Halooo.... Semoga bermanfaat

Senin, 18 April 2016

MATERI PELAJARAN KELAS VII : MASA BERBURU DAN MERAMU TINGKAT SEDERHANA



MASA BERBURU DAN MERAMU TINGKAT SEDERHANA

Masa berburu dan merapu tingkat sederhana merupakan suatu masa dimana keadaan manusia purba masih sangat sederhana dilihat dari segi cara memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada masa ini keadaan alam belum memiliki kestabilan baik bentuk fisik alam lingkungan maupun alam disekitarnya sehingga hal ini mempengaruhi kehidupan manusia baik dalam segi fisik maupun akal budinya.
Kehidupan dan penghidupan pada masa ini masih terpokus pada usaha manusia dalam mempertahankan diri ditengah-tengah alam yang penuh dengan tantangan dengan menggunakan kemampuan yang masih serba terbatas.
Kegiatan berburu merupakan kegiatan pokok yang dilakukan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada masa ini alat yang dipergunakan untuk berburu adalah alat yang terbuat dari batu, kayu dan tulang. Pada masa ini juga sudah mulai mengenal api. Api pada mulanya hanya yang berasal dari gejala alam seperti percikan gunung berapi, kebakaran hutan yang disebabkan tergosoknya kayu/dahan-dahan kering maupun semburan gas bumi.
Kehidupan Manusia pendukung : manusia yang hidup pada masa ini adalah Pitchecanthropus dan Homo Wajakensis (manusia wajak). Kehidupan manusia pada masa ini masih hidup dalam kelompok-kelompok kecil dan sudah mengenal pembagian kerja.  Yakni laki-laki berburu dan wanita mengumpulkan makanan baik tumbuh-tumbuhan maupun binatang yang relative kecil. Kehidupan pada masa ini juga masih bersifat Nomaden, artinya berpindah-pindah dan umunya mereka mencari tempat untuk hidup yang dekat dengan aliran air.
Ciri-Ciri Kehidupan Masa Berburu dan meramu Tingkat Sederhana :
a.       Keadaan alam pada masa ini belum stabil
b.      Kehidupan masih bersifat nomaden
c.       Manusia pendukungnya adalah Pithecanthropus dan Manusia Wajak
d.      Hidup dalam kelompok-kelompok kecil
e.      Sudah mengenal pembagian kerja
f.        Belum mengenal perawatan jenazah
g.       Sudah mengenal api
h.      Peralatan yang digunakan masih sederhana

Peralatan yang digunakan Pada masa ini berburu dan meramu tingkat sederhana terbagi menjadi tiga jenis yaituL:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar