1.
Penilaian
Psikomotorik : Penilaian Psikomotorik ini merupakan salah satu bentuk penilaian untuk mengukur seberapa jauh kemampuan siswa dalam gerak dan kreatifitas yang biasanya berupa hasil belajar keterampilan (Skill).
Hasil belajar keterampilan (psikomotor) dapat diukur melalui:
(1) pengamatan langsung dan penilaian tingkah laku peserta didik
selama proses pembelajaran praktik berlangsung,
(2) sesudah mengikuti
pembelajaran, yaitu dengan jalan memberikan tes kepada peserta didik untuk
mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap,
(3) beberapa waktu sesudah
pembelajaran selesai dan kelak dalam lingkungan kerjanya.
Contoh :
A.
Bentuk
: Instrumen Observasi Kinerja
B.
Rambu-Rambu
Skoring
No
|
Kriteria
Penilaian
|
Skor
1
|
Skor 2
|
Skor
3
|
1
|
Pemahaman
Seberapa
baik tingkat pemahaman peserta didik terhadap hakikat dan ruang lingkup
masalah yang disajikan?
|
Langkah
yang disampaikan urut, tetapi belum memahami materi menjelaskan dengan
bantuan teman dan membuka buku
|
Langkah
yang disampaikan urut, sudah dapat menjelaskan materi tanpa melihat buku,
tetapi masih membutuhkan bantuan teman untu menjelaskan.
|
Langkah
yang disampaikan urut dan lengkap, serta dapat menjelaskan tanpa melihat buku
maupun bertanya pada teman.
|
2
|
Argumentasi
Seberapa
baik alas an yang diberikan peserta didik terkait dengan permasalahan yang
dibicarakan?
|
Tidak
mempertahankan pendapat dan tidak memiliki pendirian tetap
|
Mempertahankan
pendapat tetapi menolak kritik dari kelompok lain.
|
Mempertahankan
pendapat kelompok dan mau mendengarkan kritik dari kelompok lain
|
3
|
Responsif
Seberapa
besar kesesuaian jawaban yang diberikan perserta didik terkait dengan
permasalahan-permasalahan yang dibicarakan
|
Tidak
serius dan hanya menjawab secara singkat serta tidak jelas
|
Jawaban
yang diberikan membingungkan dan belum menjawab pertanyaan yang diberikan
|
Jawaban
yang diberikan dapat menjawab pertanyaan, meski belum tentu benar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar