Halooo.... Semoga bermanfaat

Sabtu, 16 April 2016

MATERI PELAJARAN IPS KELAS IX : DAMPAK PERANG DUNIA II BAGI INDONESIA


Sejarah Singkat Perang Dunia II
perang Dunia II merupakan kelanjutan dari Perang Dunia I yang pernah terjadi di permukaan bumi dan merupakan salah satu perang terbesar yang pernah terjadi. Hal ini dikarenakan melibatkan banyak negara didalamnya. Perang ini melibatkan beberapa negara yang terbgai menjadi dua kekuatan besar yaitu:
Triple Entente (Blok Sekutu)
Triple Aliansi (Blok Sentral)
Perang besar ini terjadi dari tahun 1939 sampai tahun 1945.

Dampak Perang Bagi Indonesia
Dampak langsung yang bisa dirasakan Bangsa Indonesia adalah mendapatkan Kemerdekaan. Hal ini dikarenakan kalahnya pihak Triple Entente pada saat perang dunia 2 berlangsung. Perang ini tidak hanya melibatkan negara-negara Eropa saja atau hanya terjadi di negara Eropa saja, tetapi perang ini juga melibatkan salah satu negara di Asia yaitu Jepang yang juga menjadi salah satu kekuatan besar pada saat itu, sehingga medan pertempuranpunterjadi di Asia Pasifik. Jepang yang kala itu sedang giat dan gencar-gencarnya melakukan ekspansi ke negara-negara Asia lainnya pun mendapatkan pengaruh yang cukup besar. Salah satu negara yang menjadi jajahan oleh Jepang adalah Indonesia. Jepang berhasil menduduki Indonesia kurang lebih 3 setengah tahun. Namun penjajahan itu diakhiri dengan kemerdekaan Bangsa Indonesia.
Kaitan Antara Perang Dunia II dengan kemerdekaan Indonesia
Kaitannya adalah dimana Jepang menyerah tanpa syarat kepada pihak sekutu. Hal ini dikarenakan Jepang mengalami bencana setelah 2 kota besarnya yaitu Hiroshima dan Nagasaki di bom bardir oleh tentara pasukan Amerika sehingga menyebabkan kekuatan angkatan perang Jepang menjadi Lemah. Sehingga hal ini dimanfaatkan oleh Rakyat Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar