RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SMP
Kelas/Semester :
VII/1
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Topik : Teks
Hasil Observasi
Jumlah
Pertemuan : 3 x Pertemuan
A. Kompetensi
Inti
a.
Menghargai, mentaati serta menghayati ajaran agama yang dianutnya
b. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
c. Memahami berbagai ilmu pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata yang sering
dijumpai oleh siswa
B. Kompetensi
Dasar
1.2
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis.
2.1
Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan
santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil
observasi
3.1
Memahami teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun
tulisan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2. Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
3. Memiliki perilaku
jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau
kejadian berdasarkan hasil observasi
4. Mengetahui isi
teks hasil observasi
5. Mengetahui
struktur teks hasil observasi
6. Mengetahui ciri
bahasa teks hasil observasi
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
dapat menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
2. Siswa menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
3.
Siswa dapat menunjukkan sikap jujur, tanggung jawab,
dan santun dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam menyusun/memproduksi hasil
observasi baik lisan maupun tulisan
4.
Setelah membaca teks hasil observasi dan mendiskusikannya
siswa dapat mengetahui isi teks hasil laporan observasi baik secara lisan
maupun tulisan.
5.
Setelah membaca teks hasil observasi dan mendiskusikannya
siswa mampu mengetahui struktur teks hasil laporan observasi
baik secara lisan maupun tulisan
6.
Setelah membaca teks hasil observasi dan mendiskusikannya
siswa dapat mengetahui ciri-ciri bahasa teks hasil laporan observasi baik
secara lisan maupun tulisan
E. Materi
Pembelajaran
·
Teks
hasil observasi
·
Struktur
teks hasil observasi
·
Ciri
bahasa teks hasil observasi
F. Alokasi
Waktu
6 x 45 Menit
G. Metode
Pembelajaran
Metode
Inkuiri, diskusi, tanya jawab, penugasan,
dan presentasi.
H. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan
Pertama
a. Kegiatan
Pendahuluan
1)
Siswa menrespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya
2)
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri,
tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
4)
Untuk
menarik minat, siswa mendengarkan pembacaan puisi bertema lingkungan hidup yang
berjudul “Tanah Kelahiran” karya Ramadhan K.H.
5)
Siswa
diberi pemahaman tentang teks laporan hasil observasi yang dikaitkan
dengan fenomena yang terjadi di sekitar
siswa. Guru menggugah kesadaran siswa agar
mencintai lingkungan hidup
b. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
1)
Siswa
mengamati sebuah gambar tentang lingkungan hidup.
2)
Siswa
menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan apa yang dilihat dalam gambar dan
pengetahuan siswa tentang lingkungan alam Indonesia atau lingkungan yang ada di
sekitar siswa.
Elaborasi
3)
Siswa
mengambil undian yang berisi istilah kebahasaan. Lalu, masing-masing siswa
menyebutkan kata yang sama, bersatu membentuk kelompok kecil.
4)
Siswa
mendapatkan fotokopi teks hasil observasi.
5)
Dengan sikap tanggung jawab, peduli,
responsif, dan santun siswa secara berkelompok
membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi teks hasil observasi.
6)
Salah
satu kelompok melaporkan hasil diskusinya.
7)
Kelompok
lain merespon atau menanggapi dengan responsif dan santun.
8)
Siswa
mengisi latihan berupa mencocokan kalimat dan kata yang isinya berkaitan dengan
teks.
9)
Siswa
bersama guru membahas hasil latihan.
Konfirmasi
10)
Bersama
guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang
dialami saat memahami isi teks hasil observasi
11)
Siswa
mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan
mereka tentang hambatan dalam memahami isi teks hasil observasi
12)
Siswa
terbaik mendapatkan penghargaan dari guru.
c. Kegiatan
Penutup
1)
Siswa bersama guru
menyimpulkan pembelajaran
2)
Siswa melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)
Siswa menyimak informasi
mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan
Pendahuluan
1) Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri,
tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
1)
Kedalaman pengetahuan dan
kemampuan siswa tentang struktur teks hasil observasi dipancing oleh guru
dengan memperlihatkan contoh atau model teks hasil observasi.
2)
Siswa bertanya jawab tentang
hal-hal yang berhubungan dengan
struktur teks hasil observasi.
Elaborasi
3)
Siswa
duduk kembali bersatu dengan kelompoknya masing-masing dengan posisi tempat
duduk yang diatur ulang.
4)
Dengan sikap tanggung jawab, peduli,
responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca
dan berdiskusi menentukan struktur teks hasil observasi.
5)
Wakil
dari masing-masing kelompok secara bergiliran melaporkan hasil diskusinya.
6)
Kelompok
lain merespon atau menanggapi dengan responsif dan santun.
Konfirmasi
7)
Bersama
guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang
dialami saat memahami struktur teks hasil observasi
8)
Siswa
mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan
mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teks hasil observasi.
b. Kegiatan
Penutup
1)
Siswa bersama guru menyimpulkan
pembelajaran
2)
Siswa melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)
Siswa menyimak informasi
mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
Pertemuan
Ketiga
a. Kegiatan
Pendahuluan
1)
Siswa menrespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya
2)
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri,
tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
1)
Kedalaman pengetahuan dan
kemampuan siswa tentang ciri-ciri bahasa teks hasil observasi
dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh atau model teks hasil
observasi.
2)
Siswa bertanya jawab tentang
hal-hal yang berhubungan dengan
ciri-ciri bahasa teks hasil observasi.
Elaborasi
3)
Siswa
duduk kembali bersatu dengan kelompoknya masing-masing dengan posisi tempat
duduk yang diatur ulang
4)
Dengan sikap tanggung jawab, peduli,
responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca
dan berdiskusi menentukan ciri-ciri bahasa teks hasil observasi.
5)
Wakil
dari masing-masing kelompok secara bergiliran melaporkan hasil diskusinya.
Konfirmasi
6)
Bersama
guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang
dialami saat memahami ciri-ciri bahasa teks hasil observasi
7)
Siswa
mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan
mereka tentang hambatan dalam memahami ciri-ciri bahasa teks hasil observasi
c. Kegiatan
Penutup
1)
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)
Siswa melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)
Siswa menjawab pertanyaan
yang diberikan oleh guru
4)
Siswa menyimak informasi
mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
I.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a. Penilaian
Proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar
Pengamatan
|
Hasil
penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama
dan Guru PKn
|
2.
|
Tanggung jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
.
b. Penilaian
Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Mengetahui isi teks hasil observasi
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
1.
Bacalah dengan saksama teks laporan hasil observasi berikut!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
|
Mengetahui
struktur teks laporan hasil observasi observasi
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
2.
Identifikasikanlah dan
jelaskan struktur teks laporan hasil observasi!
|
Mengetahui cirri-ciri bahasa teks laporan hasil
observasi
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
3.
Identifikasikanlah dan
jelaskan cirri-ciri bahasa teks laporan hasil observasi!!
|
PedomanPenskoran :
Soal no. 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab pertanyaan
|
|
·
Jawaban betul
|
1
|
Soal no. 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa mengidentifikasi struktur
teks observasi
|
|
·
Jawaban sempurna
|
5
|
·
Jawaban kurang sempurna
|
3
|
·
Jawaban tidak sempurna
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
Soal no. 3
Aspek
|
Skor
|
Siswa mengidentifikasi
ciri-ciri bahasa teks laporan hasil
observasi
|
|
·
Jawaban sempurna
|
5
|
·
Jawaban kurang sempurna
|
3
|
·
Jawaban tidak sempurna
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
J.
Sumber Belajar
Ismail Marahimin. 2008. Penulisan
Populer. Jakarta: Pustaka Jaya
Parera, J.P. 2003. Menulis Tertib dan Sistematis. Jakarta :
Erlangga
Keraf, Gorys. 2004. Argumentasi
dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah
………………………….., Juli 2013
Guru Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia
………………………………………..
Lampiran
Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran
:..................................................................................................
Kelas/Semester:....................................................................................................
Tahun Ajaran :....................................................................................................
Waktu Pengamatan: ............................................................................................
Sikap yang
diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
Indikator perkembangan sikap perilaku religius, jujur, tanggung jawab,
dan santun.
1.
BT (belum tampak) jika
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
MT (mulai tampak) jika
menunjukkan sudah ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.
MB (mulai berkembang) jika
menunjukkan ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg/konsisten
4.
MK (membudaya) jika
menunjukkan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas secara terus-menerus dan
ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar