Silabus
Nana Sekolah : SMA N I Mlati
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/ Semester: XI/ 2
Standar Kompetensi :3. Menganalisis Sejarah Dunia yang
Mempengaruhi Sejarah Bangsa Indonesia dari Abad ke-18 sampai dengan Abad ke-20
|
||||||||
KD
|
MateriPembelajaran
|
PengalamanBelajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Waktu
|
Sumber/Alat/Bahan
|
||
Teknik
|
BentukInstrumen
|
ContohInstrumen
|
||||||
3.1.Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis,
Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap Perkembangan PergerakanNasional
Indonesia
|
Peristiwa-Peristiwa Penting di Amerika dan Eropa serta Pengaruhnya Bagi
Indonesia
1.Revolusi Prancis
2.Revolusi Amerika
3.Revolusi Rusia
4.Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi
Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional
Indonesia
|
Denganmelakukankajianpustaka, internet,
diskusikelompokdantanyajawabdiharapkansiswadapat :
1.1 MendeskripsikankeadaanawalPerancissebelum
terjadinyarevolusi
1.2 menganalisissebabmeletusnyarevolusiPerancis
1.3 mendeskriksikandampakdarirevolusiPerancis
2.1 MendeskripsikankeadaanawalAmerikasebelum terjadinyaRevolusi
2.2 MengidentifikasisebabmeletusnyaRevolusiAmerika
2.3 MendeskripsikandampakdarirevolusiPerancis
3.1 Mendeskripsikankeadaanawal Rusia Sebelum terjadinya Revolusi
3.2 Menganalisis faktor-faktor meletusnyarevolusi Rusia
3.3 MembandingkanRevolusi tahun 1917 bulan Februari dengan Revolusi Rusiatahun
1917 bulan Oktober
4.1 Mendeskripsikanpaham-paham yang berkembang di Indonesia
4.2 Mendeskripsikanpaham-paham yang berpengaruh padapergerakan Nasional
|
1. Kognitif
a. Produk
· MendeskripsikankeadaanawalPerancissebelumterjadinya
revolusi
· MendeskripsikandampakdarirevolusiPerancis
· MendeskripsikankeadaanawalAmerikasebelumterjadinya
revolusi
· MendeskripsikandampakdarirevolusiPerancis
· MendeskripsikankeadaanawalRusiasebelumterjadinya
Revolusi
· Mendeskripsikanpaham-paham yang
berkembang di Indonesia
b. Proses
· MenganalisissebabmeletusnyarevolusiPerancsi
· MengidentifikasisebabmeletusnyaRevolusiAmerika
· Menganalisisfaktor-faktormeletusnyarevolusiRusia
· MembandingkanRevolusitahun1917
bulanFebruaridenganRevolusiRusiatahun 1917 bulanOktober
2. Afektif
a. Karakter
· menghayatidanmeneladanisikapnasionalisme
yang dimilikiolehparapahlawannasional
· perilaku yang
menunjukanupayasungguh-sungguhdalammengatasiberbagaihambatanbelajar,
tugasdanmenyelesaikantugasdengansebaik-baiknya.
· sikapdanperilaku yang patutdalammelaksanakanajaran
agama yang dianutnya, toleranterhadappelaksanaan agama lain
sertahiduprukundenganpemeluk agama lain
· sikap
dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat
yang membutuhkan
b. KeterampilanSosial
· menghargaipendapat orang lain
dalamsatukelompok.
· salingbekerjasamadalamsatukelompok
· mencintai
produk dalam negeri
3. Psikomotorik
· denganpenggunakanpeta,
siswadapatmenunjukkanwilayahnegara-negara yang terlibatdalamrevolusiPerancis,
Rusia, danAmerika.
· mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
Tes
Non tes
·
Evaluasidiri
|
Uraian
Portofolio
Carilahsosokpahlawannasional yang
patutditeladanisikapdankehidupanpribadinya
|
· DeskripsikanlahkeadaanawalPerancissebelumterjadinyarevolusi?
· DeskripsikandampakdarirevolusiPerancis?
· DeskripsikankeadaanawalAmerikasebelumterjadinyarevolusi?
· DeskripsikandampakrevolusiPerancis?
· DeskripdikankeadaanawalRusiasebelumterjadinyaRevolusi
· Deskripsikanpaham-paham yang
berkembang di Indonesia.
· AnalisislahpenyebabmeletusnyarevolusiPerancis
· IdentifikasipenyebabmeletusRevolusiAmerika
· Analisislahfaktor-faktormeletusnyarevolusiRusia
· BandingkanlahRevolusiRusiatahun
1917 bulanfebruaridanRevolusitahun 1917 bulanOktober
Nilaiapa yang dapatdipetiksetelahmempelajarimateripergerakannasional.
Tunjukkanlah Negara-negara yang terlibatdalamrevolusiPerancis,
RusiadanAmerika
|
8 X 45 Menit
|
Sumberbuku:
Badrika, I Wayan. 2004. Sejarah
SMAKelas XI . Jakarta:Erlangga.
Sumardianta, J, dkk. 2007. SejarahUntuk SMA/MA Kelas XI IPS.
Jakarta: Grasindo.
USSIS,
GarisBesarSejarahAmerika.
Listiyani, Dwi Ari. 2006. Sejarahuntuk SMA/MA kelas X1.Jakarta
:DepartemenPendidikanNasional.
Alat:
White Board, LCD, peta, gambar,
puzzle
Bahan:
Power point, kertas, spidol, kapur
|
Halooo.... Semoga bermanfaat
Sabtu, 23 April 2016
SILABUS SEJARAH KELAS XI : SEJARAH DUNIA YANG MEMPENGARUHI SEJARAH BANGSA INDONESIA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
-
MENDATAR 3. SALAH SATU NEGARA YANG PERNAH MENJAJAH INDONESIA 7. SALAH SATU ORGANISASI BENTUKAN JEPANG 9. ...
-
PERTANYAAN MENDATAR 2. kredit 5. sistem jual beli dengan cara tukar menukar barang 7. suatu lembaga keuangan yang memberikan pinja...
-
MENURUN 1. PERSILANGAN 4. KEMAMPUAN SETIAP SEL DAPAT TUMBUH MENJADI TANAMAN SEMPURNA 6. HYDRO 7. MUSU...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus