mengguna-kan berbagai strategi untuk
  memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran kelembagaan sosial,
  budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar 
4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang
  bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
  sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar | 
·      
  Peran dan fungsi keragaman suku
  bangsa 
·      
  Peran dan fungsi keragaman bahasa 
·      
  Peran dan fungsi keragaman budaya 
·      
  Peran dan fungsi keragaman agama | 
Mengamati: 
·     Mengamati peta
  sebaran suku bangsa yang ada di Indonesia 
·     Mengamati
  keragaman kosa kata Bahasa Indonesia melalui Kamus Indonesia 
·     Mengamati hasil
  budaya yang ada di Indonesia, misalnya: gambar tari Kecak di Bali 
·     Mengamati
  perintah-perintah dan larangan-larangan dalam agama yang mendukung
  pembangunan nasional 
Menanya: 
·     
  Menanya
  tentang ciri khas suku bangsa, keunggulan suku bangsa tersebut, jenis
  pekerjaan yang dominan. 
·     
  Menanya
  tentang sumbangan bahasa daerah untuk bahasa Indonesaia, manfaat yang
  diperoleh dari adanya keragaman bahasa daerah, dampak apabila bahasa daerah
  tidak dilestarikan 
·     
  Menanya
  tentang ciri khas tarian-tarian yang ada di Indonesia, peran dan fungsi hasil
  budaya bagi pembangunan nasional, nilai dan pesan moral dari hasil budaya 
·     
  Menanya
  tentang manfaat mempelajari agama dalam kaitannya dengan pembangunan
  nasional, peran agama dalam pendidikan, peran agama dalam kontrol sosial 
Mengumpulkan
  informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi/data tentang
  keragaman suku bangsa 
·     
  Mengumpulkan informasi/ data
  tentang keragaman bahasa 
·     
  Mengumpulkan informasi/data tentang
  peran dan fungsi keragaman budaya 
·     
  Mengumpulkan informasi/data tentang
  fungsi dan peran keragaman agama 
Menalar/Mengasosiasi: 
·     
  Menganalisis
  dan menyimpulkan data/informasi tentang keragaman suku bangsa 
·     
  Menganalisis
  dan menyimpulkan peran dan fungsi keragaman bahasa 
·     
  Menganalisis
  dan menyimpulkan peran dan fungsi keragaman budaya 
·     
  Menganalisis
  dan menyimpulkan tentang fungsi dan peran keragaman agama 
Mengomunikasikan: 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang keragaman suku bangsa 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang peran dan fungsi keragaman bahasa 
·      Mempresentasikan
  hasil simpulan tentang peran dan fungsi keragaman budaya 
·      Mempresentaasikan
  simpulan tentang keragaman fungsi dan peran agama | 
·     
  Sikap 
Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (toleransi,
  kerjasama, peduli lingkungan, tanggung jawab) dengan mengguna-kan rubrik 
·  
  Pengetahuan 
Tes
  Tertulis dan lisan tentang peran dan fungsi keragaman suku bangsa,
  keragaman bahasa, keragaman budaya, keragaman agama 
·   Keterampil-an 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/presentasi) | 
12 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media cetak/elek-tronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | 
| 
Tema 4       : Keragaman Sosial Budaya Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional 
Subtema C : Fungsi dan Peran Kelembagaan dalam Mengelola Keragaman
  Sosial Budaya | |||||
| 
3.1Memahami
  aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
  keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
  politik) 
3.2 Mendeskripsikan perubahan masyarakat
  Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta
  perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik 
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan
  kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
  tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
  pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.  | 
·      
  Fungsi dan peran kelembagan dalam
  mengelola keragaman sosial budaya | 
Mengamati: 
·     Mengamati
  pentas budaya-budaya daerah 
Menanya: 
·     
  Menanya
  peran lembaga keluarga dan politik dalam mengelola keragaman sosial budaya 
Mengumpulkan
  informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi/ data
  tentang fungsi dan peran kelembagaan dalam mengelola keragaman sosial budaya 
Menalar/Mengasosiasi: 
·     
  Menganalisis
  dan menyimpulkan data/informasi tentang fungsi dan peran kelembagaan dalam
  mengelola keragaman sosial budaya  
Mengomunikasikan: 
·           
  Mempresentasikan hasil simpulan
  tentang fungsi dan peran kelembagaan dalam mengelola keragaman sosial budaya  | 
·     
  Sikap 
Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (kerjasama,
  jawab) dengan mengguna-kan rubrik 
·  
  Pengetahuan 
Tes
  Tertulis dan lisan tentang peran dan fungsi kelembagaan dalam
  mengelola keragaman sosial budaya 
·   Keterampil-an 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/presentasi) | 
4 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media cetak/elek-tronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | 
| 
Tema 4       : Keragaman Sosial Budaya Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional 
Subtema D : Kemerdekaan Sebagai Modal Pembangunan | |||||
| 
3.1Memahami
  aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
  keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
  politik) 
3.2 Mendeskripsikan perubahan masyarakat
  Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta
  perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik 
3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan
  sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan
  ekonomi 
4.1Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan
  kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
  tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
  pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.  | 
·      
  Perubahan-perubahan yang terjadi
  pada masyarakat Indonesia pada masa kolonial 
·      
  Perubahan-perubahan yang terjadi
  pada masyarakat Indonesia masa penjajahan Jepang 
·      
  Persiapan dan Proklamasi
  Kemerdeka-an Indonesia 
·      
  Proklamasi kemerdeka-an sebagai
  pintu gerbang pembangun-an | 
Mengamati: 
·     Mengamati
  gambar keadaan masyarakat pada masyarakat kolonial dan uang koin VOC 
·     Mengamati
  gambar korban romusha dan tentara keibodan 
·     Mengamati
  gambar tentang persiapan dan proses Proklamasi kemerdekaan Indonesia 
·     Mengamati
  gambar peta Indonesia dan rapat besar di lapangan IKADA 
Menanya: 
·     
  Menanya
  tentang perubahan yang terjadi pada perekonomian Indonesia akibat penjajahan
  pada masa kolonial 
·     
  Menanya
  tentang perubahan-perubahan akibat penjajahan Jepang 
·     
  Menanya
  tentang persiapan dan proses Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 
·     
  Menanya
  tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 
Mengumpulkan
  informasi: 
·     
  Mengumpulkan informasi/ data
  tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat Indonesia masa
  kolonial 
·     
  Mengumpulkan informasi tentang
  perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat Indonesia masa penjajahan
  Jepang 
·     
  Mengumpulkan informasi tentang
  persiapan dan proses Proklamasi kemerdekaan Indonesia 
·     
  Mengumpulkan informasi dari
  berbagai sumber tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 
Menalar/Mengasosiasi: 
·     
  Menganalisis
  dan menyimpulkan data/informasi tentang perubahan-perubahan yang terjadi
  pada masyarakat Indonesia masa kolonial 
·     
  Menganalisis dan menyimpulkan
  tentang akibat yang ditimbulkan penjajahan Jepang 
·     
  Menganalisis dan menyimpulkan
  tentang persiapan dan proses Proklamasi kemerdekaan Indonesia 
·     
  Menganilisis dan menyimpulkan
  tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 
Mengomunikasikan: 
·           
  Mempresentasikan hasil simpulan
  tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat Indonesia masa
  kolonial 
·           
  Mempresentasikan hasil simpulan
  tentang akibat penjajahan Jepang 
·           
  Mempresentasikan hasil simpulan
  tentang persiapan dan proses Proklamasi kemerdekaan Indonesia 
·           
  Mempresentasikan tentang Proklamasi
  Kemerdekaan Indonesia | 
·     
  Sikap 
Observasi
  tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (kerjasama,
  tanggung jawab) dengan mengguna-kan rubrik 
·  
  Pengetahuan 
Tes
  Tertulis dan lisan tentang perubahan-perubahan yang terjadi
  pada masyarakat Indonesia masa kolonial, masa penjajahan Jepang. persiapan
  dan proses Proklamasi kemerdekaan Indonesia.  
·   Keterampil-an 
Unjuk Kerja/ Praktik 
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam
  proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
  laporan/presentasi) | 
16 JP | 
·     Peta Indonesia 
·     Atlas Indonesia 
·     Atlas Sejarah 
·     Buku Teks
  Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
   
·     Buku Panduan Guru
  Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII  
·     Ensiklopedia
  Geografi  
·     Buku-buku dan
  referensi lain yang relevan 
·     Media
  cetak/elektronik 
·     Lingkungan sekitar 
·     Internet | 
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar