Halooo.... Semoga bermanfaat

Sabtu, 23 April 2016

SILABUS SEJARAH KELAS XI : SEJARAH DUNIA YANG MEMPENGARUHI SEJARAH BANGSA INDONESIA



Silabus
Nana Sekolah  : SMA N I Mlati
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/ Semester: XI/ 2
Standar Kompetensi      :3. Menganalisis Sejarah Dunia yang Mempengaruhi Sejarah Bangsa Indonesia dari Abad ke-18 sampai dengan Abad ke-20
KD
MateriPembelajaran
PengalamanBelajar
Indikator
Penilaian
Waktu
Sumber/Alat/Bahan
Teknik
BentukInstrumen
ContohInstrumen
3.1.Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap Perkembangan PergerakanNasional Indonesia

Peristiwa-Peristiwa Penting di Amerika dan Eropa serta Pengaruhnya Bagi Indonesia

1.Revolusi Prancis










2.Revolusi Amerika












3.Revolusi Rusia
















4.Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia

Denganmelakukankajianpustaka, internet, diskusikelompokdantanyajawabdiharapkansiswadapat :
1.1 MendeskripsikankeadaanawalPerancissebelum terjadinyarevolusi
1.2 menganalisissebabmeletusnyarevolusiPerancis
1.3 mendeskriksikandampakdarirevolusiPerancis

2.1 MendeskripsikankeadaanawalAmerikasebelum terjadinyaRevolusi
2.2 MengidentifikasisebabmeletusnyaRevolusiAmerika
2.3 MendeskripsikandampakdarirevolusiPerancis


3.1 Mendeskripsikankeadaanawal Rusia Sebelum terjadinya Revolusi
3.2 Menganalisis faktor-faktor meletusnyarevolusi Rusia
3.3 MembandingkanRevolusi tahun 1917 bulan Februari dengan Revolusi Rusiatahun 1917 bulan Oktober

4.1 Mendeskripsikanpaham-paham yang berkembang di Indonesia
4.2 Mendeskripsikanpaham-paham yang berpengaruh padapergerakan Nasional
1.  Kognitif
a.   Produk
·  MendeskripsikankeadaanawalPerancissebelumterjadinya revolusi
·  MendeskripsikandampakdarirevolusiPerancis
·  MendeskripsikankeadaanawalAmerikasebelumterjadinya revolusi
·  MendeskripsikandampakdarirevolusiPerancis
·  MendeskripsikankeadaanawalRusiasebelumterjadinya Revolusi
·  Mendeskripsikanpaham-paham yang berkembang di Indonesia


b.  Proses
·  MenganalisissebabmeletusnyarevolusiPerancsi
·  MengidentifikasisebabmeletusnyaRevolusiAmerika
·  Menganalisisfaktor-faktormeletusnyarevolusiRusia
·  MembandingkanRevolusitahun1917 bulanFebruaridenganRevolusiRusiatahun 1917 bulanOktober

2.      Afektif
a.  Karakter
·  menghayatidanmeneladanisikapnasionalisme yang dimilikiolehparapahlawannasional
·  perilaku yang menunjukanupayasungguh-sungguhdalammengatasiberbagaihambatanbelajar, tugasdanmenyelesaikantugasdengansebaik-baiknya.
·  sikapdanperilaku yang patutdalammelaksanakanajaran agama yang dianutnya, toleranterhadappelaksanaan agama lain sertahiduprukundenganpemeluk agama lain
·  sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan

b.  KeterampilanSosial
·  menghargaipendapat orang lain dalamsatukelompok.
·  salingbekerjasamadalamsatukelompok
·  mencintai produk dalam negeri

3.      Psikomotorik
· denganpenggunakanpeta, siswadapatmenunjukkanwilayahnegara-negara yang terlibatdalamrevolusiPerancis, Rusia, danAmerika.
· mengumpulkan tugas tepat waktu
Tes




























Non tes




















·         Evaluasidiri








Uraian




























Portofolio




















Carilahsosokpahlawannasional yang patutditeladanisikapdankehidupanpribadinya















·     DeskripsikanlahkeadaanawalPerancissebelumterjadinyarevolusi?


·     DeskripsikandampakdarirevolusiPerancis?
·     DeskripsikankeadaanawalAmerikasebelumterjadinyarevolusi?
·     DeskripsikandampakrevolusiPerancis?
·     DeskripdikankeadaanawalRusiasebelumterjadinyaRevolusi
·     Deskripsikanpaham-paham yang berkembang di Indonesia.


·     AnalisislahpenyebabmeletusnyarevolusiPerancis
·     IdentifikasipenyebabmeletusRevolusiAmerika

·     Analisislahfaktor-faktormeletusnyarevolusiRusia

·     BandingkanlahRevolusiRusiatahun 1917 bulanfebruaridanRevolusitahun 1917 bulanOktober

Nilaiapa yang dapatdipetiksetelahmempelajarimateripergerakannasional.













































Tunjukkanlah Negara-negara yang terlibatdalamrevolusiPerancis, RusiadanAmerika
8 X 45 Menit
Sumberbuku:
Badrika, I Wayan. 2004. Sejarah  SMAKelas XI . Jakarta:Erlangga.

Sumardianta, J, dkk. 2007. SejarahUntuk SMA/MA Kelas XI IPS. Jakarta: Grasindo.

USSIS, GarisBesarSejarahAmerika.

Listiyani, Dwi Ari. 2006. Sejarahuntuk SMA/MA kelas X1.Jakarta :DepartemenPendidikanNasional.

Alat:
White Board, LCD, peta, gambar, puzzle

Bahan:
Power point, kertas, spidol, kapur


Mengetahui,
Guru Pamong





Yogyakarta,   17 Februari2012
Pratikan,




1 komentar: